Foto astrofotografi modal di belakang rumah Rich Addis


Digital | 11 March 2019

Rich Addis 34 tahun, dia kerjanya di bidang computer. Tapi ada hobi sampingan sebagai pengamat antariksa. Profesinya astrofotografi.

Kalau ditanya peralatannya, bukan yang canggih.

Sebuah teleskop dibeli bekas, seharga 450 pound. Kata Rich, menjadi seorang astrofotografi hanya mengambil gambar dengan perangkat seadanya, tidak perlu perangkat yang mahal.

Rich mengatakan kalau ada target, dia nongkrong menjelang malam dan tahu kemampuan perangkat yang dimiliki.

Satu gambar ini diabadikan di  belakang rumah. Planet Jupiter, lengkap dengan spot merah.
Di sisi kiri bawah terdapat sebuah bulan dari planet Jupiter.

gambar jupiter dengan teleskop

Yang ini planet Saturnus lengkap dengan cincin

Foto planet Saturnus dengan teleskop

RIch mengunakan teleskop dengan sistem computer. Jadi teleskop dapat mengikuti gerakan putaran sumbu bumi.
Camera dipasang ke adaptor teleskop untuk membuat gambar. Membuat kemampuan dengan lensa teleskop yang kuat katanya.



Foto galaksi Whirlpool dibawah ini jauhnya 23 juta tahun cahaya. Dapat diabadikan di belakang rumah.

Galaksi Whirlpool dengan teleskop

Foto bulan dengan teleskop. Tekniknya tidak satu jepretan. Tapi dilakukan dengan teknik stacking.

Membuat bentuk bulan begitu detil, sampai bagian bopeng akibat tabrakan dengan meteor terlihat.

Gambar foto bulan dengan teleskop dan foto stacking

Rich di Instagram mengatakan teknik fotografi atau astrofotografi sudah biasa mengunakan multi gambar dan stacking.
Sebuah objek dapat diabadikan puluhan bahkan ratusan gambar untuk mendapatkan cahaya lebih baik. Atau disebut long exposure.
Dari foto yang diabadikan, nantinya di proses kembali dengan software tertentu untuk digabung. Agar cahaya yang lemah dari satu foto dapat terkumpul dari beberapa foto dan terbentuk sebuah gambar yang jelas.

Apa benar foto astronomi dapat diabadikan di belakang rumah saja. Sudah dibuktikan bisa, bahkan dengan alat camera standar, seperti membuat foto galaksi diatas langit. Tertarik lihat lengkap tentang foto galaksi Bima Sakti di atas Jakarta (Periode Maret - Agustus)

Beberaoa contoh foto astronomi di belakang rumah Google Photo

Software untuk foto stacking - Sequator dan DSS - DeepSky Stacker

Berita terkait
Foto pesawat jet tempur Super Hornet F18 NAVY melintas tepat di depan bulan. Neiss juga mendapatkan candaan, ah ini fotoshop lagi. Dia berhasil mengabadikan pesawat yang sedang melintas begitu cepat dan tepat diabadikan di depan bulan. HItungan untuk menekan tombol camera hanya membutuhkan waktu sepersekian detik, bila terlambat maka lenyap momen yang satu ini.

Gunung di kepulauan Canary, tepatnya di gunung Teide. Menjadi tempat fotografer ini mengabadikan bulan jatuh. Posisi si fotografer mencari lokasi yang tepat. Dimana beberapa orang sedang berada di sebuah puncak gunung. Ketika bulan purnama pada 30 Mei, fotografer Daniel Lopez mengabadikan posisi bulan purnam.



Bagaimana merubah foto lama klise film negatif menjadi file foto digital. Mungkin ada yang tertarik menyimpan foto lama dari film negatif. Dengan mudah dapat dirubah menjadi foto positif mengunakan software. Dengan memanfaatkan camera, memindahkan foto negatif ke software dan dirubah menjadi foto positif yang dapat kita lihat.

Nebula Orion yang berjarak 1344 tahun cahaya dan membentang 12 tahun cahaya. Dapat diabadikan untuk di foto dari Jakarta, ketika langit cerah. Benda ruang angkasa paling mudah di foto. Nasa membuat gambar 3D Ultra HD, menarik melihat Nebula Orion dari dekat

Fotografer dari Australia membuat foto galaksi Bima Sakti di kota Sydney. Tepatnya berada di gedung Opera House. Bagaimana dia membuat foto galaksi Bima Sakti di kota yang sangat terang. Modalnya memang kuat dengan camera Fujifilm GFX50

Satu video timelapse ini memperlihatkan bunga yang sedang mengembang. Pembuatnya hanya membutuhkan pencahayaan lampu dan ditutup dengan kain agar cahaya tidak berubah. Video dengan durasi 3 menit memperlihatkan bunga secara perlahan membuka dibuat oleh Majo Chudy.




No popular articles found.