Ekspor rute jalan yang dibuat Google Maps ke file GPX di Android smartphone


Kategori : Software | Date : 15 September 2018
Memindahkan rute Google Maps yang dibuat ke smartphone dalam bentuk file GPX
Peta Google Maps umum digunakan ketika mengemudi. Menunjukan informasi arah jalan, kemacetan, perkiraan waktu tempuh, dan alternatif rute yang akan dilalui.

Teknologi peta Google Maps terhubung dengan perangkat smartphone, seakan menjadi sistem informasi bersama.

Google mengkalkulasi sebuah jalan yang macet, berdasarkan informasi  smartphone yang sedang mengaktifkan peta Google Maps.

Menghitung berapa lama sebuah smartphone yang sedang melakukan perjalanan (dibawa oleh pengemudi), dan memperkirakan apakah jalan tersebut masih mengalami kemacetan.

Selama perjalanan, smartphone akan aktif dan terhubung ke internet.

Kadang Google Maps memberikan peta jalan yang tidak biasa, disebut rute alternatif.
Termasuk rute kendaran umum, jadwal kereta dan lainnya. Dan terbaru Google Maps juga menyediakan rute alternatif bagi pengendara motor.
.
Sedemikian canggih sistem peta Google Maps, memudahkan penguna smartphone melihat rute jalan menuju ke suatu tempat. Dan disertai jalur alternatif bagi moda kendaraan tertentu.

Tetapi kecanggihan tersebut dimanfaatkan untuk rute umum. Mencari jalan biasa, atau alternatif yang sudah dilalui orang lain.

Untuk kebutuhan lain, mungkin rute tersebut akan berbeda bila kita mengunakan kendaran jenis lain. Misalnya rute bersepeda.

Seandainya kita ingin mencari jalan di daerah urban. Misal diluar kota, dimana sangat banyak rute jalan tembus melalui gang kecil. Sehingga kita dapat memotong jalan yang akan dilalui, atau menghindari rute jalan raya. Istilahnya jalan kampung.



Jalan kampung secara umum belum tentu masuk dalam rute yang dibuat pada peta Google bila di setting dengan kendaraan bermotor, jalan sepeda atau berjalan kaki.

Kita dapat mengunakan rute dengan mode pejalan kaki, dan rutenya tidak jauh berbeda jalur yang dapat dilintasi sepeda. Intinya jalan kecil yang tidak masuk kendaraan kadang dapat ditemui mengunakan Google Maps.

Dengan rute yang dibuat, mungkin kita dapat mengikuti rute jalan yang tidak biasa dan lebih banyak memotong jalan sempit.

Masalahnya disini. Ketika kita ingin mencari sebuah lokasi, anggap saja ada teman yang rumahnya di jalan gang kecil.
Kita sudah mengetahui patokan jalan paling dekat ke arah tersebut, dan ingin berjalan kaki menuju kerumah teman atau langsung berkendara sepeda.

Masuk ke sebuah tempat yang mungkin jarang di kunjungi. Ibarat kata "gelap", alih alih sampai  tau tau sudah nyasar.
Akhirnya kembali ke teknik konvensional tanya sana sini.

Seandainya kita sudah tahu letak rumah rekan kita, dan ingin memotong jalan.

Dengan bantuan aplikasi Google Maps, untuk dibuatkan peta rute jalan.

Mengunakan Google Maps di browser computer, dapat dibuat kira kira dimana letak rumah teman kita. Dan dimana kita dapat mulai melakukan perjalanan nyasar nyasaran.

Dengan peta digital dari rute yang dibuat Google Maps. Dan kita atur kebutuhan rute jalan yang harus dilalui di computer.

Selesai rute dibuat, dan di simpan ke file GPS yaitu GPX.

Rute jalan dengan titik arah satelit GPS. Setiap titik koordinat yang dilewati dapat dicatat. Ada yang menyebut GPS Log, atau GPS Tracking.

