Merubah font OTF ke TTF dan memberi nama dan grup


Software | 9 August 2019

Bila anda penguna Windows, dan sering mengkoleksi font atau huruf. Mungkin anda akan kesal, font mana saja yang sering dipakai. Begitu banyak urutan di daftar huruf, akan membuang waktu mencari font yang tepat. Atau anda suka membuat disain gambar grafis dengan CorelDraw dan software lain. Termasuk kebutuhan huruf untuk keterangan, pembuatan laporan dan sebagainya..

Mengapa tidak dibuat nama grup font dari koleksi yang anda miliki, agar dapat di buat kelompok huruf TTF yang mudah di pilih di daftar nama Font Windows. Agar tidak membuang waktu dengan Font, dan meningkatkan kreatif disain anda dengan font pilihan. Seperti membuat dokumen proposal lebih menarik, seperti judul headline dengan huruf tertentu

Walau di computer anda begitu banyak font tersedia, bahkan anda menambah beberapa Font lain yang jumlahnya mencapai ratusan file. Akan merepotkan ketika melihat satu persatu font yang tepat (kecuali anda sudah hafal nama font). Mencari nama Font memang merepotkan. Terlebih Font yang anda pakai ternyata berbeda nama depan.

Artikel ini bertujuan membentuk daftar huruf dapat di kelompokan di satu grup. Sehingga tidak perlu scroller terlalu jauh, muter muter untuk melihat sampai kita tidak fokus lagi dengan huruf apa yang kita butuhkan..

Atau ada yang mengkoleksi font OTF yang lebih modern ke format lama TTF. Agar nama file dan tipe font TTF dapat dirubah nama font menjadi lebih dekat di daftar huruf di Windows..

Tidak semua penguna computer memerlukan fitur ini.
Bila anda sudah terbiasa mengunakan 2 atau 3 huruf standar, tentu dengan mudah anda menghafal nama Font yang sering di pakai.
Tetapi beberapa disainer grafik, editing, writer, disain katalog, konten kreator atau ketika anda membuat laporan kadang memerlukan huruf dalam memberikan keterangan di konten cetakan, poster sampai video editing mereka

Misal membuat brosur, mendisain huruf 3 dimensi dengan huruf sesuai ukuran poster Membuat proposal agar menarik dengan tulisan huruf yang tepat.

Atau membuat cetakan seperti print, layout dari grafik dan sebagainya. Sampai urusan video dengan huruf yang tepat sebagai keterangan. Terakhir disain gambar mungin membutuhkan huruf spesifik di foto di media sosial.

Huruf atau font dapat di download, ada yang gratis dan berbayar.

Disain font juga berbeda beda, dan kita tinggal memilih kira kira font ini yang tepat untuk keterangan di video.
Ukuran font yang kecil dan rapat, atau font yang besar dan tegas.



Di Windows setidaknya 2 format Font utama dengan format file OTF dan TTF, nama file font paling umum dan banyak tersedia. Font lain adalah TImes, sebagai karakter dengan disain huruf lama.

Menentukan bentuk font terkait dengan seni.
Kita tidak dapat mengabaikan, bila memasukan bentuk huruf tanpa proporsi yang tepat membuat tampilan cetakan dan tulisan pada gambar malah tidak menarik.
Dengan ukuran font dan bentuk yang tepat, hasil kreasi dalam bentuk poster, foto atau keterangan dapat tampil lebih menarik dan tepat

Misal font Arial dan Verdana adalah huruf paling umum. Sayangnya bentuknya sangat dasar dan monoton. Ketika kita menempatkan 2 font tersebut, kreasi hanya itu itu saja.

Hal lain dengan font handwriter seperti huruf tulisan tangan, seperti membuat keterangan pesan yang elegan dalam video dan gambar seperti menampilkan karya seni untuk pesan yang ingin kita tinggalkan. Untuk ucapan terima kasih, atau sekedar signature / pesan dari pembuat.

Disini kita perlu mengkoleksi font yang umum untuk dipakai diluar nama Font biasa. Sebelum semuanya menjadi rumit dan memusingkan kepala.

Merubah OTF menjadi TTF

Kita tentukan saja sekarang, fokus untuk mengunakan huruf dalam format TTF.
Bila anda memiliki koleksi font, dan ingin membuat grup atau membagi klasifikasi font.
Akan lebih mudah memilih dari daftar font ketika font dikelompokan dalam urutan tertentu

Contoh dibawah urutan font di Windows memasukan nama X dibagian depan font TTF.
Fungsinya untuk klasifikasi dari font yang sering dipakai dalam satu grup berada di paling bawah. Terserah anda ingin membuat grup berdasarkan pemakaian seperti nama depan poster, atau menyatukan nama file font ke satu grup list yang berdempetan seperti keterangan nama X dibagian depan.

