<

Hak memperbaiki sendiri - Right to Repair menentang trik produsen


Kategori : News | Date : 25 January 2019
Apple melakukan perbaikan perangkat terlalu mahal dan membatasi perbaikan.

Apple sering melebih-lebihkan biaya perbaikan untuk produk mereka. Serta mengancam pihak ke 3 yang melayani perbaikan dengan biaya murah. Investigasi media CBC mengungkap masalah perusahaan raksasa tersebut dalam menangani service produk Apple.

Ketika pelanggan datang ke service center Apple. Mereka kadang memiliki masalah sepele dengan perangkat Apple.
Mereka membawa ke tempat service resmi dengan harapan untuk diperbaiki agar lebih terjamin.

Seperti kerusakan layar berkedip pada produk Apple. Tapi sampai disana, pemilik notebook akan mendapatkan tagihan besar dan diberitahu untuk menganti bagian bagian utama pada notebook seperti panel.

Alasannya. Apple hanya mengijinkan perbaikan di tangan teknisi mereka atau di Apple Store. Serta pusat layanan resmi agar perangkat masih mendapatkan garansi.

Jason Kebler rutin meliput perusahaan Apple, dia salah satu redaksi media teknologi dan sain Motherboard Vice.

Ketika Macbook saya sebelumnya rusak dan dibawah ke Apple. Dia dikenakan tagihan $700 untuk memperbaiki layar laptop.
Akhirnya saya melakukan sendiri dan biayanya hanya $50.

Beberapa tempat servis pihak 3 di luar sana mampu memperbaiki apa yang tidak mau dilakukan Apple.
Bukan ketika Apple menolak untuk perbaikan masalah sepele, karena tidak menguntungkan bagi Apple dan Apple lebih suka menganti satu modul dengan biaya tinggi.

Jason juga menyebut Apple secara teratur membebankan biaya mahal untuk perbaikaan. Sehingga pelanggan lari ke pihak ke 3 atau memperbaiki perangkat mereka sendiri.


Dengan berita ini, Apple menolak untuk di wawancarai dan membantah adanya biaya berlebihan dalam perbaikan.

CBC News mengunakan camera tersembunyi untuk memeriksa laporan dari para pelanggan Apple. Dimana pelanggan yang memperbaiki computer mereka tapi tidak layak diperbaiki karena dikenakan biaya sangat mahal. Bahkan ketika perbaikan kecil yang dilakukan di servis center Apple dapat dikenakan biaya ngak murah..

Ketika Macbook Pro tidak tampil dengan benar di monitor. Staf Apple yang menangani akan mengatakan biaya perbaikan mencapai $1200. Ketika pemilik notebook menanyakan apa kerusakan atau alternatif perbaikan dengan biaya yang lebih murah. Maka staf Apple akan mengatakan tidak ada.
Biaya yang dikenakan sangat dekat dengan biaya computer baru katanya.

Satu tekniksi freelance yang namanya terkenal di media Youtube, Louis Rossmann. Dia memiliki tempat service computer kecil di kota Manhattan. Yang diklasifikaskan oleh Apple tempat perbaikan tidak resmi

Louis sebenarnya hobi memperbaiki computer sejak perguruan tinggi. Sekarang dia menarik penonton di Youtube dan mengajari orang untuk memperbaiki computer serta smartphone.

Dia menceritakan disain Macbook, dimana frame layar LCD dapat patah ketika layar dibuka dan kita sering mendorong ke belakang.
Katanya, lihat bagian pendingin fan mengalir ke bagian bawah layar LCD notebook. Panas akan mengenai bagian frame bawah.
Bila dibuka, dibagian bawah tersebut hanya diberikan lem dan perlahan akan lepas karena terkena panas. Ketika frame tidak kuat menahan dorongan tangan, maka frame pemegang layar LCD akan patah. Rusak akan dikenakan biaya sangat mahal.

Cerita lain lagi sebuah biaya perbaikan yang dikenakan Apple Toronto Kanada seharga $1200.
Ditangan Louis, dia mengidentifikasi adanya pin yang lemah yang terhubung ke lampu belakang notebook tidak kontak sempurna.
Setelah pin di sesuaikan, masalah sudah selesai. Louis mengatakan, perbaikan tersebut tidak sebanding dengan $1200.

