Pesawat dengan sayap tipis Transonic Truss-Braced Wing membuat pesawat hemat bahan bakar


Kategori : Technology | Date : 10 January 2019
Transonic Truss-Braced Wing rancangan sayap dalam disain konsep Boeing. Memberikan pesawat lebih hijau karena hemat bahan bakar tapi lebih cepat

Membantu pesawat komersil terbang lebih cepat dan dapat mendekati kecepatan 0,8mach atau dibawah 955km perjam

Transonic Truss-Braced Wing / TTBW membantu pesawat komersil terbang lebih tinggi. dengan dukungan doya dorong dan sudut sapuan sayap yang disesuaikan.

Beberapa disain konsep pesawat ingin membangun pesawat dengan kecepatan supersonik. Seperti mengulangi keceaptan pesawat Concorde yang mampu terbang diatas kecepatan suara.

Tetapi pesawat supersonik boros bahan bakar, dan menampung lebih sedikit penumpang. Sementara pesawat jet tempur mampu terbang di kelas sub-sonik dirangan dengan struktur lebih kuat.

Boeing ingin membuat lebih nyata, yaitu penerbangan transonik atau mendekati kecepatan suara agar pesawat lebih cepat dan hemat bahan bakar. Sayangnya pengembangan pesawat transonik tidak banyak dilakukan, dan lebih banyak konsep dengan pesawat supersonik.

Pesawat terbang yang mencapai batas kecepatan suara, ketika mencapai 1Mach / 1235km perjam.

Sedangkan sebuah pesawat jet komersil rata rata memiliki kecepatan maksimum 0,84- 0,85 mach terbang konstan di ketinggian. Dan ditambah dorongan angin kadang dapat melaju diatas kecepatan suara. Walau hitungannya relatif hanya dari jarak di darat.

Mengapa pesawat dirancang dibawah kecepatan tersebut.

Dalam rentang kecepatan 0,8 mach - 1,2 mach, bagian ini dikenal dengan transonik. Dimana efek supersunik pada sayap mulai terbentuk.
Artinya pesawat tetap dirancang dengan di rentang kecepatan sebelum menembus penghalang suara. Dan ditandai dengan peningkatan hambatan udara, dan faktor lain yang menekan kekuatan struktur sebuah pesawat udara.



Jadi Insinyur lebih memilih merancang pesawat untuk transonik, pesawat hanya terbang mendekati kecepatan suara saja.

Rancangan sayap TTBW dirancang agar pesawat melaju sampai 0,7 - 0,75 mach saja atau sampai kecepatan maksimum 895km perjam.
Masih dibawah rentang batas supersonik 0,77 mach
Dibutuhkan rangka baru, disain sayap dan terintegrasi dari disain untuk keecpatan dan ketinggian. Sayap dapat dibuat lebih tipis untuk mengurangi daya hambat udara.

Tujuannya bukan hanya membuat sayap pesawat lebih baik. Tetapi sayap dirancang ramah lingkungan, dan tidak menghasilkan suara bising setidaknya lebih rendah 72desibel dari standar FAA.
Manfaat lain dapat menurunkan 72% emisi nitrogen oksida dan menurunkan konsumsi bahan pesawat sampai 70%.

Dibawah ini rancangan sayap pesawat Boeing yang disebut Transonic Truss-Braced Wing

Pesawat dengan sayap tipis Transonic Truss-Braced Wing membuat pesawat lebtih cepat

Setelah teknologi chip 3D Nand atau dikenal dengan TriCell TLC. Kapasitas chip storage dapat ditingkatkan dengan ukuran keping yang sama. Kemajuan teknologi chip NAND berdampak dengan harga, biayanya lebih murah. Membuat SSD saat ini semakin terjangkau. Tahun 2022 atau 5 tahun kedepan akan berbeda. Harga chip NAND semakin murah.

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan untuk mendarat di bandara lain.

Pengembangan mesin AC telah berusia 100 tahun. Mengambil tenaga dalam proses pendinginan. Tapi teknologi baru dari peneliti Singapura NUS membuat mesin pendingin berbasis bahan air. Lebih hemat 40% konsumsi listrik di daerah tropis



Beberapa rancangan pesawat ruang angkasa, Solar Express mampu terbang ke Mars dalam 2 hari. Pesawat ruang angkasa masa depan tidak mengunakan bahan bakar konvensional. Beberapa rancangan pesawat lebih banyak mengunakan roket fusi atau roket anti matter.

Melihat sayap pesawat modern agak melengkung. Apakah sayap pesawat akan rusak dan patah bila mendapat tekanan sangat besar. Airbus A350-1000 terbang perdana, mulai masuk armada perusahaan penerbangan tahun depan

Beberapa tahun lagi akan tampil pesawat supersonic komersil. Mampu terbang dengan kecepatan 1,6 mach. Satu yang terbesar dirancang oleh Locheed mengunakan 3 mesin dan menampung 80 penumpang

Amerika tahun lalu memiliki jadwal 9,8 juta penerbangan. Dibanding pesawat jaman dulu yang mengunakan kontrol manual. Teknologi pesawat saat ini mengunakan teknologi digital. Pilot hanya perlu mengawasi instrumen  ketika auto pilot diaktifkan.


No popular articles found.