Supernova terbesar SN2016iet dari bintang yang pernah tercatat


Science | 17 August 2019


Supernova SN2016iet 2019 Agustus

Supernova, menurut definisi, adalah peristiwa besar dimana sebuah bintang yang meledak dari siklus hidupnya.
Kita berbicara tentang ledakan bintang, sebuah bintang yang mengeluarkan semua isi gas yang ada.
Namun, beberapa supernova dapat meledak lebih besar dari yang lain, dan para astronom baru-baru ini mengidentifikasi apa yang tampaknya sebuah supernova terbesar yang pernah diamati.

Disebut SN2016iet, memiliki durasi yang panjang, dengan jejak kimia yang tidak biasa, dan lebih banyak teka-teki di bintang tersebut. Para peneliti percaya supernova ini dapat menantang model kematian bintang kita yaitu matahari.

Para ilmuwan dari European Space Agency (ESA) mengamati pertama SN2016iet di tahun 2016 menggunakan data satelit Gaia.

Para astronom dari berbagai institusi telah mempelajar selama 3 tiga tahun terakhir dan membuat pengamatan tambahan lainnya.

Dalam sebuah makalah baru, para ilmuwan menunjuk supernova SN2016iet sebagai supernova terbesar yang pernah terjadi di saat kehiupan manusia modern.

Tetapi ledakan itu bukan berasal dari galaksi kita sendiri.
Supernova SN2016iet sangat berbeda dengan karakter supernova yang ditemukan.
Sehingga para astronom awalnya berpikir mungkin ada yang salah dengan data Gaia.

Tim memperkirakan jaraknya sekitar satu miliar tahun cahaya dari Bumi.
Ledakan bintang tersebut berada di sebuah galaksi kerdil, bahkan sebelumnya tidak terdaftar.

Letaknya sekitar 54.000 tahun cahaya dari pusat galaksi.


Diperkirakan ukuran bintang tersebut awalnya setara 200 lebih besar dari massa matahari.
Karena ukuran bintang yang besar, umumnya hidupnya juga singkat, hanya beberapa juta tahun.
Bintang ukurang besar akan kehilangan sekitar 85 persen dari massanya selama fase akhir hidupnya.

Menggunakan MMT Observatory dan teleskop Magellan di Las Campanas Observatory di Chile, tim mengkonfirmasi bahwa supernova SN2016iet terlihat sangat tidak biasa dan sebagian besar karena bahan bintang sudah dikeluarkan sebelum terbentuk ledakan supernova.

Bintang itu membentuk kepompong materi di sekelilingnya, sampai ledakan supernova terjadi belakang, terlihat bertabrakan dengan materi yang keluar lebih dahulu dari bintang.

Ledakan yang dihasilkan sepenuhnya melenyapkan bintang tanpa meninggalkan lubang hitam atau sisa-sisa bintang lainnya. Ini hanya dapat terjadi dengan bintang yang sangat besar di galaksi yang miskin logam.

Para ilmuwan akan terus mengamati SN2016iet untuk tahun-tahun mendatang. Sebagian besar supernova menghilang dalam beberapa bulan, tetapi yang ini harus terlihat lebih lama, memberikan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk lebih memahami proses matahari.
Sementara ini ilmuwan dapat mengamati, umum cahaya ledakan supernova akan menghilang dalam beberapa bulan.
Karena supernova SN2016iet sangat cerah dan terisolasi, dapat dipelajari lebih lanjut evolusi sebuah supernova dalam beberapa tahun mendatang.

Dibawah ini data bulan September 2014, terlihat bentuk kecil dari Supernova. Dan Juli 2018 mulai meluas lebih jelas.

Supernova terbesar SN2016iet

Berita terkait
Komet C 2019 Q4 ditemukan dengan orbit bukan berasal dari tata surya kita. DIperkirakan asal komet dari antar bintang yang kebetulan melewati di lingkaran antar planet di tata surya kita. Peneliti Polandia menghitung Komet 2I / Borisov / C2019 Q4 tersebut. Berasal dari bintang Kruger 60. Sudah 1 juta tahun lalu berangkat, baru sampai September 2019 ke dekat Bumi.

Sebuah bintang di tata surya akan berdampak dengan planet yang mengorbit. Tapi peneliti menemukan sebuah bintang Hat-P-2 disana terdapat exoplanet. Bintang kategori baru disebut BLAP yang kecerahannya berubah-ubah



Supernova disebabkan dari ledakan bintang, antara ledakan dari bintang mati. Kedua dari gaya tarik bintang mati ke bintang yang masih menyala. Terjadinya supernova SN2017cbv disebabkan dengan teori kedua, tapi ledakan bintang lebih kecil yang menganggu bintang ukuran lebih besar

Bintang  Ross 128 letaknya tidak jauh, hanya 11 tahun cahaya dari Bumi. Tim Planetary Habitability Lab menerima sinyal radio dari arah bintang Ross 128, dan tertangkap oleh teleskop radio terbesar di dunia Observatorium Arecibo di Poerto Rico.

Apakah Supernova. Sederhananya sebuah bintang yang meledak adalah Supernova. Bila letaknya tidak jauh dari Bumi akan tampak cahaya sangat terang. Apakah ledakan bintang berbahaya bagi manusia di Bumi, berapa jarak aman kembali di revisi

Supernova RCW 86 langka. Sisa bintang menjadi sebuah bintang neutron yang lahir di dalam supernova, tapi ada bintang tipe G seperti matahari berada di samping sebagai bintang biner. Bintang kedua tercemar bahan kalsium.

Kelas bintang KSw adalah salah satu bintang langka yang ditemukan di galaksi kita. Bintang ini memiliki putarn sangat cepat, memancarkan radiasi X-Ray, dan ukurannya bongsor. Mengapa bintang kelas KSw membentuk seperti ini. Salah satu penyebab dari gaya tarik gravitasi 2 bintang yang bergabung.



Black hole atau lubang hitam Swift J1644+57 letaknya 3,9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Baru terditeksi pada tahun 2011 oleh teleskop milik Nasa Swift. Astronom mempelajari gangguan pasang surut lubang hitam tersebut, dan dipublikasikan tahun ini.




No popular articles found.