Dari Steve Berardi fotographer naturalis memberikan nasihat kepada para fotographer.

Bagaimana menjaga memory tetap sehat, tidak error ketika dipakai, dan foto tidak hilang dari memory.

Kadang kita lupa memasukan semua foto selama perjalanan dan mengisi memory card kapasitas besar sampai penuh.

Mendadak di tengah perjalanan terjadi error, dan memory tidak bisa dipakai. Penyebab memory card error sangat sederhana.

Seperti computer dengan OS Windows, ketika dimatikan mendadak, maka computer akan memeriksa harddisk. Dan melakukan scanning apakah ada data yang error.

Tetapi camera bukan computer. Bila baterai habis mendadak tapi posisi memory sedang di isi. Data di memory bisa gagal ditulis.

Disini diberikan informasi bagaimana format memory dengan benar, dan cara pemakaian ketika memory card di camera.

Menjaga memory card tetap baik

Tips dibawah ini agar memory card tidak error selama digunakan :

  • Gunakan memory berkualitas. Jangan berspekulasi membeli memory murah tanpa merek, atau merek tidak dikenal. Membeli memory lebih mahal akan lebih aman.
  • Ketika membeli memory baru, sebaiknya langsung diformat. Dan periksa apakah memory dikenal oleh camera, dan tidak ada cacat.
  • Ketika akan digunakan, format memory dari camera. Hindari mendelete dari computer untuk mengkosongkan memory card dan dipasang kembali di camera.
  • Mengapa tidak mendelete file di memory bila foto tidak terpakai. Ketahui sistem penulisan memory pada camera. Camera akan mengambil 5 gambar dengan urutan 1-2-3-4-5 Bila foto ke 2 dihapus, maka foto ke 6 akan ditulis di bagian nomor 2 kembali baru dilanjutkan ke nomor 7. Kalangan profesional mematuhi teknik ini. Ketika file dihapus dari camera, membuat sistem storage disimpan secara acak. Jadi Jangan Lakukan Mendelete Foto dengan camera.
  • Jangan pernah mengisi memory card sampai penuh. Bila memory card sudah mendekati penuh, lalu pemiliknya menghapus sebagian file, ada kemungkinan terjadinya error ketika di Write (diisi sisanya). Sisakan 10-20%
  • Selesai memindahkan file foto, dan camera dipasang ke camera. Format memory card sebelum camera digunakan kembali.
  • Ketika camera dimatikan, sebaiknya tidak langsung di matikan mendadak. Biarkan foto disimpan dahulu untuk sesaat, baru camera matikan. Bila ingin dinyalakan, tunggu beberapa saat lagi dan baru camera diaktifkan.
  • Format memory card dari camera dan bukan dari computer.
  • Jangan memformat memory card dari camera A dan dipasang ke camera B, terlebih ke merek berbeda.
  • Buat yang serius dengan foto, gunakan memory card Reader berkualitas. Di sistem Card reader berkualitas memiliki controller intellgent di dalammnya.

Canon memberikan tip menjaga memory card dalam kondisi baik. Fisiknya harus dijaga, baik model SD maupun Compact Flash. Jangan sepelekan memory card dari kerusakan. Tip sederhana menjaga memory card.

Tipnya dibawah ini
Jangan menekan terlalu kuat pada memory card ketika dimasukan ke slot. Khususnya Compact Flash, karena dapat merusak pin baik di memory card maupun pin di bagian camera. Bila bermasalah, kedua perangkat mungkin tidak bisa bekerja.
Jauhkan memory card dari cairan, debu, kotoran, panas dan magnetik.

Tanda memory card error atau rusak
Disebabkan corrupt data
Gambar terlihat garis
Warna cacat pada gambar
Urutan nomor salah di pada foto yang diambil