Battery Charge Limit menurunkan power charger bila kapasitas baterai hampir penuh


Software | 21 October 2019

Ada cerita menarik tentang pengisian baterai smartphone.

Produsen menawarkan baterai smartphone kapasitas besar. Mencapai 5000mAh, agar penguna bisa dapat menikmati smartphone dengan nyaman seharian.

Ada juga pabrikan smartphone menawarkan kapasitas baterai yang tidak pernah bisa di charger penuh 100%.
Tujuan, agar pemilik smartphone dapat menikmati usia smartphone lebih lama dengan kondisi baterai lebih fit.
Maklum, disain smartphone sekarang sudah mengunakan internal baterai. Untuk menganti baterai tidak semudah smartphone model lama dimana baterai dapat di lepas pasang. Jadi mengunakan satu model smartphone dapat memberikan pengalaman berbeda.

Kembali dengan fungsi aplikasi. Banyak penguna smartphone sering kali mengisi baterai sampai Full Charge.
Tetapi baterai smartphone yang di charger sampai 100% sebenarnya tidak terlalu berguna. Bila kapasitas baterai benar benar tercapai 100% (di dalam baterai).
Baterai lithium akan mengurangi kapasitas sendiri. Mungkin efektif power yang diberikan sampai 95%, dampaknya dapat menurunkan usia pemakaian baterai..Contoh dapat dilihat cara kerja adaptor charger camera dengan monitor kapasitas baterai.

Ketika mengisi baterai smartphone mulai kosong, awal pengisian baterai akan terlihat cepat. Karena sifat baterai lithium cepat menyerap energi.
Setelah mencapai 80-90% pengisian baterai mulai melambat.

Dalam sistem pengisian baterai secara otomatis mengurangi input power. Sebagai pengaman agar baterai yang sudah mendekati kapasitas penuh tidak terlalu cepat di isi, serta mengurangi strees baterai ketika baterai sudah 100% tapi masih terhubung ke adaptor charger.

Beberapa penguna smartphone yang mengerti tentang baterai dan sifat baterai smartphone.
Dapat memanfaatkan software pemberitahu dengan peringatan kapasitas baterai, seperti dengan nada atau getar.
Bila anda sering melihat aplikasi di Play Store, akan mudah ditemui aplikasi seperti Battery Notification dan lainnya. Baik versi gratis atau berbayar, fungsinya mirip saja.



Masalahnya kita tidak selalu berada di dekat smartphone. Alih alih peringatan yang sudah berbunyi, ternyata lewat juga sampai smartphone kembali Full Charge.

Apakah ada aplikasi yang membantu menurunkan arus pengisian baterai.

Apakah smartphone dapat memutus arus charger otomatis ketika mencapai kapasitas tertentukan.
Agar smartphone berhenti menerima power adaptor.
Ada, tapi hanya beberapa smartphone di kelas tertentu. Mungkin sangat jarang digunakan di Indonesia.
Yang lain mengunakan satu perangkat otomatis tapi sebagai tambahan.

Apakah smartphone bisa menurunkan arus charger ketika telah terisi sampai kapasitas baterai tertentu.
Agar kita tidak perlu mengawasi pengisian baterai smartphone.
Ada, Battery Charge Limit dapat mengatur sampai kapasitas berapa pengisian baterai diturunkan. Hanya terbatas untuk sistem smartphone.
Dapat dikombinasikan dengan aplikasi Full Battery Notification.

Aplikasi Battery Charge Limit Android

Aplikasi ini bekerja dengan cara berbeda. Dapat menurunkan arus charger yang masuk, sehingga pengisian baterai turun sampai 500mAh (model test)

Test mengunakan smartphone yang dapat di charger 1500mAh. Pada batas kapasitas baterai yang sudah di tentukan di aplikasi Battery Charge Limit.
Pengisian baterai secara otomatis turun ke 500mAh.

Memberikan waktu untuk kita agar smarpthone tidak mendapat pengisian baterai terlalu cepat.
Mungkin aplikasi ini malah tidak cocok bagi beberapa penguna. Yang membutuhkan pengisian baterai secepat mungkin.
Mungkin juga anda peduli dengan baterai smartphone, lebih baik menjaga dibanding menganti baterai terlalu cepat dikemudian hari.

Seperti gambar dibawah ini.
Sistem pengisian baterai smartphone dapat diturunkan adaptor charger otomatis menurun ke 500mAh (370mAh)

Menu kanan dari aplikasi Battery Charge Limit.
Fitur aplikasi dapat di On dan Off untuk menurunkan arus pengisian baterai.


