Software | 20 October 2019

Battery Charge Limit menurunkan power charger bila kapasitas baterai hampir penuh


Ada cerita menarik tentang pengisian baterai smartphone.

Produsen menawarkan baterai smartphone kapasitas besar. Mencapai 5000mAh, agar penguna bisa dapat menikmati smartphone dengan nyaman seharian.

Ada juga pabrikan smartphone menawarkan kapasitas baterai yang tidak pernah bisa di charger penuh 100%.

Tujuan, agar pemilik smartphone dapat menikmati usia smartphone lebih lama dengan kondisi baterai lebih fit.

Maklum, disain smartphone sekarang lebih banyak mengunakan internal baterai. Untuk menganti baterai tidak semudah smartphone model lama dimana baterai dapat di lepas pasang. Jadi mengunakan satu model smartphone dapat memberikan pengalaman berbeda.

Kembali dengan fungsi aplikasi. Banyak penguna smartphone sering kali mengisi baterai sampai Full Charge.

Tetapi baterai smartphone yang di charger sampai 100% sebenarnya tidak terlalu berguna. Bila kapasitas baterai benar benar tercapai 100% (di dalam baterai).

Baterai lithium akan mengurangi kapasitas sendiri. Mungkin efektif power yang diberikan sampai 95%, dampak lain dapat menurunkan usia pemakaian baterai..Contoh dapat dilihat cara kerja adaptor charger camera dengan monitor kapasitas baterai.

Ketika mengisi baterai smartphone mulai kosong, awal pengisian baterai akan terlihat cepat. Karena sifat baterai lithium cepat menyerap energi.
Setelah mencapai 80-90% pengisian baterai mulai melambat. Melewati 90% akan jauh lebih lambat lagi.

Dalam sistem pengisian baterai smartohone, sebenarnya secara otomatis mengurangi input power. Sebagai pengaman agar baterai yang sudah mendekati kapasitas penuh, dan tidak terlalu cepat di isi 100%, serta mengurangi strees baterai ketika baterai sudah 100% tapi masih terhubung ke adaptor charger.


Agar amannya sistem pengisian baterai setelah melewati 90%, arus yang masuk akan menurun perlahan. Ketika voltase baterai mencapai 4,2V/DC, sistem sirkuit smartphone akan menghentikan pengisian baterai, dan baterai smartphone perlahan sedikit turun karena power digunakan oleh procesor dan perangkat lain. Selama charger masih terhubung ke smartphone, sistem pengisian baterai smartphone akan menjaga voltase baterai pada posisi aman dan tidak melewati 4,2V/DC dan menghindari terjadinya panas pada baterai..

Beberapa penguna smartphone yang mengerti tentang baterai dan sifat baterai smartphone. Akan menjaga kapasitas baterai smartphone tidak pernah terisi sampaif full charge.

Dapat memanfaatkan software pemberitahu dengan peringatan kapasitas baterai, seperti dengan nada atau getar.
Bila anda sering melihat aplikasi di Play Store, akan mudah ditemui aplikasi seperti Battery Notification dan lainnya. Baik versi gratis atau berbayar, fungsinya mirip saja.

Masalahnya kita tidak selalu berada di dekat smartphone. Alih alih peringatan yang sudah berbunyi, ternyata sering kali kelewat juga sampai smartphone kembali Full Charge 100%
Biasanya sih, kalau ditinggal tidur dengan charger masih tersambung.

Apakah ada aplikasi yang membantu menurunkan arus pengisian baterai.

Apakah smartphone dapat memutus arus charger otomatis ketika mencapai kapasitas tertentukan.


Agar smartphone berhenti menerima power adaptor.
Ada, tapi hanya beberapa smartphone di kelas tertentu. Mungkin sangat jarang digunakan di Indonesia dan salah satunya dari Pixel (merek smartphone Google).
Yang lain mengunakan satu perangkat otomatis tapi sebagai tambahan.