Arah titik koordinat dicatat dalam bentuk file biasa. Di namakan file GPX, KML dan lainnya. Isinya catatan rute untuk menuju sebuah lokasi.
Atau catatan titik koordinat selama seseorang melakukan perjalanan.

Membaca data file koordinat GPS dalam bentuk GPX

Koordinat rute jalan Google Maps sudah dibuat dan sudah mendapatkan peta jalan ke sebuah tujuan oleh sistem Google Maps. Akan tergambar di layar browse computer atau peta aplikasi navigasi Google Maps.

Tapi tidak dapat diambil langsung di halaman browser Google Maps. Hanya visualnya saja yang kita lihat. Setiap terhubung anda harus me-load rute yang anda buat di Google Maps

Gambar visual titik koordinat tersebut dapat dirubah ekspor menjadi file GPX. File GPX adalah file rute GPS, umum sebagai catatan ketika melakukan perjalanan.
File GPX seperti KML dan file lain yang dipakai perangkat navigasi.

Dengan standar file GPX dapat disimpan dab dipindah ke smartphone lalu dibuka dari aplikasi GPS di smartphone. Tidak perlu load ke internet, karena peta sudah dibuat dalam bentuk file format GPX.

Seperti aplikasi Maverick, atau Gaia. Maka peta yang sudah dibuat dapat terlihat dari aplikasi tersebut.


Kedua aplikasi peta GPS difungsikan untuk GPS logger atau GPS tracking. Dan memiliki fitur peta offline.

Cara simpan rute jalan Google Maps ke GPX koordinat peta GPS

Kiri adalah rute yang dibuat oleh Google Maps dari computer.

Click salah satu jalur dan di keterangan Link dari Google yang sudah dibuat.

Link di copy lalu dibuat ke file GPX mengunakan layanan mapstogpx.com dengan Paste di situs tersebut

File GPX otomatis di download dan disimpan dengan nama GPX.

File GPX dipindahkan ke smartphone. Dan file tersebut dibuka mengunakan aplikasi Android.

Ekspor rute peta Google Maps ke GPX untuk di simpan di Android

Teknik membuat peta Google Maps dan dibuka ke aplikasi smartphone Android dibawah ini.



Kami sendiri tidak tahu apakah anda ingin memanfaatkan teknik ini.
Karena teknik membuat rute dari Google Maps, pemanfaatannya sangat spesifikasi. Di sisi lain, Google juga memiliki fitur Google Maps Offline

Teknik yang mana yang dapat dimanfaatkan kita, teknik ini dapat dijadikan alternatif selain peta Google Maps Offline.

Tip ini lebih banyak digunakan untuk pesepeda mencari rute jalan. Atau mereka yang suka berpetualang, atau mereka yang mengeksplorasi rute jalan / touring

Biasanya pesepeda mencari jalan alternatif diluar jalur kendaraan bermotor. Dan dapat melalui gang sempit.

File GPX dapat disimpan di storage smartphone. Kapan saja kita dapat membuka kembali.

Atau dijadikan peta pendamping selama kita sedang melakukan perjalanan, dan mengetahui seberapa jauh rute yang seharusnya dilewati dan kita sebenarnya sudah nyasar terlalu jauh.

Atau peta pendamping untuk pemandu arah agar kita tidak terlalu menyimpang jauh dari arah tujuan.

Layanan save file ke GPX
Google sebelumnya membuka fitur route jalan dan dapat disimpan ke file GPX.

Fitur tersebut terlihat ditiadakan.

Nasibnya seperti Google Maps Classic untuk layanan penyimpan peta, masih ada tapi disembunyikan oleh Google.

Teknologi peta digital juga berubah.
Sebelum munculnya peta Google Maps. Peta di kendaraan mengunakan peta permanen, dimana rute jalan sudah dibuat dan perangkat menunjukan lokasi keberadaan kendaran.

