<

RAM smartphone yang tepat 2019


Kategori : Smartphone | Date : 29 January 2019
Berapa RAM smartphone Android paling ideal.

Sementara produsen smartphone terus menambah harga smartphone high end untuk kenyamanan penguna. Fitur baru, teknologi, dan inovasi baru tampil bersama dengan smartphone baru.

Dan tercapai sebuah smartphone dengan 8GB RAM yang didampingi procesor high end.

Menjadi pertanyaan, berapa kapasitas RAM yang tepat untuk kita.

Apakah harus membeli smartphone mahal dan mendapatkan RAM paling besar. Atau RAM besar belum tentu berguna, malah menjadi beban harga sebuah ponsel pintar.

Ada sisi abu abu dengan peperangan antar produsen vs spesifikasi smartphone.

Tentu akan diterima oleh pembeli, walau sebenarnya belum tentu diperlukan. Smartphone mahal memiliki semua spesifikasi berlebih yang dibutuhkan.

Lihat kembali di era smartphone Android pertama. Ketika Android versi 2 diluncurkan untuk publik tahun 2011. Smartphone hanya memiliki 512MB RAM bahkan ada yang hanya 256MB saja dan tentunya hanya single core procesor. Perangkat yang mahal, tapi hardware di pangkas untuk menurunkan biaya produksi. Dan belum ada teknologi seperti saat ini. Smartphone perlu ditambah dengan microSD untuk storage, karena storage smartphone hanya 2GB.

Tapi itu di era tahun 2011 dengan harga smartphone dikala 2011, sekarang sudah mendapatkan 2 smartphone dengan 3GB atau 4GB RAM model 2019.

Sistem OS Android 32bit, aplikasi masih bekerja di smartphone model lama. Beberapa smartphine di versi 512MB RAM masih dapat di upgrade ke OS Android 4 atau terakhir versi 4.4 sebagai OS Android paling stabil.



Tapi OS Android 32 bit tidak lama lagi. Google telah meminta pengembang membuat aplikasi 64bit sepenuhnya, setelah era Android Lollipop 5.0 memasuki era 64bit.
Dan aplikasi Android 32bit tidak lama akan menghilang, termasuk smartphone model lama tidak dapat menginstall. Mungkin di tahun 2020 mendatang.

Ketika tampil smartphone Android dengan 1GB RAM, menjadi langkah revolusi baru dan selanjutnya kapasitas RAM tidak berhenti. Setelah perusahaan ARM merancang procesor smartphone dengan dukungan 64bit. Artinya sebuah smartphone dapat mengunakan RAM lebih besar dari 4GB.

Sebelum menembus 4GB, di tahun 2014 muncul smartphone high end dengan 3GB.
Selanjutnya RAM 4GB dimulai antara 2016 - 2017 . Di tahun tersebut perang spesifikasi dimulai.

Bila anda masih mengunakan smartphone jadul, seperti model 2015. Dan masih anda gunakan saat ini, lalu melihat RAM smartphone anda hanya 2GB atau 3GB. Tapi semua aplikasi masih dapat berjalan dengan baik. Bahkan OS masih mengunakan Android 5 atau bahkan Android 4.4. Apakah anda tertarik menganti smartphone baru dengan RAM besar.

Apakah anda akan memilih smartphone dengan RAM 6GB, 8GB, 10GB bahkan 12GB ???
Sejak tahun 2016 sampai awal 2019. Setidaknya produsen smartphone mengeluarkan model baru dengan kapasitas RAM semakin besar, perlahan tanpa terasa model smartphone dengan RAM terus meningkat. Dan saat ini akan tampil smartphone dengan 12GB.
Lenovo Z5 Pro pertama tampil dengan 12GB RAM, Honor 8X RAM 12GB.

Bila anda mengunakan Computer Windows, sudah bekerja dengan baik dengan 4GB RAM.
Untuk mengetik, pekerjaan, sekolah. Tentu sudah cukup. Bahkan tidak masalah mengunakan layar FHD 1080p monitor.
Ketika anda memainkan game dengan grafik tinggi, bahkan mulai mengunakan aplikasi editing video foto. Disana dibutuhkan RAM sangat besar.
Ketika computer menangani aplikasi lebih komplek dengan kebutuhan multimedia, dan mengunakan seluruh RAM sampai habis seperti 16GB RAM. Sebagian data akan di tulis ke storage seperti SSD atau harddisk. Dampaknya computer mendadak akan melambat karena kelambatan tranfer data dari RAM, CPU dan storage.

Bagaimana dengan smartphone, apakah RAM bekerja seperti computer.
Smartphone mengunakan teknik berbeda. Karena Sistem Operasi Android mengunakan kernel Linux. Gambaran singkat cara kerja RAM pada smartphone dibawah ini.

