Ketika smartphone mahal bukan pertimbangan bagi pembeli


Kategori : Shortstory | Date : 2 August 2019
Ketika smartphone Android dan Blackberry tampil dengan harga memukau. Masih ingat, ketika banyak pembeli Antri untuk mendapatkan produk baru dan harga perdana. Hanya untuk mendapatkan kemudahan teknologi, fitur baru dan lainnya yang tidak ada di produk lain. Tetapi itu dulu.
Nama smartphone Blackberry dengan tombol fisik saat ini, mungkin sudah banyak orang mengunakan. Karena teknologi BBM atau aplikasi yang ada di Blackberry dapat bekerja di smartphone OS Android. Bahkan aplikasi BBM juga tidak terkenal seperti dahulu, dan digantikan oleh Whataspp.

Sekarang pasar telah berubah, pasar terbesar smartphone menunjukan model murah atau setidaknya di kelas menengah. Perbedaan teknologi hardware smartphone kadang terselip di smartphone yang ditawarkan dengan harga lebih hemat. Smartphone dengan 2 camera awalnya tampil menarik, memberikan foto bokeh seperti blur di belakang tapi foto di depan lebih memukai. Tidak lama muncul teknologi smartphone 3 camera, bahkan di tahun 2019 sudah ada smartphone dengan 4 camera. Layar Notch menghilangkan camera di garis atas smartphone. Fungsinya agar layar lebih luas, katanya rasio layar ke bodi mencapai 89%, 90% dan seterusnya. Demikian juga teknologi tombol Home dalam bentuk fisik. Awalnya model smartphone high end menghilangkan tombol fisik dibagian bawah, sekarang sudah tidak ada lagi smartphone terbaru mengunakan tombol di bagian depan untuk smartphone kelas murah sampai kelas pemula.
Sensor sidik jari awalnya hanya ditempatkan di smartphone kelas atas, dan beberapa model kelas menengah. Sekarang sebagian besar smartphone kelas pemula sudah ditambahkan sensor sidik jari. Akhirnya disain smartphone high end harus tampil beda, dan memindahkan ke bagian depan, tentu saja pembeli yang harus membayar biaya komponen baru tersebut.

Produsen smartphone Samsung dan Apple, telah mendongkrak (menaikan) harga selama beberapa tahun terakhir. Setiap model smartphone baru, harganya naik.

Sekarang ada data baru yang menunjukkan bahwa kedua merek ternama tersebut lebih sulit bersaing di tingkat ultrapremium ponsel.

Samsung Galaxy vs iPhone

Apple dan Samsung minggu ini melaporkan pendapatan untuk kuartal Juni. Tapi tidak memberikan banyak optimisme di pasar ponsel kelas atas.

Dalam kasus Apple, penjualan iPhone turun 12% dari tahun sebelumnya, dan laba bersih keseluruhan turun 13%.
Analis percaya bahwa iPhone XR, model baru termurah perusahaan di $ 749, lebih populer daripada Apple $ 999 iPhone XS dan $ 1.099 iPhone XS Max.
Pada saat yang sama, fan Apple menunda pembelian karena mereka menunggu iPhone 11 tiba di bulan September 2019.

Penjualan handset Samsung secara keseluruhan, sementara naik sekitar 7% menjadi 24,3 triliun won (sekitar $ 20 miliar) - dan perusahaan meningkatkan keunggulannya di pangsa pasar ponsel pintar global dengan dua poin persentase menjadi 22%, menurut Strategy Analytics.



Namun kenaikan itu sebagian besar karena dipicu oleh model Samsung Seri A yang lebih murah. Bukan keberhasilan penjualan smartphone model high end.

Laba operasi selulernya turun 42%, kurang dari setahun yang lalu, dan pendapatan dari jajaran produk unggulan Samsung Galaxy S, yang harganya mulai dari  $ 750 untuk Galaxy S10E, turun karena "momentum penjualan yang lemah untuk Galaxy S10 dan permintaan yang mandek di kelas produk-produk premium,"

Harga smartphone telah meningkat tanpa alasan, sementara orang semakin jarang melakukan peningkatan  sampai menganti ponsel.
Jika seseorang membeli telepon $ 1.000, tentu mereka cenderung memegangnya lebih lama dari sebelumnya. Tentu saja, 1000 dollar dalam 2 tahun harus ganti, apakah penting seseorang harus mengeluarkan uangnya 500 dollar untuk smartphone dalam setahun lalu menganti dengan model baru. Kecuali masalah gengsi, itu laian cerita.

Di AS, konsumen sekarang meningkatkan / menganti ke model ponsel baru setiap tiga tahun, tapi bukan setiap dua tahun sekali menganti smartphone seperti sebelumnya.

Pada saat yang sama, pembaruan perangkat lunak membuat ponsel lama terasa baru. Istilanya upgrade OS, dari Android 7 bisa naik ke Android 8 atau Android 9.