Apakah smartphone bisa menurunkan arus charger ketika telah terisi sampai kapasitas baterai tertentu.
Agar kita tidak perlu mengawasi pengisian baterai smartphone.

Ada, Battery Charge Limit dapat mengatur sampai kapasitas berapa pengisian baterai diturunkan. Hanya terbatas untuk sistem smartphone.
Dapat dikombinasikan dengan aplikasi Full Battery Notification.

Aplikasi Battery Charge Limit Android

Aplikasi ini bekerja dengan cara berbeda. Dapat menurunkan arus charger yang masuk, sehingga pengisian arus charger ke baterai turun sampai 500mAh (model test)

Test mengunakan smartphone yang dicoba dengan output charger 1500mAh. DIawal pengisian (kapasitas baterai dibawah 80%), charger memberi arus diatas 1000mAh.

Pada batas kapasitas baterai yang sudah di tentukan di aplikasi Battery Charge Limit. Pengisian baterai secara otomatis melambat dan turun ke 500mAh.

Memberikan waktu untuk kita agar smarpthone tidak mendapat pengisian baterai terlalu cepat.
Mungkin aplikasi ini tidak cocok bagi beberapa penguna. Yang membutuhkan pengisian baterai secepat mungkin.

Mungkin juga anda peduli dengan baterai smartphone, lebih baik menjaga dibanding menganti baterai terlalu cepat dikemudian hari.

Seperti gambar dibawah ini.
Sistem pengisian baterai smartphone dapat diturunkan adaptor charger otomatis menurun ke 500mAh (pengisian di baterai 370mAh ketika layar aktif)

Menu kanan dari aplikasi Battery Charge Limit.
Fitur aplikasi dapat di On dan Off untuk menurunkan arus pengisian baterai.


Battery Charge Limit menururnkan power charger ketika level baterai tercapai

Hanya bekerja untuk smartphone Root


Battery Charge Limit hanya bekerja untuk OS Android Root.
Karena kebutuhan aplikasi untuk merubah State Battery yang ditulis ke memory.

Pada aplikasi hanya terdaftar model smartphone seperti Nexus / Pixel buatan Google, Samsung, Huawei.

Tetapi smartphone diluar merek tersebut dapat memanfaatkan pada menu Charging Enabled. Atau menurunkan arus pengisian baterai.

Aplikasi monitor arus charger dengan Ampere

Dibawah ini aplikasi Battery Charge Limit bekerja dengan perbandingan persentasi kapasitas baterai.

Ketika smartphone di charger dengan 1,500mAh. Pada bats limit yang ditentukan sistem pengisian baterai drastis menurunkan arus secara otomatis

Bila mengisi baterai smartphone dengan power bank, kemungkinan aplikasi dapat menghentikan pengisian daya di smartphone. Misal di set 80% maksimum, power bank dapat berhenti mengisi baterai otomatis setelah aplikasi memberi peringatan bahwa kapasitas baterai sudah mencapai 80%.

Dapat dilihat dampak dan perbandingan arus pengisian baterai dengan aplikasi Battery Charge Limit



Baterai di smartphone versi Root dapat diminimalkan dari full charge dan menghindari terjadinya stres baterai.
Bila melakukan pengamanan baterai dengan aplikasi seperti ini di video, dijamin baterai smartphone anda akan berumur panjang.

Mengapa baterai tidak harus di charge sampai penuh.

Bila kita mengisi baterai smartphone sampai penuh setiap hari. Tahun depan usia pemakaian baterai smartphone akan turun 20% kapasitas baterai.

Berapa ideal mengisi baterai smartphone. Angkanya antara 80% atau paing tinggi 90% kapasitas baterai. Ketika baterai di charger sampai 100%, dibutuhkan voltase lebih tinggi sampai 4,3V/DC. Idealnya kapasitas baterai smartphone digunakan antara 40-80%. Ketika baterai sudah 40% dapat di charger, dan 80% dapat dilepas dari charger adaptor.

