Lubang hitam MAXI J1820 + 070 menembak sinar X disusul plasma


Science | 14 October 2019

Kemajuan dalam teknologi pencitraan memungkinkan para peneliti untuk mengamati fenomena ilmiah dengan cara baru yang menarik, baik dengan pengamatan teleskop di Bumi dan di luar luar angkasa.

Dengan menempatkan sepasang instrumen dan mengarah ke black hole terdekat, tim astronom kini telah mendapatkan gambar visualisasi resolusi tingkat tinggi.
Untuk melihata aktivitas semburan energi tinggi di pusatnya dari sebuah lubang hitam.

Lubang hitam MAXI J1820 + 070 salah satu lubang hitam yang dapat diamati dan berada di galaksi Bima Sakti

Letaknya sekitar 10.000 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Memiliki massa sekitar tujuh kali lebih besar Matahari, tapi ukurannya kurang dari luas kota London. Ditemukan tahun 2018.
Lubang hitam terkait dengan tingkat gravitasi yang tinggi. Begitu padat, dan berputar sangat cepat.
Lubang hitam MAXI J1820 + 070 dahulunya adalah sebuah bintang raksasa, dan mati. Materi padat terkumpul dari sisa sebuah bintang dan jadilah sebuah Black Hole.

Seperti semua lubang hitam, MAXI J1820 + 070 mengeluarkan riak radiasi berfluktuasi. Seperti ada kedipan muncul.
Disebabkan interaksi antara gravitasi yang sangat kuat serta medan magnet.

Ketika instrumen Event Horizon Telescope, yang menghasilkan gambar pertama langsung dari lubang hitam di sebuah galaksi tetangga pada bulan April 2019, sangat meningkatkan kapasitas kami untuk mengamati mereka, menangkap fluktuasi ini dalam aksinya sejauh ini sangat sulit.

Kali ini peneliti mengunakan data instrumen HiPERCAM di observasi Gran Telescopio Canarias di Kepulauan Canary dan observatorium NICER NASA di Stasiun Luar Angkasa Internasional / ISS.

Kedua data digabung untuk mendeteksi cahaya (energi) yang terlihat pertama kali muncul dan deteksi sinar-X dari yang terakhir tertangkap instrumen.



Tim yang dipimpin para astronom di University of Southampton menerjemahkan data tersebut dalam video tayangan ilustrasi atau gambaran apa yang sebenarnya terjadi disana.

Menunjukkan gejolak hebat ketika sebuah lubang hitam ukuran kecil beraksi, diperlukan kecepatan 300 frame perdetik.

"Film ini dibuat menggunakan data nyata, tetapi apa yang dilihat di perlambat hingga 1/10 kecepatan sebenarnya. Untuk melihat adanya suar / kilatan paling cepat yang dapat dilihat mata manusia," jelas John Paice, seorang mahasiswa pascasarjana di University of Southampton dan penulis utama studi

Pelepasan energi hanya terjadi dalam kurun waktu sangat cepat, 0,5 detik pertama ketika muncul radiasi sinar X dari kutub Black Hole.

Dan dalam 0,7 detik disusul percikan plasma panas yang terlempar dari lubang hitam.

Lubang hitam MAXI J1820 + 070 menembak sinar X disusul plasma

 "Kita dapat melihat bagaimana materi di sekitar lubang hitam begitu cerah, mengungguli sebagian dari bahan bintang yang sedang di konsumsi (ditelan lubang hitam).

Dan kerlipan tercepat hanya berlangsung beberapa milidetik - kekuatan kilatan tersebut setara hasil dari seratus energi Matahari dalam waktu sangat singkat, dan lebih banyak lagi yang dipancarkan dalam sekejap. kedipan mata."

Tapi dalam data rekaman, memperlihatkan kilatan radiasi X-ray akan muncul dalam hitungan milidetik, baru disusul dengan keluarnya kilatan gas plasma (diperkirakan materi tersebut sangat panas)

Selain membuat cuplikan keren, karya ini mengungkapkan beberapa wawasan penting tentang bagaimana lubang hitam bekerja.

