Stuff | 7 November 2018

Pesawat jet bomber H-20 yang misterius


China memiliki disain prototipe pesawat pembom strategis H-20.

Nama pesawat resmi disebut Xian H-20.

Nama pesawat jet bomber jarak jauh H-20 sangat dikenal. Tapi tidak pernah dilihat sebelumnya.

Rencananya diresmikan tahun 2019 bersamaan peringatan 70 tahun hari angkatan bersenjata China / PLAAF
Perkiraan bertugas pada tahun 2025.

Sampai terlihat dan ada kemajuan besar dalam pengembangan jet pembom strategis jarak jauh ini.

Bomber Subsonic H-20 China

Salah satu disain terlihat memiliki sayap seperti jet siluman. Memungkinan pesawat pembom strategis ini memiliki kemampuan tidak terditeksi oleh radar.

Tidak diketahui tipe pesawat jet H-20 memiliki kemampuan membawa bom nuklir atau untuk membawa bom konvensional.

Tetapi dari media sudah disebutkan, China mengambarkan pesawat H-20 sebagai pesawat pembom strategis jarak jauh baru.

Kemampuan pesawat H-20, sejauh yang diketahui media.


Mampu membawa beban 20 ton, dan jarak jelajah 12 ribu km., kecepatan subsonic

Seorang ahli militer Justin Bronk dari Royal United Services mengatakan disain lebar sayap adalah satu ciri dari aerodinamis pesawat untuk mencapai semua aspek sebagai pesawat stealh.

Di dunia hanya satu negara yang mengoperasikan pembom siluman ukuran besar.

Amerika memiliki B-2 walau tidak pernah membawa bom nuklir. Hanya menargetkan pembom dengan jumlah besar di area musuh.

Lawrence Trevathan peneliti China Aerospace menyebut kemungkinan yang dapat dilakukan dengan pesawat H-20.



Saya melihat pesawat ini mampu membawa bom nuklir, walau masih teoritis dengan melihat bentuk pesawat.
Disainnya hampir tepat dibanding generasi sebelumnya H-6.

Generasi pesawat jet bomber H-6 tidak pernah berlaith untuk membawa bom nuklir.
Dan kapal selam China tidak memiliki patroli untuk penangkalan nuklir yang terverifikasi.

China mungkin mengunakan taktik lain, dibanding Amerika dan Rusia dimana menempatkan bom di atas sebuah rudal jarak jauh dan mampu dibawa dengan pesawat angkut bomber.
Itu bisa saja menjadi alasan dalam pengembangan pesawat H-20, karena senjata nuklir sangat mahal, sedangkan perang nuklir tidak pernah terjadi.

Sebaliknya pertempuran lebih dengan teknik konvensional dan terjadi sepanjang waktu.
Bagi negara besar mereka mengunakan rudal, tapi ditujukan ke tempat lain.

Peralatan perang dibuat Amerika dan Rusia, tapi yang bertempur negara lain di timur tengah dan eropa timur.

Amerika memiliki rudal Aegis dan Thaad di Guam serta pangkalan di Jepang. Menjadi ancaman bagi rudal China bila melakukan serangan..

Namun Amerika tidak memiliki pertahanan yang mapan terhadap pembom siluman. Cara strategis ini tentu di ekplorasi oleh China.

Tidak jelas bagaimana negara besar membangun militer mereka dan untuk tujuan apa.

Setidaknya mereka telah sibuk dan memperkuat militer, dan perang tidak pernah terjadi.

Semoga negara kita mendapatkan pesanan untuk memproduksi spare-part bagi pesawat mereka. Lebih baik menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat dibanding berseteru dan sibuk membuat mesin perang.


Artikel Lain

Apa yang menarik dari Boeing 747, mendapat julukan si ratu terbang. Produksi terakhir tahun 2022, Cathay Pacific Boeing 747 jurusan San Francisco ke Hongkong terakhir dengan Boeing 747. KLM melakukan perjalanan terakhir dengan Boeing 747. Delta pensiunkan Boeing 747 terakhir Des 2017.

