Laser dapat merusak camera dan retina walau bentuknya senter laser pointer


Kategori : Digital | Date : 3 March 2019

Maret 2019

Andy Boyd mengunakan camera Sony a7S II, untuk membuat video tentang membersihkan tato di tubuh.
Cahaya laser dalam bentuk pulse hanya ditempakan dalam sepersekian detik. Tapi selama 37 detik video yang dibuat.
Refleksi cahaya laser juga menghantam sensor camera. Sampai berbentuk bercak cahaya hijau permanen.

Cahaya laser pembersih tatu dapat merusak sensor camera

Januari 2019

Jangan memandang sinar laser di acara Dugem atau konser karena tidak baik untuk mata.

Sinar laser dapat merusak sebuah camera. Berita sebelumnya pernah terjadi, ketika sebuah konser mengunakan sinar laser untuk acara musik.

Seorang fotografer Nando sering mengambil acara konser, dari konser ban, DJ,

Dia mengabadikan sebuah acara DJ, namanya acara dugem tentu banyak cahaya.
Gambar dibawah ini ketika acara konser DJ. Gambar lain terlihat spot ungu tampil di setiap foto.
Untuk mengedit spot tersebut dapat mengunakan software editing foto. Tapi repot, karena bintik spot bekas laser di cameranya akan permanen



Camera Canon EOS 5D Mark III terkena laser, dan harus diganti sensor seharga 500 euro. Beruntung yang membayar perusahaan asuransi.

Sinar laser dari konserr


Sinar laser dari Lidar kendaraan autonomus
Satu tekniksi kendaraan autonomus mengabadikan kendaraannya ketika di pameran CES 2019.

Mengunakan camera Sony Full Frame seharga $1999. Tapi apa yang tidak diketahui bila intensitas sinar laser dari peralatan Lidar dapat merusak cameranya.
Walau sinar laser relatif aman, seperti cahaya penghitung jarak pada Lidar.
Tetapi sensor camera 1000x lebih sensitif dari mata manusia

Dari foto yang didapat, sensor cameranya tertembak sinar rlaser. Setidaknya ada 3 titik di bagian sensor rusak. Foto siang tidak terlalu terlihat, tapi malam hari bercak cahaya tersebut sangat jelas.

Sinar laser dari Lidar

Seorang fotographer merekam dengan camera diatas kepala agar dapat mengabadikan panggung.

Sialnya lensa camera terkena spot dari sinar laser. Sensor CMOS langsung rusak, bila terkena cahaya intensitas tinggi.

Giliran camera yang lebih mahal digunakan pada sebuah konser musik. Camera seharga $20.00 kena spot sinar laser. Ini bukan camera DSLR biasa tapi kelas Red Epic yang memiliki harga lebih mahal dari Canon 5D. Juga rusak akibat kuatnya intensitas sinar laser.

Rencananya akan dibuat untuk merekam acara Electric Daisy Carnival 2013 di Chicago. Posisi camera terlalu rendah dan terkena sorotan sebuah sinar laser.

Pada gambar bawah diatas kondisi sensor camera masih baik bekerja, tetapi gambar dibawah hanya sesaat berbalik menghadapi panggung terkena sorotan laser. Langsung sensor rusak dan bergaris.

Cahaya laser dapat merusak sensor camera


Hati hati saja bila ingin merekam konser musik atau acara yang mengunakan sinar laser di panggung. Cukup satu kali spot maka camera dengan sensor CMOS dapat rusak.

Laser Pointer
Ukuran kecil untuk menunjukan keterangan pada gambar dari proyektor. Umumnya digunakan pada seminar, atau pelajaran yang mengunakan proyektor.
Bila anda tertarik membeli dan mengunakan untuk mainan. Hati hati.

Ada beberapa produk laser pointer yang aman, tapi yang dijual bebas umumnya cukup berbahaya. Di Amerika, cahaya laser atau tipe laser pointer dibatasi sampai 5mW.
Di beberapa negara lain lebih ketat, hanya 1mW.

Ketika terkena sorotan cahaya laser, kita dapat berkedip dan menghindar, sehingga retina mata kita aman. Cahaya dengan tingkat 5mW tersebut sangat kecil, tapi dalam waktu lama tetap berbahaya.



Tetapi banyak produk laser pointer memberikan keterangan 5mW, nyatanya lebih tinggi dari 50mW. Lebih terang, lebih jelas, tapi apakah berbahaya mengunakan laser pointer dengan kekuatan tersebut.
Sebelum terlambat, hati hati dengan laser pointer yang kuat tersebut. Karena retina mata kita dapat tergoreng.
Bila retina rusak, tidak ada kata perbaikan, alias cacat seumur hidup.

