Sony pabrik baru Isahaya sensor camera 1 miliar dollar


Shortstory | 30 October 2019

Sony  berencana membangun pabrik baru senilai 1 miliar dollar.

Untuk memperluas produksi dan menjadi produsen camera terbesar. Pesaingnya Samsung masih di belakang, tahun 2019 Sony membuat 50% sensor smartphone.

6 tahun kedepan, Sony ingin mengambil pangsa pasar lebih baik setidaknya 60% kebutuhan sensor camera.

Sedangkan Samsung masih di posisi 20% pemasok sensor camera.

Pabrik seluas 75 ribu meter persegi dibangun di Isahaya Jepang. Khusus untuk memproduksi sensor CMOS camera

Dalam rencana, pabrik akan memproduksi sensor camera di tahun 2021.

Sony memiliki beberapa lokasi pabrik khusus membuat sensor camera, seperti di Kumamoto, Oita dan Yamagata.



Mengapa Sony terus mengembangkan camera
Kebutuhan perangkat di dunia terus meningkat. Dari teknologi 5G mendatang, smartphone, otomotif dan pabrikan.

5G nantinya memberikan pengiriman data dari perangkat lebih cepat.



Smartphone juga membutuhkan sensor lebih tajam dan lebih baik. Mungkin nanti, camera smartphone tidak hanya 2 camera saja, bisa 4 5 atau 6 camera dari total camera yang dibuthkan.

Seperti sekarang ini, smartphone kelas menengah saja sudah mengunakan 3 sensor camera.

Otomotif juga terkait dengan teknologi Lidar. Salah satu teknologi autonomous seperti kendaraan yang berjalan sendiri membutuhkan sensor caemra.
Tidak hanya industri otomotif, di bidang robotik mungkin suatu hari membutuhkan lebih banyak sensor camera.

Berita terkait
Samsung dan Vivo bekerja sama membuat smartphone dengan procesor Exynos. Karena Exynos saat ini telah siap dengan modem internal 5G di dalam procesor. Dengan satu unit chip antara modem 5G untuk koneksi data dan procesor. Membuat kinerja smartphone lebih hemat power. Samsung lebih siap, sedangkan Qualcomm baru menyiapkan procesor dengan 5G internal akhir tahun ini

Ketika smartphone Android dan Blackberry tampil dengan harga memukau, pembeli antri. Posisi beberapa produsen masih mempertahankan gaya tersebut. Nyatanya dalam beberapa tahun pasar berubah. Penguna smartphone memilih menganti setelah 3 tahun dari sebelumnya 2 tahun. Bila ada yang beranggapan smartphone mahal adalah idola, lihat tren terbaru.



Perusahaan China Telecom ternyata melakukan throttling atau nyekek bandwidth internet ke jaringan luar negeri. Walau dibantah oleh pihak perusahaan, tapi media TV Shanghai Television mencatat apa yang dikeluhkan oleh pelanggan disana.

Pameran IFA tahun lalu disebutkan eksekutif LG menganggu peralatan yang di pamerkan Samsung. LG mengatakan kami punya bukti video, bahwa eksekutif kami tidak melakukan sabotase peralatan Samsung di pameran. Mereka yang ribut, pembeli bisa tahu kelemahan sebuah produk.




No popular articles found.