Bintang Ci Tau ada 4 protoplanet besar dan satu terbesar 10x ukuran Jupiter


Kategori : Science | Date : 17 October 2018
Tata surya di bintang Ci Tau ini bikin geleng geleng kepala para ahli.

Letaknya 518 tahun cahaya dari Bumi, menjadi lemparan baru dalam istilah astronomi.

Sekarang yang terlihat aneh sebenarnya tidak aneh, yang aneh adalah bintang induknya sendiri diperkirakan planet yang muncul disana dari usia bintang yang hanya 2 juta tahun.

Tata surya Ci Tau telah diperkirakan ada 4 planet gas raksasa yang mengorbit ke bintang induk.

Astronom universitas Cambridge mengatakan disana ada dunia yang benar benar besar.
Salah satunya sebuah protoplanet gas seperti Jupiter mengorbit sangat dekat ke bintang.

Penemuan ini tidak sesuai dengan bentuk planet biasa. Umumnya planet gas perlahan terbentuk selama jutaan tahun.
Diawali dari batuan yang membentuk planet, lalu planet mulai menarik gas sampai menjadi planet dengan kandungan gas lebih banyak

Planet gas umumnya tidak berada di dekat bintang, tapi lahir lebih jauh ke belakang. Yang terjadi di Ci Tau, planet gas berada di depan atau lebih dekat ke bintang induk.

Profesor Cathie Clarke dari Cambridget mengunakan teleskop Alma untuk mencari planet di sekitar bintang Ci Tau.

Dan melihat ada 4 planet mengorbit sangat dekat ke bintang. Satu planet setara jarak orbit Merkurius, dan terjauh mencapai 3x jarak Neptunus.



2 planet seukuran massa Saturnus berada lebih ke belakang, 2 lain berada di dalam memiliki ukuran Jupiter dan satu lebih besar dari planet Jupiter atau disebut Hot Jupiter dengan sebutan planet Ci Tau b.

Ukuran hot Jupiter atau Ci Tau b ini yang unik, 10x lebih besar dari massa Jupiter sudah tampak.
3 planet lain memiliki jarak 13, 39 dan 100 au (au = jarak bumi ke matahari)

Sebuah tata surya antar bintang, sekitar 1% memiliki sebuah planet Jupiter yang panas. Tetapi usia bintang umumnya sudah berusia lebih tua dibanding bintang Ci Tau yang diperkirakan baru berusia 2 juta tahun.

Orbit 4 planet di Ci Tau tersebut mendapatkan catatan baru, dimana ada planet yang mengorbit sangat ektrem dan munculnya 4 protoplanet semuanya adalah tipe planet gas

Gambar pertama adalah bentuk disk atau puing debu dan gas, nantinya debu dan gas akan terakumulasi akan menjadi planet seperti gambar ilustrasi dibawah.

Gambar kedua, kandungan gas dan debu yang diteliti oleh teleskop radio Alma. Posisi ke 4 protoplanet nantinya yang akan lahir menjadi 4 planet gas baru

Bintang Ci Tau ada 4 planet besar besar

Tata surya kita sangat stabil, juga isi galaksi kita. Seluruh benda mengorbit ke tengah galaksi,a. Apakah semuanya memang seperti perkiraan kita. Peneliti mengatakan bintang Velocoty bukan dari galaksi Bima Sakti. 2018 mereka bukan dari galaksi kita, tapi mungkin mereka datang dari galaksi lain.

Sebuah tata surya dengan bintang 55 Cancri, terdapat sebuah planet yang diketahui seperti tidak berputar. Planet 55 Cancri e masuk kategori super earth, tapi orbitnya lebih parahnya dengan  satu putaran 18 jam. Data tahun 2013 ditemukan kandungan atmofer planet, tetapi tetap saja menjadi planet panas

Sebuah tata surya dengan jarak 11 tahun cahaya dari Bumi kembali ditemukan, disana terdapat planet. Planet Ross 128b berada di posisi yang tepat atau dikenal Goldilock. Planet ke 2 paling dekat ke Bumi setelah planet yang ada di Proxima



Sebuah planet WASP-12b jaraknya 1400 tahun cahaya ke Bumi. ukuran planet WASP-12b mencapai 2x lebih besar dari planet Jupiter. Planet juga terkunci dengan gravitasi bintang, masuk rangking 1 planet terpanas

Sebuah planet yang dinamai HIP 65426b adalah planet langkah, besar tapi jauh dari bintang. Membuat para ilmuwan harus menelaah kembali bagaimana sebuah planet dan tata surya terbentuk. Karena planet ini berbeda dengan kesimpulan sebelumnya.

Sebuah planet ekstrasurya terlihat mengorbit di sebuah bintang katai merah, jaraknya 40 tahun cahaya dari Bumi. Mungkin planet ini menjadi tempat untuk mencari tanda tanda kehidupan diluar tata surya. Ukuran 1,4x dari Bumi, bintang disana berwarna merah.

Planet Tap 26b ditemukan awal Januari 2016. Masuk sebagai planet bongsor dan lebih besar dari planet Jupiter, tapi planet ini sangat panas. Bahkan berada dekat dengan bintang induknya TAP 26. Jangan berharap mampir di planet seperti ini.



Michelle Kunimoto 22 tahun seorang mahasiswa di universitas Columbia. Dia tertarik dengan planet yang jauh. Sebagai mahasiswa dia mengambil bagian untuk menganalisa data dari teleskop ruang angkasa Kepler. Dan dia menemukan 4 planet dan satu planet diantaranya adalah seukuran planet Neptunus di posisi hangat.

Planet HD 219134b baru diumumkan hari Rabu 29 Juli 2015 kemarin. Ditemukan melalui teleskop Spitzer milik Nasa, jaraknya hanya 21 tahun cahaya. Berada di konstelasi Cassiopeia atau dekat dengan bintang utara.


No popular articles found.