Bintang R Aquarii biner yang saling bertarung


Kategori : Science | Date : 14 December 2018
Mengunakan instrumen teleskop Spere yang dipasang di teleskop besar VLT.

Gambar ini memperlihatkan pertarungan 2 bintang R Aquarii terletak di konstelasi Aquarius.

Jauhnya 650 tahun cahaya dari Bumi.

Cerita dari gambar ini, ada 2 bintang biner. Satu bintang katai putih yang sudah mati. Satu lagi bintang raksasa merah atau super red giant star.

Bertahun tahun peneliti ESO telah mengamatai kedua bintang. Bintang raksasa merah ini disebut Variabel Mira dimana sebuah bintang mulai tampak berdenyut hingga cahayanya mencapai 1000x lebih terang dari matahari.

Setiap pulse terjadi, ada sesuatu seperti mengembang keluar dari bintang begitu terang. Terlihat denyutan dari kedua bintang terjadi setiap tahun sekali.
Sebagian gas yang mengembang tertarik dan keluar dari bintang besar masuk ke dalam bintang lebih kecil. Dan bintang katai putih juga melemparkan materi bintang seperti membentuk percikan atau kiliatan cahaya.

Dengan peralatan Sphere kedua ulah bintang dapat terlihat lebih jelas

Bintang R Aquarii biner yang saling bertarung

Penjelasan dari 2 bintang R Aquarii

Bintang kerdil katai putih yang berdekatan dengan raksasa merah menarik materi gas dari bintang yang lebih besar.



Sehingga melemparkan sesuatu yang aneh kata peneliti. Suatu hari nanti, si bintang raksasa merah akan kehabisan gas hdrogen dan berhenti disana.

Entah kapan akan terjadi dan mungkin jutaan tahun kedepan, bintang merah nantinya akan habis lalu lenyap dan tertinggal menyisakan bintang katai putih saja.

Bintang katai putih atau bintang kerdil tersbut adalah bintang yang lebih panas. Walau ukuran lebih kecil massanya lebih padat. Katai putih terus mencuri materi dari bintang raksasa mengunakan gaya tarik gravitasi yang kuat. Dan materi yang diserap dilemparkan (dimuntahkan) kembali ke ruang angkasa.

Ketika gas terhisap masuk ke bintang lebih kecil, muncul cicin gas hidrogen di permukaan katai putih. Dan memicu ledakan termonuklir yang disebut seperti kilatan cahaya. Ledakan tersebut juga melemparkan materi gas ke luar dari bintang.

Kejadian sebenarnya dalam ilustrasi gambar seperti dibawah ini

Bintang R Aquarii kembar

Dengan peralatan SPHERE (Spectro-Polarimetric High-contrast Exoplanet Research) para peneliti dapat menangkap gambar utama yang digunakan untuk pencarian planet.

Tim astronomi ESO Eropa memberikan judul dari gambar dibawah ini berjudul Berdansa dengan musuh.


Mengunakan data ESA dari teleskop Gaia, astronom Brasil menlihat ada 3 cluster bintang baru. Disebut UFMG 1, UFMG 2 dan FMG 3, berada di lengan galaksi Sagittarius sebagai salah satu lengan bintang yang ada. Pembentukan cluster bintang tersebut masih di telusuri, mungkin ada kelompok lain.

Ukuran bintang kerdil umumnya hanya ditemukan planet berbatu seperti planet seukuran Bumi atau lebi kecil. Karena sebuah bintang kerdil yang memiliki ukuran mungil tidak akan memiliki kelebihan bahan untuk membentuk planet yang besar. Planet NGTS-1b seharusnya tidak ada disana



Peneliti mengatakan ada hubungan antara magnetik bintang dengan sinar X yang dipancarkan. Ketika bintang berusia muda, mereka masih aktif secara magnetis, dan membuat putaran bintang lebih cepat. Seiring jalan, bintang mulai kehilangan energi rotasi.

Sebuah bintang kerdil berwarna coklat ditemukan seorang ilmuwan amatir. Tapi dia tidak melihat dengan teleskop ukuran besar. Sebuah bintang kerdil ditemukan dari program Backyard Worlds: Planet 9. Modalnya hanya melihat foto, tapi dapat menemukan bintang kerdil.

Sebuah bintang IPTF16gau meledakdan menjadi sebuah supernova. Tetapi bintang tersebut terlihat sangat jauh, tapi muncul dengan intensitas 50x lebih terang.

Astronom menemukan bintang mengorbit ke sebuah bintang putih, tapi kecepatannya luar biasa. Ada yang aneh dengan bintang ini. Lubang hitam yang disebut X9 menarik materi gas dari bintang pendamping dan lubang hitam terkunci sampai 0,1% kecepatan cahaya

Tim ASAS-SN bahkan tidak terlalu yakin apakah cahaya yang mereka dapatkan berasal dari sebuah supernova. Bila benda tersebut adalah ledakan bintang supernova, menjadi ledakan paling kuat saat ini. Bila dihitung ledakan cahaya tersebut mencapai 570 miliar kali lebih terang dari matahari, dan setara 20 kali lebih terang dari sumber bintang di galaksi Bima Sakti.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun



Beatriz Villarroel mencari sebuah bintang dari data USNO-B1.0 yang mendadak hilang. Lenyap dari 290.000 sumber bintang yang diteliti dan menghilang begitu saja tanpa jejak. Mengapa yang satu ini menghilang. Sampai Beatriz mengatakan jangan jangan ini ulah alien

Bintang biner ini lari begitu cepat di sekitar galaksi kita. Disebut bintang PB3877, bukan satu bintang tetapi dua bintang kembar, dan lari dengan kecepatan sendiri di sekitar orbit galaksi kita. Disebut sebagai Hyper-velocity star , bintang Hyper Speed, atau bintang hipe yang jalan sendiri diluar orbit bintang lain.

Alam semesta ini unik, hal yang tidak biasa dapat terjadi. Tidak selurunya selaras, ada bintang yatim, bintang biner. Satu lagi kelompok bintang M10 atau Globular Cluster NGC 6254. Kelompok bintang ini kadang menyebrang dari bawah ke atas dan kembali turun ditengah tengah galaksi kita.



No popular articles found.