Network Connections Android monitor aplikasi mengunakan internet bahkan bekerja background


Software | 26 February 2019

Aplikasi Android umum membutuhkan koneksi internet. Untuk memberi data, mendownload update, lokasi, dan lainnya.

Aplikasi media sosial membutuhkan koneksi internet. Layanan media sosial akan mencatat penguna, termasuk memanfaatkan data yang mereka butuhkan.
Sama seperti aplikasi Chatting,  semua yang terhubung ke internet.

Beberapa aplikasi sederhana seperti QuickPic untuk membuka file gambar atau foto. Terhubung ke sebuah server yang ada di jaringan Alibaba.
Demikian juga aplikasi All In One Toolbox yang paling banyak digunakan untuk aplikasi cleaner storage, dan optimalisasi smartphone. Walau aplikasi dapat bekerja tanpa koneksi internet, di dalam aplikasi memiliki fungsi untuk terhubung ke internet.

Sudah biasa aplikasi dibuat agar tetap terkoneksi ke internet, walau aplikasi Android yang kita kira hanya bekerja sebagai aplikasi offline seperti game, tool, astronomi, foto, video. Bila dibutuhkan, aplikasi akan mengambil dan mengirim data ke server mereka. Baik untuk tayangan iklan sebagai upah pekerjaan mereka, mengambil data lokasi dari pemakai dan hal lainnya.

Sebagian besar aplikasi sangat baik, dan tidak berbahaya. Walau ada juga yang mengunakan data terlalu banyak menurut kita, asalkan aplikasi yang kita install masih dalam batas wajar.

Google dari Sistem Android, pasti terhubung ke internet. Seperti untuk download aplikasi, bukan hanya file aplikasi yang di download.
Google memerlukan data, dari perangkat apa yang mendownload, berapa kali, dimana yang mendownload dan lainnya.
Karena Google adalah pembuat Android membutuhkan data penguna.

Whatsapp juga demikian, harus terhubung ke internet. Dan layanan Facebook untuk kebutuhan informasi yang mereka butuhkan, dari lokasi, tempat foto, serta si pengirim.

Bagaimana kita mengetahui kemana data yang dikirim oleh aplikasi. Berapa besar data yang dikirim. Apakah aplikasi aktif mengunakan internet, atau terlalu aktif mengunakan paket data kita. Yang ini dapat merugikan kita sebagai penguna smartphone.



Di computer sangat mudah memblok IP yang terhubung dari software. Dapat di blok melalui HOST file, dengan mudah diketahui kemana saja software menghubungi server mereka. Tapi di smartphone tidak semudah computer.

Aplikasi Network Connections dapat mengetahui sebuah aplikasi yang bekerja, berapa banyak paket data yang dipakai, baik data masuk dan keluar dan kemana aplikasi terhubung.

Tapi bukan itu saja fungsi aplikasi Network Connections Android. Sebelumnya kita harus mengetahui cara setting Network Connections.

Aplikasi Network Connections dapat di download dari Play Store

Setelah di Install, seperti gambar dibawah ini adalah bagian setting.

Apa saja yang kita ingin ketahui, dan perlu di monitor serta aktivitasnya perlu dicatat.
Misal kita tidak perlu tahu Sistem Android (Android System) memang harus terhubung ke internet. Dan di abaikan dengan meng-Tick bagian tersebut. Karena tidak ada kepentingan kita mengetahui kemana saja sistem Android terhubung ke internet.

Bagian penting Alert.
Bila ada aplikasi yang bersembunyi, kebetulan kita tidak tahu. Aplikasi Network Connections dapat memberikan notifikasi atau pemberitahuan.
Khususnya bagi mereka yang suka jorok mendownload aplikasi di luar Play Store. Bisa saja aplikasi sudah disusup oleh aplikasi lain dengan tujuan tertentu.

Clear Database
Dimanfaatkan untuk membersihkan catatan yang sudah dibuat oleh aplikasi Network Connections.
Misalnya kita ingin mengetahui lebih lanjut, dan membersihkan data yang sudah dicatat. Lalu mengulangi proses menditeksi aplikasi yang terhubung ke internet.

Start Live Capture.
Network Connections akan mulai mencatat setiap aplikasi yang terhubung ke internet. Baik yang background / idle (kelihatannya idle), atau yang sedang bekerja.
Setelah aplikasi aktif, maka akan tampil beberapa aplikasi yang aktif dan dapat terlihat sedang terhubung ke internet secara realtime

Aplikasi Android Network Connection

Dibawah ini aplikasi All in One Toolbox, aplikasi untuk membersihkan storage, mengoptimalkan sistem Android smartphone.
Walau disebut tool Android, aplikasi terhubung ke 2 server. Satu ke Facebook dan satu lagi ke Amazon Datacenter.



Dari aplikasi informasi aplikasi Network Connections, tidak ada keterangan bila aplikasi tool ini berbahaya.
Seperti mengambil data pribadi penguna.
Hanya melaporkan aplikasi All in One Toolbox terhubung ke sebuah server Amazon, yang berlokasi di Singapura.

