Teknologi uang digital lebih banyak di dua negara


Technology | 11 June 2019


China Juni 2019

Membeli sayur di pasar Qingdao China. Tidfak perlu membayar dengan uang kas, cukup mengunakan smartphone.

Sejak tahun 2017, banyak yang tidak mau repot mengunakan uang tunai.

Sistem pembayaran ditangani oleh aplikasi Alipay, atau Wechat Pay. TIdak sampai disana, tuna wisma juga mengunakan kode QR untuk mendapat sumbangan.

Transaksi uang digital di China sampai ke tukang sayur

Tidak heran ketika 10 tahun lalu butik premium sekelas Armani, Vuitton dan Zegna mengambil pasar di China.

Dampak positif dan negatif dalam sistem pembayaran, membuat pemerintah China khawatir perusahaan Fintech menekan terlalu besar ke bank konvensional.
Di khawatirkan perusahaan cashless tersebut mematikan bank dan mengambil alih sistem keuangan.
Sampai dibuat aturan, sistem perusahaan cashless harus menjadi mitra bank konvensional dibanding menjadi pesaing.

Pembayaran uang digital dengan Smartphone tidak lama.
Alipay dan WeChat Pay, rua jaringan pembayaran terbesar berlomba memasang sistem pengenal wajah.

Desember 2018, Ant Alipay yang dimiliki grup Alibaba dengan 700 juta penguna aktif, mulai memasang sistem pembayaran dengan pengenal wajah di kasir
Awal 2019 Ant Alipay mengeluarkan perangkat pengenal wajah dengan ukuran lebih kecil dari iPad Mini, ditawarkan ke merchan hanya $290.


WeChat Pay mengunakan QR, serta sistem pemindai wajah.



Transaksi uang digital China dengan pengenal wajah

Ant Alipay dan WeChat Pay hanya mengenakan sedikit biaya dari sistem pembayaran.
Maret 2019, Ant Alipay juga mensubsidi $434 juta perangkat agar digunakan lebih banyak oleh merchant serta memberikan diskon bagi penguna.

Belum diketahui berapa banyak penguna, tetapi rumah sakit, toko grosir sampai mesin otomatis saja sudah dipasangkan alat dengan pengenal wajah.
Teknologi camera 3 dimensi dapat menangkap biometrik untuk memeriksa wajah pemilik akun.

Swedia November 2018
Uang tunai hampir punah di Swedia, kabar yang mungkin lucu untuk di dengar.

Diperkirakan pada tahun 2025, setengah toko ritel akan mengunakan teknologi cashless atau pembayaran non tunai. Dan tidak menerima pembayaran uang tunai lagi di kasir mereka.

Perkiraan lain, bank tidak banyak menerima setoran tunai di teller.

Era digital membuat uang kertas seperti barang usang.

Penduduk Swedia sudah terbiasa mengunakan uang elektronik atau uang digital.

Membayar dengan kartu atau mengunakan ponsel atau membeli barang online populer karena kemudahannya. Swedia salah satu negara dimana uang tunai semakin langka bagi penduduk.

Transaksi uang digital

Transaksi uang tunai bagi penjualan di toko hanya membebankan bagi karyawan.
Bila dihitung, 1% pelanggan mengunakan uang tunai. Tapi karyawan harus menghitung uang untuk dirapikan, disetor dan menghabiskan 15% waktu mereka.



Patrick Burstein seorang manager senior restoran Hot Dog seharga 50 sen. Mengatakan kepadai NYC bila ada pelanggan membeli makanan kecil dan membayar dengan uang tunai, lebih baik diberikan gratis dibanding menerima pembayarannya.

Lebih baik memberikan menu gratis kepada pelanggan untuk menghindari waktu terbuang ketika menghitung dan memberi kembalian..
Kami menghabiskan lebih banyak sumber daya untuk presentasi sangat kecil darai pelayanan kami.
Kesan tersebut bukan berarti restoran tersebut tidak mau menerima uang tunai. Hanya memberi kesan akan lebih baik pelanggan membayar dengan uang elektronik. Layanan lebih cepat, pembayaran tanpa pengembalian, dan antrian dapat lebih singkat.

Tidak semua setuju mengunakan uang digital. Khususnya pensiunan atau senior, mereka masih lebih nyaman mengunakan uang tunai. Setiap penduduk Swedia mendapatkan uang pensiun.
Termasuk orang yang pernah bekerja di Swedia dan di relokasi ke negara lain.
Negara dengan tingkat kesehatan nomor 5 teratas dala angka kematian bayi terndan. Dan peringkat harapan hidup tinggi , serta air minum yang aman.
Layanan kesehatan penduduk Swedia ditanggung oleh negara. Dan masyarakat dikenakan biaya minimal.

Penduduk negara Swedia sekitar 10 juta orang, kurang dari 1/2 penduduk kota Jakarta.

Bila dihitung-hitung, sekitar 1 dari 10 penduduk Swedia belum sepenuhnya nyaman mengunakan uang digital.

Disisi lain, 1 dari 5 penduduk Swedia tidak lagi mengunakan ATM. Karena semua pembayaran dapat dilakukan dengan kartu, smartphone atau computer
Bila menanyakan ke beberapa orang Swedia, seberapa sering mereka membayar dengan uang tunai. Diantaranyaada yang menjawab sudah tidak lagi mengunakan uang tunai.

