Teleskop Spektr-RG untuk data Xray di ruang angkasa berada 1.5 juta km dari Bumi


Science | 15 July 2019

Rusia meluncurkan teleskop baru besar ke ruang angkasa setelah penundaan

13 Juli 2019, dan umumkan oleh Roscosmos Space Agency Press Service badan antariksa Rusia

Roket Proton-M Rusia lepas landas dari landasan peluncuran di fasilitas luar angkasa Rusia di Baikonur, Kazakhstan.

Sebuah roket Proton-M Rusia berhasil mengirimkan teleskop ruang angkasa canggih ke orbit pada Sabtu setelah sempat tertunda beberapa hari peluncurannya, kata badan antariksa Rusia.

Roscosmos mengatakan bahwa teleskop itu, bernama Spektr-RG, dikirim ke orbit parkir terakhir, sebelum Sabtu terakhir dan keluar dari orbit Bumi dan terus ke tujuan akhirnya: titik Lagrange L2.

Titik Lagrange adalah posisi unik di tata surya kita atau tepatnya orbit bumi.
Di mana benda / satelit dapat relatif mempertahankan posisinya terhadap matahari dan planet-planet yang mengorbitnya.

Letak titik Lagrange berada 1,5 juta kilometer dari Bumi, Dan posisi L2 sangat ideal untuk teleskop seperti Spektr-RG. Termasuk penempatan teleskop ruang angkasa tercanggih James Webb yang belum selesai.
Posisi berada di belakang bayang bayang bumi terhadap cahaya matahari. Sehingga teleskop selalu ada di sisi gelap bumi dan tetap mengikuti orbit bumi terhadap matahari.

Jika semuanya berjalan dengan baik, teleskop akan tiba pada posisi yang ditentukan dalam tiga bulan kedepan.
Menjadi teleskop ruang angkasa Rusia pertama yang beroperasi di luar orbit Bumi sejak era Soviet.

Teleskop Spektr-RG bertujuan untuk melakukan survei sinar-X lengkap langit pada tahun 2025.



Pencapaian Rusia itu terjadi ketika badan antariksa AS A. NASA merayakan peringatan 50 tahun pendaratan Apollo 11 pada tanggal 20 Juli 1969 lalu.

Misi sains antariksa Rusia sangat rendah sejak runtuhnya Uni Soviet tahun 1991. Pemotongan anggaran memaksa program luar angkasa Rusia untuk beralih ke bidang komersial.

Penyelidikan Mars Rusia, yang disebut Mars 96, juga gagal meninggalkan orbit Bumi di tahun 1996. Upaya selanjutnya untuk mengirim penyelidikan ke Mars, yang disebut Fobos-Grunt, juga mengalami nasib serupa pada tahun 2011.

Proyek teleskop Spektr-RG dimulai pada 1980-an tetapi dibatalkan antara tahun1990-an.
Proyek teleskop Spektr-RG dihidupkan kembali pada tahun 2005 dan didesain ulang dengan ukuran lebih kecil, lebih sederhana dan lebih murah.

Dalam bentuknya yang modern, proyek ini merupakan kolaborasi erat antara ilmuwan Rusia dan Jerman, yang keduanya memasang peralatan teleskop di atas pesawat ruang angkasa Rusia.

Teleskop Spektr-RG untuk data Xray di ruang angkasa berada 1.5 juta km dari Bumi

Tugas Spektr-RG
Teleskop Spektr-RG membawa 2 instrumen.
Instrumen utama disebut eROSITA dengan bobot 810kg dibuat oleh Max Planck Institute, memetakan gelombang menengah X-ray sampai 10keV.
Menditeksi cluster galaksi dan meneliti inti galaksi yang aktif.
Peralatan kedua disebut ART-XC dibuat oleh IKI dengan bobot 350kg, atau teleskop X-Ray.
Rancangan ulang tahun 2005, konstruksi selesai 2016, pertengahan 2018 dilakukan uji coba dan diluncurkan 13 Juli 2019.

