Galaksi Markarian 739 atau NGC 3758 sedang duet antara 2 lubang hitam


Kategori : Science | Date : 25 July 2018
Mengunakan 2 perangkat teleskop Swift dan observasi X-ray Chandra.

Peneliti menemukan lubang hitam dari dua galaksi yang saling berdekatan. Tapi keduanya begitu dekat dan tidak biasa, dan dapat diamati oleh teleskop khusus milik Nasa

Apa yang terjadi ketika 2 lubang hitamg supermasif yang menjadi inti galaksi mulai mendekat.

Galaksi Markarian 739 atau NGC 3758 terletak 425 juta tahun cahaya dari Bumi. Letaknya berada di konstelasi Leo.

Peneliti memperkirakan kedua galaksi dalam proses pengabungan. Tapi kedua jantungnya atau 2 lubang hitam supermasif yang dahulu sebagai pusat galaksi belum bertemu.

Keduanya masih saling mendekat dan terpisah dengan jarak hanya 11.000 tahun cahaya.

Disini kedua lubang hitam supermasif sedang aktif dan menelan sumber gas yang ada.

Ketika gas tertarik oleh gravitasi lubang hitam, membuat galaksi terlihat aktif, dengan mengeluarkan energi. Energi yang dihasilkan mencapai miliaran dari energi matahari.

Astronom mengacu pada pusat galaksi yang menunjukan emisi yang inten. Atau dikenal dengan nama AGN.

Peneliti mengatakan AGN ini biner atau sedang duet. Tapi jarang ditemukan.
Jarak 11.000 tahun cahaya adalah jarak yang sangat dekat.


Seperti Bumi sebagai tempat tinggal kita memiliki jarak cukup jauh 3x lebih jauh dibanding kedua lubang hitam biner ini.
Dalam skala kosmos, kedua lubang hitam tersebut sudah saling mendekat.

Galaksi Markarian 739 adalah salah satu penemuan AGN biner yang paling jelas untuk diamati.

Galaksi Markarian 739 atau NGC 3758 sedang duet antara 2 lubang hitam

Berita terkait
Galaksi NGC 4874 adalah sebuah galaksi spiral. Walau disebut dengan galaksi spiral, penampakan galaksi ini tidak menampilkan debu dan gas seperti lengan. Ukuran galaksi ini mencapai 10x lebih besar dari galaksi Bima Sakti.

Sebuah galaksi NGC 7674 ini bukan memiliki 1 lubang hitam, tapi 2 lubang hitam atau black hole. Dan bukan lubang hitam kecil, tapi lubang hitam ukuran supermasif seperti yang ada di tengah setiap galaksi.. Galaksi NGC 7674 berada 400 juta tahun cahaya dari Bumi.



2 galaksi ini berbeda ukuran, satu dengan ukuran sangat besar, tapi yang satu lagi lebih kecil. Galaksi dengan nomor  NGC 1510 dan NGC 1512 terlihat memiliki bentuk spiral galaksi, tapi keduanya seperti pertarungan di ruang angkasa. Pastinya galaksi kecil akan ditelan oleh galksi lebih besar.

Tempat dimana terlihat seperti titik cahaya ini  bukan kunang kunang, bahkan bintang. Tapi galaksi yang berkelompok disebut Super Cluter. Diperkirakan ditempat ini terdapat 10 juta x miliar matahari. Supercluster adalah struktur terbesar di alam semesta

Galaksi NGC 1512 terletak 38 juta tahun cahaya dari Bumi. Tapi galaksi ini unik, memiliki cincin dengan warna lebih cerah. Artinya cincin di bagian luar galaksi seperti lingkaran bintang berusia muda yang masih panas. Terlihat menyala dengan warna kebiruan.

Dengan pembesaran alami, sebuah galaksi SGAS J111020.0+645950.8 dapat terlihat akibat lensa gravitasi. Cahaya yang ditangkap ini adalah cahaya 11 miliar tahun lalu. Galaksi tersebut terlihat baru melahirkan bintang baru.

Dua lubang hitam ini berada pada jarak 750 juta tahun cahaya menunjukan kehancuran dua galaksi 0402-379 akibat kedua lubang hitam. Bentuk visual dari galaksi Galaksi 04020-379 dahulu kedua galaksi memiliki lengan spiral yang terbentuk dari garis bintang. Update foto VLBA



Mengunakan teleskop paling kuat Hubble, melihat 2 galaksi yang dempet. Letaknya 500 ribu tahun cahaya dari Bumi. Disebut galaksi IRAS 06076-2139, keduanya saling berpaspasan alias saling melintas berdekatan dengan kecepatan 2 juta km perjam.

Gugus galaksi Abell 370 letaknya 6 miliar tahun cahaya. Tapi terlihat dari bumi memberikan foto berbeda dari bentuk galaksi disana  Tetapi ada gambar galaksi yang terlihat pada busur biru adalah galaksi yang lebih jauh lagi. Dan berada di belakang kelompok galaksi Abell 370

Sebuah galaksi besar hanya tampak setelah 1,7 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta atau Big Bang. Tapi galaksi tersebut mati setelah lahir. Galaksi ZF-COSMOS-20115 adalah penemuan langka, kata peneliti Karl Glazebrook dari universitas Swinburne Australia.




No popular articles found.