Mengurutkan font di Windows

Bila anda memiliki koleksi font OTF dan ingin merubah ke TTF.
Bagaimana cara merubah file OTF ke TTF untuk Windows. Disini tidak memerlukan software, karena banyak layanan gratis Convert Font di internet.
Tinggal di cari di Google, beberapa layanan memberikan konversi font OTF ke TTF atau sebaliknya.

Seperti situs fonts.kaihag.com , salah satu layanan convert font paling mudah untuk merubah file huruf OTF ke TTF.
Maksimum 10 font dapat di upload dan dikirim sekaligus dan file yang di konversi di download zip file. Kita tinggal menektrak file.

Sampai disini informasi untuk merubah font OTF ke TTF.



Merubah nama font OTF atau TTF

Karena huruf yang kita prioritaskan harus dikelompokan
Misalnya dapat membagi dengan nama depan agar urutannya dapat terlihat dalam satu grup.
Dibanding harus mencari cari nama font yang kita butuhkan, dan harus melihat satu persatu di daftar font Windows.

Contoh membuat kelompok / grup nama stiap font / huruf di bagian depan dengan keterangan
Title-nama font untuk font ukuran besar, judul.
Thin-nama-font untuk font keterangan, diskripsi.
Handwriter-nama-font, untuk font penutup atau salam akhir, dan sebagainya.

Atau mengunakan nama depan X- agar daftar Font pilihan anda berada di grup bagian bawah.

Seperti contoh gambar di atas, nama font diberikan nama X dibagian depan akan tampil di daftar font Windows pada bagian bawah.
Sebagai arti font X yang khusus dan sering digunakan, dan di kelompokan dalam satu grup untuk memudahkan memilih font.
Kita tinggal scroll ke bawah, dan disana karaktor huruf khusus dapat kita pilih dengan cepat.

Sejauh ini nama font TTF lebih mudah diganti nama. Termasuk nama file dan keterangan nama font sendiri.

Merubah font dapat dibantu dengan software khusus, alasannya
Bila nama file font dirubah nama, tidak merubah nama font sendiri.
Misal menganti nama File Arial.ttf dengan x-Arial.ttf. Nama huruf yang tampil di daftar font Windows tetap Arial dan bukan x-Arial

FontForce convert OTF TTF file

Untuk menganti nama font dengan software gratis yang dapat di cari di Google adalah FontForce.

FontForce tidak sederhana. Lebih banyak di click sana sini.
Tetapi kemampuan software lebih baik bila anda sabar mengunakan. Karena kemampuannya untuk merubah nama nama Font dan nama File OTF ke OTF dan sebaliknya.
Di bagian menu Generate untuk merubah nama file font lama baik OTF dan TFF ke keterangan nama font baru dengan Generate.
Bila anda serius dengan huruf OTF, FontForce sangat membantu.

Software merubah nama font free


Typograf Font Manager

Software merubah nama title font dan nama file yang lebih lengkap, dapat mengunakan software Typograf Font Manager
Software ini berbayar, tapi pemakaian jauh lebih simpel.
Tinggal di click nama font, memberi nama, dan simpan dengan nama file baru.
Nama font yang dirubah dapat di masukan / di install langsung dari software Typograf. Dan kita dapat menghapus nama font yang tidak diperlukan
Typograft fokus untuk merubah nama font TTF.

Keterbatasan Typograf yang dicoba, hanya dapat merubah nama font dan file tipe Font TTF.



Typograf software merubah nama font

Dengan Typograf, merubah nama font atau name font, dan membuat nama file baru dengan sekali klik.

Bagaimana cara kita mengorganisasi font dari memberi nama, merubah dan menyimpan dalam file font berbeda. Dibawah ini keterangan lengkap.




Pastikan membackup font file anda. Sebelum merubah nama font dan nama file dan menghapus font yang tidak diperlukan.
Hal penting lain, tidak merubah nama font OTF di software Typograf, karena software tersebut hanya dapat merubah font dalam format file TTF. Sebagianya mengunakan aplikasi FontForge walau lebih rumit.

Mengapa kita perlu meng- organisasi font di Windows

Bila kita memerlukan huruf atau font di Windows, dan jumlahnya cukup banyak mungkin 30-40 model huruf.