Itupun hanya dibuat untuk kendaraan roda empat dan ditempatkan seperti smartphone.

Bagi petualang, dapat mengunakan produk GPS Handhel. Dimana arsip peta disimpan dalam bentuk perangkat genggam. Tapi semuanya tidak terhubung ke internet.

Sekarang peta digital sudah dapat memanfaatkan tekologi smartphone. Merekam rute jalan, melihat peta, topografi, dan lainnya dalam satu perangkat.

Artikel ini mengembalikan kemudahan dari perangkat generasi sebelum seperti perangkat GPS Handheld dan perangkat navigasi kendaraan.

Dimana kita dapat membuat rute jalan yang sudah kita tentukan. Dan mengikuti rute jalan yang sudah dibuat sendiri untuk sampai ke tujuan, tanpa perlu terhubung ke internet untuk sementara waktu.
14 Mei 2019, Microsoft release patch OS Windows. Patch ini penting, dan diberikan dari Windows XP - Windows 10 setelah versi Windows lama sampai XP telah mendapatkan Patch. Disebut kelemahan Wormable, dimana malware dapat menyerang computer seperti Wanna Cry. Perbaikan update CVE-2019-0708, menutup kelemahan fitur Remote Desktop Service atau Terminal Services.

nVIDIA GeForce Game Ready Drivers memiliki dukungan Dynamic Super Resolution / DSR bagi GPU Kepler dan Fermi. Model GPU TU102 yang besar, sebelumnya membutuhkan power 20W ketika idle. Driver mendukung akselerasi aplikasi, 11 April 2019 driver Game Ready 425.31 RayTrace Basic di VGA non RTX



Power Schedule untuk mengatur otomatis dengan waktu harian dan mingguan. Menonaktifkan Data, WIFI, telepon secara otomatis sesuai waktu yang kita inginkan. Otomatis Reboot dan shutdown smartphone. Dapat membantu menghemat baterai smartpone, dan pemakaian kuota internet yang tidak penting.

Poco Launcher digunakan pada smartphone Xiaomi PocoPhone. Sekarang Poco Launcher dapat digunakan untuk smartphone lain. Mint Launcher ukuran file lebih kecil, disain sama tapi berbeda dengan organisasi icon layar lebih baik.

Jika Anda menggunakan PC atau laptop Windows 10 untuk bermain game, maka tergantung pada game yang anda mainkan kinerja grafik dan mouse mungkin agak menurun minggu ini. Jika demikian, Microsoft yang harus disalahkan. Update membuat performa mouse dan tampilan grafik menurun. Microsoft minta tidak di install bila memiliki masalah

Ketika membutuhkan sebuah storage dan ingin mengirim ke tempat lain. Untuk di download, di backup oleh teman atau di backup ke tempat lain, serta membagikan file. Layanan ini khusus untuk mengirim file kapasitas file besar. Bukan 10 20 MB, 100MB, 500MB tapi sampai 1GB plus. Firefox Send mengunakan Enskripsi

O&O AppBuster sebuah aplikasi gratis dapat digunakan untuk mengambil tempat di harddisk atau SSD dari sistem OS Windows 10. Khususnya mereka yang mengunakan SSD kapasitas pas pasan, dan membutuhkan ruang storage di OS Windows 10. Membersihkan dan mengembalikan space yang dipakai atau disembunyikan dari Windows 10.



Januari 2019, AV-Test memberi laporan kemampuan antivirus terbaik. Vipre masuk di top test untuk antivirus. Avast bukan yang terbaik, karena lambat dan seriing salah memberi peringatan walau tetap di rangking 2 untuk keseluruhan. Tidak pernah meloloskan malware dengan McAfee. Windows Defender jauh berbeda, sekarang lebih baik sebagai AV dasar.

