Airport Daxing Beijing selesai 5 tahun sebagai terminal terbesar di dunia


Stuff | 3 July 2019

Bandara Daxing Beijing yang baru selesai di bangun akan menjadi bandara tersibuk di dunia.

Untuk mempersiapkan masuknya penumpang, arsitek harus memikirkan kembali hal mendasar ketika bandara hendak dibangun.

Bandara International Beijing Daxing adalah bandara dengan terminal terbesar di dunia (2019). Memiliki luas 1,4 juta meter persegi.

2x lebih luas dari bandara dengan 4 terminal Heathrow di Inggris.

Dengan total 7 landasan pacu dari rencana, bandara baru tersebut dapat menangani 100 juta penumpang setiap tahun. \

Pembangunan dimulai akhir 2014 dan diberi kode bandara PKX
Pertengahan 2017 dimulai pembangunan bangunan terminal pertama
23 Januari 2019, dimulai test inspeksi penerbangan dan selesai Maret 2019.
30 Juni 2019, konstruksi utama telah selesai, dilanjutkan untuk finishing airport dan persiapan untuk pembukaan. Menyusul kontruksi bangunan satelit.
Bandara Daxing rencananya dibuka bulan September 2019.

Disain bandara ini yang menarik, karena airport dibangin dengan anggaran lebih murah.

Pembangunan Bandara Daxing Beijing selesai kurang dari 5 tahun. Menghabiskan biaya 9 miliar pound, sekitar 14 miliar dollar. Bandingkan dengan pembangunan bandara Heatrow untuk landasan pacu ke 3 disebut akan menelan dana 14 miliar pound. Bahkan belum seluruhnya beroperasi pada tahun 2026.



Pembangunan Bandara Daxing Beijing adalah bandara kedua dalam satu kota.

Sebelumnya bandara Beijing PEK diperlukas dengan terminal baru untuk acara Olimpiade 2008.
Setelah terminal 3 baru mulai dibangun tahun 2004, dan persiapan pada tahun 2008 termasuk penerbangan internasional berada di terminal 3.
Dengan membuka 3 terminal dan airport PEK dapata menangani 85 juta penumpang pertahun.
Tahun 2012 masuk rangking 13 bandara tersibuk di dunia
Tahun 2013, perencanaan bandara baru Daxing dimulai.

Tetapi di tahun 2016 bandara PEK sudah penuh sesak dengan jumlah 89 juta penumpang.
Sampai 2018 meningkat dan diperkirakan mencapai 100 juta penumpang pertahun, dan menjadi bandara tersibuk nomor 2 setelah Hartsfield Atlanta Amerika.
Menduduki posisi nomor 2 sejak tahun 2010 sampai 2018.
Di tahun 2018, Beijing Airport dan Hartsfield menampung 100 juta penumpang pertahun.
Di belakang kedua airport tersibuk, rangking 3 Dubai International Airport sejak tahun 2015 - 2018 dengan jumlah penumpang 89 juta orang.

Bandingkan dengan Soekarno Hatta kode CGK tidak kalah sibuk.
Setelah masuk rangking 18 bandara tersibuk dari data 2018. Jumlah 2 landasan pacu dan 81 pergerakan pesawat setiap jam (maksimum)

Nantinya 3 landasan untuk menampung 620 ribu pergerakan pesawat pertahun di Soekarno Hatta International Airport.
Dan meningkatkan pergerakan pesawat sampai 114 dengan 3 landasan pesawat.

Bandar udara Soekarno Hatta diharapkan dapat menangani 100 juta penumpang pertahun pada 2025




Bandara baru Daxing Beijing PKX dibuat 7 lantai berada dalam satu atap.
Termasuk struktur bawah tanah yang menghubungkan bangunan satelit lain yang belum selesai dibangun.

Disain bandara daxing mirip  seperti bintang laut. Disain bandara dibuat agar penumpang minim berjalan kata Jean Charles perancang arsitek utama dari ADP Ingenierie Paris.




AIrport Daxing Beijing yang selesai dalam 5 tahun saja

Tahun 2014 perusahaan disainer tersebut mendapatkan kontrak pembangunan terminal, termasuk beberapa disianer lain dari Inggris Irak Zaha Hadid dan institut disain arsitek Beijing / BIAD.

Bandara dibuat agar memudahkan pergerakan pesawat dapat mengalir dengan mudah

Jean mengatakan, penumpang tidak akan berjalan lebih dari 600 meter, atau setara 8 menit dari gerbang terjauh.

Infrastruktur lain juga disediakan. Dari kereta kecepatan tinggi, kereta regional dan rel kereta bawah tanah akan menghubungkan bandara ke kota Beijing.

Yang luar biasa, kereta tidak ditempatkan diatas tanah, melainkan masuk ke dalam tanah atau tepat dibawah terminal bandara.

Ketika penumpang tiba, dapat akan langsung naik dan tiba di tempat keberangkatan.

Struktur bangunan dibuat tahan gempa. Arsitek utama Wang Xiaogun mengatakan ada 1000 bantalan isolasi anti gempa dibangin ke plat beton di permukaan tanah uUntuk mencegah guncangan di terminal.

Alhasil bandara dapat bertahan dengan getaran gempa 8SR dan menghabiskan 220 ribu ton baja.

Google Maps Daxing International Airport 2018

Bandara Daxing juga menjadi bandara pertama dengan 2 lantai untuk keberangkatan. Kami merancang terminal yang mampu menampung 45 juta penumpang, disusul kapasitas 72 juta penumpang dengan 2 juta ton kargo di tahun 2025 setelah satelit bandara selesai dibangun.