Jika orang ingin saya menekuk pin seperti kasus ini, saya tidak mengenakan biaya. Kecuali pelanggan ingin menganti pin, saya kenakan $75-150 untuk ongkos instalasi.
Kata Louis dengan menekuk pin, masalah tidak akan terjadi lagi selama akhir pakai computer ini.

Apple mengungkap alasan mereka melakukan perbaikan yang terjamin, karena ditangani oleh teknisi terlatih atau bersetifikat dari Apple dan jaminan mengunakan suku cadang asli.

Satu lagi situs iFixIt tentu sudah anda kenal. Sering membongkar produk elektronik sampai smartphone. Dan menceritakan seperti kesulitan memperbaiki sebuah produk, disain sampai urusan lem yang terlalu banyak.

Ifixit adalah gudang perbaikan bertempat di California. Mereka melakukan pengujian, mendiagnosis masalah yang dapat sering terjadi melalui informasi website, dan mengembangkan teknik serta alat untuk perbaikan.

Ifixit memiliki 125 staf, memiliki pendapatan setidaknya 20 juta dollar dalam setahun untuk beberapa peralatan atau manual perbaikan online. Menjadi solusi bagi penguna produk elektronik seperti perbaikan dari merek Apple

Pemiliknya Kyle Wiens berusia 34 tahun. Dia sudah berbisnis sejak usia 15 tahun. Dan dia juga ikut dalam gerakan Hak untuk Memperbaiki - Right to Repair.
Dia juga memperjuangkan agar tempat servis tidak resmi (pihak ke 3) dapat bertahan hidup dengan meminta perubahan undang undang pemerintah.
Mengapa harus dari undang undang ?.

Gagasan Right to Repair adalah anda / penguna dapat memperbaiki barangnya sendiri, atau memiliki hak untuk melakukan servis lokal (boleh melakukan di tempat tidak resmi).

Dulu ketika membeli sebuah produk, orang bisa memperbaiki sendiri.
Seiring berjalan waktu, kita semua kehilangan kemampuan itu.
Karena semakin sulit mendapatkan informasi sebuah produk elektronik. Atau mencari suku cadang di toko lokal.
Informasi tentang perangkat elektronik akhirnya ditutup atau diproteksi oleh produsennya sendiri. Sehingga penguna kesulitan untuk memperbaiki barangnya sendiri atau kesulitan mendapatkan komponen.



Wiens telah bertahun-tahun berjuang melawan Apple. Dan Apple tidak suka dengan kampanye Right to Repair.

Perusahaan raksasa seperti Apple ingin mengendalikan penuh perangkat mereka sampai tidak dapat digunakan lagi. Memberi kesan bila anda membeli Apple anda hanya perlu kembali ke tempat kami selamanya.

Bagi produsen, Kami membuat produk, Kami mengeluarkannya untuk dunia, dan Kami akan mengendalikan setiap aspek yang terjadi. Katanya, Ini kegilaan total.

Selain kesulitan mendapatkan buku petunjuk perbaikan dan instruksi. Wiens mengatakan Apple mengunakan trik fisik dimana reparasi dibuat lebih sulit. Kata sederhananya sengaja dibuat lebih sulit dari yang kita bayangkan ketika memperbaiki sendiri.

Sebagai contoh, penempatan baterai mengunakan sekrup disain sendiri dan tool tidak dijual umum.
Memprogram ulang sistem iOS untuk mencegah mereka yang tidak berwenang untuk menganti tombol Home.
Mereka membuat sebuah produk agar orang kesulitan untuk membuka dengan tool mereka sendiri.

Sementara Louis sampai Ifixit mengeluarkan skema atau informasi perbaikan produk secara online. Apple mau informasi tersebut dilihat masyarakat. Dan mengatakan penulisan buku manual memilik hak cipta. Bila anda memposting buku manual, mereka akan mengirim peringatan surat hukum serta menuntut anda dalam ratusan ribu dollar.