Apakah produsen memberikan fitur seperti Battery Charge Limit. Mungkin disebut Battery Healty dan istilah lainnya. Tapi kami jawab, tidak tahu.

Bagaimana bila smartphone bukan Root. Tidak masalah, tentu ada alternatif lain. Dapat mengunakan peringatan pesan suara (alarm) sudah cukup. Asalkan kita disiplin ketika mengisi baterai smartphone dengan benar.



Solusi lain
Mengunakan charger dengan output lebih rendah seperti adaptor charger standar dengan output 500mAh saja.
Bila kapasitas baterai smartphone pada malam hari biasanya tersisa 20% sedangkan kapasitas baterai smartphone kita 5000mAh.
Dengan charger standar, pengisian baterai dapat lebih lambat sementara ditinggal tidur, smartphone perlahan di charger dengan arus lebih kecil sampai pagi hari baru selesai mengisi baterai mendekati kapasitas penuh..

Kenapa kita perlu memikirkan baterai smartphone. Tidak terlalu penting. Ini hanya salah bagi mereka yang ingin disiplin merawat perangkat smartphone agar tidak direpotkan ddengan pengantian baterai. Tahun pertama mungkin kondisi baterai sangat baik, Tapi tahun ke 3 siapa tahu kapasitas baterai sudah tidak cukup untuk aktivitas seharian.

Usia pemakaian baterai smartphone bukan hal utama.
Masalah lain dari aplikasi, atau yang sering disebut bekerja Background. Membuat baterai smartphone terpakai oleh aplikasi yang tidak perlu.
Termasuk pemakaian kita sendiri yang sering membuka layar smartphone ;-)

Mohon maaf sebelumnya, bila aplikasi Battery Charge Limit untuk smartphone model Root. Sejauh ini aplikasi bekerja dengan baik. Bila anda menginstall dan memiliki masalah. Pihak pengembang mengatakan dapat di uninstall dan smartphone di reboot ulang. Artikel ini diambil dari

Info dari XDA

Download aplikasi Battery Charge Limit


EX Kernel mengatur CPU Smartphone Root
All-in-One ToolBox Android pembersih storage
Maverick aplikasi GPS dengan peta Offline
Artikel Lain

Microsoft akan menghentikan dukungan aplikasi Android dapat bekerja di Windows 11. Subsystem Windows 11 Android relatif baru, kelihatan hanya menjadi biaya Microsoft sendiri. Mitra AppStore Amazon hanya memberi pendapat minimal.

Aplikasi Firewall Android, dapat memerika semua aplikasi yang aktif, dan mencoba terhubung ke internet. Termasuk aplikasi yang sedang aktif, atau tidak aktif (tidak digunakan). Atau memonitor satu aplikasi dengan pemakaian paket internet. PCAPdroid Network Monitor, OpenSource.



Network Type Switcher sebuah aplikasi berbasis code smartphone dengan ukuran kecil. Aplikasi dapat memudahkan memilih jaringan, mengunci koneksi koneksi data lebih tinggi. Juga dapat menonaktifkan sinyal ponsel bila diperlukan.

Adaptor charger Vivo 45W memiliki output USB-C dengan power 45W, atau USB-A sampai 44W. Pengisian baterai smartphone Vivo X100 Pro cukup di charge 50% selama 21 menit. Menarik dari desain charger Vivo 45W, juga mendukung FlashCharge, UFCS, PD3 dan QC2.

Adaptor Leo USB-C ini dapat menjaga pengisian baterai smartphone agar lebih awet. Membantasi sampai 90% agar usia baterai lebih lama. Disebut kontrol pengisian pintar, dapat membatasi charging untuk smartphone, headphone wireless, speaker wireless dan lainnya.