Lockheed Martin MQ-25 pesawat drone ini bukan untuk peperangan. Disain pertama disebut RAQ-25 sebelum diganti menjadi MQ-25 Stingray. Disain sudah di uji coba, dan berbeda dengan yang kita bayangkan. Kontrol pesawat di kendalikan dari udara, bukan pilot di darat.



Pesawat terbesar di dunia saat ini hanya satu, An-255 atau dikenal dengan Mriya. Menjadi pesawat milik dunia, dan bukan lagi nama Rusia. Pesawat Mriya sedang sibuk, membawa 100 ton bantuan peralatan medis dari masker sampai alat laboratorium. Pesawat perlu transit 2 kali sebelum mencapai tujuan dengan durasi terbang 7 jam.

Pesawat penumpang terbesar di dunia A380, 28 April 2020 1 pesawat yang terbang.  November 2020, 6 unit pesawat sudah pensiun dan tidak pernah terbang lagi. Tahun 2023 sekitar 70% armada A380 kembali ke udara. Mampu membawa 4x penumpang dibanding Boeing 737 MAX.

Maskapai Nordic Finnair memiliki pesawat dengan nomor unik AY 666 kemarin terbang ke HEL. Bila tertulis akan terlihat nomor pesawat 666 to HEL. Bahkan terbang pada tanggal 13 hari Jumat jam 13.

Video ini memperlihatkan satu dari 4 mesin pesawat Airbus milik Air France A380 hancur. Kejadian pada hari Sabtu 30 September 2017, mesin nomor 4 yang berada di sayap kanan terlihat rusak.Tetapi pesawat komersil terbesar di dunia ini dapat mendarat kembali.

Jet tempur Mig-35 menjadi sukses seri Fulcrum. Siap tampil tahun 2019, dengan kemampuan terbang 2,2 mach atau setara 2.400km perjam. Harga Mig-25 relatif lebih murah dibanding jet tempur lain. Salah satu kecanggihan jet tempur Mig 35 dapat dipasang bom pemandu yang akurat.



Hanya 4 negara memiliki pesawat legenedaris ini. Mirip F-14 Tom Cat, Amerika memiliki 250 pesawat dan tidak pernah di jatuhkan dalam pertempuran udara. Jepang merubah dengan nama Mitsubish. Memiliki kekalahan nyaris 0 dalam pertempuran udara.

Pesawat L-15B dirancang untuk satu pilot untuk menghemat berat. Mampu membawa persenjataan seberat 3 ton dengan 9 hanger di badan dan sayap pesawat.Pesawat dapat dipasangkan rudal udara ke udara untuk anti pesawat tipe PL-12 jarak jauh, dan rudal infrared PL-10. Jarak jangkauan pesawat sekitar 500km dengan tangki bahan bakar tambahan.

Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.

Pesawat B-21 adalah pesawat pembom strategis, memiliki bentuk pesawat pembom siluman seperti B-2 Spirit. Tapi memiliki multi fungsi untuk pertempuran modern, seperti pusat kendali drone, pengambil data intelijen tempur dan pesawat pencegat.

Pesawat 777-300ER dirancang terbang jarak jauh. Menjadi pesawat paling efisien dan digunakan untuk terbang nonstop. Bagi penumpang, duduk terbang berjam jam lebih dari 12 jam adalah hal membosankan. Bagaimana dengan awak pesawat, tunggu dulu.

Ada adalah suara di pesawat yang tidak pernah kelihatan dari pesawat jet tempur Hornet F A-18 atau F-18. Suara peringatan di cockpit pesawat, suaranya memberi peringatan mengerikan adalah suara dari Betty yang disebut Bee si tawon. Membuat pilot pesawat tempur lebih waspada dibanding melihat instrumen statis.

Pesawat Stratotanker tipe KC-135 adalah pesawat pengisian bahan bakar di udara. Kali ini dibariskan sampai 11 pesawat, dan foto diambil di landasan udara militer Kadena Jepang.



Mungkin kita bertanya mengapa bandara diberi nama dengan 3 huruf. Awalnya bukan 3 tapi 2 huruf. Nama bandara diatur oleh IATA sebagai badan regulasi perbangan internasional. Seperti CKG adalah nomor bandara Cengkareng, walau nama bandara aslinya adalah Soekarno Hatta.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.