Berapa kapasitas yang dibutuhkan untuk computer gaming.

Berapa kuat power yang diberikan, dan berapa lama produsen memberikan garansi

Apakah power supply computer boros listrik atau ada yang lebih hemat power.

Apakah power supply mahal dan murah berbeda.

Mungkin sebagian pertanyaan tersebut menjadi pertimbangan pembeli power supply berkualitas.

Power supply murah, apakah menjamin voltase konstan. Atau membeli power supply mahal sekali, dan hardware aman bekerja.

Ada beberapa hal penting ketika membeli sebuah power supply yang baik.

Setidaknya cukup memenuhi power pada PC, dan aman.


Ada beberapa tip memilih power supply untuk hardware computer.

Langkah awal adalah melihat berapa banyak hardware yang dipakai di computer. Dan rencana kedepan bila ingin membeli perangkat lain, seperti VGA atau procesor yang lebih besar. Pastikan berapa watt yang dibutuhkan. Hal lain adalah kabel, bagian ini cukup penting bila computer memerlukan banyak perangkat sepeti harddisk atau VGA dengan power besar.

Melihat power supply yang baik bisa dilhat dari reputasi dari masing masing merek. Seperti Corsair, Seasonic Coolermaster, Cougar dan Antec menawarkan power supply berkualitas. Khususnya power supply dengan kekuatan besar.

Lihat kebutuhan, apakah computer memerlukan power cukup konstan dan besar dalam periode/waktu yang lama.

Misalnya kebutuhan rendering, animasi, game dan lainnya. Baca pada label bila tertulis 600 Watts Peak durasi 1 jam, ada baiknya jangan mengambil power supply dengan peringatan seperti itu. Beberapa produsen menawarkan 500W tetapi dengan catatan power supply bisa memberikan power diatas itu dengan durasi tertentu. Sedangkan power supply premium hanya memberikan keterangan 500W, artinya puncak power tidak dibatasi sampai 500W, dan dapat diberikan beban konstan selama dibutuhkan.

Hitung persetasi pemakaian power dan kalikan 2 angka lebih besar.

Misalnya anda membutuhkan power sampai 200W, ada baiknya mengunakan power diatas 400W. Perkiraan antara 50-60% kebutuhan power supply sekarang, bila suatu hari nanti menganti hardware maka power supply masih bisa dipakai.

Procesor membutuhkan 85W, bisa dimasukan sebagai 100W. VGA untuk gaming kelas bawah sampai menengah membutuhkan power 100-150W untuk peak power. Minimum dibutuhkan power 500W atau lebih besar.

Untuk VGA kelas atas biasanya membutuhkan power 200W lebih, karena VGA high end adalah perangkat paling membutuhkan power (paling boros listrik). Untuk memudahkan bisa dilihat rekomendasi dari website VGA seperti situs AMD dan nVidia. Biasanya tertera berapa rekomendasi power yang dibutuhkan untuk VGA mereka.
Bila rekomendasi yang diberikan meminta 500W, tentu harus membeli power supply 500W. Dengan asumsi sebuah VGA membutuhkan power 150W, tersisa power 350W untuk perangkat computer seperti procesor sebagai komponen nomor 2 penguna power terbesar.

Perangkat seperti harddisk, memory dan kebutuhann DVD-Write / ROM tidak membutuhkan power sebesar CPU computer.

Lihat pin konektor PCIe. Berapa jumlah yang anda butuhkan. Umumnya power supply premium dijual lebih mahal, tapi menyediakan konektor VGA, SATA lebih lengkap.

Dan terpenting, lihat kebutuhan Pin Power PCIe untuk VGA Graphic Card. Apakah VGA membutuhkan 2 x 8 pin, 2 x 6 pin. Bila salah membeli misal membeli VGA yang membutuhkan 8 pin sedangkan power supply yang anda beli hanya menyediakan 6 pin artinya anda harus membeli power supply baru atau menganti dengan VGA yang memiliki pin sama.