Data menunjukkan adanya kenaikan cahaya tampak di imbangi dengan penurunan cahaya sinar-X, dengan cahaya tampak tercepat terjadi sepersekian detik setelah munculnya kilatan cahaya sinar-X.

Para ilmuwan telah mengamati tanda-tanda yang sama dari aktivitas dua lubang hitam lainnya. Hanya saja data yang satu ini lebih detail.

Mereka mengatakan bahwa keberadaan plasma jauh berada di dalam perut lubang hitam, dengan pengamatan baru ini menambah teori bahwa semua lubang hitam mungkin berperilaku dengan cara yang sama.

“Fakta bahwa kita sekarang melihat ini dalam tiga sistem yang memperkuat gagasan bahwa karakteristik dari lubang hitam ketika tumbuh.
Jika benar, ini memberi tahu kita sesuatu yang mendasar bagaimana plasma mengalir di sekitar lubang hitam aktif, "kata co-penulis Dr Poshak Gandhi

" Ide terbaik kami memunculkan hubungan yang kuat antara mengalirkan plasma. Tapi ini adalah kondisi fisik yang ekstrim "



"Kita tidak bisa mereplikasi kondisi yang dilakukan lubang hitam di laboratorium Bumi, dan kita tidak mengerti bagaimana alam melakukan hal seperti ini.

Data terlihat suar di lubang hitam sangat penting untuk memahami teori dengan benar."

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Monthly Notices of Royal Astronomical Society, sementara videonya dapat dilihat di bawah.

Lubang hitam yang diteliti sedang menarik bahan gas berpindah ke lubang hitam dengan kekuatan gravitasi.

Memberikan reaksi dengan kilatan seperti melempar bahan yang ditarik keluar dari bagian kutub Black Hole.



Sumber: University of Southampton

Berita terkait
Beberapt tahun ini dibangun beberapa teleskop radio. Tapi bukan mencari sinyal alien, melainkan mendapatkan adanya sinyal frekuensi 21cm. Yang berasal dari sinyal sebelum pembentukan galaksi pertama, sinyal bersumber dari 13 miliar tahun lalu jauhnya dari Bumi. Mendapatkan sinyal dari bintang generasi pertama dimana benda Black Hole sebagai materi padat belum ada di awal alam semesta. Lalu untuk apa

Planet 51 Pegasi b penemuan planet yang mengorbit ke sebuah bintang seukuran matahari. Planet hanya memiliki waktu mengitari bintang induk dalam 4 hari saja. Keunikan planet, posisi sebagai planet ukuran gas, memiliki posisi paling depan atau dekat ke bintang.



Kita tahu benda menakutkan itu ada disana, dan kita tidak bisa memalingkan muka. Astronom mendapat gambar langsung bayang lubang hitam. Data berukuran Petabyte data teleskop radio dan proses superkomputer sangat khusus. Bagaimana Black Hole dapat dibedakan oleh materi lain. Peneliti menyebut lubang hitam dapat terbentuk ketika alam semesta mulai terbentuk

Plasma adalah materi ke 4, setelah gas, padat dan cair. Plasma disebut sebagai gas terionisasi. Di bumi, materi plasma dapat dibuat tapi tidak bertahan lama. Seperti pemanas fusi nuklir, di alam semeta materi plasma hal biasa seperti bintang atau mataharai kita

2 lubang hitam yang disebut PG 1302-102, adalah keberadaan 2 lubang hitam biner yang saling mengorbit. Jarak keduanya seperti matahari ke pluto. Tetapi dampak gravitasi keduanya terlihat begitu kuat.

Miliaran tahun lalu, lubang hitam B3 1715+425 adalah lubang hitam yang ada di tengah galaksi. Tapi anehnya, sekarang dia sendirian dan tidak banyak lagi bintang yang mengelilingi dirinya sendiri. Bahkan terbang begitu cepat sampai kecepatan 3200km perdetik. Ada apa dengan lubang hitam ini.

Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi. Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52 tersebut diperkirakan mencapai 100 ribu kali dari massa matahari, yang biasanya ada ditengah galaksi. Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.



Adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman. Dibutuhkan beberapa peralatan teleskop untuk memeriksa, dan terakhir baru teridentifikasi benda ini adalah sebuah Black Hole




No popular articles found.