Battery Charge Limit menururnkan power charger ketika level baterai tercapai




Hanya bekerja untuk smartphone Root

Battery Charge Limit hanya bekerja untuk OS Android Root.
Karena kebutuhan aplikasi untuk merubah State Battery yang ditulis ke memory.

Pada aplikasi hanya terdaftar model smartphone seperti Nexus / Pixel buatan Google, Samsung, Huawei.
Tetapi smartphone diluar merek tersebut dapat memanfaatkan pada menu Charging Enabled. Atau menurunkan arus pengisian baterai.

Test mengunakan adaptor Xiaomi Fast Charger 2Ah input smartphone 1,5Ah
Aplikasi monitor arus charger dengan Ampere


Dibawah ini aplikasi Battery Charge Limit bekerja dengan perbandingan persentasi kapasitas baterai.
Ketika smartphone di charger dengan 1,500mAh. Pada bats limit yang ditentukan sistem pengisian baterai drastis menurunkan arus secara otomatis



Mengapa baterai tidak harus di charge sampai penuh.

Bila kita mengisi baterai smartphone sampai penuh setiap hari. Tahun depan usia pemakaian baterai smartphone akan turun 20% kapasitas baterai.

Berapa ideal mengisi baterai smartphone. Angkanya antara 80% atau paing tinggi 90% kapasitas baterai. Ketika baterai di charger sampai 100%, dibutuhkan voltase lebih tinggi sampai 4,3V/DC. Idealnya kapasitas baterai smartphone digunakan antara 40-80%. Ketika baterai sudah 40% dapat di charger, dan 80% dapat dilepas dari charger adaptor.

Apakah produsen memberikan fitur seperti Battery Charge Limit. Mungkin disebut Battery Healty dan istilah lainnya. Tapi kami jawab, tidak tahu.

Bagaimana bila smartphone bukan Root. Tidak masalah, tentu ada alternatif lain. Dapat mengunakan peringatan pesan suara sudah cukup. Asalkan kita disiplin ketika mengisi baterai smartphone dengan benar.

Kenapa kita perlu memikirkan baterai smartphone. Tidak terlalu penting. Ini hanya salah bagi mereka yang disiplin merawat perangkat smartphone agar tidak direpotkan di kemudian hari untuk masalah baterai.

Karena usia pemakaian baterai smartphone bukan hal utama. Masalah lain dari aplikasi, atau yang sering disebut bekerja Background. Membuat baterai smartphone lebih cepat habis. Termasuk pemakaian kita sendiri yang sering membuka layar smartphone ;-)

Mohon maaf sebelumnya, bila aplikasi Battery Charge Limit untuk smartphone model Root. Sejauh ini aplikasi bekerja dengan baik. Bila anda menginstall dan memiliki masalah. Pihak pengembang mengatakan dapat di uninstall dan smartphone di reboot ulang. Artikel ini diambil dari

Info dari XDA

Download aplikasi Battery Charge Limit

Berita terkait
EX Kernel mengatur CPU Smartphone Root
All-in-One ToolBox Android pembersih storage
Maverick aplikasi GPS dengan peta Offline
Aplikasi Android smartpone Avast Cleanup untuk membersihkan storage dan RAM smartphone.Seperti file temporary, cache, sampai menghentikan aplikasi yang memakai sumber di smartphone. 20% file di storage hanya file yang tidak perlu tapi tetap disimpan karena user tidak tahu file tersebut ada.

AutomateIt dan MacroDroid Tool untuk menugaskan smartphone Android. Diaktifkan dengan waktu, SMS, kondisi baterai, bluetooth, jack audio, lokasi, WIFI, koneksi data, panggilan telepon. Kirim SMS , smartphone bisa diperintah mengambil foto. Atau mengirim ke email. Mengirim lokasi smartphone dengan pesan SMS tertentu



Hotspot Control aplikasi Android, memiliki fitur mengaktifkan Portable Hotspot di smartphone. Lebih praktis untuk berbagi akses internet dari smartphone ke notebook atau smartphone lain. Cocok untuk mereka yang ingin berbagi akses internet, nebeng internet selama di perjalanan.

2 Aplikasi untuk tranfer file untuk smartphone ke smartphone. Tanpa melewati WIFI Router atau Hotspot. Files LLC aplikasi untuk tranfer file offline. Dan ShareMe XIaomi lebih sederhana, untuk mengirim file antar smartphone langsung. Selesai Send, otomatis file di tranfer darai smartphone ke smartphone lain. Mendukung OS Android 4.4 , smartphone Android lawas bisa jalan

Setting Android 4G LTE , 3G atau 2G. Dapat mempercepat internet di smartphone dengan 4G LTE bila berada di area 4G.Fitur. Fitur lain mematikan layanan sinyal radio smartphone Android bila tidak terpakai.




No popular articles found.