Motor listrik Honda buatan Panasonic akan di uji coba di Indonesia


Kategori : Green | Date : 15 July 2018
Honda Motor Co dan Panasonic mengumumkan rencana penelitian berbagi baterai sepeda listrik di Indonesia.

Honda Mobile Power Pack sebagai baterai buatan Honda dirancang dapat dilepas pasang. Rencananya di coba pada bulan Desember 2018.

Penelitian proyek tersebut dibantu dari Japan New Energy and Industrial Tech / NEDO.

Mengapa Indonesia dipilih untuk proyek percobaan tersebut.

Indonesia menjadi negara nomor tiga penguna motor bensin buatan Jepang. Setelah India nomor 2 dan nomor 1 China.
Masalah di Indonesia adalah polusi udara dari kendaraan bermotor, dan tidak terasa sudah melanda sebagian kota besar. Demikian juga kemacetan di jalan semakin meluas.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah Indonesia telah mengumumkan kebijakan untuk memfasilitasi meluasnya kendaraan listrik.

Penelitian kedua perusahaan nantinya menyediakan jalur fasilitas stasiun pengisian baterai. Setidaknya di beberapa puluh tempat.
Pengendara motor listrik dapat berhenti di tempat pengisian baterai. Dan mereka dapat menukar baterai kosong ke baterai yang sudah terisi.

Untuk penyelengaraan sistem pengisian baterai motor listrik. Panasonic dan Honda membuat perusahaan patungan PT HPP Energy Indonesia.
Kedua perusahaan akan melakukan uji coba penelitian, dan mengambil data dari penguna motor listrik. Data dari pengunaan baterai dapat dicatat dalam sistem  Mobile Power Pack, charging stations dan ITC system*3.

Data penempatan lokasi, survei dan lainnya dapat di olah selama penelitian termasuk bekerja sama dengan partner lokal.



Wilayah penelitian dilakukan di 3 kota, Bandung, Denpasar dan Kuta.


Motor listrik Honda buatan Panasonic akan di uji coba di 
Indonesia

Motor listrik mampu menempuh jarak 400km lebih dengan power baterai. Yang menantang dari disain motor Ethec buatan Ethec Electric Motorcycle adalah disain bodi yang indah. Dan tampilan lampu depan futiristik. Dirakit dengan 1260 sel baterai lithium, ditempatkan di tengah tempat duduk pada bodi motor.

Iran mulai saja dilanda udara panas. Dan pecahkan rekor suhu panas tertinggi di Asia pada 29 Juni 2017 mencapai 53,7 derajat Celcius. Maret 2018 suhu wilayah Asia Tengah mulai naik. April 2018, Australia. Mei 2018 44 deg.C Pakistan

Vattenfall membuat turbin angin dengan 3 kipas dengan panjang 80 meter untuk satu kipas. Dengan panjang rotor mencapai 164 meter dan dibutuhkan tempat untuk pemasangan sampai ketinggian 187 meter. Satu putaran cukup untuk listrik satu rumah seharian



Nissan mendaur ulang baterai bekas mobil Leaf. Ketika kapasitas baterai drop sampai 75%, baterai bekas dapat dimanfaatkan untuk menyimpan listrik dirumah. Dijual lebih murah untuk penyimpan energi dari panel surya dan turbin angin.

Produsen mobil listrik Rimac Automobili Concept One. Pernah menampilkan mobil listrik 1224 HP. Di pameran Geneva Motor Show, Rimac menampilkan sebuah kendaraan baru Rimac C2. Dengan daya 1914HP hanya butuh 1,85 detik 100km perjam

Sebuah sekolah di Denmark memasang 12 ribu panel solar cell. Menyediakan hampir separuh kebutuhan listrik untuk sekolah sendiri.setiap tahun. Luas sekolah mencapai 25 ribu meter persegi, sedangkan panel dipasang di dinding dan atap gedung seluas 6 ribu meter.

Sekarang kita akan bertanya, sampai kapan bahan bakar habis. 100 tahun lagi, 50 tahun lagi atau sebentar lagi. Pikirkan saja dalam waktu 8 tahun mungkin sudah tidak banyak mobil bensin dan diesel. Bahan bakar minyak tetap ada tapi tidak ada yang tertarik mengunakan kendaraan bensin.



Perusahan JLM Energy berbasis di California mengeluarkan baterai penyimpan energi listrik. Mengunakan bahan lithium iron phosphate / LiFePO4 dapat dipasang seri. Butuh kapasitas lebih besar, cukup ditambah beberapa model baterai lain dan tahan bekerja sampai 15 tahun.


No popular articles found.