Cluster galaksi El Gordo 2 gugus galaksi yang saling bertabrakan


Science | 16 February 2019

Foto galaksi cluster galaksi ACT-CLJ0101-4915 yang disebut El Gordo, atau The Fat atau Gemuk.

Area tersebut menjadi cluster galaksi terbesar yang pernah terlihat. Terbentuk dari beberapa sub cluster galaksi yang saling bertemu.

Dihitung pertama kali pada tahun 2014. Dengan pencitraan X-Ray, area ini menjadi gugus galaksi yang terbesar. Juga menjadi area yang terpanas, dan paling terang.

Gugus galaksi di wilayah ini awalnya saling terikat dengan gravitasi antar galaksi.

Tahun 2012 mulai di teliti, area El Gordo terdiri dari dua cluster yang dahulunya terpisah. Gugus galaksi tersebut bergerak dengan kecepataan jutaan km perjam dan bertabrakan.

Tidak seperti tabrakan antara 2 galaksi. Kedua kelompok galaksi saling mendekat dan menyatu terlihat seperti satu gugus galaksi baru.

Letak El Gordo berada 4 miliar tahun cahaya dari Bumi.
Pengamatan gambar dari teleskop Hubble, teleskop VLT dan teleskop ruang angkasa Chandra X-Ray.
Cluster El Gordo terbentuk sekitar lebih dari 1 miliar tahun, dari beberapa grup galaksi.

Hubble kembali mengabadikan area El Gordo di tahun 2014. Di sebagian wilayah tersebut disembunyikan dari materi gelap atau Dark Matter.
Sebagian materi lain adalah gas yang panas, dimana kelompok galaksi saling bertabrakan terlihat membentuk cahaya radiasi berwarna biru.

Cluster galaksi El Gordo 2 gugus galaksi yang saling bertabrakan



Galaksi SPT0615-JD
Sebuah galaksi SPT0615-JD sebenarnya berada sangat jauh dari galaksi yang ada di depannya dengan cahaya berwarna kuning.
Terlihat bentuk galaksi SPT0615-JD seperti direnggangkan oleh lensa gravitasi sehingga gambarnya memanjang dan dapat terlihat oleh teleskop di Bumi.
Temuan galaksi SPT0615-JD juga berada di sekitar gugus galaksi El Gordo.

Pergeseran cahaya galaksi yang menjadi berwarna merah ini yang dikenal dengan Red Shift. Mencapai pergeseran z-10 kata Nasa

Gambar galaksi SPT0615-JD adalah sebuah galaksi yang usianya baru 500 juta tahun setelah terbentuk alam semesta atau terjadinya Big Bang. Atau perhitungan kebalikannya, bila usia alam semesta saat sudah mencapai 13 miliar tahun. Artinya gambar tertangkap tersebut mencapai jarak 12,5 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Mereka terlihat seperti titik merah, dan pada dasarnya galaksi di awal alam semesta masih memiliki ukuran lebih kecil.

alaksi SPT0615-JD

Berita terkait
Di tahun 1987 astronom mendapatkan cahaya di sebuah galaksi kerdil. Yang dinamai nebula 1987A berbentuk cincin, menjadi jejak bintang meledak dan mati. Tetapi ada pertanyaan, dimana sisa bintang tersebut, mengapa tidak terlihat. 30 tahun berlalu peneliti dapat menganalisa, mungkin bintang neutron tidak dapat diamati karena tertutup debu yang tebal. Dan sekarang lokasinya dapat diperkirakan.

Satu kluster galaksi berisikan beberapa galaksi yang saling berkelompok dan berkumpul. Tidak seperti pengabungan 2 galaksi yang disebut galaksi bertabarakan. Di Abell 1758 menjadi tempat terbesar pengabungan dari 4 kluster galaksi. Dari beberapa kluster galaksi yang berisi puluhan bahkan ratusan galaksi, akhirnya menjadi satu kelompok baru. Penggabungan dari empat kluster galaksi di Abell 1758 telah diamati oleh Chandra dan teleskop lainnya.



Proses daur ulang di alam semesta hal biasa. Galaksi Bima Sakti menelan gas dan melontarkan kembali ke ruang angkasa. Tapi gas yang keluar akan masuk kembali ke dalam galaksi. Membentuk gas sebagai bahan bakar bintang baru. Uniknya, yang masuk lebih banyak dari yang dimuntahkan. Dari mana gas tersebut bertambah.

