ISS lewat di depan bulan dari Ken menunggu 8 tahun untuk diabadikan


Digital | 28 March 2019

Astronom amatir mendapatkan foto langka ketika stasiun ruang angkasa lewat di depan bulan.

Ken Lawson mengatakan butuh 8 tahun untuk mendapatkan foto. Dan tidak main main, dia berhasil mengabadikan foto super langka dan unik.

Mendapatkan stasiun ruang angkasa ISS lewat di depan bulan tidak terjadi setiap hari, dan setiap waktu.
Tapi dapat diperhitungkan, kapan, dimana dan waktu yang tepat. Walau perhitungan sangat tepat, waktunya bisa saja berbeda. Bisa hitungan bulan atau tahun pada satu lokasi tertentu.
Beberapa fotografer bahkan mengejar lokasi yang tepat, menunggu dan mendapatkan gambar. Tapi tidak semua orang berhasil, lagi lagi kondisi cuaca, bila mendung walau sudah berada di lokasi yang tepat. Momen akan hilang, dan menunggu kembali.

Ken dari Australia rajin mengabadikan foto antarkisa sejak kecil. Dia tertarik dengan astronomi setelah melihat gambar Saturnus yang bergetar ketika di abadikan. Sejak itulah dia tertarik dengan astrofotografi.

Tapi foto 14 Maret 2019 kemarin yang berbeda.

Dia berhasil mengabadikan stasiun ISS yang sangat kecil dengan perbandingan ukuran bulan. Tepat melintas di depan bulan.

Dia melakukan perjalanan selama 5 menit dari rumahnya untuk mendapatkan posisi sudut yang tepat. Walau dia menunggu selama 8 tahun, cita citanya tercapai.

ISS sebuah stasiun ruang angkasa memiliki ukuran 100 x 72 meter. Tapi mengorbit bumi di ketinggian 300-435 km diatas bumi.
Masalahnya ISS memiliki kecepatan 26.600 km perjam, dan membuat sulit di foto.

Ketika melintas di lebar bidang cahaya bulan, rata rata waktunya hanya 0,3 detik saja. Setelah itu gambar stasiun ISS akan hilang.


Dia mengunakan camera Canon 5D Mark IV, lengkap dengan satu teleskop manual 8 inci seharga $500.

Hasil akurasi foto yang dibuat dibawah ini.

Foto ISS lewat di depan bulan

Foto ISS lewat di depan bulan Google+

Waktu ISS lewat setiap bulan berdasarkan area.

Bila tertarik melakukan perhitungan lokasi dapat di perkirakan dari ISS Transit Finder

Berita terkait
Ini bukan foto dari badan antariksa Nasa, Eso dan badan astronomi internasional. Hanya seorang fotografer yang suka mengabadikan tentang astronomi. Andrew McCarthy mengabadikan aktivitas matahari di belakang rumahnya saja. Bentuk gas plasma yang keluar dari matahari dengan ukuran lebih besar dari planet Jupiter.

Foto robot Curiosity berada di planet Mars. Diabadikan dari ketinggian 400km oleh pesawat MRO. Lokasi robot terlihat seperti titik biru dari pantulan panel surya. Video ini adalah foto asli di permukaan planet Mars. Diambil oleh pesawat ruang angkasa mengunakan camera HiRise.



Seorang astrofotografer Phil Hart berada disana,untuk video timelapse The Moon in Motion. Dia membawa peralatan camera seberat 180kg. Termasuk mounting teleskop dan teleskopnya sendiri. Karena targetnya mengabadikan gerhana tersebut hanya berlangsung dalam hitungan jam. Dia menempatkan peralatan di 2 tempat kota aIdaho dan Whyoming.Video yang dibuat benar benar beda, sudah setingkat astronomi dari Nasa

Seringkali kita menelusuri foto Instagram dari fotografer lain, dan bertanya-tanya, "Bagaimana mereka bisa mengambil gambar itu?". Foto yang tampak menggunakan sangat sedikit pencahayaan (strobo) buatan, dan jarang menggunakan pengubah pencahayaan dari tampilannya. Tekniknya sangat sederhana, tapi apakah anda berpikir seperti dia.

Fotografer Morten Rustad membuat video timelapse dan resolusinya mencapai 8K. Gambar yang sangat tajam tentang video pemandangan alam dengan Amerika Selatan. Tujuannya liburan setahun untuk video timelapse. Setidaknya film yang dibuat meliputi 7 negara. Paling menakjubkan bentuk galaksi yang seharusnya terlihat diatas kita.Sayang dia belum mampir ke Indonesia.

Salah satu target membuat foto ini untuk melihat garis galaksi yang selalu muncul diatas bumi. Camera andalannya adalah Canon 7D mkII, mengunakan adaptor dengan lensa Nikon 1000mm. Satu lagi video indah tentang astronomi. Siang hari di Hawai bisa melihat bintang.

Wire Hon kolektor mainan dari Malaysia memiliki hobi fotografi. Dia membuat foto mainannya dengan keluarganya, hasilnya sangat lucu dan tidak terbayang oleh kita sendiri. Berfoto dengan bintang super hero bukan mimpi.Dengan modal sederhana komposisi foto yang tepat.



Seperti apa langit diatas kita, bila tidak ada cahaya. Di update video dari IDA. Pulau di Selandia baru menjadi pulau pertama yang ditunjuk sebagai tempat perlindungan dari langit gelap. Great Barrier Island (Aotea) 90km dari kota Auckland.

Chad Cowan fotografer dari Kansas melakukan perjalanan sepanjang 156 ribu km. Melintas di Amerika Serikat dan dia mengejar badai dasyat ketika munculnya supercell. Rekaman dibuat dengan resolusi tinggi sampai 4K.

Video ini memperlihatkan seperti apa rotasi bumi terhadap rotasi ke galaksi Bima Sakti dan bintang. video diambil selama 8 jam atau malam hari. Seperti kita memandang ke arah bintang, sedangkan rotasi bumi yang bergerak. Star Tracking digunakan oleh astrofotgrafi untuk membuat foto ruang angkasa

Foto Bumi begitu kecil di belakang bulan ini dibuat dari pesawat ruang angkasa Kaguya ketika mengorbit bulan September 2007 sampai Juni 2009. Pesawat Kaguya dimiliki badan antariksa Jepang JAXA tapi resolusi yang dibuat mencapai 2.2Mpix HDTV

Fotografer ini mendapatkan gambar sempurna di daerah Isle. Chad Powell umur 25 tahun ini sudah kelas kakap sebagai disainer dan fotografer astronomi. Awalnya banyak yang menanyakan apakah ada hasil cetakan, atau bisa dibeli. Sekarang dia memiliki postcard khusus dari hasil karya fotonya

Stasiun ruang angkasa internasional atau ISS sering diburu oleh fotografer astronomi. Karena membutuhkan perhitungan waktu yang tepat, karena tidak setiap waktu lewat dan dapat terlihat. Stasiun ISS dapat terlihat pada sore atau menjelang pagi, dengan lintasan antara 3-5 menit. Bagaimana mengabadikan stasiun ISS tepat di depan bulan atau matahari. Ada layanan untuk memperhitungkan kapan ISS lewat.

Sudah melihat stasiun ISS melintas di depan Bulan, atau melintas di depan Matahari. Yang ini tepat berada di depan planet Saturnus. Tentu stasiun ruang angkasa tersebut sudah biasa melintas di depan sebuah objek. Tapi bagaimana menghitung posisi lintasan ISS.




No popular articles found.
< /body>