Salah satu produk laser pointer memiliki kekuatan cahaya 7mW.
Apa yang terjadi dengan kekuatan tersebut. Dapat menyalakan batang korek api dalam waktu kurang dari 3 detik.
Bagaimana bila terkena mata dalam waktu beberapa detik. Pada gambar kedua digambarkan simulasi bola mata dan bagian belakang tempatkan pelapis sebagai bagian retina mata.
Dalam hitungan detik bagian plastik tersebut terlihat bolong karena panasnya cahaya sinar laser pointer.
Bentuk yang kecil ternyata tersembunyi bahaya yang mengerikan, khususnya kita yang kurang mendapat informasi tentang cahaya laser.

Laser proyektor juga merusak sensor camera.
Bila anda ingin mengabadikan sebuah acara musik atau acara yang mengunakan cahaya laser dan asap. Hati hati dengan cahaya laser, walau di acara tersebut menarik di abadikan.

Proyektor laser memiliki cahaya sangat kuat. Dan dapat menghancurkan pixel sensor camera.

Bila anda ingin mengabadikan foto sebuah acara. Pastikan arah sinar laser tidak mengarah ke tempat anda dan camera berada.

Seperti pengalaman dibawah ini, seorang fotografer yang membuat video di panggung untuk membuat foto.
Setelah kembali kerumah, semua gambar terdapat cacat bintik.
Dan setelah diperiksa beberapa titik muncul, akibat sensor camera yang rusak terkena cahaya laser.

Kekuatan cahaya proyektor laser dapat merusak sensor camera

Setelah camera Red Epic langsung rusak terkena sinar laser dugem, dan 5D Mark IIs juga terbakar cmosnya. Giliran Canon 5D Mark III akan rusak bila terkena intensitas sinar laser.

Video dibawah ini di post oleh pemilik camera. Katanya cuma satu kali colek, urusan ganti CMOS yang rusak terkena laser 1045 euro.




Ketika teknisi membersihkan camera, khususnya membersihkan ruang sensor camera dan membersihkan sensor camera. Dibutuhkan kesabaran, bahkan berulang kali untuk diperiksa. Sampai semua debu dapat dibersihkan. Teknisi membutuhkan rata rata antara 10-20 menit. Kadan lebih untuk memeriksa ulang sensor camera benar benar bersih.

Foto pesawat jet tempur Super Hornet F18 NAVY melintas tepat di depan bulan. Neiss juga mendapatkan candaan, ah ini fotoshop lagi. Dia berhasil mengabadikan pesawat yang sedang melintas begitu cepat dan tepat diabadikan di depan bulan. HItungan untuk menekan tombol camera hanya membutuhkan waktu sepersekian detik, bila terlambat maka lenyap momen yang satu ini.



Cerita menarik dari sebuah toko online Boohoo dot com. Setelah pelanggan bermata elang melihat satu kesalahan dari estalasi baju yang dipajang. Bila tidak jeli, mungkin pelanggan lain tidak tahu sebenarnya ada 2 foto pajangan yang sama. Dia menulis, lain kali kalau mengunggah foto untuk estalasi jangan menyertakan foto yang belum diedit juga.

Photoshop dapat dimanfaatkan untuk editing video. Salah satu efek membuat tampilan video Cinema. Dengan menambahkan layer warna, maka warna video asli dapat dirubah seperti video film look. Proses render video Cinema dengan Photoshop lebih cepat dan lebih ringan.

Max lebih kreatif, dia tidak mengambil foto lalu dipasang di toko online. Dia naik satu tingkat, dia mengumpulkan kru dan menciptakan sebuah iklan profesional mobil Bekasss. Hasilnya benar benar bagus dan menghibur.

Fotografer Navaneeth datang ke daerah pinggiran, untuk membuat foto galaksi Bima Sakti. Pengambilan gambar ini memang top. Berada di lokasi terpencil dimana jauh dari polusi cahaya. Berada di dekat perbatasan India, Pakistan dan China.

Seorang fotografer hanya belajar dalam 2 tahun. Memperlihatkan perbedaan foto amatir dan foto profesional. Philips membandingkan dua gambar ditempat sama dari karyanya sendiri, dan  foto setelah 2 tahun belajar. Tekniknya pencahayaan dan perpektif gambar hal penting dalam fotografi

Ketika terbang pada malam hari, lihat ke arah selatan. Mungkin anda akan melihat galaksi Bima Sakti. Dibuktikan oleh Wick adalah pilot Swiss Airline berusia 30 tahun. Mengunakan camera yang ditaruh di ruang pilot, dia merekam penerbangan dari Zurich ke Sao Paulo dengan camera.



No popular articles found.