Teknologi sensor sidik jari di smartphone bagaimana cara kerjanya


Technology | 24 July 2019

Ketika sebuah teknologi smartphone datang ke hadapan anda. Dan menawarkan pembaca atau sensor sidik jari di layar untuk membuka smartphone.

Mungkin kita bertanya bagaimana smartphone dapat membaca sidik jari pemilik smartphone. Atau seberapa akurat sensor bekerja.

Apakah ada sensor pembaca yang ditempatkan tepat di bagian layar langsung seperti sensor pembaca sidik jari di belakang layar. atau ada teknik yang berbeda.
Selama 10 tahun terakhir teknologi smartphone, salah satu evolusi paling jelas adalah teknik membuka kunci perangkat kita.

Sensor sidik jari mengantikan sistem pengaman kode sandi yang dapat ditebak.

Berdampingan dengan fitur pengenal wajah atau Face Unlock. Walau kadang katanya bisa saja smartphone dibodohi dengan gambar foto.
Face Unlock masih berdampingan dengan sensor sidik jari. Sebagai alternatif bagi penguna yang tidak mau repot menyentuh jari di layar smartphone, atau bodi smartphone

Tetapi metode pengaman utama smartphone saat ini adalah pemindai sidik jari.

Sistem sensor sidik jari membuat penempatkan perangkat smartphone lebih mudah. Karena ditempatkan di bagian bawah layar smartphone, atau sensor di belakang dan samping bodi smartphone

Bagaimana sebenarnya pemindai sidik jari di layar bekerja

Ada beberapa teknologi dari sensor pemindai sidik jari di layar.

Pembaca sidik jari capacitive.
Teknologi sensor Capacitive sebenarnya lebih sulit dibuka. Walau sensor berada di bagian luar smartphone.


Sensor capacitive atau kapasitif mengunakan arus listrik untuk membaca array kapasitas yang sangat kecil dan menyimpan muatan listrik.

Di dalam terdapat 2 plat, ketika ada bagian yang terhubung, lalu mencatat bagian mana nilai yang berubah sehingga membentuk pola sidik jari.
Seperti teknologi layar sentuh, hanya tingkatnya lebih akurat.

Sensor sidik jari capacitive dengan sensor bentuk kotak dan lingkaran

Teknologi sensor sidik jari dibawah ini secara umum ditempatkan dibawah layar.smartphone. Disebut In-Display sensor, pertama diperkenalkan 2017, dan menjadi produk tahun 2018.

Pembaca sidik jari optik.
Sederhananya, pemindai sidik jari dalam layar bekerja dengan memproyeksikan cahaya ke sebuah sensor camera. Umumnya ada sebuah lampu yang akan menyidari bagian jari kita ditempelkan di atas layar.

Area fungsi pemindai dalam layar menyinari jari. Kemudian, sensor atau kamera di bawah layar mengambil gambar digital sidik jari anda.
Lalu dibandingkan dengan sidik data sidik jari yang sudah direkam sebelumnya. Pola sidik jari dibuat dalam bentuk gambar 2 dimensi.

Kekurangan sensor sidik jari optik. Penempatkan area sensor hanya terletak di satu bidang pada layar smartphone.
Biasanya ditandai dengan gambar sidik jari. Masalah lain bila tangan berkeringat, kotor, memungkinkan sensor tidak dapat mengenal sidik jari pemilik smratphone.

Salah satu tampilan dibawah ini adalah perangkat sensor sidik jari optik dari smartphone Xiaomi Mi A3.
Sebuah camera ditempatkan dibawah  tengah layar untuk membaca sidik jari ketika pemilik ingin membuka smartphone

Kiri penempatan camera yang menghadap ke bagian layar smartphone, kanan adalah unit camera sensor.

Tempat sensor sidik jari optik di atas layar smartphone

Teknologi sensor sidik jari optik relatif teknologi lama. Ketika pertama diperkenalkan oleh produsen Meizu pada tahun 2017.
Membuat tampilan smartphone lebih menarik, karena menghilangkan unit sensor sidik jari di belakang bodi smartphone.

Pembaca sidik jari ultrasonik




Sementara optik adalah teknologi yang lebih tua, ultrasonik saat ini sangat populer. Secara khusus, metode sensor sidik jari Ultrasonik sementara hanya tersedia di ponsel kelas premium seperti Samsung, Huawei, dan pembuat ponsel premium lain.

Teknologi gelombang ultrasonik (suara frekuensi tinggi). Ketika kita meletakkan jari pada layar pemindai, gelombang ultrasonik dihasilkan, yang berinteraksi dengan kulit jari dan memantul kembali ke sensor

Sensor sidik jari ultrasonik dengan sensor bentuk kotak lebih sensitif

Dengan kata lain, metode ultrasonik membuat pola dalam bentuk peta 3D digital, dan data akan dibandingkan dengan gambar yang direkam sebelumnya.
Teknik ini akan bekerja lebih baik jika jari-jari tangan kita basah, berminyak atau kotor. Dengan akurasi kesalahan hanya 1%

Sistem sidik jari ultrasonik dapat memindai / membaca bidang dari bahan tipis, termasuk beberapa bahan dari kaca (seperti smartphone), aluminium dan plastik.
Sensor hanya memiliki tebal 0,15mm. Sensor disisipkan di bawah layar dan bentuknya sangat tipis.

