Bintang BHB2007 11 kembar lahir bersama sebagai proto bintang


Science | 5 October 2019

Bintang-bintang lahir di tengah awan besar gas dan debu.

Kepadatan lokal pertama membentuk "embrio bintang", lalu mulai mengumpulkan materi dan terus semakin tumbuh membesar.

Tapi bagaimana tepatnya proses terbentunya bintang, yang disebut "accretion", bekerja?

Bagaimana bila disana ada 2 bintang lahir bersama.

Gambar beresolusi tinggi dari sistem biner bintang muda, pertama kalinya mengungkap jaringan filamen akresi komplek yang memelihara dua proto bintang di tengah cakram circum-binary.

Dengan pengamatan ini, tim astronom internasional yang dipimpin oleh Max Planck Institute for Extraterrestrial Physics mampu mengidentifikasi proses akresi tingkat kedua.

Cakram keliling-biner ke cakram circumstellar ke bintang, membatasi kondisi yang mengarah pada pembentukan dan evolusi biner sistem bintang.

Sebagian besar bintang di alam semesta dapat lahir dalam bentuk pasangan - binari - atau bahkan beberapa sistem bintang. Bisa 3 atau 4 bintang di dalam satu tata surya.

Bintang akan terbentuk terlebih dahulu, proses debu gas yang tersisa akan membentuk dan melahirkan proto-planet yang mengitari bintang. Sampai beberapa proto-planet mulai saling bertabrakan kembali, dan menjadi lebih besar.

Sekarang peneliti berbicara, lahirnya pembentukan sistem bintang biner telah diamati untuk pertama kalinya dengan gambar teleskop ALMA resolusi tinggi (Atacama Large Millimeter / submillimetre Array).  Teleskop tersebut bukan teleskop optik, melainkan menangkap dengan sinyal frekuensi radio.



Tata surya BHB2007 11, anggota termuda dari sekelompok kecil objek bintang muda di inti debu dan gas Barnard 59 atau inti molekul awan Pipa Nebula. 2 bintang tersebut saling terkunci dengan gravitasi mereka.

Terdapat cakram yang saling mengelilingi kedua bintang, dalam arti debu dan gas yang ikut dengan bintang mulai diserap.
Peneliti mengatakan jara kedua bintang sekeitar 28x jarak Bumi ke Maatahari.
Secara kumulatif cakram disekitar keduanya memiliki 260 massa debu dari berat Bumi.
Peneliti menyebut bila suatu saat nanti keduanya sudah selesai.
Disana akan lahir planet berbatu.

Sementara pengamatan sebelumnya menunjukkan akresi di sekitar cakram circum-binary, pengamatan baru sekarang melihat lebih jauh dengan  mengungkapkan struktur bagian dalamnya dengan teleskop radio.

"Ini hasil penelitian sangat penting," tegas Paola Caselli, direktur dan MPE dan kepala Pusat Studi Astrochemical. “Kami akhirnya mencitrakan struktur kompleks bintang-bintang biner muda, dengan “pengumpanan filamen ” mereka yang menghubungkan keduanya  dengan cakram circum-binary.

Zoom ke disk binerdari pengamatan teleskop radio ALMA ini menunjukkan bahwa sistem proto-biner [BHB2007] 11 dikelilingi oleh filamen debu, di mana bintang muda sisi selatan selatan (lebih terang) ini mengumpulkan lebih banyak material.

Para astronom memperkirakan filamen sebagai inflow streamer atau daya tarik dari pemasukan arus cakram circum-binary yang diperluas, di mana cakram circum-stellar di sekitar bintang masif dari kedua bintang proto menerima lebih banyak input.

Perkiraan laju pertumbuhan bintang sekitar 0,01 massa Jupiter per tahun, yang sesuai dengan laju yang diperkirakan untuk sistem proto-bintang lainnya.

"Kami mengharapkan proses akresi dua tingkat ini untuk mendorong dinamika sistem biner selama massa fase akresi" kata Alves. "Sementara kesepakatan yang baik dari pengamatan ini dengan teori sudah sangat menjanjikan, kita perlu mempelajari lebih banyak sistem biner muda secara rinci untuk lebih lanjut membatasi kondisi yang mengarah pada multiplisitas bintang."

Gambar pertama adalah tempat keberadaan  BHB2007 11 terletak di dalam area Barnard 59

Gambar kedua animasi dari posisi kedua bintang, satu bintang lebih besar menarik filamen debu dan gas lebih besar

Gambar ketiga, bentuk pengamatan dari teleskop radio Alma

Bintang BHB2007 11 kembar lahir bersama sebagai proto bintang


Berita terkait
Sekarang menambahkan dua lagi planet baru ke dalam daftar exoplanet yang berpotensi layak huni. Para astronom telah melihat sepasang planet yang mengorbit Bintang Teegarden. Seperti apa melihat matatari di Teegarden bila tinggal disana

Bintang bintang muda yang masih sangat bergejolak dan tidak stabil kadang kilatannya sangat besar dan sangat cerah. Yang satu ini mengeluarkan kilatan sangat terang. Bintang JW 566 mengeluarkan kekuatan suar setara 10 miliar kali lebih cerah dari Matahari.



Bintang LL Pegasi dalah bintang raksasa merah yang sudah sekarat. Menjelang masa akhir sebelum bintang tersebut menghancurkan dirinya sendiri. Bintang LL Pegasi terlihat seperti membuat lingkaran gas, tapi ulah tersebut disebabkan bintang kembar yang mendampingi.

Bintang seukuran matahari kita rata rata lahir dengan kembaran bahkan 3 bintang bersamaan. Bintang biner atau bintang kembar akan terpisah 500 AU. Sedangkankan bintang ukuran lebih besar juga memiliki bintang kembar tapi menyatu menjadi satu bintang. Kemana kembaran matahari sekarang

Bintang HH 212 adalah bintang yang baru lahir. Bila gas disekeliling bintang baru ini berhasil menjadi satu bulatan. Nantinya akan membentuk proto-bintang bar, dan di masa mendatang akan muncul planet.

Kedua bintang ini agak berbeda walau disebut bintang pulsar. Bintang Geminga PWN hanya mengeluarkan emisi sinar gamma. Sedangkan bintang B0355+54 sama sekali tidak mengeluarkan sinar gamma tapi memiliki gelombang radio paling kuat.

Tim ASAS-SN bahkan tidak terlalu yakin apakah cahaya yang mereka dapatkan berasal dari sebuah supernova. Bila benda tersebut adalah ledakan bintang supernova, menjadi ledakan paling kuat saat ini. Bila dihitung ledakan cahaya tersebut mencapai 570 miliar kali lebih terang dari matahari, dan setara 20 kali lebih terang dari sumber bintang di galaksi Bima Sakti.



Kelas bintang KSw adalah salah satu bintang langka yang ditemukan di galaksi kita. Bintang ini memiliki putarn sangat cepat, memancarkan radiasi X-Ray, dan ukurannya bongsor. Mengapa bintang kelas KSw membentuk seperti ini. Salah satu penyebab dari gaya tarik gravitasi 2 bintang yang bergabung.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun

Beatriz Villarroel mencari sebuah bintang dari data USNO-B1.0 yang mendadak hilang. Lenyap dari 290.000 sumber bintang yang diteliti dan menghilang begitu saja tanpa jejak. Mengapa yang satu ini menghilang. Sampai Beatriz mengatakan jangan jangan ini ulah alien




No popular articles found.