Planet 51 Pegasi b pertama ditemukan mengorbit ke bintang mirip matahari


Science | 10 October 2019

35 tahun lalu, pelajaran hanya menghafal jumlah 9 planet dari tata surya  Terakhir Pluto baru ditemukan tahun 1930.

Walau Pluto akhirnya di keluarkan sebagai planet tata surya, dan tahun 2006 diturunkan sebagai planet kerdil karena ukurannya paling kecil.

Sekarang di teknologi smartphone, kita boleh bertanya. Apakah hanya 9 planet tersebut ada di alam semesta.

Tentu saja tidak, jumlah planet mencapai miliaran, dari setiap cahaya bintang diperkirakan pasti ada beberapa planet.d

Planet 51 Pegasi b

51 Pegasi b ditermukan tahun 1995, sebagai penemuan sebuah planet gas seukuran Jupiter pertama yang mengorbit ke sebuah bintang seukuran matahari.

Ukuran besar,bahkan diperkirakan lebih besar dari planet Jupiter.

Posisi planet yang berbeda, berada di bagian paling depan dari planet yang ditemukan di tata surya 51 Pegasi. Bahkan mencapai jarak lebih kedepan lagi dibanding Merkurius ke matahari.

Ukuran bintang 51 Pegasi. Ini juga unik karena bintang 51 Pegasi mengorbit ke bintang tipe M dengan cahaya kuning dengan ukuran sedikit lebih besar dari matahari.

Nama planet 51 Pegasi b bukan keunikan baru, karena beberapa benda lain banyak yang lebih aneh di alam semesta banyak ditemukan setelah peluncurkan teleskop ruang angkasa Hubble. Serta beberapa teleskop bumi terkuat yang sudah bekerja.

Keunikan planet 51 Pegasi b, membuktikan ada planet dimana tetap mengorbit terlalu dekat ke bintang.



Yang membuat bingung, seperti apa sebuah planet gas bila terlalu dekat ke bintang.

Planet 51 Pegasi b sebenarnya memiliki massa 1/2 lebih kecil dibanding planet Jupiter. Karena planet tersebut sebagai planet gas, dengan jarak amat dekat ke bintang.
Suhu panas bintang membuat ukuran planet membesar dibanding Jupiter sehingga ukurannya malah 50% lebih besar.

Karena posisi planet lebih maju, hanya memerlukan waktu  4 HARI sekali.
Berapa derajat suhu planet tersebut, kisaran 1000 deg.C atau 2x lebih panas dari Merkurius dan Venus.

Jarak tata surya 51 Pegasi b ke Bumi sekitar 50 tahun cahaya.
Berada di rasi bintang Pegasus.
Ditemukan 6 Oktober 1995 oleh Michel Mayor dan Didier Queloz, di publikasikan dalam media Nature.
Penemuan planet 51 Pegasi b mengunakan teknik kecepatan radial dengan spektrograf ELODIE.
Konfirmasi planet tersebut diperkuat oleh Dr Geoffrey Marcy dari universitas San Francisco dan Dr Paul Butler universitas Berkeley.

Walau orbit planet sangat dekat, dan hanya berjarak 7 juta km dari bintang. Membuat penemuan planet dengan orbit tercepat memang ada.
Gambar Nasa

Planet 51 Pegasi b planet pertama yang ditemukan mengorrbit ke bintang seukuran matahari

Berita terkait
Apa yang terlihat ketika sebuah lubang hitam aktif mengkonsumsi sesuatu yang besar. Peneliti mengolah data ketika lubang hitam aktif dan memakan bintang. Yang terlempar dari lubang hitam MAXI J1820 + 070 yang tertangkap. Radiasi sinar X-ray yang kuat, disusul hitungan mili detik muncul plasma keluar dari kutub lubang hitam.Data pertama aktivitas Black Hole yang aktif diolah sebagai gambar visual.

Bumi mengitari matahari 365 hari, apakah matahari juga mengitari benda lain. Matahari mengitari galaksi atau titik tengah galaksi. Posisi matahari berada agak ke pinggir galaksi. Lalu sudah berapa kali matahari mengorbit ke inti galaksi. Bagaimana bila melihat kecepatan dari asal alam semesta ke Bumi, seberapa cepat semuanya bergerak termasuk isi tata surya.



Michel mendapat penghargaan Nobel Prize in Physics 2019. Atas upayanya mencari planet dan dia menjadi orang pertama yang menemukan exoplanet diluar tata surya kita. Teleskop Hubble sudah ada di ruang angkasa sejak 1990, tapi tidak ketemu namanya planet lain. Merubah semua teori yang dipegang oleh para ilmuwan lain. Michel mengatakan ide gila kalau pergi kesana. Kenapa harus kesana, karena bumi masih bisa di tinggali.

Robot Curiosity sedang jalan jalan di planet Mars. . Dengan 130 shot foto dari camera MastCams dan lebarnya 30 ribu pixel.2 tahun berlalu. Rekaman selama 5 tahun robot Curiosity jalan jalan di planet Mars. Seperti apa gerhana matahari di planet Mars

Gempa teknonik dipastikan ada lempeng bumi yang tengelam atau terangkat. Berapa tebal kulit bumi, dan seperti apa inti bumi. Bumi memiliki 3 lapisan dari kerak bumi yang dingin. Di inti bumi memiliki kemunginan memang besi 96 persen. Bila bumi seatu hari tidak ada gunung ap, apa yang terjadi

Ada 7 planet yang ditemukan tetapi hanya 3 yang layak diamati lebih lanjut. Nasa sedang mengamati 3 planet dengan ukuran yang layak dan terakhir 2 berada di tata surya Kepler 62. Kepler-62F memiliki ukuran 40% menjadi kandidat planet seperti Bumi. Dengan perhitungan sudut kemiringan planet yang mirip seperti Bumi.

Apa yang dimaksud planet Terrestrial adalah planet berbatu. Tetapi ada beberapa kategori dari planet tipe ini, untuk Bumi masuk ketegori planet dengan permukaan berbatu dimana terdapat inti besi cair di dalamnya. Ada 2 kategori planet lain yang juga masuk dalam planet Terrestrial.



3 planet kecil di tata surya Koi 961. Ukurannya mungkin sebesar planet Mars. Ketiga planet tersebut memiliki ukuran 0.78, 0.73 dan satu lagi lebih kecil 0.57 kali dari Bumi. Jarak ke planet di tata surya Koi 961 tidak terlalu jauh, hanya 120 tahun cahaya yang terletak di konstelasi bintang Cygnus.

Planet Kepler 10c memiliki ukuran 2 kali dari bumi, walau ukurannya lebih besar tapi massa planet ini 17x lebih padat. Ditemukan tahun 2011 oleh teleskop Kepler, jaraknya sekitar 560 tahun cahaya dari bumi. Radius planet sekitar 2x dari radius Bumi. Jangan berharap pindah kesana.

Tim ilmuwan menemukan sebuah planet dengan kandungan air, mengorbit bintang Bootis. Tim peneliti dari universitas Penn State dan lembaga terkait mengumumkan penemuan tersebut pada 24 Februari di The Astrophysical Journal Letters.

Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Gambar ini adalah planet, jaraknya hanya 63 tahun cahaya dari tata surya kita. Ditemukan 5 Oktober 2005 oleh astronomi asal Perancis. Warnanya terlihat biru bila dilihat langsung dengan teropong.

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E




No popular articles found.