Technology | 15 July 2018

Teknologi pengiriman ke ruang angkasa


16 Maret 1926, insinyur Amerika Robert Goddard meluncurkan roket pertama dengan bahan bakar cair.

Roket hanya terbang selama 2,5 detik, dan mencapai ketinggian 60 meter di sebuah lapangan. Tapi pencapaian tersebut awal dari semua penerbangan roket antariksa.

92 tahun berlalu, roket berbahan bakar cair tetap menjadi norma untuk mengirim muatan ke ruang angkasa.
Setiap peluncuran adalah hal menarik, menawarkan bukti berulang kali manusia menghadapi hambatan dan mampu mengirim satelit ke ruang angkasa.

Menjadi pertanyaan, sudah beberapa dekade mesin roket masih mengunakan bahan bakar padat dan cair. Apakah tidak ada teknologi lain yang mampu mengirim ke ruang angkasa.

Setidaknya 14 astronot telah meninggal dari kegagalan peluncuran ke ruang angkasa.

Duduk di atas roket sangat berbahaya. Seperti anda sedang duduk di atas bensin dan disana menyala. Satu kesalahan maka bagian atas akan terbakar.

Kebutuhan peluncuran roket, 85% berat massa roket adalah propelan atau bahan bakar. Dan bagian lain untuk bodi roket dan sisanya diperhitungkan sebagai beban kargo.

Biaya roket tidak murah. 1kg muatan mencapai biaya $10.000. Itupun hanya mencapai orbit rendah.

Untuk jangka panjang, roket juga memboroskan. Ada sisa bagian yang tidak terpakai lagi dan terbakar ketika masuk ke atmofer bumi, dan sebagian lagi menjadi rongsokan di ruang angkasa di orbit tinggi.

Beberapa ide mulai muncul, beberapa rancangan dibuat untuk menghemat pengiriman  astronot atau barang ke ruang angkasa.



StarTram
Rancangan peluncuran roket ini mengunakan teknologi yang sudah ada. Tapi harganya luar biasa, di anggarkan $20-50 miliar dollar. Bila berhasil, ongkos pengiriman ke ruang angkasa hanya $20-50 perkg.

Mengunakan magnetik tabung, pesawat ada di dalam tabung dan diluncurkan dengan kecepatan tinggi sampai mampu kecepatan tertentu dan melawan gravitasi bumi.

Teknologi pesawat ke ruang angkasa StarTram


Orbital Ascender


Ide dari JP Aerospace. Membuat sebuah pesawat ukuran besar tapi berbentuk V.
Disebut Ascender mampu membawa cargo dan astronot ke sebuah stasiun Dark Sky / Orbital Ascender yang berada di ketinggian 50km di atas permukaan bumi.
Dari stasiun tersebut pesawat Ascender bekerja mengunakan power ion dan meluncur ke ruang angkasa.

Pesawat Orbital Ascender

Penerbangan roket ke ruang angkasa saat ini masih ada yang murah.

SpaceX
Baru merubah semua permainan di industri ruang angkasa. Membuat biaya pengiriman cargo lebih murah, mengurangi pemakaian bahan material roket, dan memperbaiki sistem bahan bakar. Roket dapat terbang dan kembali turun ke bumi, dan di daur ulang.

Falcon Heavy
Perusahaan roket tersebut menawarkan biaya paling murah. Dengan biaya sekitar 1.411 / kg.
Mengalahkan biaya pesaing yang masih mencapai ribuan dollar.
Dalam beberapa dekade ke depan, biaya tersebut dikatanan akan lebih murah. Tentu setelah perusahaan Falcon Heavy mulai mendapatkan keuntungan dari investasinya.

Tetapi semua masih mengunakan bahan bakar atau sistem roket pendorong.

Peluncuran adalah biaya. Bagi peneliti sangat sulit meminta dana besar di bidang teknologi antariksa.

Walau sempat muncul disain pesawat ruang angkasa. Semua terkendala dengan konstruksi dan pembangunan.Membuat pesawat ruang angkasa ukuran besar dan berat dari Bumi, belum tersedia teknologi yang mampu mengangkat beban tersebut ke ruang angkasa.
Menempatkan ukuran pesawat ruang angkasa berukuran raksasa setidaknya harus dirakit di atas. Tetapi kendalanya bagaimana membawa semua komponen dan di rakit di ruang angkasa.


