Pesawat jet F-35 Lightning II teknologi Stealth Fighter generasi ke 5


Kategori : Stuff | Date : 22 November 2018

Pesawat F_35 Lightning II atau Joint Strike Fighter JSF, lebih dikenal dengan F-35 saja.

Lockheed Martin F-35 Lightning II memiliki disain berbeda-beda. Kemampuan jarak jelajah, teknologi, atau sistem pendarat.

Tipe tempur F-35 terbagi 3 disain pesawat.





F-35A dapat tinggal landas dan mendarat di landasan konvensional - CTOL
Penganti F-16 Fighting Falcon milik Angkatan Udara Amerika mulai 2011.
Teknologi sensor canggih, kemampuan mengisi bahan bakar di udara.
Hanya model F-35A memiliki persenjataan canon internal, masuk kategori untuk pertempuran di udara.
Tapi pesawat dirancang tanpa perlu mengambang di udara, dan tidak dibutuhkan untuk angkatan udara Amerika.
Jumlah pesanan F-35A diperkirakan mencapai 1700 unit pesawat.

F-35B dapat tinggal landas di landasan pendek, dan mendarat vertikal - STOVL -  short takeoff/vertical landing
Mengantikan kemampuan pesawat AV-8 Harrier II dan F-18 Hornet milik korps Marinir Amerika.
Berada di gugus paling depan dengan kemampuan mendarat dan mengudara di landasan pendek. Menyerang sedekat mungkin ke garis musuh dan kapal ampibi atau landasan terdekat.


Memiliki tempat persenjataan dan ruang tangki bahan bakar lebih kecil. Memiliki kemampuan pengisian bahan bakar di udara.
Salah satu pesawat dengan kemampuan mengambang di udara.

F-35C dirancang berada di kapal induk, penganti bertahap dari F-18 Hornet sebagai pesawat utama kapal induk Amerika.
Mengantikan semua varian F-18 Hornet mulai tahun 2012. Menjadi teknologi tercanggih dari 2 varian lain.
Teknologi tinggi jammer, peluncuran melalui ketapel di kapal induk, kapasitas tanki bahan bakar lebih besar (20 ribu pound), pengisian bahan bakar di udara.
Kemampuan mendarat dengan kecepatan lambat seperti di landasan kapal induk, memiliki sayap lebih lebar, membawa beban lebih besar.
Disain struktur pesawat lebih kuat karena kebutuhan stress badan pesawat dalam pendaratan di kapal induk



Ketiga jenis F-35 A B C memiliki kesamaan 80% pada disain, perbedaan sebagian lain dirancang untuk masing masing kebutuhan pada penempatan pesawat.

Mengunakan mesin Pratt & Whitney F13s dengan afterburning turbofan.

Kecepatan pesawat mencapai 2065km perjam maksimum. Jarak jangkau dengan internal bahan bakar 2.220km.

Mampu membawa persenjataan rudal udara ke udara, udara ke darat, tipe bom Mark dan MK, serta kedepan untuk persenjataan bom nuklir.

F-35 dirancang untuk satu pilot. Tetapi pesawat F-35 memiliki kemampuan tidak terlihat radar.
Pesawat F-35 tidak memiliki tangki bahan bakar di luar badan pesawat, dan mengandalkan internal tangki karena kebutuhan disain Stealth fighter. Termasuk persenjataan akan disembunyikan di bagian bawah perut pesawat.

Hanya kebutuhan tertentu seperti terbang rally, F-35 dapat membawa bahan bakar tambahan dengan external tank.
Dengan pilot tunggal dan mesin tunggal, pesawat memiliki software untuk mengumpulkan data intelijen.

Seperti pesawat mata mata yang terbang di angkasa. Disain pesawat memiliki teknologi dengan satu tombol untuk melihat camera dibawah pesawat dan terbuka serta mengambil data yang ada.

Kemampuan teknologi lain dari teknologi pesawat yang dapat mengambang di udara secara otomatis. Sehingga pilot tidak disibukan untuk mengendalikan pesawat dan memusatkan pada target pertempuran. Sistem pesawat termasuk.

    Flight controls
    Radar functionality
    Communications, navigation and identification
    Electronic attack
    Sensor fusion
    Weapons deployment

Sensor radar dapat melihat pesawat yang mendekat, termasuk radar objek dan cuaca yang terlihat langsung pada kokpit.

