Teknologi mesin Fax masih digunakan sampai hari ini


News | 19 November 2018


Tahun 2018
Mesin Fax ternyata masih ada dan tetap digunakan oleh kalangan usaha.

Perusahaan pengacara untuk dana jaminan komunitas di Brooklyn Amerika, sudah terbiasa mengunakan mesin fax.
Mengirim dokumen untuk proses jaminan dari orang yang bermasalah dengan hukum.
Ketika mesin fax rusak, tidak masalah karena petugas akan berusaha memperbaikinya

Dokumen fax dapat digunakan sebagai dokumen pendamping dari dokumen resmi yang akan disampaikan menyusul.
Walau di era digital, dokumen  dapat dikirim dalam bentuk foto. Tetapi keaslia sumber dokumen menjadi masalah.
Dengan teknologi konvensional, dokumen fax akan menyertakan nama, nomor telepon, dan jam diterima dari pengirimn.

Tahun 2017
Departemen kesehatan Inggris masih membeli sejumlah besar mesin fax.
Departemen NHS masih memiliki setidaknya 11 ribu unit mesin fax yang beroperasi untuk layanan kesehatan.

Tahun 2011
Kalangan bisnis dan rumah di Jepang masih mencintai mesin fax.

Mesin fax belum tergeser oleh teknologi lain untuk mengirim pesan atau surat.
Di Jepang, mesin fax tetap dimanfaatkan sebagai pengirim surat, pesanan, bahkan beberapa orang masih mengunakan mesin fax sebagai alat komunikasi.



Pendapat pemilik perusahaan properti, mengatakan perusahaannya mengunakan mesin fax setiap hari.
Karena bisa dipercaya dan pesan atau surat dipastikan sampai dan dokumen yang sama seperti dokumen asli.
Kalangan pemerintah tetap menyimpan mesin fax sebagai peralatan utama dikantor, 59% rumah di Jepang masih mengandalkan mesin fax.

Berbeda di Amerika, terakhir hanya tersisa 3% saja yang memiliki mesin fax.

Tahun lalu Intel pernah melaporkan, dunia usaha di Britain dari bisnis kecil dan menengah tetap memanfaatkan mesin fax.
Kendala teknologi mesin fax terbatas untuk mengirim dokumen untuk umum. Untuk dokumen bersifat pribadi, data personal tidak akan terproteksi seperti sistem email.

Untuk fungsi, mesin fax memang memudahkan dari sisi pengunaan. Bagi sebagian orang lebih cepat mengirim pesan via mesin fax, khususnya negara yang masih mendukung surat dengan keabsahan tulisan tersendiri atau dirumah tidak memiliki printer dan computer. Tinggal ditulis dengan tangan, masukan kertas ke mesin fax, dan pesan sampai.

Cerita mesin Fax.
Dahulu mesin fax berada di garis depan dalam teknologi komunikasi. Sekarang sudah berada di pilihan paling belakang.

Mengirim dokumen pemesanan, permintaan, atau surat tagihan dan adminstrasi telah diganti dengan sistem online, email, password dan aplikasi berbasis web dan smartphone.

Nama Fax atau Facsimile, kadang disebut Telefax atau Telecopying.
Mengabungkan  teknologi scanning printer, baik untuk text dan gambar. Sederhananya membuat duplikasi dokumen dari 2 mesin berbeda.
Mesin Fax di tahun 1990an sangat mahal, satu model yang canggih dapat mencapai 6 juta walau ketika itu kurs dollar ke Rupiah masih sekitar 8000an.
Sekarang mesin Fax seharga 1 juta kebawah untuk model sederhana seperti pemakaian kertas termal.
Kecuali model lebih canggih seperti sistem cetak laser atau tinta dan fitur lainnya lebih mahal

Cara kerja mesin Fax seperti perangkat scanner untuk mengirim gambar dokumen.
Penguna mesin fax memasukan selembar kertas yang akan dikirim.
Dan peralatan mesin Fax akan mengambil bentuk gambar dengan cahaya dan merubah menjadi sinyal digital
Tapi gambar yang sudah dibentuk menjadi sinyal digital dikembalikan ke data analog, sehingga sinyal dapat dikirim mengunakan jalur telepon biasa.
Kecepatan pengiriman data analog memang lambat, tapi cukup cepat untuk mengirim selembar kertas dan berpindah lalu di cetak mesin lain di tempat berbeda.