Ketika anda membuka aplikasi, Kernel Linux akan membuat sebuah proses.
Proses tersebut di eksekusi ke virtual address space, dan di masukan ke peta RAM di smartphone.
Kernel Linux memiliki tugas untuk mengatur sumber / hardware yang dibutuhkan, termasuk waktu bekerjanya CPU, input dan output data (termasuk ke jaringan dan file) serta RAM.

Bila aplikasi membutukan CPU, Kernel akan mengijinkan proses lebih banyak waktu.
Demikian juga ketika Kernel membutuhkan RAM, dan Kernel mengetahui besarnya kebutuhan RAM . Kernel hanya perlu menyelusuri bagian mana dari RAM yang perlu digunakan atau masih kosong.

Tetapi, ketika semua sumber (RAM) ternyata sudah terpakai. Hal ini menjadi masalah.
Waktu proses di CPU dan I/O, menjadi beban terbesar kinerja smartphone.
CPU sibuk, tapi membutuhkan waktu untuk di selesaikan.

Disini sistem RAM smartphone mengunakan pengolahan berbeda. Ketika sisa tempat RAM sudah tidak tersisa lagi, alias RAM sudah mulai penuh.
Kernel akan proaktif untuk mendapatkan ruang kosong RAM bagi aplikasi yang baru dieksekusi.

Ada 2 cara Linux (basis operasi Android) menangani RAM.
Sederhananya dengan Swap / menukar alokasi RAM dengan zRAM. Sistem Android dapat mengalokasi memory fisik untuk ditukar dan diperkecil.
Sistem Android mengunakan kompresi. Antara 50% data dari RAM lalu diperkecil ke zRAM.
Bila tempat yang digunakan 128MB, maka di kompress menjadi 64GB di zRAM dan sisa tempat RAM 64GB akan digunakan untuk proses yang baru.


Bila proses dari aplikasi / data lama diperlukan. Kernel akan mengambil kembali dari zRAM untuk dibuka.

Ketika semua RAM penuh dan tidak ada lagi tempat.
Sistem kernel Android akan membebaskan / menghapus lebih agresif.
Artinya RAM FULL seluruhnya, dan kernel akan menghentikan proses kebutuhan satu atau dua aplikasi bahkan lebih untuk diganti bagi kebutuhan aplikasi lain.

RAM Zram Kernal smartphone yang ideal

Disini Kernel Android akan memeriksa bagian mana yang perlu di nonaktifkan.

Contoh aplikasi Navigasi sudah dibuka 3 hari lalu dan idle (misal smartphone tidak dimatikan).
Total aplikasi tidak aktif dan tidak digunakan lagi, maka Kernel Android berasumsi aplikasi tersebut tidak diperlukan. Dan masuk daftar dalam Low Memory Killer
Sayangnya fitur Low Memory Killer tersebut perlahan dihapus mulai Linux Kernel 4.12.

Gantinya Sistem Android mengunakan Android Low Memory Killer Daemon (lmkd). Sistemnya mirip, tapi kinerja lebih baik dengan teknik sedikit berbeda.

Bila ada aplikasi baru yang dibuka, dan RAM sudah penuh. Aplikasi yang lama dan tidak digunakan akan dikeluarkan untuk diganti dengan aplikasi baru.
Bila aplikasi yang sudah dikeluarkan dari RAM, dan dibutuhkan kembali. Kernel akan meload ulang seperti awal semula.
Itulah cara kerja RAM pada smartphone. Sementara teknologi terbaru dengan Kernel 4.12 tidak lagi melakukan kompres seperti model smartphone lama dengan RAM terbatas.

Kapan RAM kita penuh, dan berapa kapasitas RAM ideal.
Ini sulit dijawab, seberapa besar aplikasi yang digunakan.

Aplikasi Android kira kira terbagi menjadi 3 tipe aplikasi
.
Aplikasi Standar Android dengan kebutuhan RAM 100 -  200 MB. Seperti Youtube dan Whatsapp, atau aplikasi game ringan.
Multimedia yang intensif seperti Google Photo dan Instagram, membutuhkan antara 400MB RAM sampai 700MB RAM.
Game, sebenarnya yang paling banyak mengkonsumsi RAM. Tapi hanya di kisaran 800MB - 1GB lebih (edisi 2019). Bila anda bermain Asphalt 9 seharian hanya dibutukan 2GB RAM atau sedikit lebih besar.

Setiap OS Android dibedakan antara pabrikan dan stock ROM.
Bila anda mengunakan OS dari pabrikan, seperti smartphone baru. RAM akan digunakan untuk hal utama yaitu OS Android.
Tanpa OS Android diload ke RAM tentu smartphone tidak dapat bekerja. Mirip seperti OS Windows, yang perlu di aktifkan sebelum anda membuka layar computer.

