Lubang hitam di galaksi SDSS J1010 + 1413 terdapat 2 lubang hitam yang berputar dalam spiral kematian


Science | 12 July 2019

Simulasi komputer ini menunjukkan dua lubang hitam yang saling melingkari dan diciptakan setelah pengamatan langsung pertama terhadap gelombang gravitasi.

Menggunakan gambar yang diperoleh dari Teleskop Luar Angkasa Hubble, kolaborasi para astronom AS telah mendeteksi dua lubang hitam supermasif pada jalur tabrakan.

Walau yang terditeksi tersebut berada pada jarak 2,5 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Pengamatan yang terlihat, dua lubang hitam akan terus semakin dekat satu sama lain mengirimkan riak besar dalam ruang-waktu akibat kekuatan gravitasi keduanya.
Atau dikenal sebagai gelombang gravitasi, sehingga dapat dideteksi kembali di Bumi.

Meskipun kita tidak mungkin mendeteksi sinyal mereka selama miliaran tahun, kedua lubang hitam yang akan saling bertabarakan tersebut akan membantu para astronom mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang riak atau pasang surut akibat kekuatan dua gravitasi yang sangat besar ini.

Seperti apa yang disebut riak gravitasi atau gelombang gravitasi.
Seperti gerakan air yang tenang lalu dijatuhan sebuah batu, akan muncul riak atau gelombang. Dan mencoba menjatuhkan 2 batu di atas air dalam waktu bersamaan.
Maka akan muncul 2 riak atau 2 gelombang yang saling bertabrakan.

Tapi disini adalah ruang angkasa. Bisa dibayangkan anda berada di planet Bumi, tapi disamping Bumi ada planet lain yang kira kira sama besar seperti bobot Bumi.

Keduanya berputar tapi belum cukup dekat atau sampai bertabrakan, hanya gravitasinya tarik menarik dan kedua planet berputar.
Kita misalnya dengan berat badan 60kg yang berada di bumi akan merasakan adanya gravitasi di Bumi lain yang melintas diatas. Membuat berat tubuh kita seperti terangkat dan bobotnya berkurang perlahan menjadi 30kg, lalu kembali lebih berat 60kg.



Perubahan kekuatan gravitasi tersebut yang disebut gelombang gravitasi. Dimana terdapat gaya tarik menarik yang tidak terlihat di antara 2 benda yang saling berputar.

Dengan kekuatan gravitasi sangat besar oleh lubang hitam tentu berbeda, bila kita berada lebih jauh diluar kedua benda tersebut akan merasakan daya tarik menarik begitu kuat. Dampak kekuatan riak atau gelombang gravitasi tersebut yang diteliti oleh para astronom.

Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal penelitian The Astrophysical Journal Letters pada 10 Juli, menggambarkan dua lubang hitam supermasif memiliki massa 800 juta kali lebih besar daripada matahari kita.

Galaksi yang memiliki lubang hitam, SDSS J1010 + 1413, menarik perhatian para astronom pengamatan karena sangat terang.
Bukan terang dari bentuk lubang hitam, karena lubang hitam belum mampu dilihat dan jarak keduanya berada amat sangat jauh dari Bumi.
Tetapi radiasi yang ditimbulkan oleh 2 lubang hitam tersebut yang dapat diamati dan diartikan keduanya adalah inti dalam bentuk lubang hitam dari 2 galaksi

Ketika para astronom mengunakan data teleskop Hubble Wide Field Camera 3. Sebagai instrumen paling canggih di atas teleskop ruang angkasa tersebut

Ketika ditangkap oleh teleskop Hubble, dimana keberadaan galaksi teersebut ekitar 2,5 miliar tahun cahaya jauhnya.
Terdapat dua lubang hitam mengelilingi satu sama lain , dan memancarkan gelombang yang kuat.

Lubang hitam supermasif biasanya ditemukan di pusat galaksi, termasuk galaksi kita memiliki sebuah lubang hitam yang sangat besar

Ketika 2 galaksi saling bertabrakan, maka posisi bintang (termasuk planet) akan berubah.
Dan selama penggabungan galaksi, masing masing lubang hitam dapat saling mendekat bahkan bertemu.
Sampai akhirnya memulai tarian kematian, perlahan keduanya saling berputar satu sama lain bahkan dalam waktu sangat lama dan putaran yang hampir tiada akhir, sampai suatu saat (entah kapan) keduanya akhirnya bergabung dan menyatu.