Kebalikannya, desain perangkat keras tidak banyak berubah dari tahun ke tahun, dan perangkat yang lebih murah mendapatkan fitur baru yang awalnya hanya ada di smartphone premium.
Dalam hitungan bulan fitur teknologi baru juga muncul di smartphone baru kelas menengah. Dan beberapa bulan kemudian sudah ada sebagian smartphone kelas pemula memiliki 1 atau 2 fitur di model high end. Tentu saja tidak semuanya sama, tapi secara teknologi mirip saja.

"Inovasi lebih pada sisi perangkat lunak daripada sisi perangkat keras saja" kata analis Creative Strategies Carolina Milanesi. "Rentang hidup perangkat (ponsel) dapat diperpanjang karena pemilik ponsel mendapatkan perangkat yang jauh baik."

Smartphone boleh saja tampil baru, dan harganya lebih mahal.
Tetapi bukan berarat kita tertarik membeli.

Untuk Apple dan Samsung, perangkat andalan mereka yang lebih murah malah menarik banyak orang.

Scott Stein dari CNET menjuluki iPhone XR "iPhone terbaik untuk harga" dan mengatakan itu memberikan "sebagian besar keuntungan / fitur dari iPhone XS untuk ratusan lebih sedikit."

Dan Jessica Dolcourt di CNET menyebut Galaxy S10E "mimpi yang menjadi kenyataan bagi pembeli yang menyukai ponsel kecil.". Tentu saja dibandingkan Galaxy S10 yang lebih awal ditawarkan, ukuran diagonal layar lebih besar..

Kedua model adalah versi termurah dari jajaran unggulan produk smartphone andalan Apple dan Samsung. Terbukti populer di kalangan pembeli.

Canalys mengatakan iPhone XR adalah "lapisan perak" dalam penjualan iPhone kuartal Juni yang disebutkan lemah oleh Apple.
Perubahan pembeli sebelumnya mengambil ponsel termahal, agar terlihat lebih tren dan memanfaatkan teknologi terbaru tetapi tidak melihat fungsi dasar sebuah ponsel.
Mereka bergeser ke smartphone kelas menengah yang lebih murah, karena sudah cukup baik sesuai fungsi yang ada

Perusahaan riset memperkirakan bahwa perangkat tersebut menyumbang 38% dari pengiriman Apple pada bulan Mei.
Dan CEO Apple Tim Cook mengatakan perusahaan mendapat manfaat penjualan dari program trade-in  (tukar tambah_ dan kredit di toko ponsel.

Tapi bukan hanya versi potongan harga atau diskon malah lebih populer, karena ponsel yang lebih murah lebih banyak terjual daripada model lain yang mahal.

Disain smartphone yang berbeda adalah Samsung, model Galaxy A yang menarik pembeli. Seperti yang dicatat Samsung, pengiriman smartphone secara keseluruhan meningkat dari kuartal pertama ke kuartal kedua karena "penjualan kuat Seri Galaxy A terbaru, termasuk Galaxy A50 dan A70."

Banyak dari perangkat tersebut memiliki fitur yang mirip dengan model termahal, dan beberapa bahkan memiliki karakteristik yang tidak ditemukan di seri Galaxy S atau Galaxy Note yang lebih mahal.



Dengan $ 350, pelanggan dapat membeli Galaxy A50 untuk layanan provider Verizon dan jaringan AS lainnya.
Perangkat ini mencakup layar lebih lebar 6,4 inci serta tiga kamera di bagian belakang.
Kedua fitur tersebut juga ada di Galaxy S10 Plus, tapi harganya jauh berbeda karena dijual mulai dari $ 1.000.

Galaxy A80 menjadi yang pertama, ponsel Samsung yang menggunakan kamera pop-up rotari diluncurkan pada bulan April 2019.
Susunan kamera tunggal telepon secara otomatis membalik ketika beralih ke mode selfie dan penguna dapat menikmati foto resolisi tinggi dari i kamera utama 48 megapiksel,  ultrawide 8 megapiksel, dan sensor pengenalan wajah. Bayangkan penguna mendapakan ketajaman foto dari sisi camera depan dan belakang dalam satu modul camera sekaligus.

Samsung A80 juga memiliki "baterai cerdas" yang mempelajari rutinitas harian penguna sendiri dan pola penggunaan aplikasi untuk mengoptimalkan konsumsi daya ponsel Anda.

Tidak ada perangkat unggulan Samsung yang memiliki kamera tipe rotari, kecuali model A80. Dan fitur sistem kecerdasan baterai yang sama meniru Galaxy S10 membuat disain A80 lebih menarik..

Galaxy Note 10, diperkenalkan Samsung Agustus 2019 di New York, mungkin tidak seperti yang diharapkan dengan sebuah lompatan besar dari pendahulunya.

Kemungkinan hanya menarik perhatian penggemar berat seri Samsung Note. Karena salah satu fitur yang tidak tergantikan dengan pen di kelas phablet.
Tidak jelas berapa banyak orang yang mau mengeluarkan $ 1.000 atau lebih untuk.