Pabrikan mengunakan bloatware atau aplikasi yang di install permanen pada smartphone merek tertentu. Dipakai atau tidak, aplikasi tersebut akan bekerja.
Bagian utama adalah OS Android, disusul aplikasi pabrikan seperti bloatware, dan terakhir aplikasi yang dapat di install sendiri dan di uninstall.

Kapasitas RAM digunakan untuk fitur dari smartphone.
Mate 8 3GB RAM tersisa 1,4GB
Pixel 3 XL 4GB RAM tersisa 1,8GB
Galaxy Note 8 6GB tersisa 2,8GB
Galaxy Note 9 6GB tersisa 3,6GB
Oneplus 6T 8GB tersisa 5,1GB.

Kebutuhan RAM 8GB atau lebih, perlu atau tidak diperlukan
Untuk sementara, kebutuhan RAM 8GB atau lebih besar pada smartphone Android tidak terlalu dibutuhkan.

Karena aplikasi Android masih dirancang dengan ukuran kecil. Bahkan dengan meload semua aplikasi begitu banyak.
RAM 8GB belum tentu habis.

Bila anda menghitung beberapa pemakaian RAM dari aplikasi dibawah ini. Dapat diperkirakan apakah smartphone membutuhkan 8GB RAM.

RAM smartphone yang ideal

Setidaknya 8GB RAM mungkin belum dibutuhkan untuk semua penguna smartphone. Karena aplikasi Android memiliki ukuran kecil, kecuali aplikasi permainan dan multimedia.

Informasi ini dapat dijadikan pedoman, seandainya ada yang tertarik mengunakan smartphone dengan RAM besar. Cobalah dihitung kembali, seberapa besar dan seberapa banyak aplikasi yang digunakan dalam waktu bersamaan.

3 varian Samsung Galaxy S10+ Galaxy S10 dan Galaxy S10e. Ketiga smartphone mengunakan procesor Snapdragon Exynos 9982. Perbedaan ukuran layar, kapasitas baterai, RAM dan storage. Hanya Galaxy S10e yang lebih kecil hanya memiliki dual camera belakang.

Vivo Apex tampil dengan layar 98%, mengunakan procesor Snapdragon 855 dengan dukungan 5G. Vivo Apex model 2019 ini tidak memiliki tombol fisik, termasuk lubang speaker. Semua digantikan dengan teknologi terbaru. Tombol On/Off digantikan dengan sensor sidik jari dengan scanning di semua layar.

Pixel 3 Januari 2019 top rangking camera selfie dan 3XL hanya menempatkan single camera belakang dan dual camera depan saja. Tambah $100 mendapatkan model 128GB storage. November 2018, fitur camera Night sight mampu mengambil gambar dalam minim cahaya.



Asus ROG Phone tampil dengan 8 GB RAM dan 512 GB storage. Procesor terbaru Snapdragon 845, layar AMOLED 6 inci HDR 9-Hz. Dengan sistem pendingin AeroActive Cooler. Smartphone ini dirancang untuk beban besar seperti aplikasi permainan. Oktober 18 dipasarkan, Amerika pertama Pre-order

Smartphone model 2011 akhir sudah menempatkan penerimaan dual satelit navigasi dari Glonass dan GPS. Seperti iPhone 4S yang dipasarkan tahun 2011, dan smartphone generasi terbaru Samsung model 2012. 2018 China membantu dengan satelit baru

Bila anda berharap mendapatkan storage besar dari smartphone high end. Seperti kapasitas internal memory 16GB. Anda tidak akan mendapatkan semuanya, karena sebagian storage akan di isi oleh pabrikan. Apa yang dimasukan di dalam storage.

IObit Advanced Mobile Care 4.0 for Android memberikan software gratis untuk pemeriksaan smartphone, optimalkan aplikasi, membuat lebih cepat dan aman. Disain sistem aplikasi tune up untuk Android ini dilengkapi tool anti mata mata, memblok telepon dan SMS. Aplikasi ini mendapat rating 4.5 lebih karena dianggap baik oleh penguna



Smartphone malah berbalik dibuat semakin besar dari ukuran tangan. Smarphone dibuat untuk kekuatan pemakaian dan bukan dari efisiensi. Itu kekurangan smartphone, sayangnya tidak banyak yang menyadari.

Sebuah tim dari universitas Perdue menyalahkan pengembang aplikasi untuk smartphone. Aplikasi yang kurang baik membuat baterai smartphone bisa habis dalam waktu 5 jam. Mungkin bukan handphone yang boros, melainkan aplikasi terlalu banyak memakai power baterai


No popular articles found.