Namun, para peneliti saat ini tidak dapat menjelaskan mengenai waktu yang dibutuhkan kapan 2 lubang hitam untuk bergabung. Sementara yang terlihat ada 2 lubang hitam yang saling berputar saja. Kapan keduanya menyatu, tidak ada yang tahu.

"Sangat menyedihkan bagi dunia astronomi bahwa kita tidak pernah tahu apakah lubang hitam supermasif nantinya akan bergabung," kata Jenny Greene, seorang profesor ilmu astrofisika di Princeton dan rekan penulis penelitian ini. "Untuk semua orang di fisika lubang hitam, secara pengamatan keduanya adalah teka-teki lama yang harus kita pecahkan."

Teka-teki tersebut dijuluki  "final-parsec problem".

Beberapa astronom percaya bila jarak dua lubang hitam supermasif saling berdekatan.
Ketika semakin dekat dan berjarak sampai 1 parsec (3,2 tahun cahaya), keduanya mulai menari (mulai saling berputar) dan dapat terjadi selamanya.



Kira kira bila kedua benda tersebut telah semakin dekat dan dimulai pada jarak  30 biliun km (3.2 tahun cahaya)
Di situlah ada dampak penemuan dan mulai terjadi gelombang gravitasi.

Dengan bantuan ahli fisikawan gelombang gravitasi, lubang hitam raksasa telah berada pada berjarak 2,5 miliar tahun cahaya. Sehingga membantu astronom menyempurnakan perkiraan seberapa besar pasangan lubang hitam supermasif seperti ini.

"Ini adalah contoh pertama dari pasangan lubang hitam besar yang telah kami temukan, mungkin ada lubang hitam biner lain nantinya dapat ditemukan," kata Michael Strauss, penulis  astrofisika Princeton departemen ilmu pengetahuan.

Para ahli fisika secara optimis, lebih dari 100 lubang hitam supermasif saling berdekatan akan memancarkan gelombang gravitasi, yang memungkinkan para astronom nantinya mendeteksi dampak gelombang gravitasi dalam lima tahun ke depan.

Jika astronom dapat mendeteksi dengungan konstan dalam ruang-waktu, itu dapat memberikan keberadaan yang terjadi di latar belakang gelombang gravitasi - dan mengesampingkan masalah parsec terakhir.

"Jika latar belakang gelombang gravitasi tidak terdeteksi, ini dapat menunjukkan bahwa lubang hitam supermasif bergabung dapat terjadi dalam rentang waktu yang sangat lama.

Para astronom hanya dapat menditeksi 2 lubang hitam seperti gambar yang tertangkap dibawah ini. Kapan keduanya akan saling bertabrakan, entahlah.

Galaksi  SDSS J1010 + 1413 dengan 2 lubang hitam supermasif keduanya dalam spiral kematian

Berita terkait
Planet NGTS-10b begitu dekat ke bintang, hanya 18 jam saja setahun. Planet seperti ini mudah ditemukan juga planet langka karena orbitnya terlalu dekat ke bintang yang panas. Perlahan planet akan mendekat sampai suatu hari nanti akan ditelan dan masuk ke dalam. Kapan, tergantug kekuatan gravitasi keduanya

Awalnya peneliti sedang mencari galaksi dengan 2 lubang hitam dalam proses merger. Tetapi di galaksi SDSS J084905.51 + 111447.2 malahan ditemukan 3 lubang hitam dari 3 galaksi yang bergabung. Mengunakan beberapa instrumen baik teleskop darat dan ruang angkasa. Ditemukan kejadian langkah dan berada 10 juta tahun cahaya dari Bumi.



Bila ada yang mengatakan galaksi kita berbentuk piring utuh. Nyatanya galaksi Bima Sakti dimana kita tinggal, sebenarnya tidak rata seperti yang kita bayangkan. Dari beberapa penelitian menunjukan galaksi kita sebenarnya tidak rata. Yang benar galaksi Bima Sakti memiliki 4 lengan, tapi tidak melingkar utuh.