Artikel Lain

Smartphone yang mahal dengan harga ratusan dollar, penguna akan takut tergores. Banyak penguna smartphone membeli Screen Protector. Hati hati ada yang label saja, seperti Sapphire Defence Screen Protector ternyata cuma lembaran plastik. Screen Protector dapat menganggu kemampuan layar.

TSMC menambah mesin untuk tahun 2023. Kebutuhan produksi chip tipe CoWos adalah chip dengan sistem tumpuk, dan lebih rumit dibanding produksi chiplet. Kapasitas GPU yang ditingkatkan untuk menanam sistem tumpuk, sampai memory ada di dalam chip. Tapi kapasitas mesin masih kurang.



MightyFly yang dikembangkan sebagai pesawat kecil dan dapat mendarat dimana saja. Mampu membawa cargo 45kg. Kecepatan mencapai 240km perjam, hanya memerlukan ruang untuk mendarat. Bekerja dengan sistem otomatis baik mendarat, terbang dan mendarat lalu menurunkan barang. Lalu terbang kembali.

Tahun 2022 layar OLED EX generasi baru. Berapa lama TV OLED digunakan tapi tidak lama lagi. Salah satu produk yang ditawarkan oleh LG dan pabrikan lain 2018. LG sepenuhnya siap memproduksi panel OLED EX baru.

Samsung masih mendominasi model smartphone layar lipat. Tapi tidak lama lagi, setelah kabar muncul produsen smartphone China akan membuat smartphone layar lipat. Teknologi dari Samsung, tapi panel dijual ke produsen lain. Apakah akan murah bila di produksi disana.

Microsoft DirectX 12 Ultimate telah di dukung untuk GPU Nvidia. Menyatukan teknologi konsol dan VGA PC. Kedepan untuk Nvidia RTX sudah siap, AMD harus menunggu GPU RDNA 2. Intel tidak akan mendukung walau menyiapkan Xe GPU.

Samsung Exynos Modem 5123 kemampuan download 5.1Gbps dengan smartphone melalui jaraingan 5G. Dan mencapai 7.3Gbps di spektrum mmWave.
Samsung telah memproduksi masal modem 5G. Seri Exynos 5100 sebagai chip utama, Exynos RF 5500 dan Exynos SM5800 sebagai chip pendamping.



Tahun 1965 ketika dua ilmuwan Arno Penzias dan Robert Wilson sedang mencari jawaban, adanya sinyal yang diterima oleh antena radio milik Bell Labs. Penemuan mereka digunakan untuk teleskop Cobe, WMAP dan paling detil Planck dalam pemetaan alam semesta

Apa perbedaan headset, earphone, earbud atau headphone. Fungsinya sedikit berbeda, tapi disain utamanya untuk mendengarkan suara seperti musik atau pembicaraan telepon, dilengkapi tombol. Perbedaan lain adalah kualitas, yang disebut premium produk dimana suara dihasilkan lebih baik.

Perbedaan procesor PC vs procesor smartphone. Keduanya berbeda, khusus dalam tugas menangani pekerjaan dan kebutuhan. Satu dirancang untuk hemat power, yang lain untuk kalkulasi sangat komplek. Mungkin suatu hari kemampuan CPU desktop PC akan dicapai procesor smartphone.

Boeing membuat satelit ABS-3A dengan bahan listrik. Satelit komunikasi dengan berat 2 ton memberikan sinyal frekuensi C dan Ku-band di daerah Amerika Selatan, Timur Tengah dan Afrika. Berbeda dengan teknologi satelit generasi sebelumnya memerlukan tangki bahan bakar ukuran besar

Bagaimana reaktor fusi nuklir bekerja. Mengapa lebih aman dan menjadi energi masa depan. Rekor EAST capai 1000 detik dengan 70 juta derajat Celcius. Reaktor fusi nuklir Wendelstein 7-X di  Jerman, dan reaktor ITER rampung 50 persen. Mengapa fusi nuklir sangat penting, atau harapan energi.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.