Keunikan cara kerja mesin fax, ketika si pengirim mulai menghubungi mesin fax lain.


Dan kertas mulai masuk ke mesin, maka di mesin lain akan mengeluarkan gambar copy yang sama.

Sampai mesin yang mengirim selesai, dalam beberapa detik hasil copy di mesin lain juga selesai membuat duplikasi dokumen.
Model mesin fax pertama memang harus ditunggu, dan pengirim harus memasukan satu persatu dokumen yang dikirim sampai selesai.

Perubahan teknologi mesin fax juga mengalami revolusi dengan teknologi digital.
Bagi sebuah kantor dapat memasukan semua dokumen yang akan dikirim, dan menyimpan dalam bentuk digital.
Setelah semua selesai , mesin mulai mengirim ke nomor yang dituju. Jadi tidak perlu menunggu, masukan dokumen, rekam data ke dalam mesin, selannutnya biarkan mesin berjalan sendiri dan bekerja mengirim dokumen sampai selesai.


Teknologi mesin Fax masih digunakan sampai hari ini

Dalam lembaga hukum, proses pengiriman dokumen menjadi lebih cepat dengan mesin fax.
Karena data dari surat cetakan mesin fax akan tercatat tanggal dan jam diterima, serta tertera asal nomor telepon pengirim sebagai sumber keaslian sebuah dokumen.

Dokumen digital belum diakui di beberapa negara, sehingga dokumen mesin Fax masih tetap dipertahankan.
Mesin fax sekarang lebih banyak mengunakan teknologi server digital. Sehingga dokumen dapat disimpan secara elektronik.
Era baru saat ini, bentuk fisik mesin fax sudah tidak terlihat. Hanya kantor besar masih mempertahankan teknologi pengiriman dokumen dengan mesin fax sesuai keperluan.

Mengirim pesan sudah dilakukan sejak saluran telegram sebagai awal teknologi mengirim pesan, Tahun 1847 yang dibuat oleh Alexander Bain asal Skotlandia.
Atau pembuat teknologi komunikasi pertama dari Thomas Edison dan Alexander Graham Bell yang menghubungkan komunikasi trans atlantik.

Teknologi akhirnya beralih, revolusi komunikasi mengunakan jalur telepon untuk mengirim pesan surat resmi.
DI tahun 1939 sebuah mesin fax digunakan perusahaan media untuk mengirim gambar koran ke seluruh dunia , tapi harus dilakukan 18 menit perlembar.
Itu adalah kecepatan paling cepat di era tersebut.
Tentu jangan ditanyakan dari teknologi di abad ke 21, kita dapat mengirim dokumen digital ribuan lembar dokumen digital dalam hitungan menit bahkan detik.

Mesin fax mendominasi teknologi pengiriman dokumen di era 1980 - 90an. Rata rata setiap kantor memiliki perangkat fax.
Sebuah kantor di Jepang dapat mengirim dokumen ke Amerika dalam hitungan menit. Sebagai proses awal dari bukti sebuah dokumen atau transaksi.

Kejayaan mesin fax berakhir, setelah teknologi internet tampil di era 90an. Berpindah dari dokumen scanner ke email sebagai penyerta pengiriman.
Walau teknologi mesin fax banyak mengalami perubahan dengan sistem analog ke digital. Dari pengunaan tinta, kertas thermal dan cetakan laser printing.

Jauh lebih mudah mengirim dokumen dengan gambar yang diambil dengan scanner dan dikirim mengunakan email. Dan dokumen dicetak oleh penerima.
Sekarang perangkat scanner juga sudah ditinggalkan, digantikan oleh camera digital yang jauh sangat mudah dan ada di semua smartphone

Mengirim gambar dokumen dari email juga tertinggal, dan penguna cukup membuat foto dengan camera smartphone untuk dokumen mengunakan aplikasi.
Dan terkirim dalam hitungan detik saja.