Messier 28 atau NGC 6626 adalah nama dari Globular Cluster. Ditemukan oleh Charles Messier tahun 1764, tetapi ketika ditemukan benda yang dilihat tersebut dianggap kumpulan debu dan gas. Dengan teknologi teleskop ruang angkasa bentuk dari benda tersebut menjadi jelas, dan disana adalah kelompok bintang besar.

Bila teori 2 peneliti senior ini benar. Sebenarnya tidak ada astronot yang benar benar meninggalkan atmofer bumi. Karena atmofer bumi masih mencapai bagian bulan, bahkan lebih jauh lagi. Pengertian ruang angkasa yang dimaksud, dimana manusia pergi dan benar benar tidak tersentuh lagi oleh bagian geocorona yang masih menjadi bagian dari atmofer Bumi.

Umum bila galaksi akan membentuk seperti spiral atau elips. Dengan bentuk lain seperti gelembung di bagian tengah. Yang ini berantakan, seperti adanya sayap. Mengapa galaksi NGC 6240 tidak berbentuk lingkaran.

Galaksi NGC 1316 memiliki bagian inti dengan debu dan gas. Diperkirakan pernah menelan galaksi lain dan membentuk dirinya saat ini. Dengan lubang hitam aktif menjadi sinyal radio paling kuat nomor 4 dan galaksi mengeluarkan sinyal radio 1,4Ghz dari lubang hitam.



ledakan yang begitu besar dari sebuah bintang akan sangat terang menyala. Sejauh ini, beberapa orang yang melihat langsung ledakan supernova terjadi. Buso salah satu astronom amatir tidak sengaja mendapatkan gambar ledakan supernova. 1 ledakan terjadi 100 tahun sekali di sebuah galaksi.

Pertama ditemukan galaksi spiral tertua di alam semesta. Galaksi A1689B11, benda ini terlihat begitu jauh dengan usia 11 miliar tahun. \Kita lihat kembali berapa usia alam semesta kita ini setelah terjadi Big Bang.

2 galaksi ini berbeda ukuran, satu dengan ukuran sangat besar, tapi yang satu lagi lebih kecil. Galaksi dengan nomor  NGC 1510 dan NGC 1512 terlihat memiliki bentuk spiral galaksi, tapi keduanya seperti pertarungan di ruang angkasa. Pastinya galaksi kecil akan ditelan oleh galksi lebih besar.

Dengan pembesaran alami, sebuah galaksi SGAS J111020.0+645950.8 dapat terlihat akibat lensa gravitasi. Cahaya yang ditangkap ini adalah cahaya 11 miliar tahun lalu. Galaksi tersebut terlihat baru melahirkan bintang baru.

Sebuah galaksi besar hanya tampak setelah 1,7 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta atau Big Bang. Tapi galaksi tersebut mati setelah lahir. Galaksi ZF-COSMOS-20115 adalah penemuan langka, kata peneliti Karl Glazebrook dari universitas Swinburne Australia.

Galaksi antennae atau 2 galaksi NGC 4038 NGC 4039 adalah sepasang galaksi yang terletak di konstelasi Corvus. Rata rata terjadinya Starburst dipicu oleh pengabungan 2 galaksi atau lebih. Akibat dua galaksi yang sedang bertabrakan, akan terbentuk kelompok bintang muda disana atau dikenal dengan globular cluster.

Galaksi IC 2163 dan NGC 2207 sedang bertabrakan, tapi kekuatan keduanya terlihat seimbang. Tidak ada yang tertarik lebih kedalam, jadi keduanya membentuk lengan spiral lebih panjang. Tabrakan kedua galaksi seperti ini bukan hal langka, dan keduanya berada 114 juta tahun cahaya dari Bumi.



Kedua galaksi saling berinteraksi atau tarik menarik. Letaknya di konstelasi Canis Major. Keduanya bertabrakan tepat di tepi sisi galaksi. Karbon monoksida di galaksi IC 2163 terbentuk dari tsunami bintang dan gas akibat kedua galaksi bersinggungan

Sinar gama adalah senjata terbesar di alam semesta. Diproduksi oleh peristiwa di antariksa seperti cahaya dari bintang meledak, semburan pulsar (bintang besar yang mati memancarkan cahaya radiasi), atau inti galaksi.

Kembali belajar tentang alam semesta. Sebesar apa galaksi Bima sakti dan Andromeda. Ukurannya tidak lebih dari ujung jarum, berbentuk titik. Ternyata yang dilihat manusia dengan Andromeda hanya sebagian sangat kecil dari alam semesta.

Dari European Space Agency menemukan 2 galaksi secara tidak sengaja sebagai peristiwa kosmik langka. Dua galaksi yang sudah tua bergabung menjadi satu dengan ukuran lebih besar




No popular articles found.