Mungkin ada yang lupa bila Google Photo memberikan layanan penyimpan upload foto Full Resolution. Bagi mereka yang memiliki foto bagus dan ingin disimpan ke Google Photo. Fitur Live Album akan dibatasi sampai 20.000 foto, dan berbagi dengan Live Albums sampai 20.000. Bulan ini tidak bisa upload video gratis lagi.

Google menganti Device Manager menjadi aplikasi Find My Device. Perbaikan dari Android Device Manager, untuk membantu menemukan smartphone hilang. Sekarng tidak hanya smartphone, tapi perangkat seperti jam pintar / smartwatch juga dicatat sebagai Device.

Facebook luncurkan aplikasi rekreasi, video pendek, seperti aplikasi TikTok. Aplikasi Lasso pertama dikembangkan Oktober 2018. Apa aplikasi Lasso. Penguna dapat merekam dan melakukan lipsync musik. Seperti aplikasi Tik Tok. Penguna juga dapat merekam video pendek seperti Vines.

Google Maps satelit update foto kota dari foto satelit 2019. Sharing Location Google Maps lebih mudah untuk Sharing Trip Progress.bekerja di semua layanan chatting di Android. Peta Globe bola dunia dengan arus angin Agustus 2018. Berbagi lokasi realtime, di Google Earth Update 2019

Google Voice Access berfungsi untuk mengaktifkan atau perintah ke smartphone. Penguna dapat berbicara ke smartphone, tanpa menyentuh layar. Seperti perintah dasar dengan Goback (kembali), Go home ( kembali ke halaman awal). Gestur seperti Click next atau Scroll Down (menurunkan halaman kebawah.

Google Street View dibuka tersedia untuk foto jalan di Indonesia. Peta di Google Maps terintegrasi dengan foto jalan di beberapa kota di Indonesia sudah bisa di akses. Melihat foto Google Street View dari tahun 2013 sampai foto jalan terbaru.



Aplikasi Google Earth 7.3 renovasi dirilis. Google Earth memiliki tampilan Bumi, dengan gambar 3D, atau menghitung jarak dan luas, gedung 3D, merekam HD video untuk virtual flight dan lainnya. 10 tahun berlalu Google Earth pro sekarang Gratis

Google kabarnya ingin membuat 2 OS untuk bekerja di dua sistem desktop dan mobile. Google membuat 2 OS berbeda saat ini, Android untuk mobile dan tablet. Sedangkan OS Chrome untuk notebook sampai PC. Kedua OS sebenarnya dapat digabung. Dan Fuchsia dapat menjalankan aplikasi Android.

Smartphone Android dan iPhone dapat di install dengan Google Maps. Kita dapat membuat rute jalan sendiri arah dan tujuan. Dan mengirim rute jalan atau peta jalan ke teman, keluarga dengan sebuah link. Peta Google Maps rute motor resmi mulai Juli 2018 untuk 10 negara.

Bagaimana membuat foto jalan menjadi video bergerak. Dengan Google Street View, foto jalan dapat direkam dari computer tidak perlu keluar rumah. Update bisa melihat di ruangan di stasiun ruang angkasa ISS

Google Now Launcher adalah Launcher buatan Google sendiri. Membuat tampilan smartphone bersih dan sederhana. Berbeda dengan disain depan smartphone, harus memilih aplikasi dengan mengeser menu ke kiri dan ke kanan. Google Now Launcher mengunakan scroll dari atas ke bawah, seperti memilih menu aplikasi di browse

Cara cari Ponsel Android bila lupa ditaruh dimana, atau smartphone hilang dan mungkin terselip. Bagaimana mencari ponsel yang hilang. Cukup buka browser dan ketik Google.com. Tunggu 5 menit dan Google akan memberitahu dimana posisi terakhir serta membunyikan smartphone anda. Update

Apa perbedaan Google Maps lama dengan yang baru. Tampilan sudah berubah, lebih bersih. Tapi menghilangkan fitur untuk menyimpan file GPS. Google Maps lama masih tampil dengan My Maps




No popular articles found.