Procesor Xuantie buatan Alibaba berbasis RISC V


Kategori : Technology | Date : 29 July 2019
Apa yang anda lakukan ketika AS mengancam akan memutus akses ke setiap teknologi penting

Alibaba dengan RISC-V Foundation open-source, tentu saja.

Akses tidak terbatas ke beberapa teknologi prosesor yang paling canggih yang tersedia, dan jendela untuk mengintip apa yang dilakukan anggota Foundation lainnya, termasuk Google dan Nvidia, lakukan.

Raksasa ritel Tiongkok, Alibaba, telah mendirikan cabang R&D baru untuk memanfaatkan set instruksi RISC-V open-source dan produk pertama mereka ada di sini: procesor Xuantie 910.

Xuantie, atau XT, dikatakan sebagai prosesor di kelas RISC-V yang paling kuat.

Dibuat dari proses teknologi 12nm, Xuantie XT 910 memiliki 16 core yang beroperasi di clock 2,5 GHz, serta mendukung instruksi 64-bit, instruksi 16-bit yang ringkas, dan operasi vektor dalam pengembangan.

Menariknya, prosesor ini juga mendukung 50 instruksi tambahan di atas procesor standar 32.

Pada presentasi Cloud Summit Alibaba, mereka mengungkapkan prosesor mencapai skor CoreMark 7.1 / MHz, sedangkan pesaing terdekat, SiFive's U74, hanya mencapai 5.1 / MHz. Jika pengujian pabrikan dapat dipercaya, itu adalah peningkatan kinerja 40%.

Alibaba tidak mungkin memproduksi prosesor sendiri untuk beberapa waktu.

Procesor Xuantie buatan Alibaba berbasis V-RISC



Sementara mereka tampaknya masih mempertimbangkan model bisnis untuk XT 910, beberapa elemen diperkirakan akan muncul di GitHub, dan desain penuh mungkin suatu saat dapat dibeli.

Fisik slot-in CPU nantinya mungkin tersedia, atau mungkin menjadi bagian dari procesor dalam card akselerator tambahan atau sistem-on-chip.

Siapa yang mungkin ingin membelinya, Jianyi Meng, direktur senior di Alibaba Group, memiliki banyak kata kunci umum untuk membuat disainer bersemangat.

Disain chip seperti perangkat Router kecepatan tinggi juga mengunakan procesor di dalam perangkat. Beberapa produk pintar juga memasukan procesor kecil untuk analisa.
Tetapi sebagian kemampuan procesor tersebut relatif lambat, karena hanya untuk membantu sistem pengenal atau membagi trafik data.

“Terobosan ini lebih dari sekadar peningkatan kinerja prosesor RISC-V. Ini berarti lebih banyak area IoT yang membutuhkan komputasi berkinerja tinggi seperti 5G, AI, jaringan, gateway, mobil self-driving, dan serveredge, sekarang dapat mengunakan prosesor RISC-V terbaru ini.

Sebelumnya hanya mengunakan untuk perangkat tertanam di board yang sederhana seperti peralatan smarthome, ”katanya dalam siaran pers yang tiba tiba misterius menghilang.

Pusat pemerintah Beijing menyatakan ingin 40% dari permintaan prosesor dipenuhi oleh pasokan lokal tahun depan.
Meskipun tahun lalu, tingkat itu hanya 15%. Jika perang dagang berlanjut pada jalurnya saat ini. Pabrikan China telah menyiapkan diri dengan teknologi lain.

Beijing mungkin perlu 100% permintaan dipenuhi oleh pemasok China, dan jika kemungkinan itu terjadi, desain seperti XT 910 akan sangat penting.

Berita terkait
Apa yang menarik dari internet di China, salah satu minim jalur internet untuk keluar negeri. Uniknya sistem jaringan Intranet raksasaChina  tersebut mampu berdiri sendiri dan dirancang berbeda dari jaringan internet di seluruh negara. Seandainya ada serangan dari luar sampai blokade internet global. Sebagian besar dengan kontrol ketat bagi penguna dalam negeri.

Arm akan mengeluarkan disain arsitek procesor ARM Cortex. Mei 2019 diumumkan ARM Cortex A77. Kinerja 3Ghz dengan peningkatan performa  30 persen. Arsitek ARM Cortex A75 telah tampil Snapdragon 845. ARM Cortex A73 dan Mali G71 dengan Snapdragon 835, Kirin 970 960 dan Helio X30



Perusahaan Bosch baru menampilkan teknologi baterai kendaraan kerapatan tinggi. Mampu memberikan power 2x lebih besar. Pabrik Qing Tao telah siap di tahun 2019, untuk memproduksi baterai yang lebih aman dan tidak mudah terbakar.

3 negara dengan kekuatan militer terbesar dan paling tangguh. Tapi ada beberapa negara lain memiliki kekuatan militer yang perlu di perhitungkan. Indonesia masuk 25 negara dengan kekuatan militer terbesar dunia. Kekuatan nuklir tidak masuk perhitungan dalam kekuatan negara.

Intel Core H menyatukan 3 komponen dari sebuah perangkat computer. Memberikan ruang kosong untuk disainer notebook seperti menambah kapasitas baterai. Kemampuan Core H adalah procesor pertama yang mengunakan teknologi EMIB

Procesor Intel Atom E3900 memiliki disain seperti procesor notebook atau desktop. Tapi procesor ini bukan procesor biasa, lebih fleksibel, dirancang untuk industri. Mengunakan disain Apollo Lake, procesor ini lebih menarik dibanding generasi Bay Trail.

Spesifikasi untuk Clear Sight mampu mengolah gambar dari 1 lensa untuk warna, dan 1 lensa mengambil warrna gray. Gambar lebih tajam, mendapatkan kontras dari hasil foto lebih baik. Pengolahan 2 gambar ditangani oleh engine Spectral yang ada di dalam procesor Qualcomm.



ARM menerima chip procesor pertama multicore 64bit 10nnm FF. Dibuat oleh pabrik TSMC dengan teknologi 10FinFET, menurunkan pemakaian power 30% dari chip generasi sebelumnya, meningkatkan kinerja procesor dan efisien antara 11-12% dibanding teknologi 16nm.

Teknologi 3G dan 4G LTE, apakah teknologi 2G sudah di tinggalkan. Kemampuan terbatas untuk bicara serta mengirim pesan singkat dan internet lambat. Beberapa orang masih mengunakan bahkan tetap menyukai teknologi 2G dengan berbagai alasan. Apa saja alasannya

Ada ada saja akal pengembang properti yang satu ini. Menawarkan rumah atau apartemen dengan jendela palsu. Pemerintah China memang menawarkan apartemen untuk mereka yang berpenghasilan rendah.




No popular articles found.