Hal ini membuat tempat perbaikain pihak ke 3 menjadi kecut karena biaya tuntutannya tidak main main.
Bila ada yang berani mengimpor komponen dari China untuk produk Apple ke Amerika. Apple telah bekerja sama dengan departemen pemerintah untuk menegakkan hak cipta dan merek dagang mereka.
Salah satu kasus beberapa tahun lalu terjadi di Florida. Pihak DHS (badan pemerintah) menggerebek sebuah bengkel tidak resmi dan meyita ratusan layar iPhone serta menangkap pemiliknya.

Tidak semua negara bagian di Amerika diam. 17 negara bagian diantaranya membuat undang undang untuk memaksa Apple dan perusahaan lain menyediakan petunjuk manual untuk perbaikan, termasuk skema, dan suku cadang bagi usaha perbaikan pihak ke 3.

New York yang terbaru, dimana adanya aturan baru akan lebih adil bagi konsumen dan perekonomian.
Pesan yang menarik dari sumber. Saya ingin Apple berubah dan mengakui bila mereka tidak mau memperbaiki. Maka orang lain boleh melakukan.

Beruntung di Indonesia memiliki perlindungan hukum lebih baik untuk konsumen.

Awalnya ingin mendapatkan posisi satelit mata mata yang hilang. Tapi ditemukan satelit lain milik NASA. Satelit Image diluncurkan tahun 2000, dan hilang kontak tahun 2005. Ternyata kembali aktif tahun 2018.

Disebut Long Shot Rifle atau senjata sniper L115A3, dan C14 Timberwolf MRSWS khusus untuk pasukan sniper elite Kanada. Diterjunkan di perang afghanistan, perang sipil Yaman, dan terbaru melawan ISIS. Memiliki berat 7.1kg dengan panjang 1,2 meter. Memiliki 5 peluru dalam satu magazine.

Kota apa yang mahal bagi pemilik kendaraan. Khususnya pemilik kendaraan papan atas atau kelas high end. Harga mobil ternyata lebih murah dibanding garasi kendaraan.



Tim Alberta 2016 mundur setelah nyaris dihantam guguran es. Mengapa puncak K2 bisa menelan korban. Puncak K2 bukan puncak untuk pendaki biasa, hanya untuk pendaki gunung profesional kata Pemba Gyalje seorang sherpa pahlawan. Puncak K2 hanya ditujukan untuk pendaki sangat ahli

Sebuah perusahaan iklan Ogilvy Beijing membuat pesan menarik di sebuah bioskop. Awalnya penonton bioskop duduk dan ditayangkan sebuah kendaraan yang sedang melintas. Semua penonton mendapatkan pesan singkat, iklan kreatif dengan penyajian berbeda.

Seorang karyawan pengisian bahan bakar selamat setelah ditembak oleh perampok. Dia mengantongi smartphone HTC EVO 3D di kantong atas baju kerjanya.

Mau tahu bedanya computer PC dengan Macintoss. Kalau sering dilihat, banyak tuh yang suka jinjing computer Mac. Tapi dalam pemanfaatannya PC lebih luas. Bagaimana dengan Mac



Butuh power bank besar, atau sangat besar. Dengan power 24A (24.000mAh), hati hati jangan percaya bila ditawarkan dengan harga aneh. Seorang netter membeli power bank dengan kapasitas sangat besar tersebut.

Photoshop dapat merubah foto digital, khususnya mereka yang sangat ahli dalam mengedit gambar. Banyak foto di majalah mode merupakan karya para ahli photoshop. Menghilangkan kerutan, membuat warna kulit menjadi lebih asia atau amerika latin dan lainnya.

Sekedar humor, negara apa yang paling sedikit memiliki presiden. Antara Jepang, Amerika dan Mesir.
Anda sudah tahu jawabannya

Seorang pria tidak memiliki rumah atau bisa dibilang miskin bukan berarti gaptek. 2 foto ini menceritakan bagaimana mereka yang miskin mampu mengunakan teknologi

Mobil bisa masuk, sayang tidak bisa pulang


No popular articles found.