Pesawat Y 20 adalah pesawat cargo besar buatan Cina


Stuff | 29 January 2013

Akhirnya terungkap apa pesawat Xian Y-20, Y diartikan sebagai angkutan. Pesawat Xian Y-20 seperti pesawat besar C 17 buatan Amerika atau II-76 dari Rusia. Pesawat Xian Y-20 dari Cina tersebut adalah pesawat angkut yang besar dengan 4 mesin. Memiliki panjang 47 meter, dan sayap lebar 50 meter.





Penerbangan perdana Y-20 atau Yun-20 nantinya dapat digunakan untuk transportasi udara bagi bantuan kemanusiaan atau penanganan bencana. Atau bisa jadi sebagai pesawat angkut militer. Sebelum Y-20, ada 2 pesawat transportasi militer yaitu Y-7 dan Y-8. Y-7 dibuat berdasarakan pesawat Soviet Antonov AN 25, sedangkan Y-8 dari Antonov AN 12.

Debut militer Cina dengan pesawat cargo Ilyushin Il-76 pernah diturunkan untuk membantu korban gempa di Cina, 3 tahun setelah itu pernah mengirim 4 pesawat untuk mengangkut warganegara Cina dari kiris Libya. Cina tetap mengunakan pesawat Ilyushin Il-76 tipe cargo buatan 1970an dari Soviet, karena tidak ada pilihan lain.

Cina sejauh ini tidak banyak mempublikasi pengembangan peralatan militer. 2 pesawat tempur jet siluman tahun lalu baru terungkap, ada 2 helikopter tempur dan sekarang pesawat cargo Y 20 sekelas buatan Rusia dan Amerika. Kabarnya Y 20 mencontek disain dari Boeing tetapi mengunakan mesin buatan Rusia. Pesawat cargo Y 20 masih tahap uji coba terbang dan tidak sebesar pesawat cargo Amerika Globemaster III dengan kemampuan membawa 50 ton beban dipesawat. Tetapi pesawat Y 20 lebih penting dibanding pengembangan pesawat jet tempur J 20. Memiliki jelajah 4.500km atau dipasangkan tangki bahan bakar dapat mencapai 9.600km. Pemerintah Cina kabarnya baru menargetkan 100 pesawat Y 20, bila jumlahnya mencapai 300 pesawat maka sudah setara pesawat cargo pasukan Amerika.



Dari semua pesawat jet pengangkut hanya buatan Rusia Antonov 225 Mriya yang terbesar. Dirancang untuk membawa roket dan pesawat ulang aling Buran. Pertama terbang tahun 1988, pesawat ke 2 memiliki pintu cargo vertikal. Pesawat kedua tertunda dibangun setelah runtuhnya Soviet. Dan dilanjutkan pada tahun 2011, membutuhkan 3 tahun untuk pengerjaan kembali.
Panjang Antonov 225 mencapai 84 meter, sedangkan Boeing 747-8 Intercontinental hanya 76.4m

Spesifikasi Antonov 225.
Wingspan: 290' (88 m)
Length: 276' (84 m)


Weight: 628,300 lbs (285,000 kg)
First flight: December 21, 1988
Range: 9,569 miles (15,400 km)

Video Antonov 225 dibawah ini


Berita terkait
Pesawat Boeing KC-46 tanker udara. Lebih besar, mampu mengisi bahan bakar pesawat angkut sampai militer di udara. Selain Amerika, Jepang telah memesan  tanker terbang ini. Indonesia masih mempertimbangkan antara Boeing dan Airbus, sesuai kebutuhan pesawat yang ada.

Gambar pesawat jet tempur Stealth ATD-X buatan Jepang.  Dibuat oleh perusahaan Mitsubishi, awalnya sempat keluar dalam bentuk mock-up saja. Menurut data, kementrian pertahanan Jepang meminta Mitsubishi membuat pesawat jet ATD-X.



Pesawat angkut buatan Rusia dibeli oleh Tiongkok. Jenis pesawat IL-78 atau dikenal dengan Midas adalah pesawat pekas militer Ukraina. Ada 3 pesawat yang diambil oleh Tiongkok untuk pasukan PLAAF. Sebelumnya Tiongkok memiliki 8 pesawat IL-78 dari Rusia pada tahun 2005.

Sukhoi T50 sudah jadi, satu foto ditampilkan ketika pesawat terbang. Disain sama seperti model prototipe , kali ini tampil lebih rapi dan sudah di cat dengan bendera Rusia.

Harian Washington Post melaporkan sekitar 24 sistem militer penting Amerika sudah dicuri karena diretas oleh hacker China. Kabarnya yang diambil adalah data rudal, pesawat tempur dan kapal perang.

Pesawat mata mata seperti A 12, SR 71 dan U2 keliatannya keren. Tetap tidak bagi pilot pesawat jenis ini. Terbang jauh lebih tinggi dari pesawat komersil membutuhkan baju khusus. Rata rata pesawat mata mata perlu terbang selama 12 jam untuk tugas pengintaian.

Pesawat tempur Qaher F 313 diperlihatkan di media TV Iran. Kabarnya pesawat ini tidak bisa terditeksi oleh radar. Memiliki 1 tempat duduk, dan bisa terbang rendah, sekaligus memiliki material berteknologi tinggi untuk meredam radar.



Pesawat tanpa awak EuroHawk buatan Eropa sedang diuji coba. EuroHawk menjadi pesawat UAV pertama dan terbesar, dirancang untuk mengumpulkan data intelijen dari ketinggian 60 ribu feet atau sekitar 20 ribu meter.

Gambar kedua diambil oleh satelit Ikonos, menunjukan pesawat Y-20 diliar hanggar besar di landasan Yanliang. Beberapa pesawat yang ditangkap oleh camera seperti pesawat Y-8 kelas menengah

Pesawat Stealh Fighter buatang Tiongkok model J-31. Mengunakan mesin buatan Rusia, menjadi pesawat generasi ke 5 dan sekelas F-34 Lighting II, ukurannya lebih kecil dari F-22, J20 dan Pak-fa.

Hanya 32 unit saja yang pernah dibuat untuk pesawat mata mata militer, 12 lainnya hilang atau rusak.




No popular articles found.