Pada badan pesawat ditempatkan 6 camera infra merah untuk melihat 360 derajat. Dengan pencitraan inframerah, thermal dapat menditeksi objek yang berada dibawah awan. Dan visual akan terhubung langsung ke helm pilot. Jadi pilot cukup melihat ke arah kiri dan kanan untuk melihat sisi sampai ke sisi belakang pesawat walau secara visual terhalang oleh ruang kabin.
Seperti melihat arah peluncuran rudal yang terditeksi panas ke arah pesawat, pilot mampu melihat arah rudal yang ada di belakang. Atau melihat kondisi siang dan malam secara realtime langsung dari helm.



Teknologi jet fighter generasi ke 4 sebelumnya memerlukan 6 panel (layar) yang menunjukan semua instrumen, posisi radar musuh dan lainnya.
Tetapi di F-35 sebagai pesawat generasi ke 5, seluruh kebutuhan informasi disatukan dalam satu layar.

Ketika terbang bersamaan, 4 unit F-35 dapat otomatis saling terhubung dan berbagi informasi. Pilot tidak perlu melakukan kontak radio untuk berbicara untuk menutup frekuensi radio.

Salah satu perangkat termahal adalah helm untuk pilot F-35. Nilainya lebih mahal dari sebuah mobil super-car. Dapat terhubung ke beberapa perangkat computer pesawat.

Oktober 2015
Video ini pertama kali pesawat tipe F-35B melakukan manuver mengambang di Fort Worth. Model sama seperti F-35 hanya yang satu ini adalah pesawat varian terbaru. Pesawat Stealth Fighter F-35 sudah dibuat dalam 3 model (sejauh ini). Dari model standar F-35, varian F-35A dan terakhir yang dibawah tipe F-35B

Terlihat pesawat takeoff hanya membutuhkan landasan beberapa puluh meter saja, dan pesawat sudah bisa mengudara. Dan diam ditempat mempertahankan kestabilan di udara seperti mengambang.

Pesawat pertama kali mengambang tipe F-35B

Pesawat seperti ini kabarnya dibuat sekitar 2400 pesawat, menghabiskan biaya 400 milyar dollar dan paling canggih dalam teknologi.



F-35C
Adalah model pesawat Navy Stealth Fighter.

Update terbaru pesawat tempur ini dapat membawa beberapa persenjataan. Menjadi pesawat tempur dirancang untuk mendarat di kapal induk. Pesawat F-35C berbeda dibanding varian lain sebelumnya, dengan sayap bisa di lipat agar memudahkan masuk ke deck kapal. Sayap dibuat lebih besar dan roda pesaawat lebih kokoh.

Pesawat mampu terbang lebih jauh, dengan tangki bahan bakar lebih besar.
Angkatan laut Amerika berencana membeli 450 pesawat F-35C untuk mengantikan pesawat F-18 A, B, C dan D tipe Hornet.

Sistem kendali pesaawat dilengkapi instrumen layar sentuh.

Pesawat tipe F-35C dirancang untuk kapal induk


November 2018
19 November 2018 lusinan pesawat F-35 melakukan latihan kekuatan tempur di pangkalan udara Hill Utah.

Terdiri dari 388 Fighter Wing dan unit cadangan 419 ikut berpartisipasi.

Seperti gambar dibawah ini terlihat 35 unit jumlah pesawat F-35, harga satu pesawat paling murah 48 juta dollar.

Total pesawat yang berbaris ini mencapai 1,68 miliar dollar. Ambil saja kurs 10.000 perdollar, maka tidak kurang dari 16,8 triliun ada di landasan ini.
Karena harga satuan dari F-35A mencapai 48 juta, F-35B dan F-35C sekitar 62 juta. Belum termasuk peralatan.

Pesawat tipe F-35 berbaris

Pesawat melakukan tinggal landasan dalam waktu 20-30 detik. Untuk menguji kesiapan tempur armada F-35 Lightning II.

Latihan Angkatan udara Amerika melibatkan beberapa pesawat termasuk helikopter, tapi pada hari Senin mengunakan F-35 Joint Strike Fighter JSF.



Serangan pesawat jet F-35 termahal di dunia ini terakhir digunakan untuk sasaran di Afghanistan bulan Oktober 2018. Pesawat tinggal landasan dari kapal amfibi USS Essex.
Data terakhir, Amerika memiliki jet tempur siluman F-35 sebanyak 156 pesawat untuk angkatan udara (Air Force), 61 pesawat Marine Navi dan Navy 28 pesawat.

