Messier 17 atau nebula Omega atau Nebula Swan dimana bintang bintang besar lahir


Kategori : Science | Date : 9 October 2018
Nebula Swan atau Mesier 17. Memiliki nama seperti Nebula Omega, nebula tapal kuda, nebula lobster.

Kumpalan debu dan gas besar ini berada di galaksi Bima Sakti. Matahari kita juga terbentuk dari kumpulan debu dan gas. Gas terkumpul di pusat menjadi matahari, sedangkan debu dan sisa gas lain menjadi planet berbatu, atau planet gas seperti Jupiter.

Messier M 17 berada pada jarakr 5000-6000 tahun cahaya.dari Bumi.

Dan gas membentang dengan diameter 40 tahun cahaya, dengan inti utama seluas 11 tahun cahaya

Kumpalan debu dan gas di nebula Omega menjadi salah satu objek menarik. Salah satu tempat paling terang di ruang angkasa, dan terpenting disana juga terbentung bintang ukuran raksasa.

Penemu pertama oleh astronom Swiss, Philippe Loys de Cheseaux di tahun 1745. Dan dimasukan dalam daftar Messier pada tahun 1764.

Area di ruang angkasa ini masuk kategori H II, dan letaknya berada di rasi bintang Sagitarius. Menjadi area bintang muda atau bintang yang baru lahir dibanding matahari kita.

Dari gambar dibawah ini terlihat hanya cahaya yang terbentuk dari radiasi bintang bintang disana.

Messier 17 atau nebula Omega atau Nebula Swan dimana bintang 
bintang besar lahir

Foto yang dibuat oleh teleskop Spitzer mengunakan teknik gambar inframerah.
Di dalam debu dan gas dapat terlihat beberapa bintang raksasa (pada lingkuaran kuning).



Pada bagian inti debu nebula ini terlihat bintang bintang raksasa tersebut mampu mendorong debu dan gas dengan kekuatan angin bintang.

Membuat gas akhirnya terdorong membuat lekukan, diakibatkan kekuatan angin bintang raksasa dan mendorong kembali seperti aliran sungai dan menciptakan bentuk busur.

3 dari dari tanda yang diberikan pada gambar teleskop Spitzer ini sebenarnya gas yang terkompresi. Lekukan yang membentuk gambar seperti tersenyum adalah gas yang menjauhi bintang masif tersebut.

Susunan cahaya yang di dapat oleh teleskop Spitzer menunjukan beberapa panjang gelombang untuk memperkirakan jenis panas dan materi.
Biru dengan panjang gelombang 3,6 mikron
Hijau dengan panjang gelombang 4,5 mikron adalah gas panas termasuk cahaya dengan warna putih adalah tempat dimana campuran debu dan gas.
Oranye  5,8 mikron
Merah 8 mikron merupakan parameter dari kandungan debu (materi padat di antariksa)

Dengan zoom dari citra teleskop Spitzer, akan tampak beberapa cahaya putih di dalam debu. Dan 3 dari cahaya putih tersebut adalah bintang masif yang besar.



Dengan teleskop astronomi, letak 2 nebula M 17 dan M 16 berada saling berdekatan.

Lokasi nebula M17 Swan Omega atau nebula Tapal Kuda


Nama Nebula Lagoon selain M8 atau Messier 8 disebut dengan NGC6523, membentang sampai 110 x 50 tahun cahaya. Disana terdapat bintang tipe O yang panas. Dan memancarkan cahaya ultraviolet, dari cahaya bintang memanaskan serta ionisasi kumpulan debu dan gas. Bintang bintang tersebut yang memberikan cahaya ke gas di nebula Lagoon.

Rosette nebula adalah wilayah cluster bintang. 2 bintang raksasa ada disana, dan bintang raksasa lain akan menganggu lahirnya proto planet karena tersapu oleh angin bintang yang kuat. Wilayah nebula ini menjadi salah satu pembibitan bintang yang sangat padat

Crab nebula, nebula Crab atau nebula kepiting adalah debu dan gas dari bintang yang telah mati. Seperti lukisan di ruang angkasa, nebula Crab dikenal dengan beberapa nama lain seperti M1, dan NGC 1952. Foto terbaru  Mei 2017 dari 5 teleskop membentuk satu gambar Nebula Kepiting.



Nebula NGC 6334 (Cat's Paw) dan NGC 6357 (Lobster) diabadikan badan antariksa Eropa ESO.  Kedua nebula dibuat dengan resolusi foto 2 miliar pixel. Yang menarik dari kedua nebula.

Nebula NGC 2440 memiliki jarak 4000 tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Puppis, dimana benda tersebut adalah tanda dari sebuah bintang mati. NGC 2440 saat ini sedang berbentuk seperti sebuah cincin, tapi lingkaran yang terbentuk adalah gas dari sisa bintang.

Nebula Butterly atau nebula kupu-kupu, adalah benda di ruang angkasa yang berbentuk seperti sayap kupu kupu. Bentuknya sangat sempurna, dan cahaya tersebut berasal dari sebuah bintang yang mati. Membentuk seperti sayap, yang sebenarnya adalah gas yang dilontarkan akibat bintang ketika menjelang kematian dan meledak

Galaksi Bima Sakti memiliki 2 satelit galaksi kecil. Disebut LMC dan SML atau Large Megallanic Cloud dan Small Megallanic Cloud. Nebula N55 menjadi bagian dari isi LMC , memiliki bentuk bercahaya dan tampak seperti Superbubble.



Setiap peningkatan sinyal yang tertangkap dari elemen Neutrino dipastikan telah terditeksi adanya kegiatan dari lubang hitam atau supernova besar. Neutrino yang tertangkap oleh teleskop IceCube secara umum adalah aktivititas sangat besar di ruang angkasa.

Nebula Bubble atau nebula gelembung. Benda ini berada 8000 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi icon Nasa dalam ulang tahun Hublle kali ini. Inti bintang disana diperkirakan 10-12kali lebih besar dari matahari kita. Dan nama bintang tersebut dikenal dengan SAO 20575.

Nebula Spider dimana terlihat pembentukan bintang muda berwarna merah yang disebut Stock 8. Letak nebula Spider berlawanan dengan arah pusat galaksi. Kabut tersebut berada di tepi galaksi atau sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi.


No popular articles found.