Technology | 3 December 2019

Teknologi sensor sidik jari di smartphone bagaimana cara kerjanya


Ketika sebuah teknologi smartphone datang ke hadapan anda. Dan menawarkan pembaca atau sensor sidik jari di layar untuk membuka smartphone.

Mungkin kita bertanya bagaimana smartphone dapat membaca sidik jari pemilik smartphone. Atau seberapa akurat sensor bekerja.

Apakah ada sensor pembaca yang ditempatkan tepat di bagian layar langsung seperti sensor pembaca sidik jari di belakang layar. atau ada teknik yang berbeda.
Selama 10 tahun terakhir teknologi smartphone, salah satu evolusi paling jelas adalah teknik membuka kunci perangkat kita.

Sensor sidik jari mengantikan sistem pengaman kode sandi yang dapat ditebak.

Berdampingan dengan fitur pengenal wajah atau Face Unlock. Walau kadang katanya bisa saja smartphone dibodohi dengan gambar foto.
Face Unlock masih berdampingan dengan sensor sidik jari. Sebagai alternatif bagi penguna yang tidak mau repot menyentuh jari di layar smartphone, atau bodi smartphone

Tetapi metode pengaman utama smartphone saat ini adalah pemindai sidik jari.

Sistem sensor sidik jari membuat penempatkan perangkat smartphone lebih mudah. Karena ditempatkan di bagian bawah layar smartphone, atau sensor di belakang dan samping bodi smartphone

Qualcomm 3D Sonic Gen2
Teknologi sensor sidik jari ulitrasonic Qualcomm disebut 3D Sonic Sensor.
Ditempatkan dibawah display, memiliki bidang lebih luas pada generasi ke 2 dengan area 8x8mm dibanding generasi pertama 9x4mm.
Ketebalan sensor hanya 0,2mm, diteksi 50% lebih cepat.


Teknologi yang belum dapat diperbaiki ketika jari tangan basah, sedangkan sensor optik mampu membaca sidik jari di tangan basah.

Qualcomm 3D Sonic Sensor

Qualcomm Sonic Max fingerprint sensor Desember 2019
Satu lagi teknologi sensor sidik jari Sonic Max milik Qualcomm
Dapat membaca area lebih luas dengan teknologi sensor ultrasonik.
Tidak dijelaskan lebih lanjut cara keraj dan area. Tapi fitur security dan area yang dapat dibaca mencapai 17x lebih luas dari generasi sebelumnya.
Kemampuan membaca walau jari tangan basah atau kotor.
Dapat membaca 2 sidik jari bersamaan. akan lebih akurat membaca jari pemilik smartphone.


Peluncuran Sonic Max bersamaan dengan Snapdragon 865.

Bagaimana sebenarnya pemindai sidik jari di layar bekerja

Ada beberapa teknologi dari sensor pemindai sidik jari di layar.

Pembaca sidik jari capacitive.
Teknologi sensor Capacitive sebenarnya lebih sulit dibuka. Walau sensor berada di bagian luar smartphone.
Sensor capacitive atau kapasitif mengunakan arus listrik untuk membaca array kapasitas yang sangat kecil dan menyimpan muatan listrik.

Di dalam terdapat 2 plat, ketika ada bagian yang terhubung, lalu mencatat bagian mana nilai yang berubah sehingga membentuk pola sidik jari.
Seperti teknologi layar sentuh, hanya tingkatnya lebih akurat.

Sensor sidik jari capacitive dengan sensor bentuk kotak dan lingkaran

Teknologi sensor sidik jari dibawah ini secara umum ditempatkan dibawah layar.smartphone. Disebut In-Display sensor, pertama diperkenalkan 2017, dan menjadi produk tahun 2018.

Pembaca sidik jari optik.
Sederhananya, pemindai sidik jari dalam layar bekerja dengan memproyeksikan cahaya ke sebuah sensor camera. Umumnya ada sebuah lampu yang akan menyidari bagian jari kita ditempelkan di atas layar.

Area fungsi pemindai dalam layar menyinari jari. Kemudian, sensor atau kamera di bawah layar mengambil gambar digital sidik jari anda.
Lalu dibandingkan dengan sidik data sidik jari yang sudah direkam sebelumnya. Pola sidik jari dibuat dalam bentuk gambar 2 dimensi.

Kekurangan sensor sidik jari optik. Penempatkan area sensor hanya terletak di satu bidang pada layar smartphone.
Biasanya ditandai dengan gambar sidik jari. Masalah lain bila tangan berkeringat, kotor, memungkinkan sensor tidak dapat mengenal sidik jari pemilik smratphone.

