Kabel bawah laut Equiano menghubungkan 2 benua Eropa dan Afrika


News | 1 July 2019

Equiano adalah jaringan kabel bawah laut yang menghubungkan 2 benua.

Dari 378 kabel bawah laut yang ada, kabel Equiano akan signifikan bagi Afrika. Dimana menyediakan 22% rumah untuk koneksi internet.

Menghubungkan benua Eropa, dari ujung negara Portugal. Lalu melintas sepanjang Afrika Barat, dan berakhir di Afrika Selatan.

Kabel Equiano memiliki kecepatan 20 kali lebih besar dibanding jaringan kabel yang telah ada saat ini.

Jaringan kabel bawah laut Equiano tidak melintas di samudra, hanya melintas di tepi benua Afrika sampai Eropa.

Kabel bawah laut Equiano menghubungkan 2 benua Eropa dan Afrika

Sebagai kabel yang didanai oleh perusahaan privat, Equiano nantinya akan sangat maju.

Terutama, itu akan menggunakan multiplexing divisi , yang menggunakan dua belas serat daripada delapan pasangan serat yang ada.

Teknologi optik dengan power-repeater memiliki desain baru dan laser, yang memperkuat sinyal, dapat dibagi di antara beberapa pasangan serat.

Jaringan kabel tersebut juga akan menjadi kabel bawah laut pertama yang menggunakan peralihan optik dengan tingkat serat-pasangan, meningkatkan performa  latensi dan lebih efisiensi.



Kontrak untuk membangun kabel ditandatangani dengan Alcatel Submarine Networks akhir tahun 2018, tetapi Google belum menentukan kapan konstruksi dimulai.

Bila rencana berjalan dengan baik, maka kabel internet dari  Portugal, Nigeria dan Afrika Selatan akan selesai pada tahun 2021. Disusul negara lain untuk bergabung masuk ke sistem jaringan internet.

Sejak 2016 dan 2018, Google berinvestasi untuk pengeluaran model 47 biliar dollar. Dimana proyek tersebut untuk mendanai infrastruktur dunia.
Sedangkan kabel Equiano dapat menjadi jaringan kabel utama di sepanjang benua Afrika.

Berita terkait
Penguna smartphone dipastikan memanfaatkan aplikasi media sosial dan messenger. Tren kembali berubah di tahun 2019. Facebook masih rangking 1, dengan peningkatan penguna di India dan Indonesia. TikTok masuk ke 5 besar, menduduki posisi nomor 2 paling banyak di download.

Pager adalah layanan panggilan kuno akhirnya ditnggalkan di Jepang. Tampil sebagai teknologi informasi pengirim pesan melalui sinyal radio. Teknologi ini praktis karena satu satunya alat untuk menghubungkan seseorang di jamannya. Setelah Tokyo Telemessage akan menutup layanan mereka.



Teknologi mesin Fax menjadi kejayaan di era 80an, tapi tergantikan oleh teknologi digital internet. Beberapa mesin fax masih digunakan saat ini, terlebih bagi layanan yang memerlukan copy dokumen resmi. Selesainya teknologi mesin Fax diawali pada era digital internet, satu persatu ditinggalkan dan kantor beralih mengunakan teknologi email sampai saat ini

Dua kekuatan teknologi global menempatkan dana dan nama mereka di Asia Tenggara. Bukan Google, Facebook, Microsoft dan nama dari negara barat. Tapi Alibaba dan Tencent. Nama yang jarang kita dengar di Indonesia berdiri dibelakang perusahaan raksasa berbasis internet di Indonesia. Uber di India dilepas oleh konglomerat Softbank

Kabel bawah laut untuk internet akan dibangun dari Amerika Utara ke Asia. 2 raksasa internet akan mengelar kabel fiber optik terpanjang dan tercepat. Menghubungkan 2 benua dengan jaringan kabel PLCN Pacific Light Cable Network. Mencapai jarak lebih dari 12000km.

Kabel internet Faster menjadi kabel paling cepat dengan kapasitas 60Tb/s. Google mengatakan cukup untuk mengirim file foto selfie setiap 15 detik oleh warga Taiwan dari Taiwan ke Jepang. Google akan memperluas jaringan internet, termasuk data center Google di Singapura

Beberapa teknologi, layanan akhirnya mundur di tahun 2015. Termasuk smartphone Amazon, Windows media center, sampai baterai penganti yang tidak lagi dilirik oleh penguna. Siapa yang membutuhkan baterai backup, bila sudah ada powerbank membuat produsen memasang baterai permanen



Ketika mahasiswa di luar negeri lulus kuliah, sebagian kecil dari mereka harus berhutang ke perguruan tinggi. Bagaimana dengan mereka yang tidak pernah masuk kampus, apakah mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan jauh yang lebih tinggi. Ada pekerjaan dengan penghasilan jauh lebih tinggi dibanding lulusan universitas.

Jaringan kabel bawah laut Fiber Artic diperkirakan selesai tahun 2016. Membawa jaringan internet dari London dan Tokyo lebih cepat 23ms. Tantangan di rute 15.600km ini lebih sukar dibanding jaringan kabel optik di daerah khatulistiwa. Karena rute yang dilewati adalah lautan es yang hanya terbuka di musim panas

Ada 4 perusahaan penyedia jaringan kelas raksasa. Amazon, Google, Softlayre dan Rackspace, siapa yang tercepat. Hasilnya berbeda, ada yang cepat tapi tidak mencakup ke semua regional.




No popular articles found.