Internet di China akan mencapai 32Mbps, sekarang Hong Kong nomor 1


News | 5 February 2013

Telekomunikasi di China dipegang oleh China Telekom yang menyediakan koneksi internet paling cepat di daratan China. Kecepatan internet disana akan naik dan menjadi internet tercepat di Asia pada tahun 2015 mendatang dengan top speed 50Mbps di kota Shanghai. China Telecom akan meningkatkan koneksi internet 2x lebih cepat sampai 32Mbps akhir tahun ini.

Sistem lama diupgrade, menghabiskan dana $79.4 milyar pada tahun lalu.  Rata rata kecepatan internet di Shanghai sudah naik 6.9x lebih cepat. Akhir tahun lalu mencapai 16Mbps secara rata rata dan menjadi koneksi tercepat di China sendiri (diluar Hong Kong).Kota Shanghai akan mendapatkan koneksi internet paling cepat di dunia pada akhir tahun ini kata VP Shanghai Telecom dengan top speed 50Mbps, sedangkan Hong Kong saat ini sudah mencapai top speed 44Mbps. Di ikuti Singapura 39.3Mbps dan Jepang 38 Mbps

Dahulu ketika koneksi internet mulai ramai, 2 perusahaan penyedia internet China Telecom dan China Unicom dikritik karen menyediakan broadband abal abal. Koneksi lambat dengan harga mahal. Sekarang sudah berubah, kecepatan yang ada memang jauh lebih cepat.

50Mbps setara 5MB perdetik. Streaming Youtube HD video tidak buffer loh ;-)

Berita terkait
Berapa kecepatan internet di Malaysia. 2 provider memberikan layanan 1Gbps. Sangat cepat, untuk nonton, game, video streaming tanpa masalah. Dengan tarif seharga 500-700 ribuan saja. Jauh lebih murah internet di Indonesia. Mengapa begitu cepat, sampai naik ke rangking 26 internet tercepat di dunia.

Mungkin kita bertanya, berapa banyak paket data internet yang dipakai. Bagaimana kebutuhan trafik internet dunia sampai tahun 2020 nanti. Apakah akan sama seperti tahun 2016, pastinya video akan berkembang. Tahun 2018 dominasi video terbesar.



Berapa kecepatan internet paling cepat dari berbagai negara. Setidaknya 20 besar kecepatan internet broadband sudah berada di atas 15Mbps. 2018 Swiss 10Gbit, Korea Selatan 10Gbps, Indonesia kuartal 1 2017 masuk daftar

Teknologi jaringan LTE Advanced tercepat ada di Singapura tahun 2014. Jaringan Singtel mencakup 85 persen wilayah Singapura. Eropa nomor satu adalah Norwegia mencakup 90% di tahun 2018. Koneksi 4G LTE Indonesia hanya 9 Mbps saja.

Kecepatan internet paling tinggi masih di dominasi Korea Selatan dan Jepang. Untuk broadband mobile, Indonesia mencapai 2Mbps tidak terlalu tertinggal kecuali dari Korea Selatan yang mentok dengan kecepatan 14,7Mbps

Ini serunya bila perusahaan telekom dan raksasa internet bersaing meraih penguna internet. AT&T, Google dan Time Warner Cable membangun Hotspot di beberapa kota Amerika. Koneksinya tidak ecek ecek, tapi Gigabit fiber optik atau cable Fast Network

Perusahaan telecom SK dan LG U+ menyiapkan jaringan wireless 300Mbps. Seperti layanan CSL di Hong Kong, mengunakan kombinasi frekuensi 20Mhz LTE.



Bila ke Taiwan, tidak perlu pusing dengan koneksi internet. Anda bisa melihat peta di Google Maps, daerah tempat makan, memeriksa cuaca dan lainnya. Pemerintah Taiwan baru swaja membuat kemudahan bagi wisatawan. Dan memperluas jaringan WIFI ke seluruh pulau.

Perusahaan telekom Sony Jepang mulai menawarkan internet kecepatan 2Gbps download dan 1Gbps upload. Khusus untuk penduduk di kota Tokyo di 6 distrik. Mirip seperti kecepatan internet Google di Amerika yang terbatas, ditawarkan dengan harga murah tetapi kencang.

Penguna akan diberikan layanan WIFI gratis sampai 1 jam perbulan. Setelah itu baru dikenakan biaya $0,0016 permenit atau sekitar 1,5 Rupiah permenit.




No popular articles found.