Bintang Teegarden ada 2 planet jarak bintang paling dekat ke 2 dari Bumi


Kategori : Science | Date : 20 June 2019
Sekarang dapat menambahkan dua lagi planet baru ke dalam daftar exoplanet yang berpotensi layak huni.

Para astronom telah melihat sepasang planet yang mengorbit Bintang Teegarden, bintang katai merah berjarak sekitar 12 tahun cahaya.

Bintang tipe kuno, termasuk planet-planet yang mengorbitnya di sekitar bintang.

Jadi, jika kehidupan dapat berkembang di sana, itu punya banyak waktu.
Matahari kita hanya menyala sampai 4-5 miliar tahun lalu hancur dengan sendirinya. Sedangkan bintang katai merah dapat bertahan sampai puluhan miliar tahun waktu bumi.

Karena bintang katai merah ini yang usianya sangat tua, biasanya lebih aman bagi kehidupan. Dengan gejolak bintang yang relatif tidak berbahaya.
Cahaya tidak terlalu panas, tapi menyala jauh lebih lama dari matahari kita.

Teegarden Star adalah tipe bintang katai merah yang ditemukan oleh Nasa dan mirip dengan Proxima Centauri sebagi bintang paling dekat ke Bumi.
Hanya saja bintang Teegarden jauh lebih tua.

Para astronom memperkirakan bahwa Bintang Teegarden sudah berusia 8 miliar tahun. Itu hampir dua kali usia Matahari kita.

Bintang tersebut adalah anggota dari subclass yang dikenal sebagai kurcaci M dengan radiasi panas sangat dingin karena memiliki massa hanya sembilan persen dari massa matahari.

Meskipun berjarak 12 tahun cahaya, ternyata astronom tidak memperhatikan Bintang Teegarden sampai tahun 2003.



Para astronom dari Institute of Space Studies of Catalonia menghabiskan beberapa tahun terakhir mengamati bintang-bintang bermassa rendah terdekat sebagai bukti adanya exoplanet.

Perbandingan ukuran Matahari dengan Teegarden yang berwarna merah.

Serta posisi letak bintang Teengarden sebagai bintang terdekat nomor 2 ke Bumi.

Bintang Teegarden ada 2 planet jarak bintang paling dekat ke 2 hanya 12 tahun cahaya

Tim menggunakan  perangkat sensor spektograf CARMENES di Observatorium Calar Alto Spanyol untuk melacak pergerakan bintang-bintang target mereka.

Instrumen ini dapat mendeteksi gangguan kecil dalam gerakan bintang ketika planet ekstrasurya berputar di sekitarnya.

Tekniki berbeda dari metode transit yang lebih umum digunakan oleh instrumen seperti teleskop Kepler yang baru saja di pensiunkan karena sudah tua dan tidak bekerja dengan baik. Dimana teknik lama mengunakan penglihatan camera teleskop dengan mengamati penurunan dalam cahaya saat adanya planet lewat di depan bintang.

Karena Bintang Teegarden sangat kecil dan dingin, walau planet yang mengorbit cukup dekat.
Maka zona layak huni lebih dekat tidak menjadi masalah, berbeda daripada bintang seperti Matahari kita. Posisi planet idealnya ada pada jarak seperti Bumi.
Sedangkan planet yang lebih dekat atau di depan Bumi seperti Merkurius dan Venus, akan mendapat panas berlebihan.

Seperti apa matahari terbit di tata surya Teegarden
Kiri adalah bumi dan kita melihat matahari dengan warna cenderung kuning.
Gambar tengah dan kanan, adalah matahari / bintang Teegarden yang terlihat di dua planet b dan c disana.
Peneliti mengatakan planet Teegarden b adalah posisi dengan tingkat paling tepat untuk kehidupan.
Matahari disana terlihat lebih besar tapi tidak panas dan cenderung berwarna kemerahan

Bintang 
Teegarden ada 2 planet jarak bintang paling dekat ke 2 hanya 12 tahun 
cahaya

Tim Katalonia mengamati Teegarden's Star selama tiga tahun, melakukan lebih dari 200 pengukuran.
Angka-angka itu mengungkapkan dua planet, keduanya sekitar 1,1 kali massa Bumi.

Planet b Teegarden adalah planet yang paling dekat ke arah bintang, menyelesaikan orbit bintang dalam 4,9 hari Bumi.
Planet c berputar di sekitar bintang setiap 11,4 hari sekali.

Jadi dihitung dengan waktu bumi, waktu siang dan malam disana mungkin berbeda. Termasuk pengukuran waktu satu tahun menjadi 4,9 dan 11,4 hari di Bumi, sedangkan bumi mengorbit sekitar 365 hari ke bintang matahari.

Katai merah dikenal sebagai bintang berukuran kecil, Karena sifatnya yang bergejolak dengan gelombang radiasi dan sinar bintang yang sering terjadi.

Tim harus mengesampingkan gangguan dari fenomena bintang seperti itu sebelum mempertimbangkan sinyal indikasi planet ekstrasurya. Mereka secara teknis masih memasukan ke dua planet sebagai "calon" planet ekstrasurya. Tim lain perlu mengkonfirmasi temuan tersebut, sebelum mereka yakin kedua planet dapat masuk daftar planet.

