Bintang HD 98800 dengan 2 bintang biner total 4 bintang bagaimana tatasurya disana nanti


Kategori : Science | Date : 16 January 2019
Sebuah tata surya dinamai HD 98800, disana sedang terbentuk planet atau protoplanet.

Keunikan di tata surya ini memiliki bintang biner, dimana piring pembentuk planet nantinya terlihat miring.

Hal ini hanya sebatas teori, tapi peneliti menemukan adanya planet dalam teori sebelumnya memang ada.

Sistem bintang disana bukan hanya biner, tapi ada 2 bintang biner, dan total 4 bintang di dalam sebuah tata surya.

Jarak tata surya HD 98800 sekitar 146 tahun cahaya dari Bumi. Membentuk cincin debu yang aneh kata penelit.

4 bintang, dimana 2 bintang biner berada di dalam, dan 2 bintang berada di sisi luar.

2 bintang di bagian dalam diperkirakan memiliki jarak seperti matahari ke bumi. Bintang ke 3 dan ke 4, dinamai AaAb. Dan 2 bintang lainnya lebih jauh 54x jarak matahari ke bumi (jarak matahari ke pluto 40 au).

Dibawah ini ilustrasi tata surya HD 98800, 2 bintang biner berada di bagian dalam.
Sedangkan cincin pembentuk planet mengorbit miring. 2 bintang biner lain tidak ditampilkan pada gambar ilustrasi ini

Bintang HD 98800 dengan 2 bintang biner total 4 bintang bagaimana tatasurya disana nanti

Disini cerita lucunya.


Protoplanet yang terbentuk dari bintang biner, biasanya sebidang dengan orbit bintang.

Tapi di tata surya HD 98800, protoplanet yang masih berbentuk cincin debu dan gas malah miring tegak lurus.
Bila di bayangkan, posisi planet pada umumnya mengitari dengan arah timur ke barat. Seperti kita melihat matahari terbit dari timur ke barat.
Planet disana nantinya bergerak dari arah selatan ke utara. Dan kita dapat melihat 2 matahari terbit dari sisi utara ke selatan.

Debu dan gas disana juga menarik, karena jumlahnya lebih berlimpah dibanding pembentukan tata surya lain.

Grant Kennedy astronom universitas Warwick mengatakan seperti dari debu dan gas akan membentuk planet bila mengorbit ke satu bintang tunggal.

Disana, planet akhirnya tidak akan selaras dengan putaran bintangnya sendiri. Lalu apa yang akan terjadi dengan planet setelah terbentuk.

Peneliti telah mengetahui keberadaan bintang HD 98800 yang disebut unik beberapa tahun lalu.
Sekarang diteliti kembali dengan teleskop radio ALMA. Tim Kennedy memeriksa sistem dan menandai oritenasi cincin protplanet yang mengelilingi kedua pasang bintang biner.

Hasilnya, kemungkinan protoplanet akan terbentuk menjadi planet. Tapi di bagian cakram sirkumbiner kutub ini.
Seandainya semua debu dan gas akan membentuk planet, dipastikan kumpulan planet disana tidak akan selaras.
Variasi musiman yang aneh dapat terjadi dan tidak diketahui sejauh mana planet-planet dapat terbentuk dengan stabil karena melihat posisi 4 bintang ini memang kacau.

Messier 28 atau NGC 6626 adalah nama dari Globular Cluster. Ditemukan oleh Charles Messier tahun 1764, tetapi ketika ditemukan benda yang dilihat tersebut dianggap kumpulan debu dan gas. Dengan teknologi teleskop ruang angkasa bentuk dari benda tersebut menjadi jelas, dan disana adalah kelompok bintang besar.

Nebula ESO 577-24 sebuah sisa debu dan gas diruang angkasa. Dahulu benda ini sebuah bintang raksasa merah yang disebut Super Red Giant Star. Tapi nasibnya sekarang sudah selesai, dari bintang raksasa menjadi sebuah bintang kerdil berwarna putih. Diabadikan pusat observasi VLT milik ESO, 10 ribu tahun akan hilang.



Tata surya di bintang Ci Tau ini bikin geleng geleng kepala para ahli. Letaknya 518 tahun cahaya dari Bumi Sekarang yang terlihat aneh sebenarnya tidak aneh, yang aneh adalah bintang induknya sendiri diperkirakan planet yang muncul disana dari usia bintang yang hanya 2 juta tahun. Tata surya Ci Tau telah diperkirakan ada 4 planet gas raksasa

Bintang K2-239 diperkirakan disana terdapat 3 planet, bahkan ketiga planet memiliki ukuran seperti Bumi. Dan besarnya tidak jauh berbeda dengan Bumi. Bintang K-240 juga ditemukan 2 planet seperti bumi dengan permukaan batuan, diperkirakan 2 planet tersebut memiliki ukuran 2x lebih besar dari Bumi.

Bintang HD 240430 adalah sebuah tata surya dimana disana terdapat 2 bintang biner. Peneliti percaya 15 planet seukuran bumi ditelan oleh salah satu bintang. Apa penyebab planet akhirnya masuk ke dalam bintang. Penelitian ini mirip seperti sejarah Yunani dengan dewa Kronos

Bintang V1247 Orionis adalah bintang muda yang panas, tapi sudah dikelilingi cincin gas dan debu yang dinamis. Disebut disc circumstellar, ada yang menarik pada bagian tersebut. Peneliti dapat belajar dari mana asal planet ketika pertama lahir.

Cluster Gaia 1 adalah kumpulan bintang yang berkelompok di dalam satu area. Dan pertama kali ditemukan atau teridentifikasi Mei 2017. Kelompok bintang tersebut tidak berada di dalam galaksi, tapi di atas piring galaksi Bima Sakti

Sebuah bintang tidak jauh dari bumi, bintang EBLM J0555-57Ab merupakan bintang terkecil yang pernah ditemukan. Ukurannya menakjubkan. Sementara bintang raksasa atau bintang lumayan besar seperti matahari. Yang ini hanya seukuran  planet Saturnus saja dan mengalahkan rekor sebelumnya bintang Trappist-1



Bintang seukuran matahari kita rata rata lahir dengan kembaran bahkan 3 bintang bersamaan. Bintang biner atau bintang kembar akan terpisah 500 AU. Sedangkankan bintang ukuran lebih besar juga memiliki bintang kembar tapi menyatu menjadi satu bintang. Kemana kembaran matahari sekarang

Sebuah bintang kerdil berwarna coklat ditemukan seorang ilmuwan amatir. Tapi dia tidak melihat dengan teleskop ukuran besar. Sebuah bintang kerdil ditemukan dari program Backyard Worlds: Planet 9. Modalnya hanya melihat foto, tapi dapat menemukan bintang kerdil.



No popular articles found.