Aplikasi tool terhubung ke server internet

Beberapa aplikasi lain yang favorit dapat diketahui kemana aplikasi terhubung ke internet.

Whatsapp, terhubung ke server Facebook. Karena Facebook sudah memiliki Whatsapp, dan Whatsapp menjadi bagian Facebook.
Youtube, terhubung ke salah satu server milik Google. Karena Youtube dimiliki Google, tentu server yang terhubung akan dinamai Google LLC.
Gojek, dengan layanan di Indonesia. Juga menghubungi satu server milik Facebook. Karena Gojek dapat login dengan account Facebook. Untiknya aplikasi Gojek tidak terhubung ke server yang berlokasi di Indonesia. Mungkin Gojek membutuhkan kecepatan, dimana server harus ditempatkan ke sebuah data center besar.

Dari 3 aplikasi terlihat aman saja.

Memeriksa aplikasi Android terhubung ke server internet

MyIM3 aplikasi provider telekomunikasi Indonesia
Mengunakan 4 server, dan tidak ada yang berada di Indonesia
Melainkan mengunakan layanan server Amazon datacenter
Untuknya 2 server masuk daftar Abuse RBL. Tidak jelas mengapa aplikasi MyIM3 menghubung ke server yang dicurigai.

Aplikasi di curigai mengambil data

Fungsi utama Network Connections.
Setelah kita mengaktifkan Network Connections mencatat semua data keluar masuk dari internet.
Aplikasi akan mencatat berapa KB, MB yang digunakan. Misal kita mengaktifkan selama 5 jam 10 jam bahkan selama 24 jam.
Atau mulai mencatat ketika malam hari sementara smartphone aktif, dan pagi hari kita dapat mengetahui berapa banyak aplikasi menghabiskan paket data internet.

Cara mengetahui aplikasi mengunakan internet

Karena kita tidak dapat mengetahui secara langsung, seperti aplikasi yang bekerja secara background, atau hidden tersembunyi tapi aplikasi diam diam bekerja.
Sementara setiap pagi kuota internet mendadak sudah banyak terpotong.
Bahkan aplikasi sudah di Force Close, ditutup untuk tidak bekerja ternyata masih saja aktif.

Mungkin ada satu aplikasi yang menghabiskan paket data sangat besar, sementara kita tidak tahu aplikasi yang mana yang mengunakan internet sangat besar.
Dapat dilihat dari jumlah pemakaian data koneksi dari aplikasi.

Kinerja aplikasi Network Connections Android seperti dibawah ini



Dari setting Android, dengan menu Setting - Apps. Dapat dilihat aplikasi yang bekerja Running. Tetapi laporan pemakaian koneksi data internet dibuat total ketika smartphone mulai aktif.

Network Connections. Dapat memeriksa aplikasi kapan saja. Misal kita ingin memeriksa ada aplikasi yang aneh dan aktif terhubung ke internet selama 1 jam. Dengan mengaktifkan Start Live Capture. Maka aplikasi mulai mencatat, dan kapan saja kita dapat memeriksa paket data yang masuk dan keluar.
Cukup melihat bagian Current Connection, setiap aplikasi yang masih aktif walau anda hanya menaktifkan layar smartphone. Dapat ditampilkan oleh Network Connections secara langsung.
Bila terdapat satu aplikasi yang muncul, dan terlihat terus ada di daftar  Current Connection, dan jumlah koneksi data internet terus meningkat. Patut dicurigai aplikasi tersebut menghabiskan koneksi internet.

Connection Log dapat memberikan kapan aplikasi terakhir aktif, serta durasi aplikasi bekerja.

Aplikasi Network Connections memang sederhana. Tetapi fungsi untuk membantu mengetahui apakah ada aplikasi di smartphone yang cukup agresif bekerja, termasuk mengunakan koneksi internet. Itu salah.
Dan aplikasi dapat terus memonitor.

Berita terkait
Membuat video itu mudah. Magix Vegas Pro 17 rilis November 2019 sebuah aplikasi edit video sampai musik, versi terbaru 17 untuk OS 64bit. Mendukung rendering video HEVC sampai 4K, XAVC, HD  video. Memiliki fitur video color grading yang sangat sederhana, membuat tampilan video layak seperti cinema. Dan masih banyak lagi teknologi di Vegas Pro

Photoshop Camera aplikasi camera Android dengan kecerdasan buatan. Menampilkan otomatis filter ketika foto akan diabadikan. Atau membuat efek blur di latar belakang. Adobe masih menguji disain AI di aplikasi Photoshop Camera



Microsoft merilis security patch untuk Windows 7 dan Windows 8. Juli 2019, Windows 7 yang mendapat patch ternyata mengaktifkan kembali Telemetry. Mengapa Microsoft memasukan telemetry bagi computer berbasis Windows 7. Beberapa software dapat menonaktifkan Windows Telemetry

Mengirim file ke smartphone lain akhirnya mendapakan solusi. Setelah Google menyiapkan aplikasi Google Files. Oppo Vivo dan Xiaomi bekerja sama membuat aplikasi tranfer file langsung dari smartphone ke smartphone Android.