Kehadiran planet mirip Bumi di sekitar Teegarden's Star sangat menarik. Sangat dekat, dan bintangnya sangat redup. Itu bisa membuat mereka lebih mudah dipelajari dibanding banyak exoplanet lainnya.



Sementara katai merah keriuhan, ini sangat tua dan tampaknya tidak menghanguskan planet dengan suar. Mungkin kita akan menemukan suatu hari planet-planet ini layak huni ... atau bahkan suatu hari nanti dapat dihuni.

Berita terkait
Asteroid 2019 LF6, memiliki orbit sangat dekat dengan Matahari sehingga satu kali orbit selama 151 hari. Sampai Juli 2019, menjadi objek paling dekat ke matahari. Bahkan berada di depan planet Merkurius Objek-objek ini sangat sulit dideteksi. Masih banyak benda atau batuan cukup besar di luar sana dan menunggu untuk ditemukan.

Sebuah galaksi yang bergabung, terditeksi ada 2 inti dari galaksi SDSS J1010 + 1413 yaitu 2 lubang hitam supermasif. Kedua lubang hitam yang sudah masuk menjadi satu dan perlahan saling mendekat. Terditeksi oleh teleskop Hubble dan memperlihatkan ada 2 cahaya biru. Peneliti mengatakan kedua lubang hitam akan saling mengitari. Kapan tabarakan akan terjadi, tidak tahu. Apa yang akan terjadi, disana akan terjadi riak gelombang gravitasi sangat kuat.



Sebuah bintang pulsar bergerak dengan kecepatan 1100 km perdetik. Bagaimana bintang pulsar tersebut dapat berpindah di galaksi Bima Sakti. Dan mendorong bintang pulsar tersebut sampai keluar dari tempatnya berasal akibat sebuah supernova. Jejak bintang pulsar dapat dipelajari dengan teleskop Fermi.

Herbig Haro adalah semburan gas dan debu dari sebuah aktivitas bintang yang baru lahir. Lontaran yang disebut jet, melintas dari kutub bintang dengan bentuk mengerucut. Mencapai kecepatan ratusan km perdetik. Debu dan gas akan menabrak debu dan gas lain di ruang antar bintang akan terlihat berwarna biru dan ungu.

Bintang K2-239 diperkirakan disana terdapat 3 planet, bahkan ketiga planet memiliki ukuran seperti Bumi. Dan besarnya tidak jauh berbeda dengan Bumi. Bintang K-240 juga ditemukan 2 planet seperti bumi dengan permukaan batuan, diperkirakan 2 planet tersebut memiliki ukuran 2x lebih besar dari Bumi.

Ukuran bintang kerdil umumnya hanya ditemukan planet berbatu seperti planet seukuran Bumi atau lebi kecil. Karena sebuah bintang kerdil yang memiliki ukuran mungil tidak akan memiliki kelebihan bahan untuk membentuk planet yang besar. Planet NGTS-1b seharusnya tidak ada disana

Sebuah bintang di tata surya akan berdampak dengan planet yang mengorbit. Tapi peneliti menemukan sebuah bintang Hat-P-2 disana terdapat exoplanet. Bintang kategori baru disebut BLAP yang kecerahannya berubah-ubah



Sebuah galaksi besar hanya tampak setelah 1,7 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta atau Big Bang. Tapi galaksi tersebut mati setelah lahir. Galaksi ZF-COSMOS-20115 adalah penemuan langka, kata peneliti Karl Glazebrook dari universitas Swinburne Australia.

Galaksi yang dilihat dari atas dengan sudut bumi, maka terang di bagian inti galaksi. Galaksi dari sudut miring, dapat dipelajari adalah struktur lengan galaksi dan ukurannya. Bagaimana bila galaksi terlihat tepat dari sisi samping.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun

Black hole atau lubang hitam Swift J1644+57 letaknya 3,9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Baru terditeksi pada tahun 2011 oleh teleskop milik Nasa Swift. Astronom mempelajari gangguan pasang surut lubang hitam tersebut, dan dipublikasikan tahun ini.

Planet Bumi ternyata punya 2 bulan dan baru terlihat pada April 27 2016,. Setelah di teliti satu benda berputar mengitari Bumi. Disebut 2016 H03, mungkin terdengar aneh tapi benda ini mengitari Bumi setiap hari tapi tidak terlihat karena ukurannya relatif kecil.

Sebuah tata surya , disana terdapat 2 bintang. Satu bintang dengan nama IRAS 08544-4431 akhirnya meledak dan tamat riwayatnya. Tetapi peneliti menemukan sesuatu yang aneh. Apakah akan muncul generasi planet kedua

Daerah komplek bintang Delta Orionis ternyata memiliki bintang yang unik. Disana terdapat 3 bintang berjajar dikenal dengan nama Mintaka. Dapat terlihat ketika malam hari, posisinya berada di sisi barat. Dengan teleskop optik, ketiganya tidak terlihat. Dan hanya tampak dengan teleskop X-Ray Chandra




No popular articles found.