Pembangkit panel surya teknologi Array Tech mengikuti arah matahari untuk skala industri


Kategori : Green | Date : 7 October 2018
Ron Corio pertama kali masuk di industri pembangkit terbarukan pada 37 tahun lalu.

Dia disebut sebagai Godfather of Solar.

Bekerja sebagai CEO perusahaan Array Tech Melbourne Australia. Membahas teknologi inovasi dalam bidang pelacakan tenaga surya.

Panel surya teknologi Array Tech mengikuti arah matahari untuk skala industri

Membangun pembangkit dari cahaya matahari tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk skala industri dirancang sebuah sistem untuk mengoptimalkan produksi listrik.

Bila di rumah dipasang panel surya pada bagian atap dan panel berada di posisi tetap.

Industri tidak demikian, panel dapat dirancang bergerak dan mengikuti cahaya matahari. Agar menghasilkan daya listrik seoptimal mungkin.

Ron bersama perusahannya membuat pengerak modul yang disebut SmartTrack. Agar panel surya terus mengarah ke matahari dan menghasilkan listrik maksimum selama matahari memberi cahaya ke panel.

Pada dasarnya sistem pelacakan matahari untuk menjaga posisi panel surya terarah (tegak lurus) ke matahari. Sistem sumbu tunggal sebagai penganti sistem sumbu ganda yang digunakan beberapa tahun lalu, memberikan peningkatan daya listrik 20-25%.

Salah satu kecanggihan SmartTrack dapat melacak arah angin. Dari pelacakan anometer yang mengukur angin, lalu sinyal dikirim ke semua pelacak individu. Memberi informasi ke pengarah panel surya untuk memasuki posisi aman agar dapat menahan beban angin.
Panel surya dengan jumlah sangat banyak ternyata rentan terhadap kekuatan angin sampai 100km perjam



Disain SmartTrack juga mampu mengatur posisi matahari ketika mulai terbenam. Sebagai contoh dengan sistem biasa, maka barisan panel surya akan saling menutup ketika posisi panel tegak lurus ke arah matahari. Mungkin 1/3 panel surya yang mendapatkan cahaya, dan bayangan dari panel disamping menutup cahaya.

SmartTrack mengembalikan posisi agar tidak selalu tegak lurus ke arah cahaya matahari. Pada waktu tertentu seperti matahari akan terbenam, maka panel akan kembali membalik arah agar semua panel mendapatkan cahaya maksimum.

Apakah panel akan digerakan seperti biasa. Tidak juga. Masih ada lagi unit pengendali tambahan dan di program agar menemukan output maksimum dari sudut panel ke inverter.

Satu motor di setiap panel
digunakan untuk mengerakan seluruh panel yang dipasang seluas dua kali lapangan bola. Dengan satu baris mencapai 90 modul surya atau 90 meter.
Dan disusun dalam 32 bari bersama.

Teknologi SmarTrack tidak berhenti disitu saja. Ketika cahaya matahari tertutup awan. Sistem akan mencari posisi paling terang dan mengerakan semua panel ke arah yang dituju.
Bahkan bila perlu posisi panel begerak ke arah berbeda, atau di ratakan seluruhnya ketika cahaya matahari benar benar tertutup oleh awan.

Hari ini kami mengunakan algoritma astronomi dengan tanggal tertentu. Tapi sistem dirancang untuk dipasang di beberapa tempat berbeda. Jadi sistem pelacakan optik mampu mengarahkan panel di posisi paling tepat yaitu sinar matahari paling terang. Dengan sistem SmarTrack maka panel surya yang sudah di investasikan dapat menghasilkan listrik lebih optimal dibandingkan skala panel surya di rumah.

Berapa banyak sampah plastik digunakan manusia. 44,8% digunakan untuk kemasan, termasuk botol minuman dan tas plastik. Angka sampah plastik dapat dikatakan fantastik, melebihi produk yang pernah dibuat oleh manusia kecuali semen dan besi. Apakah manusia ikut terkontaminasi plastik.

Baterai NantEnergy dengan bahan seng atau zinc mamberikan media penyimpan baterai di  beberapa desa di Asia dan Afrika. Termasuk digunakan untuk menara ponsel di Amerika dalam 6 tahun terakhir. Biayanya hanya $100 per kWh untuk baterai solar cell atau panel surya. Harga tersebut sudah cukup rendah untuk mengubah energi listrik dapat disimpan

Motor listrik mampu menempuh jarak 400km lebih dengan power baterai. Yang menantang dari disain motor Ethec buatan Ethec Electric Motorcycle adalah disain bodi yang indah. Dan tampilan lampu depan futiristik. Dirakit dengan 1260 sel baterai lithium, ditempatkan di tengah tempat duduk pada bodi motor.



Ketika listrik padam, rumah Rosa tetap menyala. Bahkan dijuluki sebagai rumah kunang kunang karena dirumahnya saja yang masih bersinar. Sering mengalami pemadaman listrik, Rosa akhirnya memasang instalasi panel surya. Biaya listrik perbulan turun, bahkan hanya membayar 5% dari biasanya.

Vattenfall membuat turbin angin dengan 3 kipas dengan panjang 80 meter untuk satu kipas. Dengan panjang rotor mencapai 164 meter dan dibutuhkan tempat untuk pemasangan sampai ketinggian 187 meter. Satu putaran cukup untuk listrik satu rumah seharian

Teknologi pendingin ruangan AC Samsung Wind Free. AC hemat hemat energi, konsumsi listrik sampai 72% setelah memasuki mode Samsung Wind Free. Mengandalkan lubang kecil tanpa efek angin dingin yang kuat dari mesin AC, udara dingin menyebar dari lubang kecil

Bagaimana berhemat untuk berlibur. Contoh dari mereka yang berhasil mengurangi biaya sehari hari, dapat melunasi biaya hidup yang besar. Dan jalan jalan keliling dunia dengan gaya berkelas.


No popular articles found.