Berita terkait
Teknologi smartphone tahun 2020. Camera In Display tidak akan siap tahun 2020 ini. Layar refresh tinggi antara 120Hz atau lebih, Gimbal camera smartphone di Vivo X50, Hyrid zoom camera smartphone zoom dan lensa periskop. Tahun 2020 Samsung GW dengan 100MP. Camera smartphone sebelumnya 64MP dari Samsung ISOCELL 64MP tahun 2019.

Qualcomm Snapdragon X60 mendukung mmWave 6Ghz, download di smartphone 7,5Gbps. Qualcomm SD X55 chip 5G dengan 7Gps untuk download dan 3 Gigabit untuk upload. Snapdragon X52 terintegrasi di chip procesor. Chip Tiger T7520 dari Chian generasi ke 2 untuk 5G bagi smartphone murah. Sementara jaringan 5G membuat smartphone lebih boros baterai.



LPDDR5 untuk RAM smartphone tampil tahun 2020, mengapa dibutuhkan RAM model baru. Double speed, serta storage UFS 3.1. Saat ini Samsung memproduksi. UFS 3 lanjutan dari UFS 2 untuk storage smartphone. Dikembangkan lebih universal kecepatan tranfer dari 1,2GB/s UFS 2.0 menjadi 1,45GB/s di USF 3.0. Februari 2019, Toshiba telah menyiapkan memory NAND UFS 3.0

Harddisk ePMR bertahan sebelum diganti sepenuhnya dengan teknologi storage baru MAMR dan HAMR. Kapasitas harddisk 18TB atau 20TB. HAMR tahun 2018 mulai dari 18TB. Seagate siap dengan harddisk HAMR pertama memundukan jadwal teknologi harddisk HAMR. Seagate telah mencapai  kerapatan 3TB di satu plat harddisk. WD mengatakan MAMR lebih murah

WIFI 6e diumumkan mengunakan 6Ghz. Penganti WIFI 802.11ac adalah WIFI 802.11ax, seberapa cepat WIFI ax. Menawarkan kecepatan 4x dari generasi sebelumnya. Grup aliansi WIFI membuka program sertifikasi WIFI 6, setidaknya sudah masuk beberapa chip untuk koneksi WIFI yang disertifikasi

Kabel Equiano memiliki kecepatan 20 kali lebih besar dibanding jaringan kabel yang telah ada saat ini. Equiano adalah jaringan kabel bawah laut yang menghubungkan 2 benua. Kali ini kabel tidak melintas antar benua, hanya melintas di pinggir benua dan menghubungkan negara negara di wilayah Barat.

Pager adalah layanan panggilan kuno akhirnya ditnggalkan di Jepang. Tampil sebagai teknologi informasi pengirim pesan melalui sinyal radio. Teknologi ini praktis karena satu satunya alat untuk menghubungkan seseorang di jamannya. Setelah Tokyo Telemessage akan menutup layanan mereka.



Banyak pembeli memilih smartphone dengan ukuran , disain, berat. Smartphone terbaru kembali memiliki masalah dengan perangkat. Pembeli tidak tahu kebutuhan smartphone harus bisa stand-by selama mungkin. Ukuran baterai beasr di smartphone tipis, Umi Mobile menguji baterai smartphone. Perubahan teknologi baterai dan perangkat 2018

Perbedaan procesor PC vs procesor smartphone. Keduanya berbeda, khusus dalam tugas menangani pekerjaan dan kebutuhan. Satu dirancang untuk hemat power, yang lain untuk kalkulasi sangat komplek. Mungkin suatu hari kemampuan CPU desktop PC akan dicapai procesor smartphone.

Ada minimum standar untuk mengunakan nama Ultra High Definition atau UHD. Tapi bedakan dengan nama 4K dan UHD. Apakah camera merekam 4K sebenarnya, sebenarnya camera murah tidak merekam 4K sepenuhnya.

Perusahaan satelit komunikasi Globalstar baru baru ini mengumumkan telepon satelit ringan. Dapat menerima panggilan telepon, SMS dan pengirim data. Kecepatannya tidak secepat GPRS atau 3G, hanya 28kBPS atau sekelas modem computer jaman dulu.




No popular articles found.
< /body>