Harddisk platter kaca dari Hoya lebih tahan panas dan tipis


Kategori : Technology | Date : 14 February 2019
Perusahaan Hoya mendominasi produk glass platter untuk ukuran 2,5 inci.

Kedepan Hoya akan membuat platter harddisk ukuran 3,5 inci.

Hoya membangun pabrik baru di Laos, dengan investasi 270 juta dollar, atau lebih dari 3 triliun Rupiah.

Pabrik di Laos akan membuat platter harddisk ukuran 3,5 inci. Memiliki kapasitas 10 juta platter glass perbulan. Rencananya baru mulai memproduksi di tahun 2021 nanti.

Teknologi platter harddisk memang menarik. Dibanding bahan piring harddisk aluminium, untuk piring harddisk dengan lapisan kaca akan lebih kuat dan tipis..
Platter harddisk dapat dipasang lebih rapat di dalam unit harddisk.

Ukuran platter kaca terebut hanya memiliki ketebalan 0,5 mm dan 0,281 mm. Sedangkan harddisk dengan platter aluminium memiliki ukuran 0,635mm.

Platter harddisk harus memiliki jarak, agar bagian head harddisk dapat masuk di dalam. Bila sebuah platter dibuat lebih tipis, maka jumlah platter dengan bahan kaca dapat memuat lebih banyak dan menambah kapasitas harddisk.

Manfaat lain, platter harddisk dengan kaca lebih tahan panas. Seperti pengembangan harddisk mendatang dengan HAMR yang mengunakan pemanas cahaya laser.

Harddisk platter kaca dari Hoya lebih tahan panas dan tipis




Masalah harga harddisk dengan lapisan kaca tersebut lebih mahal dibanding komponen aluminium.

Hoya mengatakan hardisk mereka mendominasi untuk platter 2,5 inci. Tetapi produksi 3,5 inci masih jauh lebih sedikit hanya 10% dari pemakaian platter di pasar global.
Dengan pabrik baru di tahun 2021 nanti, Hoya dapat meningkatkan pangsa pasar sampai 30%.

Siapa penguna platter dengan kaca tersebut, salah satunya perusahaan data center. Seperti Amazon, Microsoft dan Google membutuhkan harddisk dalam jumlah besar. Dan mengunakan 3 merek dari produsen Seagate, Toshiba dan Western Digital.
Tinggal dilihat teknologi storage apa yang lebih murah, harddisk atau chip SSD.

Hynix dikabarkan telah mengirim chip 1TB Quadruple Level Cell Storage atau QLC-1 ke perushaan SSD. Hynix adalah perusahaan pembuat micro chip, dimana chip akan digunakan oleh perusahaan lain sebagai produk. SK Hynix juga mengembangkan teknologi perangkat lunak algoritma bersama controller SSD.

Samsung kembangkan HBM2e dengan nama Flashbolt. 33% lebih cepat dari teknologi HBM2. Menjadi solusi baru di teknologi VRAM, sampai supercomputer atau data center yang khusus menangani AI dan Machine Learing




Beberapa tahun ini muncul produk Router WIFI Premium. Router game dengan harga lebih mahal dibanding Router standar. Apa kelebihan Router Game, salah satu komponen dengan CPU dan RAM. Bagian penting router pada pengaturan setting prioritas pada aplikasi dan menekan kelambatan akses internet.

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan mendarat di bandara lain.Istanbul Airport selesai dibangun dengan 4 landasan

Chip controller Silicon Motion SM2262, menjadi generasi ke 2 di seri chip SM. Mengunakan interface PCIe 3.0 x4 dan NVMe versi 3.1. Silicon Motion SM2262 mengantikan posisi Silicon Motion SM2260 yang sebelumnya digunakan untuk SSD Adata, Intel dan Trancend.

Kelambatan harddisk ada di bagian lengan yang disebut Actuator. Satu harddisk memiliki banyak lengan tapi bekerja bersamaan. Bagaimana lengan dibagi menjadi dua dan disebut Multi Actuator

ARM Mali-Cetus disebut Mali D71 adalah pengembangan grafik pada smartphone dengan arsitek Arm. Tetapi yang ini berbeda, dan mendukung teknologi high res display serta multi tasking. Arm menyebut ARM Mali-Cetus bekerja dengan display 4K x 2K dengan kecepatan 120Hz



SolidEnergy sistem mengunakan anode bebas untuk baterai lithium. Membuat baterai lithium double capacity. Teknologi baterai lebih murah kurang dari 80% adalah Natrium-Ion, mengunakan bahan garam yang berlimpah di Bumi

Bila anda sudah remaja di era sampai 90an. Mungkin anda pernah merekam file MP3 ke sebuah disc CD. MP3 sudah berusia 22 tahun. Tetapi kabar terbaru Institut Fraunhofer telah mengakhir beberapa lisensi hak paten dan secara resmi menghentikan izin MP3

Procesor Intel Atom E3900 memiliki disain seperti procesor notebook atau desktop. Tapi procesor ini bukan procesor biasa, lebih fleksibel, dirancang untuk industri. Mengunakan disain Apollo Lake, procesor ini lebih menarik dibanding generasi Bay Trail.

Perbedaan notebook dan laptop hanya sebatas kata. Bila melihat laptop bisnis sangat mudah dikenali, dari banyak port, garansi, tambahan alat docking. Tapi bukan perangkat itu saja yang membedakan notebook kelas kantor dan rumah. Notebook kantor diuji termasuk tut keyboard sampai bagian engsel. Dan lebih mudah diperbaiki.



No popular articles found.