Menu Pause USB Power Delivery ada di beberapa ponsel Android. Baru terlihat jelas di Galaxy S23, tapi untuk apa fitur tersebut. Ketika smartphone bekerja di Game dan procesor panas. kombinasi pengisian baterai dan kinerja CPU, berdampak ke baterai. Kabar sudah tersedia di Galaxy S21, Z Fold 2, Fold 3, Fold 4, Galaxy A73 5G

Adaptor Charger SuperVooc 240W digunakan untuk Realme. Harga adaptor charger 50W Mini SuperVOOC tidak murah. Tahun 2020 AirVooc, charger SuperVOOC 50W, SuperVOOC 110W dan SuperVooc 125W. Adaptor charger dibuat tipis masuk kantong, dengan tebal 1,05cm.



Bila di computer ternyata camera Webcam tidak terlalu baik kualitasnya untuk konferensi video, chatting, video call. Atau di notebook / PC tidak memiliki camera. Versi free cukup dengan 720p, sedangkan versi Pro mendapat FHD dan dapat diputar dari aplikasi tanpa memutar posisi camera smartphone

Storage smartphone penuh, tapi tidak tahu penyebabnya. Smartphone mengunakan cache dan temporary file, kadang file tertinggal di smartphone tanpa terlihat. Aplikasi membersihkan file dari internal memory, dapat melihat file apa yang tertinggal dan membuat storage penuh.

Smartphone dengan layar punch hole seperti lubang di layar, sekarang dapat tampil lebih menarik. Dapat dimanfaatkan untuk status baterai dengan cincin lingkaran status kapasitas baterai smartphone. Aplikasi Energy Ring hemat CPU, tapi masih terbatas untuk beberapa model smartphone.

Kabel ethernet umum digunakan di jaringan LAN. Berkembang teknologi WIFI, kabel Ethernet tetap dibutuhkan. Khususnya untuk jaringan kantor sampai rumah. Kecepatan transfer dari computer ke HUB atau dari HUB ke HUB WIFI Router dan lainnya lebih stabil dibanding WIFI. Apa yang berbeda dari kabel Ethernet.

Setiap smartphone Android memiliki kode tersembunyi. Kode tersebut untuk melihat data smartphone seperti fitur camera, statistik, WIFI, backup dan fitur test hardware. Tetapi kode tersebut cukup panjang dan tidak mudah di ingat. Seperti *#*#4636#*#* dapat melihat statistik smartphone

Battery saver adalah fitur tersendiri di setiap OS smartphone produsen dan sudah ada sejak membeli smartphone. Fitur hemat baterai, membuat daya tahan baterai smartphone lebih lama. Ketika baterai Low, apakah anda tahu apa yang dilakukan smartphone. Ketika aplikasi tidak bekerja semestinya yang seharusnya tetap bekerja.

Oneplus Dash Charge, tapi terdaftar sebagai lisensi dari Oppo yang digunakan untuk Vooc Fast Charger. Smartphone Oneplus dapa mengatur sistem pengisian baterai. Walau di charger semalaman, baterai hanya terisi 80%. Tapi 100 menit sebelum pemilik bangun, baterai smartphone akan melanjutkan pengisian.



Aplikasi Android smartpone Avast Cleanup untuk membersihkan storage dan RAM smartphone.Seperti file temporary, cache, sampai menghentikan aplikasi yang memakai sumber di smartphone. 20% file di storage hanya file yang tidak perlu tapi tetap disimpan karena user tidak tahu file tersebut ada.

AutomateIt dan MacroDroid Tool untuk menugaskan smartphone Android. Diaktifkan dengan waktu, SMS, kondisi baterai, bluetooth, jack audio, lokasi, WIFI, koneksi data, panggilan telepon. Kirim SMS , smartphone bisa diperintah mengambil foto. Atau mengirim ke email. Mengirim lokasi smartphone dengan pesan SMS tertentu

Hotspot Control aplikasi Android, memiliki fitur mengaktifkan Portable Hotspot di smartphone. Lebih praktis untuk berbagi akses internet dari smartphone ke notebook atau smartphone lain. Cocok untuk mereka yang ingin berbagi akses internet, nebeng internet selama di perjalanan.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.