Smartwatch EKG dibanding pemeriksaan EKG dengan alat medis


Kategori : Green | Date : 6 August 2019
Apple Watch Series 4, KardiaMobile 6L dan menunggu satu lagi jam pintar Samsung Galaxy Active2.

Smartwatch tidak hanya menawarkan pelacakan, monitor tidur penguna, detak jantung dan fungsi dasar lain..

Jam EKG atau elektrokardiogram.
Yang baru saat ini disebut EKG atau elektrokardiogram. Memberi informasi penting sebagai tambahan tentang kesehatan jantung. Dan dalam beberapa kasus seseorang tidak mengetahui ada masalah dengan kondisi jantungnya, ada kemungkinan dapat terditeksi oleh jam pintar.

Anda tentu pernah melihat bentuk mesin mesin medis seperti alat penditeksi jantung yang ditempelkan di bagian dada.
Disini yang menarik, produsen smartphone seperti Apple, Samsung dan KardiaMobile mereplika fitur tersebut tapi dalam fungsi terbatas.

Pertanyaan, apa benar smartwatch mampu mengambil alih kemampuan perangkat sensor detak jantung di bidang kedokteran.
Walau perangkat tersebut hanya di kenakan di pergelangan tangan atau mengunakan sensor diri jari tangan saja.

Menurut American Heart Association. EKG hanya alat mengukur aktivitas listrik detak jantung.
Jantung berdetak karena sinyal listrik yang menyebabkan bagian atas dan bawah jantung memompakan darah  ke seluruh tubuh.



Alat diteksi detak jantung EKG jam pintar atau Smartwatch



Mesin EKG atau ECG tradisional dari medis mengunakan 12 sensor ukur seperti elektroda yang dipasang pada tubuh seseorang.
Perangkat tersebut mengukur sinyal listrik, dan ke 12 sensor tersebut dapat mengevaluasi aktivitas listrik jantung dalam 3 arah.
Yaitu bagian kanan ke kiri, atas ke bawah dan depan ke belakang.

Dengan data EKG, dokter dapat memeriksa irama atau ritme dan kecepatan sinyal listrik yang bergerak di bagian jantung seseorang. Termasuk menditeksi segala macam masalah yang terditeksi, dari irama yang tidak biasa dan dianggap berbahaya, hingga jantung dapat mengalami gangguan bahkan berhenti bekerja.

Perangkat EKG dapat memberitahu ke dokter, jika ada bagian jantung yang terlalu banyak bekerja, atau membesar.
Kedua kondisi tersebut adalah penyakit jantung, atau ada masalah pada katup jantung.

Tetapi EKG tidak sama dengan Ekokardiogram.
Ekokardiogram seperti USG pada jantung. Dan dapat mengungkap masalah lain dari katup jantung sampai penyumbatan dan lainnya.

Bagaimana dengan teknologi jam pintar.

Apple Watch seri 4
Satu jam pintar dengan kemampuan EKG. Adalah EKG dengan sensor tunggal, atau hanya menditeksi dengan satu sensor.
Mengunakan sebuah lapisan silikon kromium nitrida yang menempel pada kulit tangan. Membuat sirkuit tertutup dan jam dapat melakukan EKG.

Peneliti mengatakan sensor tunggal sama efektifnya dengan mesin EKG 12 sensor. Tetapi tidak seakurat mesin medis.

Fungsi utama, EKG sederhana setidaknya dapat memberi 2 klarifikasi pada irama jantung, irama sinus jantung atau atrial fibrilasia /  AFib dimana kondisi serius perlu ditangani dokter. Bila smartwatch menditeksi adanya sinyal AFib, jam akan memberi peringatan kepada penguna untuk melakukan pemeriksaan lsecepatnya ke dokter.

Kardiamobile.
AliverCor telah membuat produk EKG bagi konsumen selama beberapa tahuun. Juni 2019 merilis produk KardioMobile 6L.
Perangkat dengan sensor dan ukuran sebesar saku, cukup dipasangkan di jari tangan ke sensor pad.
Perangkat tersebut terhubung ke smartphone, melakukan pemeriksaan 30 detik untuk menditeksi ritme / irama jantung normal, Arifb, bradikardia / detak jantung rendah atau takikardia / detak jantung cepat.

Kardia mengunakan bantalan kecil yang terhubung ke jari tangan, dan data dikirim ke smartphone.

Samsung Galaxy Watch Active2.
Fitur elektrokardiogram kabarnya ada di Active 2. Tapi produknya sampai Agustus 2019 resmi dirilis ke pasar. Belum diketahui fitur EKG di Active 2.

Apa manfaat dari EKG dari Smartwatch
Walau perangkat smartwatch semakin canggih. Hanya menditeksi sebagian kecil masalah kesehatan.
Alat kedokteran dapat memeriksa lebih menyeluruh, dan belum tergantikan dengan jam pintar.
Perangkat jam pintar bukan untuk penganti alat tes medis yang rutin digunakan, atau untuk pemeriksaan kesehatan.

Maanfaat EKG yang ada di Apple Watch atau KardiaMobile 6L saat ini.
Smartphone tersebut mampu memberi diteksi dini ketika ada kemungkinan masalah dengan jantung seseorang walau si pemilik tidak mengetahui / merasakan memiliki masalah dengan jantungnya sendiri. Peringatan dini tersebut dapat dijadikan acuan ke pemakai.