Kita akan kesulitan menemukan font yang tepat, karena Windows dan aplikasi disain sendiri dapat menambahkan font yang sebenarnya tidak kita perlukan.

• Dengan mengorganisasi font, membuat pilihan font lebih cepat tanpa harus melihat satu persatu bentuk huruf.

• Akan lebih mudah mengorganisasi / mengelompokan dalam satu nama grup. Dan waktu lebih singkat

• Tujuannya agar lebih mudah memilih dalam grup huruf, dibanding mencari / melihat model huruf dari urutan sesuai nama huruf.

• Akan membuang waktu kita untuk urusah huruf saja.

• Dengan satu grup, kita tinggal turun ke bagian huruf yang dicari. Misal ditempatkan dibagian atas dengan awal A, atau bagian nama akhir dengan akhiran X.

Berita terkait
Software Lightroom adalah aplikasi untuk edit foto profesional. Tambahan fitur Brush dan Mask, Smart Collections, Auto Rename, Custom Preset import dan export, Dodging Burning, multimonitor. Fitur GPU Accelerator proses editing foto tampil di Lightroom Classic CC 8.4.1 Fix crash di Mac, dan re-enable OpenGL untuk WIndows

Microsoft WIndows 10 mendapat patch KB4505903 pada 26 Juli 2019. Ternyata patch membuat masalah. WIndows 10 tidak dapat terhubung ke Bluetooth.. Microsoft Patch Agutus 2019 memperbaiki naiknya CPU, tapi membuat 2 masalah baru. Baru diperbaiki 26 September 2019



Microsoft merilis security patch untuk Windows 7 dan Windows 8. Juli 2019, Windows 7 yang mendapat patch ternyata mengaktifkan kembali Telemetry. Mengapa Microsoft memasukan telemetry bagi computer berbasis Windows 7. Beberapa software dapat menonaktifkan Windows Telemetry

Software Handbrake. Update terbaru sudah menambah fitur konversi codec H.265 untuk video di kompres lebih kecil tanpa menurunkan kualitas video. Menambah Quick Sync proses encoding video.Atau mengunakan StaxRip bagi penguna VGA Nvidia.

BorisFX Mocha Pro menempatkan teknologi tracking untuk visual efect. Tetapi pengolahan editing video mengandalkan kecepatan GPU. BorisFX Mocha Pro mampu menghilang objek pada bidang video. Cocok untuk mereka yang ingin mempelajari teknologi video editing atau Content Creator

Gallery Go aplikasi galeri foto dapat terhubung ke Google Photo. Ringan hanya 10MB, cocok untuk mereka yang ingin hemat kuota ainternet. Foto dapat di simpan offline, dan ke microSD. Agustus 2019 diberikan untuk semua penguna.

fRute Google Maps dapat dipindah ke smartphone. Menjadi peta jalan permanen dan disimpan dalam bentuk file GPX. Untuk ekspor rute Google Maps ke GPX, sebelumnya tersedia di layanan Google Maps. Tapi sekarang terlihat sudah dihapus. Untuk mencopy rute peta Google Maps masih ada tip lain. Sehingga rute jalan yang dibuat, di ekspor ke file GPS dan dapat dilihat di smartphone Android



Google Street View dibuka tersedia untuk foto jalan di Indonesia. Peta di Google Maps terintegrasi dengan foto jalan di beberapa kota di Indonesia sudah bisa di akses. Melihat foto Google Street View dari tahun 2013 sampai foto jalan terbaru.

Setting Android 4G LTE , 3G atau 2G. Dapat mempercepat internet di smartphone dengan 4G LTE bila berada di area 4G.Fitur. Fitur lain mematikan layanan sinyal radio smartphone Android bila tidak terpakai.

Google Now Launcher adalah Launcher buatan Google sendiri. Membuat tampilan smartphone bersih dan sederhana. Berbeda dengan disain depan smartphone, harus memilih aplikasi dengan mengeser menu ke kiri dan ke kanan. Google Now Launcher mengunakan scroll dari atas ke bawah, seperti memilih menu aplikasi di browse

Cara cari Ponsel Android bila lupa ditaruh dimana, atau smartphone hilang dan mungkin terselip. Bagaimana mencari ponsel yang hilang. Cukup buka browser dan ketik Google.com. Tunggu 5 menit dan Google akan memberitahu dimana posisi terakhir serta membunyikan smartphone anda. Update




No popular articles found.