Membersihkan sensor camera ala Leica service center


Kategori : Digital | Date : 11 January 2019
Sensor camera camera DSLR, seperti camera kelas atas

video ini dibuat oleh komunitas Leica.

Ketika satu member membuat sebuah video seorang teknisi sedang membersihkan sensor di AG Jerman.

Cara membersihkan sensor camera Leica ternyata ada beberapa tahap sebelum seorang teknisi menyentuh atau membersihkan bagian sensor utama.

Tahap awal membersihkan lensa dengan membersihkan mounting camera.

Dia mengatakan dengan membersihkan mounting, termasuk membersihkan pin konekter ke lensa.
Kedua menghindari debu jatuh kembali ke dalam ruang sensor.



Proses setelah itu belum masuk ke ruang sensor yang ada di belakang shutter camera.

Teknisi harus membersihkan ruang di depan sensor. Dan mencari debu satu persatu.

Disini tekniknya unik. Mengunakan sebuah penyedut vakum untuk menarik butiran debu kecil yang terjebak masuk.



Member dari Leica yang kurang mengetahui teknik membersihkan ruang sensor dan unit sensor menanyakan.

Bagaimana dengan teknik meniupkan udara dengan blower. Atau, apakah efektif bila membersihkan ruang sensor camera dengan membalik bodi camera.

Tujuannya debu diharapkan dapat jatuh ketika disemprotkan dengan udara.

Teknisi mengatakan, dengan menyemprot udara ke dalam ruang sensor. Bila debu jatuh di tepi dan tidak terlihat, ketika camera bergerak seperti dibawa maka debu akan kembali jatuh ke ruang tengah sensor

Dengan meniup, dapat membuat debu lebih sulit dibersihkan. Dan pergi ke sisi paling tepi dan sulit dilihat, debu yang luput diangkat dapat kembali kapan saja.

Katanya jangan pernah meniupkan udara di ruang sensor. Baik di bagian dalam sensor maupun diruang depan sensor.

Ketika membersihkan ruang depan camera. Ambilah waktu sebaik mungkin, sampai semua bagian benar benar bersih. Katanya sih biar debu tidak lari lebih jauh sampai ke belakang sensor camera.



Tahap di ruang sensor camera. Teknisi mulai membuka bagian shutter dan menyentuh dengan gel perekat untuk membersihkan sensor utama yaitu CMOS.

Satu persatu di tempelkan dengan pen gel, dari sisi kiri ke kanan. Setelah itu diperiksa kembali apakah masih ada debu yang tertinggal.



Setelah semua debu seperti sudah dibersihkan. Ternyata masih ada yang luput tertinggal.

Teknisi kembali mengambil sebuah alat vakum dengan ujung lebih kecil dan menarik debu disisi sensor.



Bagaimana membersihkan lensa. Tidak masalah kata teknisi, dengan meniupakn udara bertekanan tinggi ke permukaan lensa.

Tapi di sensor tidak boleh di tiup dengan udara ketika membersihkan debu. Teknisi mengatakan walau ruangan bersih, debu dapat masuk ke celah atau sudut di dalam camera. Sehingga dapat kembali terbang ke bagian tengah seperti permukaan sensor camera.



Butuh kesabaran, usaha dan waktu untuk membersihkan sensor. Proses pembersihan sensor serta lensa setidaknya 20 menit, bhkan prosesnya harus dilakukan berulang kali.

Camera seharga $2000 kena spot sinar laser. Ini bukan camera DSLR biasa tapi camera Red Epic. Satu lagi fotografer, camera terkena laser konser ganti sensor 500 euro. Laser pointer apakah berbahaya bagi mata. Bentuk yang kecil ternyata tersembunyi bahaya yang merusak. Satu lagi proyektor laser hati hati dengan sensor camera. Perangkat LIDAR dan laser pembersih tato juga merusak sensor camera

Dari Nikon menjawab, gunakan cairan pembersih khusus lensa. Cukup 1 sampai 2 tetes saja. Hindari menyentuh permukaan lensa untuk dibersihkan. Gunakan spray brush dengan tekanan udara untuk membesihkan debu. Jangan gunakan tissue, semakin sering disentuh permukaan lensa perlahan akan rusak



Berapa biaya service di Nikon Service Center dengan garansi resmi. Biayanya cukup terjangkau, karena camera perlu masuk service setelah 2 tahun dipakai. Lama service camera hanya 3 hari di Nikon Service Center.


Ada yang mengatakan 100, tetapi hidup sampai 200. Ada yang menyebut 100 tapi sudah blep di 50 ribuan sudah ngaco. Melihat berapa kali shutter sudah dibuka di camera untuk jumlah total jepretan camera. Coba hitung berapa banyak camera anda membuat foto.



No popular articles found.