Perhatikan tanda efisiensi pada 80Plus. Bila computer sering dipakai dengan periode yang lama, seperti untuk bekerja setiap hari. Ada baiknya membeli power supply yang paling efisien, karena lebih menghemat power listrik. Dimulai dari angka terbaik 80Plus Titanium, Platinium, lalu Gold, Silver dan Bronze sebagai angka terendah.
Power supply yang hemat seperti 80Plus Titanium, Platinum ditawarkan sangat mahal. Karena sistem kerja power supply kelas ini sangat hemat mengkonversi arus AC menjadi DC. 80Plus Gold dan Silver masih masuk di kelas menengah.
Komponen di kelas power supply Titanium atau Gold, umumnya mengunakan komponen dengan grade lebih baik. Bisa saja 1 tingkat bahkan 2 tingkat lebih baik. Misal komponen paling rentan rusak ada kapasitor power supply. Komponen kapasitor di kelas power supply high end, mengunakan kapasitor dari pabrikan Jepang. Dan harganya memang berkali-kali lipat dibanding kapasitor standar.

Auto Sensing power AC. Beberapa power supply terbaru atau tipe high end tidak lagi menyediakan switch 110 / 220V/AC. Artinya power supply dapat bekerja otomatis dari voltase listrik 110-240V. Power seperti ini sebenarnya tidak memerlukan stabilizer, karena di dalamnya memiliki kemampuan penyesuaian voltase yang naik turun.

Pilih power supply dengan manajemen kabel. Alasannya sederhana, bila computer tidak banyak memerlukan perangkat, maka hanya kabel yang dibutuhkan saja bisa dipasang. Hal lain lebih mudah mengatur kabel di dalam computer. Harga power supply dengan kabel moduler terkadang lebih mahal, tapi ada kelebihan yang di dapat dengan manajemen kabel tersebut. Bila memiliki 1 perangkat seperti Harddisk, mungkin hanya satu kabel saja yang kita butuhkan.

Membeli power supply yang baik akan menjaga suplai power perangkat computer. Setidaknya bagian harddisk, procesor, motherboard mendapatkan power yang stabil. Artinya komponen computer akan berumur panjang. Umur power supply berkualitas baik mampu bertahan lebih lama, mencapai 5-6 tahun bahkan anda sudah menganti 2 kali motherboard masih tetap mengunakan power supply lama.
Coba tanyakan kepada mereka yang sudah mengunakan power supply yang baik. Berapa lama telah mengunakan power supply tersebut.

Apalagi ketika anda mengunakan power dengan kekuatan lebih besar, maka kinerja power supply akan lebih ringan bekerja. Dan power supply baru berakhir digunakan setelah pin ATX yang sudah tidak cocok lagi dengan pin di mainboard.

Power supply terbaik untuk gaming

Dibawah ini data dari Toms untuk kualitas power supply.

Corsair SF450
Terpilih edisi 2016. Outut yang baik, low ripple di semua voltase, dan power efisiensi tinggi. Disain seperti semi pasif cooler, dan fan baru bekerja penuh bila dibutuhkan, dan harganya tidak terlalu murah. Cocok bagi penguna yang tidak ingin mendapatkan suara karena putaran fan. Harga Corsair SF450 cukup mahal, tapi lebih murah dibanding produk lain.

Silverstone SX500-LG
Edisi 2015, power supply ini sangat tenang, dengan output 5V dan 3.3V sangat baik. Dibuat dengan sistem modular.

Corsair RM550X
Edisi 2016. Power supply dengan efisiensi tinggi dan kinerja sangat tenang. Sistem kabel modular, dan harga tidak berbeda jauh dibanding Corsair SF450.

Seasonic Prime 650
Edisi 2016. Power supply ini memiliki standar 80 Plus Titanium. Tetapi harganya sangat mahal. Memiliki 4 output PCIe, garansi 10 tahun seperti garansi Corsair dan EVGA. Disain power masih mengunakan teknologi analog, tapi setara kemampuan power supply digital.

Corsair RM750x
Lebih murah dari Prim 650 tapi disain edisi 2015. Sekarang harganya sudah turun. Sistem fan hanya bekerja maksimum 1000 RPM, dan power supply bekerja sangat tenang. Disain kabel modular, garansi 7 tahun. Sayangnya harga Corsair RM750 hanya terpaut sedikit dengan RM750i.

Seasonic Snow Silent 750
Edisi 2015. Menjadi alternatif dari Corsair RM750x. Memiliki sistem semi pasif cooling.

Paling menyedikan bila kita mengunakan power supply dengan kualitas rendah. Membuat stres di komponen mainboard, dan akhirnya rusak.
Masalah muncul ketika harddisk rusak sering terjadi akibat power tidak stabil dari power supply. Disini yang mahal bukan komponen pengantian, pada akhirnya data di harddisk ikut terbawa.