Salah satu tampilan dibawah ini adalah perangkat sensor sidik jari optik dari smartphone Xiaomi Mi A3.
Sebuah camera ditempatkan dibawah  tengah layar untuk membaca sidik jari ketika pemilik ingin membuka smartphone

Kiri penempatan camera yang menghadap ke bagian layar smartphone, kanan adalah unit camera sensor.

Tempat sensor sidik jari optik di atas layar smartphone



Teknologi sensor sidik jari optik relatif teknologi lama. Ketika pertama diperkenalkan oleh produsen Meizu pada tahun 2017.
Membuat tampilan smartphone lebih menarik, karena menghilangkan unit sensor sidik jari di belakang bodi smartphone.

Pembaca sidik jari ultrasonik


Sementara optik adalah teknologi yang lebih tua, ultrasonik saat ini sangat populer. Secara khusus, metode sensor sidik jari Ultrasonik sementara hanya tersedia di ponsel kelas premium seperti Samsung, Huawei, dan pembuat ponsel premium lain.

Teknologi gelombang ultrasonik (suara frekuensi tinggi). Ketika kita meletakkan jari pada layar pemindai, gelombang ultrasonik dihasilkan, yang berinteraksi dengan kulit jari dan memantul kembali ke sensor

Sensor sidik jari ultrasonik dengan sensor bentuk kotak lebih sensitif

Dengan kata lain, metode ultrasonik membuat pola dalam bentuk peta 3D digital, dan data akan dibandingkan dengan gambar yang direkam sebelumnya.
Teknik ini akan bekerja lebih baik jika jari-jari tangan kita basah, berminyak atau kotor. Dengan akurasi kesalahan hanya 1%

Sistem sidik jari ultrasonik dapat memindai / membaca bidang dari bahan tipis, termasuk beberapa bahan dari kaca (seperti smartphone), aluminium dan plastik.
Sensor hanya memiliki tebal 0,15mm. Sensor disisipkan di bawah layar dan bentuknya sangat tipis.

Gambar sidik jari pada tangan tidak dipindai dalam 2 dimensi, tapi diambil dalam bentuk 3 dimensi dan dikembalikan datanya ke gambar 2 dimensi untuk dicocokan dengan data pemilik smartphone.

Seperti penjelasan dari Qualcomm. Sensor mendapatkan gambar 3D ketika mengambil data sidik jari seperti gambar dibawah ini.
Dimana lekukan sidik jari dan jalur dapat tergambar lebih akurat.

Cara kerja sensor sidik jari ultrasonic

Selain fungi sensor sidik jari. Karena gelombang ultrasonik lebih peka, dapat dimanfaatkan untuk fitur lain ,seperti merekam detak jantung dan aliran darah.
Dan sensor akan bekerja dengan baik walau terjadi kelembaban jari atau keringat yang dapat menganggu

Metode ultrasonik juga memiliki implikasi keamanan yang besar.
Dalam teorinya, pemindai layar ultrasonik jauh lebih sulit untuk ditipu - Setidaknya memerlukan model jari 3D, dan bahkan itu mungkin tidak dapat diakali saat ini.



Apakah teknologi sidik jari akan berhenti dengan 3 teknik diatas. Kita tunggu beberapa tahun kedepan. Mungkin tidak akan berubah, atau ada teknik lain, siapa tahu.


Artikel Lain

Flash QLC 280 layer Samsung mendukung SSD M.2 16 TB. Chip Samsung QLC V9 memiliki kelebihan kapasitas chip 50% lebih banyak dibanding generasi QLC sebelumnya. Dirancang dengan 280 layer, sedangkan TLC saat ini mengunakan 232 layer.

Dimensity 9300 panas tidak mampu ditahan Vapor Chamber. Procesor Dimensity 8300 posisi pas dan lengkap di tengah. Daftar procesor Mediatek Dimensity. Dimensity 6100+ dengan 2+6 core, berada di kelas menengah dan budget smartphone. Dimensity 7050 dengan 2 core performa 6 core efisien, mampu menangani camera 200MP. Dimensity 7200 untuk kelas menengah dengan AI, Game, WIFI 6E.



LiFi menjadi standar IEEE 802.11bb pertama. Dapat melengkapi pengiriman data seperti WIFI tapi lebih aman. Transmisi hanya berada pada jarak ruang dan tidak akan menembus keluar dibanding sinyal WIFI. Desain dapat melengkapi WIFI dan berada di dalam sebuah chip.

Sensor Lytia mengantikan Sony IMX, selanjutnya sensor camera 50MP ukuran 1 inci mengunakan nama belakang LYT. 3 kandidat smartphone Android mungkin mengunakan sensor terbaik ini, Oppo Find X7 Pro, disusul Xiaomi 14 Ultra dan Vivo X100 Pro Plus

Heape dari Qualcomm berpendapat procesor Snapdragon Qualcomm di smartphone membuat teknologi kamera sangat mumpuni, meskipun perangkat memiliki sensor yang lebih kecil akan memainkan peran besar untuk smartphone yang menyalip teknologi DSLR. Inovasi camera tercepat ada di smartphone.