13 Agustus 2019, Potensi terinfeksi Wormable, penyerang dapat merubah file seperti melihat, menganti, menghapus dan merubah akun user. Target kelemahan ada di Remote Desktop Service via RDP

Face App aplikais membuat wajah lebih cantik tampan atau keren, merubah gaya rambut boleh dibilang keren. Juli 2019 ada kabar aplikasi tersebut mengambil biometrik wajah penguna, atau mengambil data foto penguna ke server mereka. Kenali dahulu bagaimana sistem aplikasi FaceApp ini bekerja. Karena prosesnya memang tidak dilakukan di smartphone, melainkan di server FaceApp.

Android Fast Share aplikasi Android memberikan kemudahaan berbagi file tanpa jaringan / network. Seperti fitur pesaing iPhone dengan app AirDrop. Mengunakan jaringan Bluetooth atau WIFI DIrect diaktifkan pada smartphone. Mengirim file atau koneksi 2 smartphone langsung tanpa dibantu perangkat lain. Google berencana membuat fitut tersebut di Android, tampil Screenshot aplikasi Fast Share



Power Schedule untuk mengatur otomatis dengan waktu harian dan mingguan. Menonaktifkan Data, WIFI, telepon secara otomatis sesuai waktu yang kita inginkan. Otomatis Reboot dan shutdown smartphone. Dapat membantu menghemat baterai smartpone, dan pemakaian kuota internet yang tidak penting.

Bila smartphone terinstall Antivurus. Ada baiknya mengunakan versi pengembang besar, walau versi Free. Karena banyak aplikasi yang terdaftar di Google Play Store, tidak memiliki kinerja yang baik untuk menditeksi Malware. Bahkan ada yang tidak bekerja sama sekali alias aplikasi bodong.

Jika Anda menggunakan PC atau laptop Windows 10 untuk bermain game, maka tergantung pada game yang anda mainkan kinerja grafik dan mouse mungkin agak menurun minggu ini. Jika demikian, Microsoft yang harus disalahkan. Update membuat performa mouse dan tampilan grafik menurun. Microsoft minta tidak di install bila memiliki masalah

Microsoft terlihat akan menyatukan penguna PC dengan Xbox. Salah satu permaina yang dapat di install di OS Windows ternyata di download dari server Xbox. Dan user diminta menginstall driver lawas, bukan mengunakan versi DX terbaru di Windows 10. Apakah ini langkah baru Microsoft menyatukan PC dan Xbox, bagaimana dengan PlayStation.

Facebook luncurkan aplikasi rekreasi, video pendek, seperti aplikasi TikTok. Aplikasi Lasso pertama dikembangkan Oktober 2018. Apa aplikasi Lasso. Penguna dapat merekam dan melakukan lipsync musik. Seperti aplikasi Tik Tok. Penguna juga dapat merekam video pendek seperti Vines.

Google Maps satelit update foto kota dari foto satelit 2019. Sharing Location Google Maps lebih mudah untuk Sharing Trip Progress.bekerja di semua layanan chatting di Android. Peta Globe bola dunia dengan arus angin Agustus 2018. Berbagi lokasi realtime, di Google Earth Update 2019

Cara download peta Google Maps resolusi tinggi. Tidak perlu digabung dengan mendownload potongan gambar peta. Dan software yang melakukan. SAS Planet dapat mengambil peta dan mengabungkan potongan peta baik foto satelit, jalan dan layanan peta lain. Untuk menghasilkan foto resolusi tinggi tanpa perlu di download ulang



Cara membatasi pemakaian kuota internet. Agar tidak melewati batas kuota, dan otomatis network / koneksi ke internet di nonaktifkan otomatis. Fungsinya agar smartphone dapat menentukan kapan batas kuota internet habis, dan smartphone memutuskan koneksi paket data.

Setting Android 4G LTE , 3G atau 2G. Dapat mempercepat internet di smartphone dengan 4G LTE bila berada di area 4G.Fitur. Fitur lain mematikan layanan sinyal radio smartphone Android bila tidak terpakai.

Memeriksa malware dari layanan Google dengan Google Play Protect dapat diaktifkan dari smartphone. Sekarang dapat diperiksa apakah ada aplikasi berbahaya di smartphone. Cara setting Google Play Protect.

Gfycat Loops: GIF Cam+Recorder aplikasi Android dapat merekam video dan nantinya akan dibuat menjadi file Gif. Video yang direkam akan dipotong menjadi beberapa bagian, dan hasil akhirnya format gambar animasi yang bergerak

Google Now Launcher adalah Launcher buatan Google sendiri. Membuat tampilan smartphone bersih dan sederhana. Berbeda dengan disain depan smartphone, harus memilih aplikasi dengan mengeser menu ke kiri dan ke kanan. Google Now Launcher mengunakan scroll dari atas ke bawah, seperti memilih menu aplikasi di browse




No popular articles found.