Lantai atas diberikan untuk terminal internasional dan dalam negeri sistem konvensional.
Sedangkan lantai bawah dibuat untuk mereka yang sering berpergian untuk penerbangan dalam negeri.
Pemisahan ini membuat sistem check-in terpisah, antara yang lambat (konvensional) dan langsung siap masuk pesawat seperti mengunakan ponsel dan tidak banyak membawa barang.

Disain Daxing membuat arsitek harus merancang disain bandara seefisien mungkin. Sehingga bandara dapat selesai kurang dari 5 tahun saja.

Jean mengatakan disain terminal di Abu Dhabi dengan Daxing sebenarnya sama rumitnya.
Tetapi penyelesaian di Abu Dhabi seharusnya sudah selesai 2017, baru di buka 2019.

Daxing tidak hanya dengan disain komplek tapi dibuat efisien.

Untuk lift dan eskalator mengunakan Thyssenkrupp yang dikirim 155 elevator dan 22 eskalator.
Xsight System menyediakan perangkat lunak teknologi kecerdasan buatan, membantu menjaga landasan pacu aman dari burnng dan benda lain.

Dinamika pesawat dan bandara berubah dengan cepat.

Maskapai Eropa dan Amerika awalnya mengunakan pesawat berbadan besar agar lebih banyak membawa penumpang.
Tetapi tren terbaru berbeda, misalnya berpindah dari pesawat ukuran besar ke ukuran lebih kecil agar lebih efisien membawa penumpang.
Perusahaan penerbangan besar seperti Etihad Airway malah memangkas pesanan Super Jumbo Jet A380 dengan pesawat ukuran lebih kecil.



Beberapa penerbangan juga memangkas kursi First Class agar pesawat lebih banyak memuat penumpang. Atau memasukan kelas baru seperti Economy Premium yang memberi layanan sedikit berbeda dibanding Economy Class.

Dengan perubahan kebutuhan pesawat, bandara yang sudah dibangun tidak mungkin dirubah. Sementara jumlah pesawat meningkat karena ukuran yang lebih kecil.

BIAD mungkin dapat menghindari masalah tersebut.
Dalam setahun bandara dapat menampung 620 ribu penerbangan dengan lebih dari 100 juta penumpang.
Dan harapan menjadi tempat transit dari pusat pusat bandara seperti di Dubai atau Tokyo.

Seperti apa kesibukan sebuah airport di seluruh dunia. Dibawah data tahun 2017, dari Flightradar24 yang memonitor penerbangan setiap hari.


Berita terkait
Quantas test 19 ribu km nonston 19 jam penerbangan Sydney London. Maskapai Emirates Quantas Qatar Airways memiliki rute penerbangan nonstop 14000km. Rute dari Dubai dan Doha ke Auckland Selandia baru, Perth Australia ke London Inggris. Pesawat dengan nomor UAE448 mengunakan Airbus A380, Quantas Dreamliner 787 Oktober 2019 New York -Sydney 19 jam nonstop. ke 2018 dan Qatar Boeing 777 jarak 14.539km. Singapore Airlines 15.000km Singapura ke Amerika Nonstop 19 jam perdana 11 Oktober 2018 hanya 17 jam 25 menit

2 tahun di teliti, video penampakan UFO tertangkap oleh camera militer inframerah dipublikasi Angkatan Udara Chile. Benda yang terbang sejajar dengan helikopter Cougar AS-532 dengan camera WESCAM MX-15 thermal infra merah, benda tersebut berbentuk oval.



Tinggal di Suriah ada yg menyelematkan kucing. Pria asal Amerika selamatkan 1000 hewan sebelum festival, seorang wanita menolong balita di jalan karena dibuang keluarganya. Atau harimau sirkus diselamatkan sampai menjadi harimau besar.

Pesawat 777-300ER dirancang terbang jarak jauh. Menjadi pesawat paling efisien dan digunakan untuk terbang nonstop. Bagi penumpang, duduk terbang berjam jam lebih dari 12 jam adalah hal membosankan. Bagaimana dengan awak pesawat, tunggu dulu.

Sebuah stasiun kereta kecil di pulau Hokkaido sebagai pulai paling utara Jepang. Membuat berita nasional di akhir tahun kemarin. Disana ada seorang siswi yang akan lulus SMA pada bulan Maret 2016. Setelah bulan Maret, kereta tersebut akan mengakhiri berhenti di stasiun. Apakah kereta tidak mau menjemput penumpangnya lagi

Singapore Airlines akan kembali memegang rute pesawat terjauh. Terbang nonstop selama 19 jam dengan pesawat Airbus A350 900ULR. Sebelumnya Singapore Airlines memegang rute terjauh, tapi ditutup karena kurang menguntungkan. Digantikan rute kedua terjadu dari Quantas dengan rute Australia ke Amerika.

Di pesawat komersial, setiap jendela akan terlihat satu titik lubang kecil.  Mungkin kita bertanya untuk apa lubang kecil di jendela pesawat. Fungsi lubang kecil tersebut untuk menyamai tekanan udara antara urang kabin dan jendela atau bagian panel luar dari kabin pesawat.



Ketika anda masuk ke sebuah restoran di tahun 2007, dan memesan paket minuman Coke. Anda akan diberikan cangkirnya saja. Ketika anda membeli 1 kaleng minuman ringan $1, atau 1 eskrim $3. Bila anda membeli 1 lusin minuman ringan harganya menjadi $3 dan $7 untuk 12 eskrim.




No popular articles found.
< /body>