Gambar sidik jari pada tangan tidak dipindai dalam 2 dimensi, tapi diambil dalam bentuk 3 dimensi dan dikembalikan datanya ke gambar 2 dimensi untuk dicocokan dengan data pemilik smartphone.

Seperti penjelasan dari Qualcomm. Sensor mendapatkan gambar 3D ketika mengambil data sidik jari seperti gambar dibawah ini.
Dimana lekukan sidik jari dan jalur dapat tergambar lebih akurat.

Cara kerja sensor sidik jari ultrasonic

Selain fungi sensor sidik jari. Karena gelombang ultrasonik lebih peka, dapat dimanfaatkan untuk fitur lain ,seperti merekam detak jantung dan aliran darah.
Dan sensor akan bekerja dengan baik walau terjadi kelembaban jari atau keringat yang dapat menganggu

Metode ultrasonik juga memiliki implikasi keamanan yang besar.
Dalam teorinya, pemindai layar ultrasonik jauh lebih sulit untuk ditipu - Setidaknya memerlukan model jari 3D, dan bahkan itu mungkin tidak dapat diakali saat ini.

Apakah teknologi sidik jari akan berhenti dengan 3 teknik diatas. Kita tunggu beberapa tahun kedepan. Mungkin tidak akan berubah, atau ada teknik lain, siapa tahu.

Berita terkait
Diawal smartphone dibuat, ada rasa kenyamanan ketika kita mengunakan. Smartphone kecil, mudah di pegang dan posisi perangkat yang tepat. Tetapi sekarang ukuran layar mulai mengusur semua komponen smartphone. Beberapa bagian komponen penting di smartphone menghilang / berubah, harga semakin mahal. Xiaomi ingin kembali ke era lama

Samsung dan Vivo bekerja sama membuat smartphone dengan procesor Exynos. Karena Exynos saat ini telah siap dengan modem internal 5G di dalam procesor. Dengan satu unit chip antara modem 5G untuk koneksi data dan procesor. Membuat kinerja smartphone lebih hemat power. Samsung lebih siap, sedangkan Qualcomm baru menyiapkan procesor dengan 5G internal akhir tahun ini



Pertama kali percobaan manusia mengaduk semen di ruang tanpa gravitasi. Dilakukan dalam misi MICS sebagai percobaan untuk membangun tempat perlindungan di ruang angkasa. Bila berhasil, memungkinkan manusia membangun tempat tinggal dengan campuran debu di bulan atau di planet Mars.

Intel Ice Lake adalah procesor hemat power. Untuk perangkat mobile seperti notebook atau computer terintegrasi. Yang menarik dari Ice Lake, kecepatan GPU ditingkatkan. Mencapai 2x lebih cepat dari 4 generasi procesor sebelumnya. Kebutuhan power procesor lebih hemat hanya 25W.

Setelah teknologi chip 3D Nand atau dikenal dengan TriCell TLC. Kapasitas chip storage dapat ditingkatkan dengan ukuran keping yang sama. Samsung siap memproduksi masal Chip SSD generasi ke 6 256GB 3 bit vertikal NAND memory. Membuat industri akan bersaing memangkas harga.

Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. Mungkin terbayang ratusan atau ribuan. Satu data satelit realtime ini memberikan gambaran, bahwa bukan Bumi saja yang sesak dengan pesawat terbang. Tapi di ruang angkasa akan semakin sesak, saat ini sekitar 2000 satelit dan meningkat 5x lebih banyak dalam beberapa tahun mendatang.

Arm akan mengeluarkan disain arsitek procesor ARM Cortex. Mei 2019 diumumkan ARM Cortex A77. Kinerja 3Ghz dengan peningkatan performa  30 persen. Arsitek ARM Cortex A75 telah tampil Snapdragon 845. ARM Cortex A73 dan Mali G71 dengan Snapdragon 835, Kirin 970 960 dan Helio X30



Amerika memproduksi Plutonium-238 dalam jumlah lebih banyak. Fasilitas nuklir Federal yang diperbaharui di Idaho dan Tennessee membuat Plutonium-238. Untuk apa bahan Plutonium-238, pastinya untuk misi ruang angkasa. Mengapa bahan ini penting untuk ilmu pengetahuan.

Tahun 1965 ketika dua ilmuwan Arno Penzias dan Robert Wilson sedang mencari jawaban, adanya sinyal yang diterima oleh antena radio milik Bell Labs. Penemuan mereka digunakan untuk teleskop Cobe, WMAP dan paling detil Planck dalam pemetaan alam semesta

Perusahaan Corning pembuat kaca Gorilla Glass 6 untuk kaca smartphone. Data terbaru dari peneliti Toluna. Rata rata penguna smartphone menjatuhkan 7x smartphone mereka setiap tahun. Dan 50% jatuh dari ketinggian kurang dari 1 meter. Corning juga mengumumkan Gorilla Glass DX dan Gorilla Glass DX+.

Perbedaan procesor PC vs procesor smartphone. Keduanya berbeda, khusus dalam tugas menangani pekerjaan dan kebutuhan. Satu dirancang untuk hemat power, yang lain untuk kalkulasi sangat komplek. Mungkin suatu hari kemampuan CPU desktop PC akan dicapai procesor smartphone.

Pengembangan mesin AC telah berusia 100 tahun. Mengambil tenaga dalam proses pendinginan. Tapi teknologi baru dari peneliti Singapura NUS membuat mesin pendingin berbasis bahan air. Lebih hemat 40% konsumsi listrik di daerah tropis




No popular articles found.