Dibawah ini disain F-35 dan perbedaan dari masing masing kebutuhan angkatan udara dan angkatan laut Amerika

Pesawat tipe F-35 untuk 3 pasukan Marine, Navy dan Air Force

Maskapai Emirates Quantas Qatar Airways memiliki rute penerbangan nonstop 14000km. Rute dari Dubai dan Doha ke Auckland Selandia baru, Perth Australia ke London Inggris. Pesawat dengan nomor UAE448 mengunakan Airbus A380, Quantas Dreamliner 787 Maret 2018 dan Qatar Boeing 777 jarak 14.539km. Singapore Airlines 15.000km Singapura ke Amerika Nonstop 19 jam perdana 11 Oktober 2018 hanya 17 jam 25 menit

8 pesawat melakukan perjalanan time travel. Pada tiket tertera berangkat 1 Januari 2018, tapi mendarat pada tanggal 31 Desember 2017.
6 pesawat berangkat bersamaan dari Taipei menuju Amerika, dan 2 pesawat dari Auckland dan Polynesia

Lockheed Martin MQ-25 pesawat drone ini bukan untuk peperangan. Disain pertama disebut RAQ-25 sebelum diganti menjadi MQ-25 Stingray. Tapi sebuah drone pengisian bahan bakar di udara. Lockheed Martin MQ-25 stingray akan mendukung pengisian bahan bakar di udara untuk pesawat F-A 18 Super Hornet.



Maskapai Nordic Finnair memiliki pesawat dengan nomor unik AY 666 kemarin terbang ke HEL. Bila tertulis akan terlihat nomor pesawat 666 to HEL. Bahkan terbang pada tanggal 13 hari Jumat jam 13.

Jet tempur Mig-35 menjadi sukses seri Fulcrum. Siap tampil tahun 2019, dengan kemampuan terbang 2,2 mach atau setara 2.400km perjam. Harga Mig-25 relatif lebih murah dibanding jet tempur lain. Salah satu kecanggihan jet tempur Mig 35 dapat dipasang bom pemandu yang akurat.

Pesawat L-15B dirancang untuk satu pilot untuk menghemat berat. Mampu membawa persenjataan seberat 3 ton dengan 9 hanger di badan dan sayap pesawat.Pesawat dapat dipasangkan rudal udara ke udara untuk anti pesawat tipe PL-12 jarak jauh, dan rudal infrared PL-10. Jarak jangkauan pesawat sekitar 500km dengan tangki bahan bakar tambahan.

Pesawat B-21 adalah pesawat pembom strategis, memiliki bentuk pesawat pembom siluman seperti B-2 Spirit. Tapi memiliki multi fungsi untuk pertempuran modern, seperti pusat kendali drone, pengambil data intelijen tempur dan pesawat pencegat.



Mig 25 adalah jet tempur tercepat kedua di perang dingin. Ketika terungkap oleh barat, akhirnya diketahui pesawat tersebut bukan pesawat jet tempur biasa. Memiliki kecepatan 2,8Mach dan maksimum 3,2 Mach. Tidak ada yang bisa mengejar bila pesawat dipacu dengan 2 mesin jet Tumansky R-15. Sampai barat semua teungkap setelah barat membuka isi pesawat

Pasangan pendaki memalsukan foto pendakian ke Everest, sampai diberitakan oleh media. Akhirnya diketahui mengunakan photoshop, ide menarik. Tapi apa yang menyebalkan, pemilik foto asli mengetahui fotonya di utak utik, dan pemerintah Nepal melarang keduanya mendaki ke Everest 10 tahun.

Ada adalah suara di pesawat yang tidak pernah kelihatan dari pesawat jet tempur Hornet F A-18 atau F-18. Suara peringatan di cockpit pesawat, suaranya memberi peringatan mengerikan adalah suara dari Betty yang disebut Bee si tawon. Membuat pilot pesawat tempur lebih waspada dibanding melihat instrumen statis.

Pesawat jet bomber Tupolev Tu-22m dijuluki oleh Nato Backfire. Ini adalah pesawat pembom supersonik dengan sistem sayap ayun atau dapat dilipat. Kecepatan maksimum mencapai 2 Mach. Pernah masuk ke Swedia tapi tidak di respon oleh angkatan udara. Masih bertugas di Suriah bulan November 2015


No popular articles found.