Globular Cluster NGC 2108 dari 2 teleskop ESO dan Hubble


Kategori : Science | Date : 7 August 2018
Globular Cluster NGC 2108 adalah lokasi dimana banyak bintang lahir bersamaan dan berkelompok di satu tempat di sekitar galaksi kita.

Kelompok bintang ini ditemukan oleh ahli astronom dan matematika John Herschel.

Globular Cluster NGC 2108 memiliki bintang dengan usia sekitar 600 juta tahun atau di usia setengah baya dari kehidupan bintang. Posisi kelompok bintang ini berdampingan dengan NGC 2093.

Berada di konstelasi Dorado, kadang keduanya terlihat di posisi yang sama.

Kelompok bintang Globular Cluster NGC 2108 lebih tua dari sisi NGC 2093. Dan terlihat lokasinya berada di area bintang dengan cahaya merah.

ESO mengunakan teleskop untuk melihat objek tersebut. Masih terlihat samar, dan detil gambar bintang tidak terlalu tajam. Disini kumpulan bintang lahir dalam grup NGC 2108

Globular Cluster NGC 2108 foto ESO

Foto lain dibuat oleh teleskop Hubble, dipublikasi Agustus 2018.

Ciri yang paling mencolok adalah warna bintang atau titik merah delima yang berkilau di kiri gambar.

Bintang dengan cahaya merah tersebut adalah bintang karbon.



Bintang karbon disebut juga memiliki lebih banyak materi karbon dibanding oksigen dan kebalikan dari matahari kita.

Gas CO atau karbon monoksida terbentuk di lapisan luar bintang.
Atom karbon akan membentu senyawa lain seperti C2, CH, CN, C3 dan SiC2 dan menampilkan warna biru di dalam bintang.

Kombinasi gambar dibawah ini dihasilkan dari beberapa teleskop mengunakan Advanced Camera for Survey / ACS. Dan memerlukan 3 filter untuk menangkap semua warna bintang.

Globular Cluster NGC 2108 dari 2 teleskop Hubble

Letak kumpulan bintang NGC 2108 bukan berada di dalam galaksi kita. Tapi berada di bagian Large Magellanic Cloud atau satelit mini yang menampingi galaksi Bima Sakti.

Jaraknya mencapai 150.000 - 170.000 tahun cahaya dari Bumi. Dan berada di tepian galaksi kita.

lmuwan sudah mendapatkan seluruh data dari isi galaksi Bima Sakti. Belum, dalam 10 tahun terakhir masih ada lagi temuan baru dengan galaksi kerdil atau galaksi kecil berada di pinggiran galaksi Bima Sakti. Disebut satelit galaksi Bima Sakti.

Cluster Gaia 1 adalah kumpulan bintang yang berkelompok di dalam satu area. Dan pertama kali ditemukan atau teridentifikasi Mei 2017. Kelompok bintang tersebut tidak berada di dalam galaksi, tapi di atas piring galaksi Bima Sakti

Sebuah galaksi MACS 1423-z7p64 diumumkan10 April 2017. Menjadi galaksi terjauh dan terlihat seperti galaksi purba di awal pembentukan alam semesta. Galaksi MACS 1423-z7p64 ditemukan bukan melihat langsung dengan teleskop. Seperti terlihat pembesaran gravitasi lensa.



Cluster 47 Tucanae adalah tempat di galaksi kita dengan kelompok bintang sangat padat. Tidak itu saja, disana terdapat sebuah lubang hitam berukuran 2.000x massa matahari. Mengapa lubang hitam tersebut baru diketahui dan diteliti saat ini.

Alam semesta yang luas, tetapi galaksi berada dalam beberapa kelompok besar. Atau ada galaksi tetangga letaknya tidak terlalu jauh. Tetapi galaksi yang satu ini kesepian, galaksi NGC 6503 ditemukan tahun 1987 berada di area Local Void

Tim astronomi dari universitas Yale dan UC Santa Cruz baru saja mengumumkan mereka menemukan galaksi paling jauh yang ditemukan saat ini. Galaksi EGZ-ZS8-1, diperkirakan memiliki jarak 13 miliar tahun cahaya. Bila dihitung mundur, baru terbentuk 670 juta tahun setelah alam semesta mulai terbentuk

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.



Sebuah galaksi yang letaknya 25 juta tahun cahaya dibuat foto oleh Hubble. Disebut galaksi ESO 373-8, setidaknya ada 7 galaksi lain di dekatnya dan galaksi ini menjadi grup NGC 2997. Anehnya bentuknya pipih tanpa ada objek lain di atas dan bawah galaksi

Umumnya sebuah galaksi memiliki 2 spiral atau lebih. Tetapi galaksi NGC 4725 hanya satu memiliki satu spiral saja. Mungkin aneh, tetapi biasa bagi penemuan di dunia astronomi.


No popular articles found.