Bintang J005311 sebuah bintang aneh ditemukan


Science | 23 May 2019

Bintang J005311 letaknya di rasi bintang Cassiopeia yang aneh.

Jauhnya 10.000 tahun cahaya dari Bumi.

Ditemukan oleh teleskop satelit WISE - Wide Infrared Explorer.

Bintang J005311 memiliki cahaya sangat terang di dalam sebuah gas nebula. Tetapi hanya memancarkan sinar infra merah, dimana tidak ada cahaya biasa seperti bintang biasa.

Mengunakan spektrum radiasi, tim peneliti menemukan hal lebih aneh dari cahaya inframerah yang ditangkap oleh teleskop.

Keanehan bintang J005311. Disana tidak terlihat adanya elemen hidrogen dan helium seperti layaknya bintang biasa.

Dan ditengah bintang memiliki kecerahan 40.000x lebih terang dari matahari.

Kedua radiasi bintang menimbulkan angin bintang dengan kecepatan 16.000km perdetik. Seecara umum bintang bintang yang sangat besar, hanya mencapai 2.000km perdetik.

Bintang J005311 sebuah bintang aneh ditemukan

Apa yang terjadi dengan bintang J005311

Bintang menyala akibat fusi nuklir di dalamnya. Tekanan gas hidrogen membuat bintang menyala dan memancarkan cahaya.

Bintang berevolusi dari generasi ke generasi, dan prosesnya mencapai miliaraan tahun.



Tetapi peneliti mengatakan bintang J005311 bukan bintang secara umum. Cahaya bintang bukan sinar layaknya bintang kita matahari, melainkan memancarkan radiasi.

Bintang J005311 terbentuk dari 2 bintang mati dan bergabung lalu hidup kembali.

Sebuah bintang berukuran besar yang menyala miliaran tahun, suatu hari akan berhenti bersinar. Ketika bintang meledak, melemparkan sisa dari isi gas dan membentuk kepadatan tinggi setelah kematian bintang.

Sampai proses terakhir sisa materi padat menyatukan diri dan menjadi bintang katai putih, umumnya masih bersinar sinar walau sangat redup.

Bintang katai putih terbentuk tetapi kondisinya sudah sangat minim gas hidrogen dan helium.

Ketika 2 bintang katai putih bertemu dan bergabung, bintang masih memiliki putaran, tapi menjadi sangat cepat.
Menimbulkan seperti kecepatan turbin dan mempercepat angin di sekitar bintang. Seperti medan magnet energi tinggi ke luar dari bintang.



Peneliti Gotz Grafener penulis studi menyebut, bintang jenis ini sangat langkah. Setelah kematian bintang, lalu bergabung dan hidup kembali atau menyala kembali dengan cahaya berbeda.

Mungkin benda seperti ini hanya lusinan bintang saja yang ada di galaksi kita. Dan kami telah menemukan salah satunya.

Peneliti juga mengungkap, secara waktu terbentuknya sebuah bintang seperti bintang J005311 amat sangat langka. Ketika 2 bintang kerdil bertabrakan dalam waktu beberapa ribu tahun lalu. Dalam waktu  kosmos seperti berkedip untuk periode ribuan tahun.

Berita terkait
Planet NGTS-10b begitu dekat ke bintang, hanya 18 jam saja setahun. Planet seperti ini mudah ditemukan juga planet langka karena orbitnya terlalu dekat ke bintang yang panas. Perlahan planet akan mendekat sampai suatu hari nanti akan ditelan dan masuk ke dalam. Kapan, tergantug kekuatan gravitasi keduanya

Sebuah bintang pulsar bergerak dengan kecepatan 1100 km perdetik. Bagaimana bintang pulsar tersebut dapat berpindah di galaksi Bima Sakti. Dan mendorong bintang pulsar tersebut sampai keluar dari tempatnya berasal akibat sebuah supernova. Jejak bintang pulsar dapat dipelajari dengan teleskop Fermi.



Dua bintang biner Bintang R Aquarii sedang bertarung. Satu bintang katai putih adalah bintang mati, dan bintang kedua adalah bintang lebih besar ukurannya terus diganggu. Bahkan materi bintang raksasa merah tertarik oleh gravitasi bintang yang lebih kecil. Suatu hari nanti bintang raksasa merah akan habis dan tersisa si bintang lebih kecil.

Westerlund 2 adalah kelompok bintang yang kompak, saling berdekatan dan jumlahnya mencapai 3000 bintang. Rata rata bintang disana memiliki usia sangat muda, antara 1-2 juta tahun. Sebagian besar adalah bintang dengan cahaya sangat panas, paling terang. sampai paling ukurannya paling masif. WR20a menjadi bintang biner terbesar yang diketahui sampai 2007.

Bintang AS 209 terletak 410 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi sebuah sistem tata surya baru yang baru lahir, diperkirakan baru berusia 1 juta tahun dalam skala kosmos. Setidaknya ada 2 protoplanet akan lahir disana.

Bintang HD 240430 adalah sebuah tata surya dimana disana terdapat 2 bintang biner. Peneliti percaya 15 planet seukuran bumi ditelan oleh salah satu bintang. Apa penyebab planet akhirnya masuk ke dalam bintang. Penelitian ini mirip seperti sejarah Yunani dengan dewa Kronos

Astronomi mengidentifikasi puluhan bintang tipe OB baru di area Cygnos OB2. Penemuan ini meningkatkan populasi bintang muda yang masif (ukuran raksasa). Letak Cygnus OB2 berada 4700 tahun cahaya dari BumiMenjadi salah satu daerah pembentukan bintang paling kuat di komplek Cygnus.



Bintang Antares sebagai bintang raksasa merah, memiliki atmosfer bintang yang melebar. Atmofer bintang dapat melbar mencapai radius 1,7x dari ukuran bintang sendiri, bahkan lebih agresif dibanding bintang yang akan meledak

Sebuah bintang tidak jauh dari bumi, bintang EBLM J0555-57Ab merupakan bintang terkecil yang pernah ditemukan. Ukurannya menakjubkan. Sementara bintang raksasa atau bintang lumayan besar seperti matahari. Yang ini hanya seukuran  planet Saturnus saja dan mengalahkan rekor sebelumnya bintang Trappist-1

Sebuah bintang berukuran kecil atau disebut White Dwarf ditemukan sebagai bintang unik. Peneliti dari Warwick melihat dibintang yang sudah mati tersebut terlihat cincin berwarna merah. Cincin tersebut terbentuk akibat bintang tersebut hancur, dan cincin yang terlihat adalah sampah seperti batuan dan debu mengelilingi bintang.

Foto dari teleskop Chandra diambil pada Desember 2011, sampai Februari 2014 dan terakhir ditahun 2015. Bintang kembar PSR B1259-63 / LS 2883 - atau B1259, salah satunya adalah bintang Pulsar melewati bintang yang aktif disebelahnya, membuat tekanan kuat sampai bagian dari disk dari bintang yang aktif terlempar. Hal ini masih terus terjadi.

Bintang di malam hari hanya tampak beberapa bintang yang cahayanya paling terang. Sedangkan bintang lain tidak terlihat seakan bersembunyi. Karena kekuatan cahaya bintang dihitung dengan angka magnitude, dan beberapa bintang memiliki jarak sangat jauh dari Bumi.




No popular articles found.