Sekarang menambahkan dua lagi planet baru ke dalam daftar exoplanet yang berpotensi layak huni. Para astronom telah melihat sepasang planet yang mengorbit Bintang Teegarden. Seperti apa melihat matatari di Teegarden bila tinggal disana

Melihat foto ISS ketika berada di luar modul dan melihat video. Atau melihat foto misi astronot Apollo, mungkin kita bertanya. Mengapa langit terlihat lebh gelap di ruang angkasa di banding di Bumi. Dan tidak tampak bintang seperti di Bumi. Bukan tidak ada bintang tapi camera yang digunakan dirancang khusus.

Bila teori 2 peneliti senior ini benar. Sebenarnya tidak ada astronot yang benar benar meninggalkan atmofer bumi. Karena atmofer bumi masih mencapai bagian bulan, bahkan lebih jauh lagi. Pengertian ruang angkasa yang dimaksud, dimana manusia pergi dan benar benar tidak tersentuh lagi oleh bagian geocorona yang masih menjadi bagian dari atmofer Bumi.

Herbig Haro adalah semburan gas dan debu dari sebuah aktivitas bintang yang baru lahir. Lontaran yang disebut jet, melintas dari kutub bintang dengan bentuk mengerucut. Mencapai kecepatan ratusan km perdetik. Debu dan gas akan menabrak debu dan gas lain di ruang antar bintang akan terlihat berwarna biru dan ungu.



Tata surya di bintang Ci Tau ini bikin geleng geleng kepala para ahli. Letaknya 518 tahun cahaya dari Bumi Sekarang yang terlihat aneh sebenarnya tidak aneh, yang aneh adalah bintang induknya sendiri diperkirakan planet yang muncul disana dari usia bintang yang hanya 2 juta tahun. Tata surya Ci Tau telah diperkirakan ada 4 planet gas raksasa

Westerlund 2 adalah kelompok bintang yang kompak, saling berdekatan dan jumlahnya mencapai 3000 bintang. Rata rata bintang disana memiliki usia sangat muda, antara 1-2 juta tahun. Sebagian besar adalah bintang dengan cahaya sangat panas, paling terang. sampai paling ukurannya paling masif. WR20a menjadi bintang biner terbesar yang diketahui sampai 2007.

Di sekitar galaksi Bima Sakti terdapat Local Group galaksi atau Bima Sakti menjadi bagian grup tersebut. Tetapi kelompok galaksi di Local Group ternyata bergerak dan mendekati grup lain yang lebih besar. Disebut Great Attractor. Apakah keduanya akan bertabrakan.

Galaksi NGC 1316 memiliki bagian inti dengan debu dan gas. Diperkirakan pernah menelan galaksi lain dan membentuk dirinya saat ini. Dengan lubang hitam aktif menjadi sinyal radio paling kuat nomor 4 dan galaksi mengeluarkan sinyal radio 1,4Ghz dari lubang hitam.

Nasa mengunakan teleskop Fermi untuk melihat ledakan sinar gamma di alam semesta. Kali ini menemukan hal unik, ditemukan 5 sumber gamma yang berasal dari lubang hitam raksasa dan tertua di alam semesta. Mengapa benda ini perlu dipelajari lebih lanjut.

Miliaran tahun lalu, lubang hitam B3 1715+425 adalah lubang hitam yang ada di tengah galaksi. Tapi anehnya, sekarang dia sendirian dan tidak banyak lagi bintang yang mengelilingi dirinya sendiri. Bahkan terbang begitu cepat sampai kecepatan 3200km perdetik. Ada apa dengan lubang hitam ini.

Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi. Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52 tersebut diperkirakan mencapai 100 ribu kali dari massa matahari, yang biasanya ada ditengah galaksi. Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.



Adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman. Dibutuhkan beberapa peralatan teleskop untuk memeriksa, dan terakhir baru teridentifikasi benda ini adalah sebuah Black Hole

100 tahun lalu Einstein menyebut gelombang gravitasi yang sangat kuat akhirnya terbukti. Disebabkan oleh 2 lubang hitam yang saling mengorbit, ledakan supernova atau hal lain. Awalnya masih terbatas teori ketika Einstein mengatakan 2 benda yang sangat besar dapat menimbulkan efek gelombang gravitasi.

Lubang hitam paling dekat dengan Bumi adalah V616 Mon dengan sistem biner, kedua Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner. Bagaimana dampak bagi tata surya kita bila dilewati sebuah lubang hitam.




No popular articles found.