Samsung juga berencana merilis Galaxy Fold yang telah di disain ulang, tipe smartphone terbaru di tahun 2019 dengan layar lipat.
Ponsel lipat pertama pada bulan September 2019 (rencana), tapi di sisi pesaing masih ada Huawei yang menawarkan teknologi layar lipat

Sayangnya tidak ada satu pun dari perangkat premium akan datang dengan harga murah.

Samsung mengandalkan mereka untuk membantu merevitalisasi penjualan ponsel.
Kenyataannya, tetap saja smartphone lebih murah kemungkinan memenangkan penjualan.

Bisa dilihat dari seri Samsung murah untuk model Galaxy A10 sampai A80.
Mampu menyumbang lebih dari 50% dari pengiriman Samsung di kuartal 2 tahun 2019 ini," Canalys mencatat. Mereka "diharapkan untuk mendorong pertumbuhan volume untuk Samsung yang tersisa tahun ini."

Bila ada yang mengatakan smartphone mahal adalah teknologi terbaru. Coba lihat spesifikasi kembali.
Beberapa produsen bahkan menawarkan model dengan fungsi spesifikasi tersendiri.

Ada yang menampilkan teknologi smartphone performa, yang lain untuk foto dan lainnya. Fitur smartphone membuat fungsi berbeda beda, tinggal kita yang menentukan.

Kita sebagai pembeli harus jeli, perangkat apa yang dibutuhkan.

Bukan melihat smartphone dengan kelas superpremium, nyatanya fitur yang sama ada di model smartphone lebih murah.
Mungkin pertama memegang akan terasa bangga, dan menarik orang lain ketika diletakan di meja.
Tapi untuk apa kebanggan tersebut, bila 6 bulan ke depan teknologi yang dipegang ada di smartphone kelas menengah yang dijual hanya separuh harga.
Seandainya terjatuh dan layarnya pecah, boleh dikira kira berapa harga pengantian layar smartphone kelas premium.

Berita terkait
Mungkin anda rajin berolahraga, mengenakan jam pintar untuk melacak. Tetapi ada yang tidak dihitung oleh perangkat tersebut. Apakah olahraga untuk sehat saja atau untuk meningkatkan kebugaran. Salah satu paramter dari atlet untuk mengukur kemampuan dirinya disebut VO2 Max atau tingkat kebugaran seseorang. Tingkat dimana kemampuan tubuh beradaptasi pada batas beban puncak.

Lingkungan anda bersih bahkan terlalu bersih. Maaf sistem kekebalan tubuh anda mungkin belum siap.Para ilmuwan Inggris menyarankan hubungan antara peningkatan kebersihan dan kondisi alergi - membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi tidak terlatih dengan baik. Ketika Medis dan kita salah



Bila ke Jepang biasakan dengan budaya mereka. Tidak terlalu aneh tapi menarik. Antri, makanan porsi kecil, barang hilang, harga buah, barang ditinggal pemiliknya,  dan kebiasaan makan. Paspor asli akan mendapat potongan harga. Stasiun kereta MRT memiliki nada berbeda beda.

Dalam beberapa tahun banyak orang berpaling dari daging. Hampir 2,1 juta orang dewasa di Australia sekarang diet, bahkan sebagian menjadi vegetarian. Apa benar makan sayur umur lebih panjang, atau ada faktor lain

Dengan sedikit penyamaran yang murah, Jimmy bersama grup band U2 tampil di Grand Central. Tempat tersebut adalah pusat stasiun kereta bawah tanah di kota New York. Apakah ada yang mengenal grup band ini.

Apple baru mengumumkan iPhone 6, katanya tipis. iPhone 6 memiliki ketebalan 6,9mm, iPhone 6 Plus 7.1mm. Dengan membandingkan dengan iPhone 5, terlihat iPhone 6 terlihat lebih tipis. Apa benar memang setipis gambar yang ditampilkan.

Remaja asal Belanda ini ngerjain teman dan keluarganya. Dia bilang sedang keliling ke Asia Tengara, jalan jalan. Posting foto dan video tapi dia ada dirumah sendiri. Sampai bisa memposting video sedang skorling di sebuah pantai.



Anda pernah memiliki Walkman, tentu anda tahu benda apa itu. Apa yang dilakukan oleh anak anak sekarang, pastinya bingung mencari dimana layar LCD alat ini. Mereka akan menyebut walkie talkie, ini storagenya dari kaset

Seorang pria mencuri iPhone seorang wanita. Lalu dia mengambil foto dirinya sedang menikmati marijuana. Dasar maling tidak mengerti teknologi iPhone, wajahnya muncul ke Facebook pemilik iPhone.

12 tahun lalu mungkin membeli camera digital adalah barang mewah. 2Mpix Kodak dijual $999. Itu baru camera pocket yang tidak lebih dari resolusi camera smartphone kelas bawah saat ini. Bagaimana harga memory card, sama saja mahalnya.




No popular articles found.