Intel tidak menyebut angka nm untuk produksi chip procesor, digantikan ke angka Intel7, Intel4 dan Intel3. Perubahan disain procesor terbaru mengunakan penyinaran EUV atau Extreme Ultraviolet. Procesor menjanjikan kinerja meningkat sampai 20 persen lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Samsung memperkenalkan DRAM LPDDR5 yang disatukan dengan internal storage UFS 3.1. Disebut Samsung uMCP dari singkatan UFS Based Multichip Package. Smartphone saat ini mengunakan 2 chip terpisah dengan internal memory chip dan chip untuk RAM



Procesor notebook hemat power berbasis ARM. Qualcomm Snapdragon 8CX Gen2 bekerja di OS Windows. Membuat disain notebook menjadi lebih tipis, lebih hemat power, tidak memerlukan fan pendingin. Procesor Snapdragon 8CX Gen2 hanya membutuhkan power 7W

Arm akan mengeluarkan disain arsitek procesor ARM Cortex. Mei 2012 diumumkan ARM Cortex A78, kinerja sama pemakaian power hanya separuh generasi procesor mobile sebelumnya. Kinerja 3Ghz dengan peningkatan performa  30 persen. Arsitek ARM Cortex A75 telah tampil Snapdragon 845

Smartphone terbaru bersiap dengan kemampuan video recording 8K. Setelah satu procesor Snapdragon mampu merekam video resolusi tinggi. Tetapi apa kita memerlukan resolusi 8K untuk pemakaian sehari hari. Jangan jangan hanya produsen yang menawarkan ada yang berbeda, tapi belum tentu berguna.

Setelah 4 tahun dibuat, perkembangan baru MIDI 1.0 menjadi MIDI 2.0.Teknologi musiik dari perangkat digital akhirnya kembali dikembangkan. Sebelumnya MIDI menghilan dari PC, tapi muncul di kalangan komposer sampai DJ. Sampai dibuat standar baru tahun 2020 untuk MIDI 2.0.

Diawal smartphone dibuat, ada rasa kenyamanan ketika kita mengunakan. Smartphone kecil, mudah di pegang dan posisi perangkat yang tepat. Tetapi sekarang ukuran layar mulai mengusur semua komponen smartphone. Beberapa bagian komponen penting di smartphone menghilang / berubah, harga semakin mahal. Xiaomi ingin kembali ke era lama

Samsung dan Vivo bekerja sama membuat smartphone dengan procesor Exynos. Karena Exynos saat ini telah siap dengan modem internal 5G di dalam procesor. Dengan satu unit chip antara modem 5G untuk koneksi data dan procesor. Membuat kinerja smartphone lebih hemat power. Samsung lebih siap, sedangkan Qualcomm baru menyiapkan procesor dengan 5G internal akhir tahun ini

Intel Ice Lake adalah procesor hemat power. Untuk perangkat mobile seperti notebook atau computer terintegrasi. Yang menarik dari Ice Lake, kecepatan GPU ditingkatkan. Mencapai 2x lebih cepat dari 4 generasi procesor sebelumnya. Kebutuhan power procesor lebih hemat hanya 25W.



Amerika memproduksi Plutonium-238 dalam jumlah lebih banyak. Fasilitas nuklir Federal yang diperbaharui di Idaho dan Tennessee membuat Plutonium-238. Untuk apa bahan Plutonium-238, pastinya untuk misi ruang angkasa. Mengapa bahan ini penting untuk ilmu pengetahuan.

Tahun 1965 ketika dua ilmuwan Arno Penzias dan Robert Wilson sedang mencari jawaban, adanya sinyal yang diterima oleh antena radio milik Bell Labs. Penemuan mereka digunakan untuk teleskop Cobe, WMAP dan paling detil Planck dalam pemetaan alam semesta

Perbedaan procesor PC vs procesor smartphone. Keduanya berbeda, khusus dalam tugas menangani pekerjaan dan kebutuhan. Satu dirancang untuk hemat power, yang lain untuk kalkulasi sangat komplek. Mungkin suatu hari kemampuan CPU desktop PC akan dicapai procesor smartphone.

Pengembangan mesin AC telah berusia 100 tahun. Mengambil tenaga dalam proses pendinginan. Tapi teknologi baru dari peneliti Singapura NUS membuat mesin pendingin berbasis bahan air. Lebih hemat 40% konsumsi listrik di daerah tropis



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.