Apakah semua orang membutuhkan perangkat tersebut. Tentu saja tidak.
Tetapi lebih banyak teknologi ada di tangan kita. Kemungkinan besar dapat menditeksi dini yang mungkin akan berakibat fatal.
Bila ada yang memiliki, mungkin ada bonus tambahan ketika sensor jam pintar dapat memberi peringatan ke pada anda.

Perangkat baru tersebut baru awal dari pengembangan perangkat gadget untuk kesehatan,
Produsen lain menawarkan jam dengan fitur memonitor tekanan darah. Agar mereka yang mengalami masalah darah tinggi dapat mudah mengkontrol melalui jam pintar. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol akan memberi masalah kesehatan di masa mendatang, setidaknya dapat dicegah dari informasi jam pintar tersebut.

Dalam beberapa tahun kedepan besar kemungkinan masih ada lagi produsen yang membuat fitur baru.
Informasi dalam artikel ini bertujuan untuk mendidik, dan bukan untuk menasihat anda membeli perangkat, serta mengabaikannya.
Pemeriksaan terbaik dapat dilakukan oleh medis yang berkualifikasi.

Berita terkait
Ketika orang tua atau engkong mereka membanggakan sebuah kendaraan. Generasi sekarang malah tidak mau repot dengan nama kendaraan. Memiliki kendaraan sama saja membawa satu tas kerepotan dalam hidup mereka. Beberapa alasan 2 generasi tersebut tidak memprioritaskan untuk memiliki kendaraan pribadi.

Mungkin anda rajin berolahraga, mengenakan jam pintar untuk melacak. Tetapi ada yang tidak dihitung oleh perangkat tersebut. Apakah olahraga untuk sehat saja atau untuk meningkatkan kebugaran. Salah satu paramter dari atlet untuk mengukur kemampuan dirinya disebut VO2 Max atau tingkat kebugaran seseorang. Tingkat dimana kemampuan tubuh beradaptasi pada batas beban puncak.



Perangkat jam pintar seperti fitur ECG dapat membantu orang untuk memberikan peringatan. Khususnya mereka yang memiliki masalah dengan jantung. Tetapi kasus lain berbeda, dimana orang yang seharusnya tidak mengetahui. Tapi jam pintar membantu memberitahu adanya masalah kesehatan

Lingkungan anda bersih bahkan terlalu bersih. Maaf sistem kekebalan tubuh anda mungkin belum siap.Para ilmuwan Inggris menyarankan hubungan antara peningkatan kebersihan dan kondisi alergi - membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi tidak terlatih dengan baik. Ketika Medis dan kita salah

Pertama kali pembuktian dari partikel beracun dari kendaraan diesel dapat masuk ke paru paru dan masuk ke aliran darah. Penelitian sebelumnya tidak dapat membuktikan mengapa partikel dari gas buang kendaraan bisa masuk ke dalam tubuh. Jangan dekat dengan asap knalpot mobil diesel

Pembuat jam Omron BP8000-M HeartGuide. Salah satu teknologi mengukura tensi darah, mengunakan  tekanan ocscillometrik, dimana sebuah sensor yang mirip seperti alat mengukur tekanan darah doktor. Jam dapat melacak aktivitas langkah, kualitas tidur dan kalori yang dibakar pada tubuh. Sistem software nantinya yang menghitung kondisi kesehatan seseorang.

Bila anda ingin mengukur kebugaran, cobalah menaiki 4 anak tangga kurang dari 1 menit. Lihat saja, apakah anda dapat menaiki 4 anak tangga dengan cepat dan kurang dari 1 menit tanpa harus berhenti. Teknik lain bagi orang dewasa untuk mengukur ke seimbangan.



Diawali sakit Klesiella Pneumoniae. bakteri atau bug menyerang melalui infeksi saluran kemih. Bakteri tahan terhadap 14 obat antibiotik yang ada di rumah sakit. 3 bakteri di waspadai adalah Acinetobacter Baumannii, Carbapenem dan Carbapenem. Super Gonorrhea belum ada antibiotik. Obat 40 tahun Octapeptin kembali di pelajari

Olahraga dan kesehatan, usia 80 tahun memiliki kekebalan tubuh usia 20 tahun. Mampu menghindari penyakit, seperti sebuah pil alami. Aktivitas fisik ternyata meningkatkan kemampuan sel T lebih aktif. Salah satu rahasia dari tubuh manusia

Banyak alat untuk penyemprot tanaman untuk kebun. Bagaimana bila kita membuat sistem penyiram tanaman di rumah. Disebut Sprinkle dapat menyebarkan air untuk menyiram tanaman. Dengan biaya murah, installasi mudah dan ketahui berapa banyak komponen yang dibutuhkan.

Virus, disini bukan berbicara virus computer. Tapi kesehatan dan penyakit terhadap manusia. Virus memiliki kemampuan melakukan replika tapi membutuhkan induk atau inang sel. Hal ini membedakan antara virus dan bakteri

Mereka yang memiliki sepeda kadang bingung untuk menaruh sepeda di rumah. Karena tidak ada tempat, atau rumah terlalu kecil. Sekarang banyak rak sepeda, bahkan dapat dibuat sendiri untuk mengantung sepeda di dalam rumah. Seperti kita mengantung sepatu atau payung

Lampu LED Philips SceneSwitch memiliki fitur 3 kecerahan lampu. Tinggal di nyala matikan maka cahaya lampu akan berubah ubah. Penguna cukup mematikan lampu selama 6 detik  Ketika kembali dinyalakan maka cahaya lampu berubah kembali




No popular articles found.