Galaksi NGC 2985 spiral galaklsi tapi di bagian dalam berbeda bentuk


Kategori : Science | Date : 26 July 2019
Terletak lebih dari 70 juta tahun cahaya dari tata surya kita.

Galasi NGC 2985 adalah galaksi spiral yang indah yang baru-baru ini ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Ditemukan oleh William Herschell tahun 1785.
Diperkirakan memiliki lebar 95 ribu tahun cahaya, setidaknya sedikit lebih kecil dari galaksi Bima Sakti yang diperkirakan memiliki lebar 100.000 tahun cahaya.
Salah satu galaksi paling terang di grup lokal anggota galaksi. Dan berdekatan dengan galaksi lain NGC 3027, NGC 3252 dan NGC 3403.

Galaksi tersebut berada di  konstelasi Ursa Major, atau Beruang Besar, dan di galaksi ini memiliki keunikan tersendiri.

Ada beberapa lengan spiral dan tampak lengan tersebut sudah penuh bintang walau lengan berdekatan dan ketat sebelum suatu hari nanti akan menyebar keluar dari arah inti galaksi.
Lengan galaksi dalam apengamatan ini hampir simetris sempurna, karena tidak ada bagian lengan besar dan kecil

Secara umum galaksi yang matang akan membentuk lengan spiral yang sudah jadi, dan tampak jelas dengan bentuk melingkar yang dibentuk darai banyaknya bintang di bagian tepi luar sampai ke bagian tengah.
Misal Galaksi Bima Sakti adalah galaksi sprial, dengan 4 lengan kecil dan 4 lengan utama sebagai lengan terbesar. Dan jajaran bintang yang ada di lengan galaksi sudah terlihat.

Galaxy NGC 2985 spiral galaklsi tapi di bagian dalam berbeda bentuk

Galaksi NGC 2985 agaknya berbeda.
Bagian lengan luar terlihat sudah terbentuk bahkan terlihat beberapa bintang bintang besar sudah hadir dan mengitari inti galaksi dengan stabil.



Anda dapat melihat lebih detil dari banyaknya simpul biru di cakram galaksi. Sebagai tanda adanya area bintang besar di sisi luar galaksi.

Bagian luar galaksi olahraga lengan spiral besar yang membentuk pseudoring yang mengelilingi galaksi.

Sementara bagian dalam yang unik, Di bagian dalam galaksi ditemukan tidak stabil terlihat dalam bentuk warna seperti kabut.
Bertentangan dengan bagian luar yang terlihat sudah membentuk lengan galaksi.

Apa yang menyebabkan ini?

Para astronom memperkirakan bahwa adanya awan molekul bertanggung jawab atas ketidakstabilan wilayah tengah galaksi tersebut.
Teori yang diterima berdasarakan spektrum LINEr. Sumber aktivitas dibagian tengah adalah piring akresi di sekitar lubang hitam yang supermasif sebagai inti galaksi.

Perubahan galaksi diakibatkan galaksi pernah bertabrakan dan bergabung dengan galaksi lain. Secara umum beberapa galaksi yang sering bertabrakan akan membentuk galaksi elips sempurna.

Lengan galaksi bagian luar yang awalnya terlihat ketat dan bagian dalam yang masih penuh awan galaksi, perlahan akan bergeser ke arah luar ruang antar bintang.
Sampai seluruh bagian galaksi akhirnya membentuk lengan sempurna.


Foto Nasa galaksi NGC 2986

Berita terkait
Galaksi NGC 1316 memiliki bagian inti dengan debu dan gas. Diperkirakan pernah menelan galaksi lain dan membentuk dirinya saat ini. Dengan lubang hitam aktif menjadi sinyal radio paling kuat nomor 4 dan galaksi mengeluarkan sinyal radio 1,4Ghz dari lubang hitam.

Jepang menemukan kandungan mineral langka. Mampu memberi pasokan berabad abad bagi dunia. Yttrium, Dysprosium, Europium dan Terbium. Masih dihitung untuk menekstrak apakah nilainya akan ekonomis.



Miika Pursiainen dari University of Southampton menunjukan penemuan baru dalam presentasi bersama ESA dan ilmu ruang angkasa pada 3 April lalu. Sesuatu yang sangat terang terjadi. Tapi bukan ledakan sebuah bintang atau dikenal dengan nebula. Ilmuwan mengapa cahaya yang mendadak terang terjadi.

Peneliti mengamati galaksi NGC 4696. Galaksi dapat merubah bentuknya sendiri dari formasi bintang, khususnya dibagian tengah galaksi. Sementara galaksi lain memiliki perubahan bentuk galaksi akibat interaksi seperti bersingunggan dan bertabrakan dengan galaksi lain

2 galaksi ini berbeda ukuran, satu dengan ukuran sangat besar, tapi yang satu lagi lebih kecil. Galaksi dengan nomor  NGC 1510 dan NGC 1512 terlihat memiliki bentuk spiral galaksi, tapi keduanya seperti pertarungan di ruang angkasa. Pastinya galaksi kecil akan ditelan oleh galksi lebih besar.

Sebuah galaksi besar hanya tampak setelah 1,7 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta atau Big Bang. Tapi galaksi tersebut mati setelah lahir. Galaksi ZF-COSMOS-20115 adalah penemuan langka, kata peneliti Karl Glazebrook dari universitas Swinburne Australia.

Para ilmuwan telah mengambil gambar paling jauh dengan foto X-Ray. Ada sebuah tempat terlihat seperti ledakan sinar X, tetapi jauhnya mencapai 10,7 miliar tahun cahaya dari bumi. Diperkirakan sumber tersebut berasal dari sebuah galaksi.



Galaksi antennae atau 2 galaksi NGC 4038 NGC 4039 adalah sepasang galaksi yang terletak di konstelasi Corvus. Rata rata terjadinya Starburst dipicu oleh pengabungan 2 galaksi atau lebih. Akibat dua galaksi yang sedang bertabrakan, akan terbentuk kelompok bintang muda disana atau dikenal dengan globular cluster.

Sebuah galaksi disebut IRAS 16399-0937 terbentuk oleh 2 galaksi. Diperkirakan dahulunya kedua galaksi memiliki massa yang sama besar. Dan sekarang terlihat seperti gumpalan bintang dan debu. Tapi bukan bentuk galaksi yang terlihat untuk dipelajari, ada hal yang tersembunyi disana.

Kedua galaksi saling berinteraksi atau tarik menarik. Letaknya di konstelasi Canis Major. Keduanya bertabrakan tepat di tepi sisi galaksi. Karbon monoksida di galaksi IC 2163 terbentuk dari tsunami bintang dan gas akibat kedua galaksi bersinggungan




No popular articles found.