Globular Cluster Messier 3 gugus bintang dilihat oleh Hubble setidaknya setengah juta bintang disana


Kategori : Science | Date : 13 April 2019
Messier 3 atau disingkat M3 adalah Globular Cluster.

Memiliki nama NGC 5272 adalah gugus bola yang berisi begitu banyak bintang di satu tempat.

Terletak di rasi bintang Canes Venatici, ditemukan pertama oleh Charles Messier tahun 1764.

M3 adalah gugus bola paling terang yang dapat diamati oleh teleskop.

Karena disana terdapat 500 ribu bintang berkumpul di satu tempat.

Usia M3 sekitar 8 miliar tahun, dan letaknya 33 ribu tahun cahaya dari Bumi.

Walau disebut terang, tingkat magnitude area ini sangat redup untuk dilihat dengan mata langsung. Hanya memiliki tingkat cahaya +6,2, dan hanya dapat diamati oleh teleskop ukuran menengah seperti ukuran 25 cm atau lebih besar.

Bila anda ingin mengabadikan NGC 5272 atau M3 ini dengan teleskop amatir. Maka gambar yang anda dapatkan hanya seperti dibawah ini.

Gugus bintang Messier 3 dilihat dengan teleskop amatir

Melihat gambar diatas sepertinya tidak menarik, hanya titik putih dan diartikan setiap cahaya tersebut adalah bintang.



ESA mengatakan Messier 3 sebenarnya tidak biasa. Karena disana banyak bintang tipe variabel yang berubah kecerahannya dari waktu ke waktu.
Astronom setidaknya telah melihat 274 bintang twinkler atau yang berkedip berada di area gugus Messier 3.

Di area M3 begitu padat, bila anda lihat gambar yang diabadikan dari teleskop ruang angkasa Hubble.
Ada sebagian bintang berwarna biru terang. Artinya usia bintang tersebut lebih mudah dan lebih aktif dibanding bintang lain di sebelahnya.
Tidak sampai disana, bintang bintang tersebut layaknya seperti bintang vampire.

Bintang yang lebih aktif dapat mengambil gas bintang lain yang lebih besara seperti gas hidrogen.

Membuat bintang berwarna biru yang lebih kecil seperti mendapatkan bahan bakar baru dan memanas. Lalu bintang tumbuh dan berubah dari bentuk awal, sehingga menjadi bintang berwarna biru.

Messier 3 M3 NGC 5272
Globular Cluster NGC 2108 adalah lokasi dimana banyak bintang lahir bersamaan dan berkelompok di satu tempat di sekitar galaksi kita. Tapi kelompok bintang ini berada di bagian LMC atau satelit galaksi mini. Dengan jarak 150 ribu tahun cahaya dari Bumi. Memperlihatkan bintang berwarna merah dengan bahan karbon.

Sebuah gugus bintang RCW 38 diabadikan dengan teleskop VLT oleh ESO. Tampilkan gambar terbaru dimana komplek bintang padat ini berjarak 5.500 tahun cahaya.Mengunakan pencitraan inframerah HAWK-I yang dipasng pada teleskop VLT di Chili. Instrumen tersebut dapat menangkap benda yang tidak terlihat sebelumnya. Apakah semua bintang disana masuk ketegori bintang raksasa, separuhnya tidak.



Secara umum bentuk galaksi dibagi dua, galaksi spiral dengan lengan dan galaksi elips yang terlihat bundar. Galaksi spiral, akan tampak berwarna kebiruan yang menandakan di galaksi tersebut lebih memunculkan cahaya bintang yang baru lahir.Mengapa lengan galaksi spiral lebih runcing.

Galaksi NGC 1512 terletak 38 juta tahun cahaya dari Bumi. Tapi galaksi ini unik, memiliki cincin dengan warna lebih cerah. Artinya cincin di bagian luar galaksi seperti lingkaran bintang berusia muda yang masih panas. Terlihat menyala dengan warna kebiruan.

Bintang HIP68468 memiliki usia 6 miliar tahun, dan jaraknya 300 tahun cahaya dari Bumi. Praktis bintang ini seperti kembaran matahari. Tapi bintang ini telah memakan planet yang ada di dekatnya, setidaknya 1 atau bahkan 2 planet yang mengorbit sangat dekat ke bintang.

Kelas bintang KSw adalah salah satu bintang langka yang ditemukan di galaksi kita. Bintang ini memiliki putarn sangat cepat, memancarkan radiasi X-Ray, dan ukurannya bongsor. Mengapa bintang kelas KSw membentuk seperti ini. Salah satu penyebab dari gaya tarik gravitasi 2 bintang yang bergabung.

Beatriz Villarroel mencari sebuah bintang dari data USNO-B1.0 yang mendadak hilang. Lenyap dari 290.000 sumber bintang yang diteliti dan menghilang begitu saja tanpa jejak. Mengapa yang satu ini menghilang. Sampai Beatriz mengatakan jangan jangan ini ulah alien



Gabungan galaksi dengan galaksi lain, umumnya membentuk galaksi bundar atau elips. Tapi yang ini tetap bertahan dengan bentuk spiral. Membentuk cahaya lebih cerah dibanding galaksi lain. Mengapa galaksi yang bertabrakan bisa bertahan dengan bentuk lama.




No popular articles found.