Tank Merkava Mk4 Barak disebut tank pintar


Kategori : Stuff | Date : 23 July 2018
Merkava Mk4 Barak atau Merkava Mark 4 Barak rancangan tank pintar milik Israel.

Tank pertama di dunia dengan teknologi tinggi dari kecerdasan buatan dan sistem sensor rute perjalanan. Membuat pasukan di dalam tank fokus menangani misi.

Tipe tank Merkava pertama masuk di jajaran pasukan bersenjata Israel tahun 1978. Dibuat dengan laras depan rendah dan pinti di bagian belakang.

Terbaru Merkava Mk4 Barak akan diuji coba tahun 2020. Membuat gerakan pasukan lebih efisien sampai 30%.
Membantu akurasi secar cepat ketika diaktifkan dan melakukan serangan pada target.

Sistem computer Merkava Mk4 Barak, dapat berbagi antar unit pasukan di dalam tank dan tank lain.
Inovasi teknologi dari helm Iron View VR memberi sudut pandang pasukan melihat ke luar.

Israel membangun tank sendiri sejak tahun 1978. Merkava Mark 1 dibuat 250 unit, Mark II 580 unit, Mark III 780 unit, dan Mark IV disebutkan sekitar 360 unit.

Merkava Mk4 Barak adalah modifikasi dari Mark IV.

Seluruh model dilengkapi komposit armor termasuk lapisan ke dua untuk melindungi pasukan di dalam. Memiliki meriam 120mm, dengan kombinasi amunisi berbeda.
Dengan mesin buatan General Dynamics kekuatan 1500 tenaga kuda. Kapasitas amunisi 48 meriam, termasuk 10 unit di drum yang siap ditembakan.

Merkava Mk4 yang ada saat ini mampu melaju dengan kecepatan 64km perjam, dengan jarak 500km.



Februari 2002, tank Merkava Mk3 dihancurkan oleh ranjau darat dekat jalur Gaza. Disusul tank 2 yang juga dihancur di jalur yang sama.

Tahun 2006, perang Libanon menghancurkan 5 tank Merkava. Begitu sulit menghancurkan tank Merkava, walau sudah dihujani misil.  Hezbollah berhasil menghancurkan tank dengan rudal RPG-29 Vampir, AT-5 Konkurs, AT-13 Metis-M dan pemandu laser AT-14 Kornet yang seluruhnya tipe persenjataan cukup mahal kelas ATGM.
Tipe tank Merkava Mk4 hanya berhasil dihancurkan dengan IED dan misil buatan Rusia AT-14 Kornet.
Sejak 5 tank di hancurkan, Israel memperbaiki daya tahan tank agar lebih kuat terhadap persenjataan IDF dan perang gerilya.

2010 pasukan Israel melengkapi Merkava IV dengan perlindungan aktif terhadap rudal anti tank yang canggih. seperti mengunakan hulu ledak HEAT. Termasuk sistem peringatan laser Elbit dan IMI granat asap.
Desember 2010, Hamas menembakan rudal AT-14 ke tanki Merkava Mark III. Kabarnya walau rudal mengenai tank, tapi tidak menyebabkan cidera pasukan.
Sejak itu Israel memutuskan menurunkan batalion Merkava IV dengan perlindungan khusus untuk perbatasan Gaza.
Dan tahun 2011 terjadi konflik, terbukti sistem rudal anti tank berhasil mencegah rudal menghantam Merkava.

Entah untuk apa tank Merkava di modernisasi. Tapi melihat keadaan di sebuah negara, Israel diapit oleh negara bermasalah, atau negara yang membuat masalah.

Tank Merkava di ekspor ke Kolombia. Kabarnya masih ada beberapa negara lain yang membeli tank tersebut.



Tank Merkava Mk4 Barak disebut tank pintar

BAE meluncurkan penerus tank Bradley yang menjadi andalan tank infantri angkatan darat Amerika. Tank Bradley baru dirancang dengan peningkatan lebih baik sekaligus lebih murah. Pasukan angkatan darat Amerika masih mengandalkan Abram M1 sebagai tank paling tangguh.

Tank Rusia T-72 bekas bisa dibeli bila tertarik. Salah satu tank bekas T-72 seberat 45 ton dapat dipesan di negara Ceko. Kabarnya mereka akan menganti tank T-72 ke tank resmi dari Nato.

Tank T14 adalah tank universal. Disebut sebagai tank Armata sebagai tank utama dalam pertempuran. Rincian kemampuan tank T-14 baru diumumkan ke publik. Salah satu teknologi pengisian peluru otomatis, dan perlindungan pasukan di dalam tank.



Tank PL-01 Obram masih dalam disain konsep, bentuknya sudah jadi. Tapi tank ini tidak bisa terditeksi oleh misil infrared. Karena tank ini mampu meredam semua panas dari badannya sendiri, menjadi malam mengerikan bagi tank musuh

Mungkin hanya terjadi di Suriah, militer yang memerangi rakyatnya sendiri dengan tank. Atau video ini adalah himbauan kepada dunia internasional untuk melihat lebih jelas keadaan negara Suriah. Apakah tank T-72 mampu menghadapi perang kota.


No popular articles found.