Tata surya LTT 1445 dengan 3 bintang ada planet loh disana ditemukan teleskop TESS


Science | 19 July 2019

Ditempat lain mungkin dunia tidak pernah sama. Bumi relatif kecil untuk manusia, bahkan sekarang rasanya semakin penuh sesak. Tapi di tata surya lain ditemukan beberapa planet yang sebelumnya tidak pernah dikira oleh ilmuwan. Hanya di abad ke 21 ini, semua mulai terungkap dan diteliti lebih mendalam.

Sebuah tata surya yang diberi nama LTT 1445.
Ditemukan adnya planet oleh teleskop yang ditempatkan diruang angkasa dengan nama Transiting Exoplanet Survey Satellite - TESS

Di tata surya LTT 1445 tidak hanya memilki satu matahari , tapi 3 matahari. Jaraknya dari Bumi sekitar 22,5 tahun cahaya.

Nama bintang beberapa bintang di tempat yang disebut LTT 1445 juga dikenal dengan nama TIC 98796344, TOI 455, L 730-18 atau BD-17 588.

Disana terdapat bintang kelas menengah tipe bintang M atau bintang REd Dwarf atau ukurannya lebih kecil dari matahari dengan cahaya lebih redup.
Astronomi selalu menyebut dengan huruf besar bila sebuah tata surya memiliki 2 bintang atau lebih.
Disana terdapat 3 bintang, yang dinamai LTT 1445A sebagi bintang paling terang, LTT 1445B dan bintang LTT 1445C.

Sedangkan adanya planet berbatu yang terlihat oleh teleskop TESS. Disebut planet LTT 1445Ab.
Huruf b kecil digunakan sebagai urutan planet disana.yang mengitari bintang A, dan b adalah planet yang mengorbit ke bintang A.
Artinya planet tersebut mengitari / mengorbit ke bintang LTT 1445A. Dan nama planet menjadi LTT 1445Ab.

Planet LTT 1445Ab.diperkirakan memiliki ukuran 1.35x lebih besar dari Bumi. Tapi memiliki komposisi massa 8,4x lebih berat dengan komposisi planet berbatu.
Karena ukurang planet dan bintang di galaksi tidak dapat diukur dengan pasti. Walau bentuknya kecil bisa saja memiliki massa lebih berat. Seperti kelas Black Hole / Lubang Hitam.



Planet LTT 1445Ab mengorbit ke bintang utama hanya 5,36 hari sekali waktu Bumi. Jadi posisi planet memang terlalu dekat ke bintang.
Walau bintang LTT 1445A relatif kecil dan panasnya tidak sepanas matahari. Tetapi terlalu dekat dan membuat suhu planet diperkirakan mencapai 155 derajat Celcius.

karena jarak yang sangat dekat, planet LTT 1445Ab menerima radiasi bintang 5.1x lebih besar dibanding matahari kita ke Bumi kata penulis utama Dr Jennifer Winters dari Harvard Smithsonian.
Penemuan tat surya LTT 1445 sudah ada tahun 2003 dari teleskop Hubble.
Hanya adanya planet disana baru saja ditemukan.

Hal menarik dari planet LTT 1445Ab.
Menjadi planet berbatu kedua dan berada di bintang katai merah / bintang tipe M.
Membuat penemuan planet LTT 1445Ab lebih mudah, karena lebih mudah di analisa dengan spektroskopi yang umum digunakan untuk meneliti atmofer sebuahplanet di luar tata surya.

Beberapa tata surya lain juga ditemukan oleh peneliti. Seperti planet di bintang HD 219134 walau jaraknya lebih jauh 21 tahun cahaya. Dan bintang disana lebih terang.
Peneliti lebih menyukai mengamati tata surya LTT 1445 mengunakan teleskop di bumi  atau teleskop darat untuk mempelajari atmofer sebuah planet.

Gambar pertama dari ilustrasi dengan posisi bintang dan planet. Gambar ke 2 foto dari tata surya LTT 1445 yang diambil oleh teleskop Hubble.

Tata surya LTT 1445 dengan 3 bintang ada planet loh disana ditemukan teleskop TESS

Berita terkait
Planet KELT-9b memang memiliki orbit paling gila dari planet yang pernah ditemukan. Hanya mengorbit ke bintang setiap 1,5 hari. Artinya jarak planet ini amat sangat dekat ke bintang. Kedua bintang disana memiliki panas lebih besar dari rata rata bintang.

Sebuah tata surya dengan jarak 11 tahun cahaya dari Bumi kembali ditemukan, disana terdapat planet. Planet Ross 128b berada di posisi yang tepat atau dikenal Goldilock. Planet ke 2 paling dekat ke Bumi setelah planet yang ada di Proxima



Sebuah bintang terlihat sedang membentuk akresi disk, dimana bentuk seperti ini nantinya menjadi sebuah tata surya lengkap dengan planet dan mataharinya yang baru.

Tata surya Elias 2-27 disana terdapat bintang seukuran separuh matahari kita. Terlihat sedang membentuk planet yang nantinya akan menjadi sebuah tata surya lengkap. Tapi bentuk lingkaran yang terlihat memiliki letak sangat jauh bahkan planet yang muncul mencapai 2-3 kali lebih jauh dari Pluto

Tata surya AR Scorpii atau disingkat AR Sco berada di rasi bintang konstelasi Scorpius. Satu adalah bintang katai putih atau bintang yang sudah mati tapi masih menyala. Memiliki ukuran seperti Bumi, hanya saja memiliki kepadatan 200 ribu kali massanya dari Bumi. Jadi bintang yang berada ditengah berukuran lebih kecil tapi sangat padat.

Tim peneliti Harvard Smithsonian Center mengumumkan sebuah tata surya ditemukan dengan 3 bintang. Bahkan satu bintang terlihat stabil dikelilingi oleh planet. Awalnya terlihat satu bintang, tetapi penelitian lebih lanjut ada 2 bintang biner. Dan terakhir malah ditemukan 3 bintang.

Teleskop ALMA menangkap tata surya baru HD 142527, dimana disana sedang terbentuk cakram protoplanet. Tetapi ada yang unik di tata surya ini, karena memiliki dua matahari yang juga terbentuk bersamaan. Disebut juga sebagai tata surya dengan bintang biner.




No popular articles found.