Teknologi kecepatan SSD WD LLF Nand latency rendah WD vs Intel Optane vs Z-NAND


Kategori : Technology | Date : 14 March 2019

Harga SSD semakin murah, memudahkan penguna memilih storage antara SSD atau harddisk.

Tapi di balik teknologi SSD masih ada disain storage lain berbasis chip NAND.
NVMe memerlukan slot di computer, meningkatkan kinerja storage mencapai 1GB/s

Di kelas high end, untuk sementara 2 nama yaitu Intel Optane dan Samsung Z-NAND. Kedepan WD dengan WD LLF.

NAND Flash untuk storage kecepatan tinggi tidak lagi mengunakan jalur SATA seperti harddisk. Jalur tersebut terbatas untuk mencapai speed 500MB/s.
Jalur lain yang sangat cepat adalah PCIe slot, karena sebuah computer hanya menyediakan slot tersebut selain jalur lain seperti USB.

Jalur PCIe di slot computer dapat memberiekan akses lalu lintas data / IO

PCIe 3.0 yang dikembangkan sejak 2010. Dengan slot PCIe 4X menyediakan kecepatan 3.94GB/s. Dalam praktek, slot tersebut sudah tersedia di semua motherboard.
PCIe 4.0 tahun 2017, dapat mencapai 7.88GB/s (sementara tidak ada chipset yang mendukung)
PCIe 5.0 tahun 2019, akan meningkat 2x lebih  cepat 15.78GB/s.


slot PCIe 1x 4X 8X 16X




Intel Optane
Intel mengunakan teknologi yang disebut Intel Optane. Kemampuan memory kecepatan tinggi, dengan latensi rendah. Membuat kecepatan tranfer SSD sangat cepat.
Meninggalkan kecepatan M.2 SSD mengunakan jalur PCIe slot di computer.
Intel Optane memisahkan diri dengan pengembangan produsen chip Micron. Dan Intel saja membawa nama Optane.

Samsung mengunakan Z-NAND
Dengan disain untuk menurunkan latenci atau kelambatan respon NAND Chip menjadi lebih cepat.
Z-NAND generasi ke 2 telah diumumkan Oktober 2018. Dengan respon 20ms, 5x lebih responsif dibanding NVMe SSD.
Samsung Z-NAND dikemas dalam card PCIe, dirancang untuk menangani Input Output intensif.

Samsung SZ985 Z-NAND 800GB, dapat menangani data selama 5 tahun dengan 30x penulis.
Kecepatan tranfer kapasitas 800GB mencapai 3.4 / 3GB/s dan IOPS 750K / 170K.


Samsung Z-NAND PCIe SSD


Western Digital LLF
WD mengungkap sedang merancangkan NAND Flash seperti Samsung dan Intel. Bahkan akan menjadi pesaing di kelas kecepatan memory tinggi.

Selama semintar Storage Field Day pada bulan Maret 2019. WD meluncurkan NAND latensi rendah terbaru.

Dan digambarkan dalam grafik, kecepatan antara tranfer rate dari DRAM memory computer dan chip NAND 3D. Akses ke memory hanya memiliki rendang mikrodetik, dengan tipe LLF terbaru.
Memory LLF awalnya dirancang untuk storage Workstation kelas ata.

Karena harganya mencapai 10x lebih murah dibanding chip DRAM. Tetapi masih lebih mahal dibanding chip NAND Flash saat ini.

WD mengatakan mengunakan chip generasi BICs4. Tidak dijelaskan kapan chip tersebut tampil dan dipasarkan.

kecepatan latency WD LLF

Berita terkait
Samsung kembangkan HBM2E dengan nama Flashbolt. 33% lebih cepat dari teknologi HBM2. Menjadi solusi baru di teknologi VRAM. Kecepatan 50% lebih tinggi dari HBM2 untuk VGA. Hynix menyiapkan HBM2E

Setelah teknologi chip 3D Nand atau dikenal dengan TriCell TLC. Kapasitas chip storage dapat ditingkatkan dengan ukuran keping yang sama. Samsung siap memproduksi masal Chip SSD generasi ke 6 256GB 3 bit vertikal NAND memory. Membuat industri akan bersaing memangkas harga.



Samsung telah memproduksi masal modem 5G. Seri Exynos 5100 sebagai chip utama, Exynos RF 5500 dan Exynos SM5800 sebagai chip pendamping. Ke 3 chip telah digunakan oleh Galaxy S10 5G yang dipasarkan pertama di Korea. Chip baru 5G juga mendukung jaringan lama dari 4G LTE sampai 2G.

Samsung resmi mengumumkan teknologi 12GB LPDDR4X (bukan LPDDR4 biasa), sementara akan diproduksi dalam jumlah sedikit. Samsung mengatakan disain smartphone dengan 8 atau 12GB sudah menjadi standar di smartphone high end. Samsung LPDDR4X dibuat dengan teknolopgi 10nm, disebut 1y, dan selanjutnya dinamai 1x.

Camera SPi X27 ColorVision dapat melihat di malam hari. Benar benar gelap, dengan kemampuan senosr 10MP. Kemampuan ISO camera setara 5 juta, bandingkan dengan produk Canon ME20F-SH yang mencapai ISO 4 juta. Teknologi camera SPi X27 ColorVision dapat merekam gambar sampai FHD 1920x1080pixel dengan kecepatan 60fps.

Perbedaan procesor PC vs procesor smartphone. Keduanya berbeda, khusus dalam tugas menangani pekerjaan dan kebutuhan. Satu dirancang untuk hemat power, yang lain untuk kalkulasi sangat komplek. Mungkin suatu hari kemampuan CPU desktop PC akan dicapai procesor smartphone.

Senior eksekutif Microsoft mengatakan notebook Windows 10 mendatang akan mengunakan proceor Qualcomm Snapdragon. Dengan jaringan LTE, notebook dapat menayangkan video Netflox selama 28 jam.



CFA Compact Flash Association mengumumkan pengembangan memory card performa tinggi. CFexpress akan dikembangkan dengan kecepatan tranfer sampai 8GB/s. Sementara (2016) memory card tipe Compact Flash dimiliki Lexar 3600x dengan kecepatan tranfer seperti harddisk 540MB/s

Catatan astronomi kuno ternyata sudah melihat supernova. Seperti catatan SN 185 dari astronomi China, SN 1054 sebagai catatan nebula kepiting dan SN 1006 ketika sebuah bintang sangat terang terjadi. Catatan filsafat tersebut menyebutkan, sebagian besar di utara, kadang di selatan. Bentuk bintang bintang muncul dan bersinar selama hampir 3 bulan, lalu perlahan redup dan menghilang.




No popular articles found.