Begitu cepat pengunaan uang digital, membuat pemerintah Swedia menahan sejenak.
Sambil menelaah dampak pengunaan uang digital.

Ada beberapa pertimbangan bila suatu hari uang tunai menjadi langka dan masyarakat tidak mau mengunakannya lagi.
Dampaknya akan terjadi perubahan besar dan implikasinya ke pada masyarakat dan ekonomi.

Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah Swedia mendukung pengunaan uang digital dari uang tunai.
Sekarang kembali meminta bank serta toko belanja tetap mendukung tersedianya layanan uang tunai kembali.

Beberapa alasan diperlukan uang tunai, bagaimana bila terjadi jaringan listrik padam atau sistem computer bermasalah.
Bahkan bila terjadi peperangan, tentu uang tunai kembali digunakan.

Kenyataan dalam perekonomian, uang digital lebih menguntungkan bagi bank.
Karena bank mendapatkan keuntungan dari biaya yang melekat pada kartu debit, kredit dan aplikasi pembayaran..

Berita menarik lain dengan perampokan bank (bukan kejahatan skala besar), sebelumnya bank harus melindungi uang mereka atau uang nasabah.
Tahun 2008 tercatat 210 kejadian perampokan di bank Swedia. Tahun 2017 dan 2018 hanya 16 dan 2 kejadian saja.

Cepat atau lambat, negara tersebut akan menjadi negara cashless. Tetapi tetap membuka layanan pembayaran uang tunai untuk cadangan transaksi.

Berita terkait
Mediatek menganti nama Helio ke Dimensity di jajaran procesor 2020 dengan dukungan 5G. Terbaru Mediatek Dimensity 1000L dengan arsitek ARM Cortex A77 lebih cepat dari Saapdragon 765G procesor smartphone tercepat (Mei 2020). Procesor 5G pertama Dimensity 1000 high end procesor smartphone. Dimensity 820 mid range 5G. Dibuat dengan teknologi 7nm, lebih rendah dengan Cortex A77, A76 dan A55

Satu lagi antena DSN 23 untuk komunikasi radio dan laser di ruang angkasa. Yang ini bukan komunikasi biasa seperti komunikasi satelit dan pesawat, tapi untuk komunikasi pesawat ruang angkasa. DSN atau Deep Space Network adalah sistem antena yang berada di 3 negara. Sekarang dipasangkan VPN untuk perlindungan peretas. Biaya terlalu besar bila diganggu.



Beberapa teknologi, layanan akhirnya mundur di tahun 2015. Termasuk smartphone Amazon, Windows media center, sampai baterai penganti yang tidak lagi dilirik oleh penguna. Siapa yang membutuhkan baterai backup. Jaringan 4G tidak lama pindah lagi akan ke 5G. Plasma TV yang boros power sudah lenyap.

Apa yang menarik dari internet di China, salah satu minim jalur internet untuk keluar negeri. Uniknya sistem jaringan Intranet raksasaChina  tersebut mampu berdiri sendiri dan dirancang berbeda dari jaringan internet di seluruh negara. Seandainya ada serangan dari luar sampai blokade internet global. Sebagian besar dengan kontrol ketat bagi penguna dalam negeri.

Perubahan nama menjadi tanda bahwa perusahaan sedang bersiap melakukan hal pergantian nama itu. Ketidakpastian tentang sengketa perdagangan AS / Cina dan kekurangan CPU Intel membuat harga memori terendah yang pernah kami lihat selama bertahun-tahun. Toshiba pada Juli 2019 mengumumkan rencana untuk mengubah nama menjadi Kioxia.

Amerika memproduksi Plutonium-238 dalam jumlah lebih banyak. Fasilitas nuklir Federal yang diperbaharui di Idaho dan Tennessee membuat Plutonium-238. Untuk apa bahan Plutonium-238, pastinya untuk misi ruang angkasa. Mengapa bahan ini penting untuk ilmu pengetahuan.

Ketika anda membeli monitor. Apakah anda membaca keterangan tipe layar. Tipe panel monitor LCD terbagi 2 fungsi pemakaian, untuk profesional atau kecepatan frame rate. Di tahun 2018, pengunaan jenis panel monitor dengan panel IPS dan TN, panel VA terlihat tidak banyak dipakai saat ini. Tapi ada beberapa varian dari produsen panel monitor



Bila orang terkaya di dunia sebagai dermawan yang menyumbang sebagian kekayaannya, sebesar apa dana yang diberikan. Ada 10 orang terkaya dunia yang begitu dermawan. Tetapi Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia harus turun ke nomor 2, untuk orang paling dermawan di dunia dia tetap nomor 1

Gojek dikabarkan mendapat dana dari grup perusahaan Tencent China. Tencent adalah perusahaan raksasa internet di China. Tencent berharap Gojek dapat menyaingi Uber di pasar Indonesia. Traveloka mendapatkan investor dari Amerika

Ketika mahasiswa di luar negeri lulus kuliah, sebagian kecil dari mereka harus berhutang ke perguruan tinggi. Bagaimana dengan mereka yang tidak pernah masuk kampus, apakah mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan jauh yang lebih tinggi. Ada pekerjaan dengan penghasilan jauh lebih tinggi dibanding lulusan universitas.




No popular articles found.
< /body>