Berita terkait
Teleskop Jamess Web selesai dan masuk tahap pengujian. Teleskop yang mampu melihat 13,5 miliar tahun ke belakang. Proses pembuatan mencapai 20 tahun. Sekarang teleskop ini hanya diam di bumi, masih dilakukan pengujian dan pertama dirakit menjadi satu teleskop lengkap. Kesalahan rancangan, bila gagal bekerja di ruang angkasa dan tidak bekerja.

Bila ada yang mengatakan galaksi kita berbentuk piring utuh. Nyatanya galaksi Bima Sakti dimana kita tinggal, sebenarnya tidak rata seperti yang kita bayangkan. Dari beberapa penelitian menunjukan galaksi kita sebenarnya tidak rata. Yang benar galaksi Bima Sakti memiliki 4 lengan, tapi tidak melingkar utuh.



Belajar elemen table periodik dan isotop sekarang lebih mudah termasuk benda yang sudah jadi.3 elemen paling langka dialam semesta terbentuk dari aktivitas ekstrem. Karena Boron Lithium dan Berilium terbentuk dari aktivitas lubang hitam, elemen tubuh manusia berasal dari ruang angkasa. 6 elemen utama membentuk kehidupan di alam semesta.

Teleskop Chandra mengunakan sensor X-ray untuk melihat benda di alam semesta. Gambar dari teleskop ini berbeda dengan gambar yang ditangkap teleskop optik  Karena sensor di Chandra sangat sensitif. Nasa melakukan perubahan perintah untuk giroskope setelah mengalami kemacetan. Test akan dilakukan pada awal November 2018 untuk memastikan teleskop siap bekerja kembali untuk penelitian ruang angkasa

Teleskop terbesar dunia pada 10 tahun mendatang akan dinamai European Extremely Large Telescope (E-ELT). Dibangun di Chile, dan membutuhkan waktu pembangunan selama 10 tahun. Konstruksi E-ELT sudah dikonfirmasi pada Juni 2012, dimulai 2017 selesai 2024. Sebesar apa ukurannya ketika jadi nanti

Ketika berbicara antariksa, gambar bintang, galaksi tentu diabadikan oleh teleskop. Salah satu tempat observasi paling berjasa di dunia astronomi adalah VLT / Very Large Telescope. Pengamatan VLT tidak hanya melihat galaksi yang jauh. Tapi benda yang ada disekitar galaksi kita sampai bintang.

Teleskop tahun 1893 ada di observasi Yerkes, memiliki lensa reflaktor berukuran 40 inch. Teleskop GMT - Giant Magellan Telescope dipastikan tepat waktu, mengunkan cermin hexagonal. Mengapa teleskop raksasa tidak dibuat dengan cermin utuh.



Teleskop Magellan di gurun Cile mengunakan teknologi baru, dinamai dengan singkat GMT. Konstruksi teleskop ini telah dimulai, dan berada di ketinggian 2550 meter. Berapa lama dan berapa harga satu cermin teleskop raksasa ini dibuat

Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble. Yang dilihat kosong di ruang angkasa ternyata ada isinya.

Di bintang Kepler 223 ditemukan beberapa planet, menjadikan bintang ini sebagai tata surya langka. Karena posisi planet disana saling menganggu sampai akhirnya bisa saling menyeimbangkan orbitnya Tapi pergerakan planet berhenti setelah keseimbangan baru dicapai oleh orbit 4 planet.

Ratusan tahun lalu hanya sebatas teori, sekarang teori tersebut mulai terungkap. Tim peneliti LIGO mendapatkan 3 juta dollar. Beberapa teori muncul sekitar 100 tahun lalu. Beberapa teori yang dibuktikan dan menjadi kenyataan saat ini yaitu teori Big Bang, Lensa Gravitasi, dan Gelombang Gravitasi.

Susah membayangkan jarak planet ke matahari. Khususnya dengan gambar dan buku. Bagaimana bila jarak antara planet dan matahari di dalam sebuah lapangan bola, termasuk perbandingan besarnya planet ke matahari. Lebih mudah di mengerti , lebih mudah di gambarkan, walau perlu sedikit imajinasi




No popular articles found.